8+ Konsep Berita Yang Harus Diketahui Wartawan

2 min read

konsep berita

Konsep berita tak lepas dari sifat-sifat berita itu sendiri. Sifat-sifat ini adalah elemen-elemen penting yang harus ada dalam sebuah berita.

Saat ini, ada begitu banyak definisi berita atau news. Definisi dapat ditemui dari berbagai literatur yang disebarkan baik lewat buku atau elektronik.

Perbedaan ini disebabkan oleh pandangan yang berbeda-beda mengenai berita, pengertiannya dan juga praktiknya.

Para ahli mendefinisikan “news” hanya dari sudut pandang surat kabar sementara sekarang banyak media elektronik yang dalam pemberitaannya jauh lebih cepat sampai kepada khalayak, itulah media online. Media online bahkan jadi alternatif media massa post-modern.

Tinggal ambil gadget ataupun notebook, berita langsung didapat. Tanpa perlu ke penjual koran, bahkan akurasi dan ketepatan pemberitaan sangat tinggi. Itulah salah satu keunggulan media online.

Pengertian ‘News‘ atau berita

Namun demikian masing-masing media massa mempunyai keunggulan dan kekurangan, sehingga terjadi upaya untuk saling mengisi atau melengkapi. Di kalangan wartawan ada yang mengartikan “news sebagai singkatan dari

North  – utara

East   –  timur

West – barat   

South- selatan

Mereka mengartikan berita berita sebagai laporan dari keempat penjuru angin tersebut atau laporan dari berbagai penjuru dunia. Pendapat itu memang tidak salah namun hanyalah merupakan salah satu aspek dari keseluruhan arti berita yang sebenarnya.

Yang lain mengatakan bahwa “news” adalah jamaknya (plural) dari “new” yang berarti hal-hal baru dalam jumlah yang banyak.

Pengertian ini tidak salah namun sebenarnya merupakan salah satu aspek saja dari keseluruhan pengertian berita yang sebenarnya. Ada juga definisi yang dikemukakan oleh Lord Northchliffe dari Inggris yang berbunyi :

if a dog bites a man that’s not news, but if a man bites a dog that’s news

Artinya, jika anjing menggigit orang itu bukanlah sebuah berita tapi jika orang menggigit anjing itu baru berita.

Definisi ini juga dikritik oleh para ahli,bahwa jika anjing menggigit orang itu memang bukan berita tapi kalau yang digigit anjing adalah seorang gubernur atau menteri sudah pasti ini adalah berita.

Baca Juga : Cara Menulis Esai Deskripsi Tentang Orang Atau Tempat

Definisi Northcliffe dianggap hanya melihat berita dari peristiwa yang terjadi, padahal berita bisa juga berupa peristiwa yang akan terjadi atau apa yang menjadi pemikiran orang/opini.

Dari sekian banyaknya definisi berita,yang paling dianggap tepat adalah definisi dari Prof. Mitcel V. Chanley dalam bukunya yang berjudul “Reporting”.

Definisinya berbunyi sebagai berikut: Berita adalah laporan tercepat mengenai fakta atau opini yang mengandung hal yang menarik minat atau penting atau kedua-duanya bagi sejumlah besar penduduk.

Ciri hakiki berita ialah merupakan laporan yang sangat cepat (timely) dan mengenai kepentingan umum (public interest).

Konsep Berita Yang Harus Di Ketahui Sebelum Menjadi Wartawan

Seorang penulis berita atau jurnalis ternama, Frank Luther Mott menyatakan bahwa ada 8 (delapan) konsep berita yang harus diketahui sebelum menulis suatu laporan atau berita. Antara lain:

1. Berita sebagai laporan tercepat (news as timely report)

Konsep ini menitikberatkan pada segi baru terjadinya suatu peristiwa dan dianggap sebagai faktor terpenting dari sebuah berita.

2. Berita sebagai rekaman (news as record)

Berita yang tercetak dalam surat kabar merupakan bahan yang dapat di dokumentasikan.

3. Bisa menjadi catatan sejarah yang sangat berharga ataun instansi manapun

New York Times, sebuah surat kabar di Amerika memperoleh Pulitzer Prizes sebagai penghargaan atas pemuatan berita-berita yang bersifat dokumenter.

4. Berita sebagai fakta objektif

Sebuah berita harus faktual dan objektif. Bagi para wartawan berita objektif ialah laporan mengenai suatu fakta tanpa ada pembiasan atau jujur Berita Sebagai Interpretasi (new as interpretation).

Dalam situasi yang kompleks yang menyangkut bidang politik, ekonomi, ilmu pengetahuan dan lain sebagainya. Situasi tersebut merupakan fakta perlu dijelaskan agar pembaca mengerti.

Mereka perlu diberi penjelasan mengenai sebab-sebabnya, latar belakangnya, akibatnya, situasinya, dan hubungannya dengan yang lain.

Ini adalah berita dibalik berita tapi bahayanya ialah munculnya faktor prasangka terhadap suatu soal atau seseorang.

5. Berita sebagai sensasi (news as sensation)

Disini terdapat unsur subjektif yakni sesuatu yang mengejutkan dan yang menggetarkan atau mengharukan bagi pembaca yang satu akan berlainan dengan pembaca yang lain.

Baca Juga : 5 Tips Fotografi Iklan Komersial

Contoh berita serius seperti bencana alam, konflik dan perang hingga berita mengenai desas desus dan skandal yang melibatkan tokoh dan lain sebagainya.

6. Berita sebagai minat insani

Disini menariknya berita bukan karena pentingnya peristiwa, tetapi karena sifatnya menyentuh perasaan insani seperti merasa iba, terharu, gembira, prihatin dan lain sebagainya.

7. Berita sebagai ramalan (news as prediction)

Berita ini cenderung menaruh perhatian pada masa lalu, masa kini dan masa depan. Artinya peristiwa yang mungkin bakalan terjadi dengan melihat situasi yang terjadi sekarang ini

8. Berita sebagai gambar (news as picture)

Gambar-gambar yang disajikan dalam surat kabar semuanya mengandung arti. Bukan hanya sekedar untuk menghibur tapi juga mempunyai nilai berita (news value).

Banyak kejadian dilaporkan dalam bentuk gambar bahkan dianggap lebih efektif dibanding dengan kata-kata.

Penutup

Memahami konsep berita adalah salah satu langkah awal untuk bisa menulis berita yang baik dan benar apalagi jika ada dari anda yang ingin bercita-cita menjadi seorang wartawan.

Demikian artikel tentang 8 konsep berita yang harus diketahui sebelum menjadi wartawan terutama saat mencari atau meliput, mengolah dan menyebarkan berita. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *