5 Kriteria Laptop Yang Cocok Untuk Traveling

2 min read

Kriteria Laptop Yang Cocok Untuk Traveler

5 Kriteria Laptop Yang Cocok Untuk Traveling | Sebagai traveler paruh waktu yang selalu menulis kisah-kisah perjalanan di blog gratisan dalam bepergian selalu ada barang-barang sakti yang dibawa salah satunya Laptop.

Bagi saya pribadi, laptop sama pentingnya dengan sleeping bed, kamera atau smartphone. Tiga barang ini selalu menemani saya kemanapun saya pergi, meski saya harus mengorbankan banyak ruang dan bobot hanya untuk membawa barang-barang diatas yang tentu cukup berat.

Itu belum ditambah dengan perlengkapan tambahan lain seperti pakaian, tas, sepatu, deodoran, sikat gigi dan lain sebagainya.

Seperti yang saya lakukan 2019 lalu. Saat itu saya memutuskan untuk melancong ke berbagai tempat di Timur Indonesia.

Jalur traveling

Di Mulai dari Desa Poopo Sulawesi Utara yang tersimpan tanah diatas awan, ke Kepulauan Kei Maluku Tenggara dengan spot wisata Gua Hawang yang menyegarkan lalu mengambil jalan pintas ke Maluku Tenggara barat, kembali ke Ambon mengambil jalur laut menuju Jeneponto Di Sulawesi Selatan, lalu berangkat ke Pulau Togean Di Tojo Una-Una dan terakhir di Danau Tendetung di Kabupaten Banggai Kepulauan.

Pada intinya, laptop membuat saya tetap konsisten merangkai kata demi kata dalam perjalanan yang akan membentuk kalimat dan paragraf untuk ditulis dan dikirim pada situs-situs traveler yang bersedia membayar beberapa rupiah untuk ikut membiayai perjalanan saya.

Begitu juga saat kamera yang saya tenteng sudah sesak memorinya maka saya bisa memindahkan koleksi foto saya itu ke laptop. Bagi saya, dokumentasi apapun tak akan pernah lengkap tanpa kata-kata.

Baca Juga : Perjalanan Tanpa Foto di Tanah Duan Lolad

Gambar menghasilkan peta objektif sementara kata-kata menghasilkan makna subjektif. Ketika dua hal itu menyatu seluruh dunia mengerti bahwa ada banyak tempat di sudut dunia dengan keindahan tiada tara.

Semua perjalanan itu memakan waktu 2 bulan lebih. Sebagian besar waktu saya habiskan di perjalanan karena sebagian besar perjalanan itu saya mengandalkan jalur laut menggunakan kapal-kapal PELNI.

Menjadi seorang traveler itu menyenangkan namun lebih menyenangkan lagi kalau ditemani laptop impian. Laptop yang akan menjadi kawan saat penat, hiburan saat tak ada orang yang bisa diajak bicara dan juga media yang selalu menghubungkan saya dengan dunia luar.

Soal kriteria, tentu semua pelancong sepakat akan kriteria laptop apa yang cocok untuk perjalanan. Tentu saja, kriteria ini sebagian besar menekankan pada efisiensi perjalanan. Lantas, apa saja kriteria laptop perjalanan yang cocok menurut saya dan traveler lain? Ini jawabannya.

5 Kriteria Laptop Yang Cocok Untuk Traveling

Ada beberapa hal perlu anda pertimbangkan jika ingin memilih laptop yang cocok untuk traveling antara lain :

1. Ukuran dan berat

Sebagai traveler, ukuran dan berat adalah dua aspek paling penting yang harus dipikirkan saat hendak bepergian. Komputer dengan berat seperti batu-bata tidak efisien sama sekali dan terlalu berat namun jika laptop yang ramping, kecil dan tipis sudah tentu akan efisien dan bermanfaat.

2. Harga

Ini jelas jadi pertimbangan utama bagi kebanyakan traveler. Kecuali anda sudah punya laptop lama maka tidak perlu dipikirkan lagi untuk membeli laptop baru.

Baca Juga : 6 Derita Saat Jadi Fotografer Pernikahan di Kampung

Banyak traveler yang bermasalah soal harga untuk membeli laptop yang cocok untuk traveler jadi seringkali harga yang rendah kadang jadi pilihannya.

3. Baterai

Laptop tua dari tahun 1999 mungkin tidak akan tahan baterai selama 15 detik. Apakah ini membantu perjalanan anda selama berhari-hari, berminggu-minggu sampai berbulan-bulan. Tidak kan? Daya tahan baterai jadi pertimbangan utama ketika hendak membawa laptop berkeliling.

4. Spesifikasi

Kecepatan, memori, hard drive, port USB, grafik, drive DVD/CD dan sebagainya. Memilih laptop yang cocok untuk traveler harus punya spesifikasi itu agar perjalanan anda lebih lengkap.

5. Keamanan

Ini biasanya tergantung kemana tempat anda hendak bepergian. Penting untuk anda ketahui bahwa orang asing sering jadi target pencurian. Bisakah anda mengantisipasi hal ini? Jika laptop anda dibeli dengan harga yang mahal tentu saja sulit.

Karena anda menghabiskan sebagian besar pikiran anda untuk menjaga laptop tetap aman dari pencuri, tidak terkena sinar matahari langsung, tidak jatuh dan lain sebagainya.

Anda harus rela mengorbankan ruang lebih banyak untuk menjaga agar laptop anda itu aman dan awet. Mendapatkan laptop yang tidak terlalu istimewa dan mahal adalah pilihan cerdas.  Nah demikian artikel tentang kriteria laptop yang cocok untuk traveling. Semoga bermanfaat ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *