Perbedaan Komplek Perumahan Cluster, Townhouse dan Residences

Punya rencana beli rumah tapi bingung mau beli perumahan cluster, townhouse atau residences? Jika iya, simak artikel ini sampai habis.

Kemarin saat sedang jalan-jalan ke salah satu pusat perbelanjaan tak jauh dari tempat saya tinggal, ada mba-mba yang berdiri di pintu masuk memberikan satu brosur.

Informasi dalam brosur terkait dengan kompleks perumahan yang baru saja di bangun. Lokasinya ada di pinggiran kota, dengan banyak cluster.

Saat itu, saya sedang jalan sama salah satu teman, yang kebetulan ia tinggal di perumahan townhouse, lokasinya pun tak terlalu jauh dari pusat perbelanjaan itu.

Sementara, saya tinggalnya di komplek residence. Dan yang bikin penasaran bukan harga rumah yang ada di brosur tapi pada perbedaannya.

Mulai dari perbedaan perumahan cluster dan townhouse, perbedaan rumah cluster dan residence serta perbedaan residence dan townhouse?

Tiga pertanyaan dasar itulah yang mendorong saya untuk buat satu postingan khusus untuk menjawab letak perbedaannya dimana.

Sebelum lanjut ke inti pembahasan, baiknya saya ulas dulu pengertian perumahan cluster, townhouse dan residence.

1. Apa itu Perumahan Cluster?

Perbedaan Komplek Perumahan Cluster, Townhouse dan Residences

Perumahan cluster adalah suatu lokasi atau wilayah berisikan banyak sekali rumah tanpa dilengkapi dengan fasilitas umum seperti kolam renang dan gym.

Perumahan jenis ini mirip dengan proyek kondominium townhouse, tapi bentuk perumahannya tapak atau bisa disebut landed house dan bukan apartemen.

Di Indonesia, bentuknya cukup beragam ada yang bertingkat, semi-terpisah atau mungkin mirip Bungalow.

Penghuni perumahan cluster tetap bisa nikmati privasi dan kenyaman namun dengan fasilitas yang terbatas.

Artinya, dari segi fasilitas, perumahan cluster masih kalah sama Townhouse meski lebih lengkap dibanding perumahan residences.

Untuk lebih memahami apa itu perumahan cluster, bisa lihat ciri-cirinya dibawah, seperti:

  • Perumahan cluster biasanya dibuat oleh pengembang besar di kawasan satelit yang mendukung kehidupan di kota besar
  • Luas wilayahnya cukup lapang dan perumahannya banyak serta terbagi dalam beberapa cluster
  • Rumah cluster pasti punya fasilitas pendukung untuk penghuni
  • Bentuk rumah cluster cukup beragam di setiap blog termasuk desainnya. Selain itu, yang membedakan tiap cluster di satu komplek perumahan ada pada tipe rumah, luas bangunan, material dan harga
  • Bentuk rumah cluster semuanya sama karena memang ada aturan khusus dari pengembang dan tidak boleh di ubah penghuni

Seperti yang saya sebutkan diatas, yang mana tiap cluster punya desain rumah yang berbeda dan ini bisa diidentifikasi berdasarkan Block.

Misalnya, perumahan cluster Block A konsep desainnya minimalis bertingkat. Sementara, block B konsep desainnya modern-futuristik tapi rumahnya tak bertingkat.

Desain tersebut secara tidak langsung mempengaruhi bentuk rumah, luas halamannya, material sampai harga.

2. Apa itu Perumahan Townhouse?

Perbedaan Komplek Perumahan Cluster, Townhouse dan Residences

Istilah kedua yang akan saya bahas disini adalah Townhouse. Lantas, apa sih townhouse itu? Apakah sama dengan perumahan cluster?

Perumahan townhouse mengacu pada bangunan tempat tinggal yang dirancang khusus untuk dijadikan unit hunian tunggal.

Dalam beberapa kasus, ada kontrak tanah dengan pengembang dan rumahnya berderet tapi tak kurang dari 3 unit.

Setiap unit yang ada tidak berbagi properti umum termasuk didalamnya taman, tempat parkir mobil dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Artinya, lahan parkir melekat pada bangunan atau aksesori rumah yang dijual bersama dengan unit townhouse itu sendiri.

Karena itu, komplek perumahan ini bisa disebut sebagai properti strata-titled dimana pemiliknya punya wilayah sendiri namun harus berbagi tanah dan properti lain secara kolektif.

Juga bisa disebut rumah tapak individual yang diklasifikasikan sebagai properti privat atau eksklusif.

Bagaimana dengan lokasinya? Lokasi townhouse biasanya ada di pusat kota, seperti asal katanya yang diambil dari dua istilah berbeda yakni town dan house.

Yang membedakan antara satu townhouse dan townhouse lain ada pada jumlah dan jumlahnya tak terlalu banyak seperti perumahan Cluster dan Residence.

FYI, konsep perumahan jenis ini pertama kali di perkenalkan pada abad ke-18 sebagai tempat tinggal untuk warga kelas menengah ke atas.

3. Apa itu komplek perumahan Residences?

Perbedaan Komplek Perumahan Cluster, Townhouse dan Residences

Perumahan residences adalah lokasi perumahan yang berlokasi di kawasan sub-urban dengan desain yang agak mirip dengan perumahan cluster.

Bahkan, tidak ada perbedaan signifikan antar keduanya. Untuk konsep atau desainnya tetap minimalis-sederhana dengan ukuran atau tipe yang beragam.

Hanya saja, komplek perumahannya lebih asri dan bebas polusi dibanding cluster. Poin inilah yang kemudian jadi pembeda antar keduanya.

Dengan demikian, residence ini tampilan fasednya sama dengan perumahan cluster begitu juga dengan jumlah unit rumah yang dibangun.

Cocoknya dibeli oleh anda yang ingin dapat rumah hunian dengan harga relatif terjangkau terlebih untuk yang penghasilannya pas-pasan.

Perbedaan Komplek Perumahan Cluster, Townhouse dan Residences

Lantas, apa sih perbedaan perumahan cluster, townhouse dan residences? Pasti penasaran, kan? Jika iya, simak tabel dibawah ini:

Dasar perbedaanClusterTownhouseResidences
PengertianPerumahan cluster adalah sekelompok rumah tapak dengan desain serupa dimana penghuni berbagi fasilitas umumTownhouse adalah properti tapak strata dalam kondominium dengan fasilitas perumahan yang lengkapResidences adalah kompleks perumahan dengan desain dan tipe serupa namun lokasinya ada di sub-urban
Arti kataKelompok rumah di kawasan satelitRumah perkotaanKompleks perumahan
Jumlah unitCukup banyakTerbatasCukup banyak
Akses jalanSatuSatuSatu
FasilitasBerbagi fasilitasLengkapBerbagi fasilitas
DesainMinimalis-modernEksklusif-mewahSimpel-minimalis
HargaAgak mahal sesuai peruntukannyaCukup mahal sesuai peruntukannyaRelatif murah sesuai peruntukannya

Agar jelas, biar saya uraikan lebih lanjut tabel perbedaan kompleks perumahan cluster, townhouse dan residences diatas, yakni:

  • Dari pengertiannya saja sudah beda dimana rumah cluster adalah sekelompok rumah tapak yang didesain serupa sementara townhouse adalah properti eksklusif berkonsep tapak strata dalam satu kondominium. Disisi lain, residences merupakan kompeks perumahan yang lokasinya ada ditempat asri dengan fasilitas serupa perumahan cluster
  • Jumlah unit pada rumah cluster cukup banyak bahkan dalam satu cluster bisa mencapai ratusan unit begitu juga dengan perumahan residences dan ini berbeda dengan rumah townhouse yang hanya diisi puluhan unit rumah saja
  • Fasilitas di perumahan townhouse lebih lengkap di banding perumahan cluster. Ini berarti, jika tinggal di perumahan cluster atau residences, harus berbagi fasilitas umum seperti taman bermain anak dan lain sebagainya
  • Dari desainnya, rumah cluster dan residences cenderung sama dalam satu blok dengan konsep desain minimalis atau simpel. Dan ini berbeda dengan townhouse, dimana desainnya eksklusif dan mewah
  • Terakhir dari segi harga dimana perumahan cluster dan residence lebih murah dibanding perumahan townhouse. Bahkan, beberapa lokasi perumahan cluster dan residence dibandrol dengan harga dibawah 1 Miliar sementara townhouse harganya bisa mencapai 2 miliar lebih

Soal harga ini kembali ke peruntukan rumah tersebut. Kalau cluster dan Residence, diperuntukan untuk masyarakat ekonomi kelas menengah ke bawah.

Sementara, perumahan townhouse lebih diperuntukan untuk warga kelas menengah ke atas. Makanya itu, tak usah heran jika harganya cenderung mahal.

Selain perbedaaan, apakah ada persamaan antara rumah cluster, residences dan townhouse? Tentu saja ada salah satunya dari akses keluar masuk lokasi perumahan.

Dimana, baik perumahan cluster, residence dan townhouse itu hanya punya satu akses keluar masuk komplek perumahan.

Artinya, sama-sama menggunakan sistem satu pintu untuk pengamanan lokasi perumahan meski fasilitasnya berbeda.

Penutup

Sekarang kembali ke pribadi masing-masing, mau ambil perumahan yang mana dengan berbagai pertimbangan diatas.

Tentu saja semuanya punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. Jika cari kompelks perumahan eksklusif dan mewah, bisa pertimbangkan townhouse.

Sementara, jika cari rumah yang harganya cukup murah tapi nyaman bisa pertimbangkan residences atau mungkin cluster.

Kalau ada tambahan, koreksi atau mungkin pertanyaan terkait postingan ini jangan lupa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang perbedaan komplek perumahan cluster, townhouse dan residences. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar