Silvanna Samaliwu Best investment on life is skill, trust, experiences, knowledge, passion, study case. You can success if you have been wide it [Investasi terbaik dalam hidup adalah keahlian atau kemampuan, pengetahuan, passion dan pengalaman dalam mempelajari akibat. Anda bisa sukses jika mengembangkan hal tersebut]

Cara Meningkatkan Koneksi Internet Dengan Baypass Pendek

3 min read

cara meningkatkan kecepatan internet dengan DNS

Perlu anda ketahui, cara yang akan saya ulas disini adalah salah satu cara meningkatkan koneksi internet dengan metode bypass pendek menggunakan DNS.

Cara ini bisa anda terapkan apabila jaringan internet anda baik-baik saja namun akses internet masih saja lelet dan lemot minta ampun sekalipun anda tidak membuka situs web atau menggunakan layanan daring lain.

Salah satu penyebab internet lelet mungkin karena DNS ISP yang digunakan. Jika internet lelet gara-gara DNS maka anda bisa mengatur konfigurasi server DNS khusus karena bisa meningkatkan kecepatan internet anda.

Sebenarnya sih ada banyak cara untuk meningkatkan kecepatan internet. Disini saya hanya membahas salah satunya yakni tentang cara meningkatkan kecepatan internet dengan DNS hingga ratusan kali lebih cepat.

Baca Juga : Tips Anti Hacker Tahun Ini

Disisi lain, ada banyak alasan mengapa koneksi internet lelet. Mulai dari masalah eksternal atau internal. Untuk faktor eksternal bisa karena angin kencang, hujan disertai petir, listrik padam dan lain sebagainya.

Namun apabila tidak ada suasana semacam itu, ada kemungkinan disebabkan oleh faktor internal. Salah satunya adalah DNS ISP yang digunakan dan faktor teknis lainnya.

Tapi, apabila hanya anda yang mengalaminya, sementara internet yang digunakan teman anda pada jaringan yang sama tidak lelet, mungkin karena perangkat yang digunakan.

Namun ini bukan penyebab tunggal ya. Karena jaringan merupakan rangkaian program yang rumit, yang jika dijelaskan butuh waktu bertahun-tahun.

Baca Juga : 10 Hacker Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

Sebagai contoh, apabila disebabkan oleh perangkat anda, misalnya komputer atau laptop yang digunakan, mungkin bisa mengatur settingan default DNS [Domain Name System] yang digunakan Internet Service Provider [ISP] tadi.

Sebelum lanjut, sebaiknya anda mengetahui apa itu DNS dan bagaimana cara kerjannya. Agar pembahasan ini semakin lengkap.

Apa itu DNS?

DNS merupakan akronim dari Domain Name System yang merupakan sistem penamaan domain yang digunakan untuk mengubah nama domain menjadi alamat IP [internet protocol]. Nama domain ini bisa berupa angka atau numerik [alfanumerik] seperti bungkul.com atau paulipu.com.

Sebagai informasi tambahan, internet bekerja berdasarkan alamat IP, server DNS dan juga nama domain. Lalu mengembalikan alamat IP yang diminta bersama data-datanya kepada komputer klien atau pengguna.

Baca Juga : 10 Virus Komputer Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

DNS sebenarnya memiliki jaringan sendiri yakni server DNS. Server DNS ini dapat meminta server DNS lain untuk menerjemahkan nama domain tertentu ke alamat IP yang diminta hingga hasilnya yang sempurna.

Sementara, komputer atau  perangkat lain menggunakan alamat IP ini untuk merutekan lalu lintas yang terjadi. Cara kerjannya sangat mirip dengan melakukan panggilan telepon.

DNS juga bertindak sebagai operator cerdas yang membantu pengguna untuk meminta atau memperoleh alamat IP dengan tak terbatas. DNS juga bisa digunakan untuk mengelola tugas besar secara bersamaan.

Bisakah meningkatkan kecepatan internet menggunakan DNS?

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa kecepatan internet yang lambat bukan merupakan faktor tunggal, seperti misalnya kesalahan ISP. Dan mungkin saja, hal itu disebabkan karena server DNS yang tidak bekerja dengan efisien.

Baca Juga : 13 Cara Mudah Buka Situs Web Yang Terblokir

Dengan kata lain, anda bisa menggunakan DNS ini untuk meningkatkan kecepatan internet apabila segala cara sudah ditempuh sementara koneksi internet tetap saja lelet.

Mungkin juga, saat berselancar pada suatu halaman web yang hendak ditelusuri, loadingnya semakin berat. Anda juga bisa merubah settingan DNS ini.

Karena, disadari atau tidak, pencarian menggunakan DNS sekaligus, pada kasus situs web yang populer, karena ketidakmampuan merender satu halaman web tunggal.

Seiring dengan meningkatnya ukuran internet setiap jam, infrastruktur DNS juga semakin sibuk setiap harinya. Jadi, ada kemungkinan disebabkan oleh faktor tersebut.

Nah, dalam artikel kali ini, sebenarnya saya hendak mengulas tentang cara menggunakan layanan DNS publik secara gratis di komputer anda menggunakan DNS khusus dan DNS default dari ISP jaringan anda. Cara ini, pada akhirnya, bisa meningkatkan kecepatan internet ratusan kali lebih cepat dari biasanya.

Cara Meningkatkan Koneksi Internet Dengan Baypass Pendek menggunakan DNS

Sebelum masuk pada pembahasan, saya ingin memberitahu anda terlebih dahulu mengenai DNS yang digunakan, yakni openDNS.

Berarti, anda juga bisa menggunakan layanan DNS Google untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet anda sendiri.

OpenDNS sendiri merupakan layanan DNS gratis yang sangat populer digunakan dan menjadi alternatif bagi pengguna yang tidak puas dengan server DNS ISP mereka sendiri.

Oh iya, sebelum lanjut, perlu juga diketahui, pembahasan ini terbatas pada perangkat laptop dan juga komputer atau desktop yang telah di instal dengan OS Windows.

Baca Juga : 5 Aplikasi Pesan Instan Paling Populer Di Dunia

Lalu bagaimana cara mempercepat koneksi internet dengan OpenDNS? pasti penasaran kan? Berikut disajikan caranya untuk anda.

  1. Silahkan buka komputer atau laptop yang digunakan dan sudah terinstall dengan Windows
  2. Setelah itu silahkan buka OpenDNS atau masuk ke Control Panel
  3. Buka Network and Sharing Center
  4. Silahkan click the name of the network yang ada baik itu Wifi, HotSpot atau EthernetCara Meningkatkan Kecepatan Internet Dengan DNS Hingga Ratusan Kali Lebih Cepat
  5. Pada jendela berikutnya akan muncul gambar dibawah ini, klik PropertiesCara Meningkatkan Kecepatan Internet Dengan DNS Hingga Ratusan Kali Lebih Cepat
  6. setelah itu, Klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik Properties lagi.Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Dengan DNS Hingga Ratusan Kali Lebih Cepat
  7. sekarang pilih Use the following DNS server addresses Radio seperti gambar dibawah ini dan masukan alamat yang diberikan dibawah ini untuk menambah kecepatan internet anda: Server DNS Pilihan: 208.67.222.222 dan Server DNS Alternatif: 208.67.220.220Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Dengan DNS Hingga Ratusan Kali Lebih Cepat
  8. Jika anda mau, anda bisa menukar kedua alamat ini lalu klik Ok dan simpan untuk melanjutkan

Sekarang anda sudah menggunakan server OpenDNS yang dapat membantu anda meningkatkan kecepatan internet hingga ratusan kali lebih cepat.

Cara mengkonfigurasi DNS Khusus IPv6:

Karena biasanya penggunaan alamat IPv6 sering meningkat, maka ada baiknya anda mengkonfigurasi server DNS iPv6 juga. Pada tahap ini, silahkan sorot internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6) lalu klik Properties.

Pilih alamat server DNS berikut ini

  • Server DNS yang dipilih: 2620: 0: cc :: 2
  • Server DNS alternatif: 2620: 0: ccd :: 2

Untuk mengkonfigurasi Google Public DNS di Windows maka anda tinggal ganti saja alamat tersebut dengan alamat IP DNS Server Google seperti langkah 6 diatas.

  • Untuk iPv4 : 8.8.8.8 dan/atau 8.8.4.4
  • Untuk IPv6: 2001 : 4860: 4860 :: 8888 dan/atau 2001: 4860: 4860 :: 8844

Penutup

Secara umum, openDNS dan GoogleDNS secara langsung dapat mengurangi waktu untuk mengurai nama domain sebuah situs sehingga bisa meningkatkan koneksi internet anda.

Perlu diketahui juga, cara ini tidak akan meningkatkan jumlah penggunaan data atau bandwith. Jadi, penggunaannya seperti penggunaan internet secara normal.

Cara ini juga bisa diandalkan dan mungkin lebih baik daripada kecepatan internet standar yang diberikan oleh ISP.

Baik openDNS dan GoogleDNS juga dapat bekerja dengan baik, namun yang lebih populer adalah GoogleDNS karena server Google yang aktif 1×24 jam setiap hari.

Demikian artikel tentang cara meningkatkan kecepatan internet dengan DNS hingga ratusan kali lebih cepat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

Silvanna Samaliwu Best investment on life is skill, trust, experiences, knowledge, passion, study case. You can success if you have been wide it [Investasi terbaik dalam hidup adalah keahlian atau kemampuan, pengetahuan, passion dan pengalaman dalam mempelajari akibat. Anda bisa sukses jika mengembangkan hal tersebut]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *