Mau Kirim Tulisan Dibayar? Kirim Saja di 8 Situs Ini [Honornya Tinggi loh]

7 min read

kirim tulisan

Kirim tulisan anda di 8 situs ini dan dapatkan honor yang cukup untuk traktir gebetan atau pacar anda [sekaligus]. Tulisan anda bakal diterbitkan asal memenuhi kriteria pengiriman naskah dari redaksi.

Saat ini, ada banyak situs yang memungkinkan anda mengirim tulisan lalu mendapatkan bayaran dari tulisan tersebut.

Kalau ditanya situs mana yang memberikan honorarium tertinggi? Setiap orang punya jawaban yang berbeda dan jawaban saya ada di artikel ini.

Memang sih, ada banyak sekali situs yang memungkinkan anda mendapatkan bayaran namun terkadang bayaran yang didapatkan itu sangat kecil.

Bahkan ada beberapa situs yang membayar berdasarkan jumlah view atau orang yang membaca tulisan tersebut.

Terlepas dari kenyataan ini, ada beberapa situs yang tidak memperhatikan berapa banyak orang yang membaca tulisan anda namun berani membayar dengan harga yang lumayan tinggi per satu tulisan.

Bayangkan aja, anda menulis esai dengan panjang 800-1000 karakter dan anda mendapatkan bayaran sekitar 200-500 ribu Rupiah. Itu untuk satu tulisan saja.

Bagaimana jika anda berhasil mengirim 20 artikel? Maka honor yang didapatkan bisa melampaui gaji ASN dalam sebulan untuk golongan III/A.

Tapi ingat, nominal ini tidak akan didapat jika tulisan anda tidak diterbitkan. Sebaliknya, anda akan mendapatkan honorarium jika tulisan berhasil dimuat.

Yang paling menarik adalah, kalau tulisan anda dirasa berkualitas dan sesuai dengan harapan redaksi, anda mungkin akan mendapatkan bonus.

Asalkan tulisan tersebut mampu memenuhi ekspektasi dan harapan editor. Kalaupun tidak, anda tetap akan dapat honor.

Meski demikian, saya perlu ingatkan satu hal. Sebaiknya tujuan dan orientasi mengirim tulisan bukan untuk dapatkan honor atau bayaran.

Melainkan untuk berbagai pengetahuan dengan orang lain. Selain itu, agar tulisan anda bisa diterbitkan, sebaiknya anda tahu kriteria dan metode penulisan artikel yang baik dan benar.

Jenis tulisan yang saya maksud disini bisa apa saja entah itu artikel, opini, karya tulis ilmiah, puisi dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, jika anda mencari tempat mengirim puisi, tempat mengirim cerpen atau tempat mengirim tulisan yang dibayar silahkan kirim ke salah satu situs dibawah ini.

8 Situs untuk kirim tulisan dengan bayaran tinggi

Nah tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 8 situs tempat kirim tulisan dengan bayaran tinggi. Situs apa saja itu? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Mongabay.co.id

kirim tulisan dibayar

Yang pertama adalah Mongabay.co.id yang merupakan salah satu situs berita lingkungan yang cukup populer di Indonesia.

Situs ini membuka peluang bagi siapa saja untuk mengirim tulisan ke platform yang terpenting artikel yang dikirim itu fokus pada isu lingkungan.

Yang menarik dari situs ini adalah sistem pembayaran yang unik karena bayarannya yang diterima kontributor dihitung dari kata per kata.

Selain artikel, situs ini juga menerima file foto dalam format apa saja sepanjang foto yang dikirim itu sesuai dengan niche.

Mongabay,co.id sendiri adalah bagian dari jaringan situs berita lingkungan yang cukup populer di dunia yakni mongabay.com yang didirikan oleh Rhett A. Butler pada tahun 1999.

Di Indonesia, situs ini pertama kali diluncurkan pada April 2020 dan terus bertahan hingga kini dengan tujuan untuk mengedukasi sekaligus untuk meningkatkan kesadaran atas lingkungan dan alam di tengah masyarakat indonesia.

Jika anda mengirim tulisan ke situs ini secara tidak langsung anda sudah berstatus kontributor. Dan ada dua jenis kontributor di platform ini, yakni:

  • Kontributor lepas adalah orang yang ingin mengirim tulisan di situs ini tanpa terikat secara langsung dengan Mongabay. Dengan demikian, tulisan yang dikirim jadi tanggung jawab anda sendiri
  • Kontributor resmi adalah anggota kontributor Mongabay yang sudah dilengkapi dengan ID atau tanda pengenal resmi. Kontributor resmi ini bisa membawa ID pers miliknya yang dikeluarkan oleh pihak Mongabay saat meliput berita

Dan setiap kontributor, entah lepas atau resmi, akan memperoleh hak berupa imbalan atas hasil kerjanya.

Imbalan ini tentu saja berupa duit. Artinya, jika ada artikel atau foto yang anda kirim ke situs ini dan berhasil terbit maka anda berhak dapat kompensasi, dengan perhitungan seperti:

  • Untuk tulisan, bayarannya dihitung per kata dimana satu kata dihargai Rp. 750
  • Untuk foto anda akan mendapat kompensasi sebesar Rp. 50.000 – 100.000 per foto

Nominal diatas, bagi saya pribadi, sangat besar dibanding situs lainnya. Sebagai contoh, apabila anda mengirim satu tulisan yang terdiri dari 1000 kata dan berhasil terbit di situs ini maka anda berhak dapat bayaran sebesar Rp. 750.000.

Cukup besar kan? Belum lagi jika tulisan yang anda kirim dilengkapi dengan foto asli karya anda. Pasti kompensasi yang anda dapat semakin besar.

Untuk ketentuan lebih lanjut terkait dengan cara kirim tulisan di Mongabay, silahkan baca disini.

2. Geotimes

Geotimes

Geotimes adalah situs yang banyak menyorot tentang hal-hal yang sedang tren di masyarakat, termasuk juga tokoh dan kebijakan publik.

Kadang, situs ini disapa dengan nama Geotimes Indonesia. Sebagian besar konten di Geotimes adalah opini dengan perspektif dan cara pandang yang tajam.

Para penulis di Geotimes bisa datang dari berbagai latar belakang keahlian dan profesi yang berbeda-beda.

Geotimes menerima konten dalam berbagai kategori seperti agama, politik, sosial, media dan juga ekonomi.

Baca Juga : 5+ Situs tempat jual foto terbaik dengan bayaran tinggi

Untuk anda yang mau kirim tulisan di situs ini, ada beberapa kriteria yang harus anda perhatikan agar tulisan anda bisa diterbitkan.

Mulai dari unsur fakta, relevansi dan teori-teori pendukung lain. Sebagian besar konten di situs ini adalah berbentuk Opini dan Esai.

Selain itu, ada beberapa syarat-syarat yang harus diperhatikan jika anda ingin mengirim naskah di situs ini, seperti:

  • Tulisan terdiri dari 750-1000 kata
  • Biodata pengirim harus jelas dan sesuai dengan identitas yang dimiliki
  • Responsif terhadap isu-isu aktual
  • Artikel harus argumentatif
  • Tidak mengandung SARA
  • Tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Melihat syarat diatas pastilah tulisan-tulisan di Geotimes sangat serius. Selain serius, harus memiliki sifat timeless alias tidak ketinggalan jaman.

Lantas, berapa honor yang bakal didapatkan jika tulisan berhasil diterbitkan Geotimes? Anda akan mendapatkan honor sekitar Rp. 350 ribu rupiah per 1 tulisan.

Sangat tinggi dibanding situs-situs yang lain. Untuk melihat syarat dan pedoman penulisan artikel di Geotimes, silahkan klik disini.

3. Mojok.co

Mojok

Mojok adalah salah satu situs yang dibesarkan oleh Agus Mulyadi, salah satu blogger yang cukup populer di Indonesia.

Tulisan-tulisan mas Agus ini cenderung jenaka, satire dan menarik. Hal ini juga yang ia teruskan saat mendirikan Mojok.

Situs ini mengusung diri sebagai media alternatif, dimana setiap orang dapat dengan bebas mengutarakan pandangan mereka.

Hanya saja, tulisan-tulisan tersebut harus luwes, tidak terlalu serius, penuh bumbu-bumbu jenaka, selow, menghibur dan segar.

Tulisan-tulisan semacam ini memang sesuai dengan target visitor Mojok, yang memilih untuk menargetkan pemirsa dari kaum rebahan dan milenial.

Banyak tulisan-tulisan di Mojok bersifat satire namun tetap menarik dan layak dibaca.

Selain kontennya yang menarik, Mojok juga menerima naskah dari para pembaca. Dan tentu saja naskah yang dikirim ke Mojok akan dibayar.

Naskah yang diterima oleh Mojok bisa berbentuk esai, curhat dan juga cerita-cerita satire sebagai respon atas isu terbaru dengan cara pandang yang unik. Silahkan anda klik disini untuk melihat ketentuan pengiriman naskahnya.

Lalu, berapa honorarium yang didapat jika tulisan berhasil tayang di Mojok? Menurut beberapa sumber, naskah yang dikirim dan berhasil diterbitkan akan mendapat honor sekitar Rp. 350.000 per tulisan.

Lumayanlah, untuk beli kuota dan juga traktir gebetan di kedai. Masih belum percaya? Berikut ini adalah hasil screenshoot email redaksi Mojok bahwa honor telah di kirim.

4. Remotivi

Remotivi

Sama seperti Geotimes, Remotivi juga merupakan situs yang sebagian besar kontennya berbentuk opini dan esai. Bedanya, Remotivi lebih fokus pada tulisan-tulisan yang berkaitan dengan jurnalisme.

Dengan kata lain, supaya artikel anda bisa diterbitkan oleh situs ini, topik atau tema artikel harus berkaitan dengan media seperti koran, TV, majalah, wartawan, kontributor media dan lain sebagainya.

Lebih bagus lagi kalau anda punya kemampuan menganalisis framing berita dan cara kerja media. Apalagi jika analisis tersebut sudah dituangkan dalam bentuk tulisan, maka anda bisa kirim ke situs ini.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Melakukan Revisi Tulisan

Lalu, berapa honor yang didapat saat mengirim tulisan ke situs ini? Sepanjang yang saya tahu, honor tulisannya adalah Rp. 350.000 per tulisan.

Namun [ada namunnya], anda bisa mendapatkan bayaran lebih tinggi, bahkan mencapai Rp. 1.500.000 per tulisan, jika tulisan tersebut dianggap segar, menarik dan relevan.

Tapi jangan lihat nominalnya yang besar, melainkan kelayakan tulisan anda. Karena situs ini sangat serius dan tulisan-tulisan anda sudah pasti akan dikurasi yang tepat.

Oleh karena itu, ada baiknya anda benar-benar memahami konteks tulisan dan punya argumen pendukung yang kuat.

Untuk melihat detail lengkap termasuk tata cara dan pedoman ngirim tulisan di Remotivi, silahkan klik disini.

5. Basabasi

Basabasi

Jika anda punya tulisan-tulisan pendek dan gak tahu dimana akan mempublikasikannya, coba deh kirim ke Basabasi.co.

Berbeda dengan dua situs diatas, basabasi lebih fokus ke artikel-artikel ringan mulai dari opini, cerpen dan resensi buku.

Karena mereka membuka beberapa kategori, setiap naskah yang dikirim punya harga yang berbeda-beda.

Jika anda mengirimkan tulisan ringan di situs ini, opini dan esai misalnya, anda akan mendapatkan honor Rp. 100.000 per tulisan.

Namun ada beberapa penulis yang dibayar sampai Rp. 300.000 untuk kategori opini atau esai. Sementara untuk puisi dan resensi buku, anda akan mendapatkan honor Rp. 250 ribu dan Rp. 200.000.

Karena tulisan anda akan dibayar mahal, tentu saja setiap tulisan yang anda kirimkan akan di edit terlebih dahulu untuk melihat status kelayakan konten ala basabasi.

Jika layak, maka tulisan anda akan diterbitkan langsung. Selain itu, jika tulisan yang anda kirim itu merupakan tulisan pertama yang berhasil diterbitkan, anda akan mendapatkan souvenir berupa kaos plus honor.

Untuk detail lebih lengkap tentang tata cara pengiriman naskah di basabasi.co, silahkan klik tautan ini.

6. VoxPop.id

vocpop

Voxpop enggak jauh beda sama Mojok. Sebagian besar konten yang disajikan berupa opini dan juga pandangan terkait dengan kehidupan masyarakat.

Jika gaya menulis anda tidak terlalu satire alias masih cenderung serius, anda bisa mengirimnya ke VoxPop.

Saya juga sering membaca tulisan-tulisan di situs ini, terlebih yang berhubungan dengan feminisme. Beuh, selalu punya cara khas tulisan yang menarik. Dea Saphira, aku mengagumimu.

Lantas, berapa honor yang didapat jika artikel berhasil tayang di Voxpop? Menurut penuturan beberapa kawan yang artikelnya berhasil tayang di situs ini, mereka mendapatkan honorarium Rp. 250 ribu per naskah.

Untuk melihat detail dan ketentuan pengiriman naskah di Voxpop, silahkan klik disini.

7. Buruan.co

kirim tulisan dibayar

Buruan.co adalah situs yang fokus pada kajian dan apresiasi dengan visi utama untuk mengakomodasi minat baca tulis secara daring.

Sebagai media kajian dan apresiasi, Buruan lebih mengarah ke sastra yang disesuaikan sama minat dan kemampuan penulis.

Sepanjang yang saya tahu, ada dua jenis rubrik yang diterima yakni cerpen [cerita pendek] dan puisi.

Dengan kata lain, jika anda sedang mencari platform menulis puisi dibayar atau ingin kirim cerpen dapat honor bisa manfaatkan situs yang satu ini.

Menariknya, situs ini tidak saja menerima tulisan dan puisi berbahasa Indonesia tapi juga berbahasa Sunda.

Untuk dua jenis karya tulis diatas anda akan menerima honor sebesar Rp. 200.000 Ribu.

Lumayanlah untuk tambah-tambah penghasilan dari pada cerpen atau puisi buatan anda hanya terbengkalai begitu saja mending kirim ke situs ini.

Untuk syarat dan ketentuan pengiriman naskah ke Buruan.co silahkan baca disini.

8. Harakatuna.com

kirim tulisan dibayar

Jika anda punya tulisan-tulisan keren tentang Islam, dakwah misalnya, coba kirim ke situs ini. Selain dakwah, redaksi juga menerima artikel yang terkait dengan Kebangsaan dari perspektif Islam.

Jika konten yang anda kirim ditulis dengan lugas, kritis, objektif dan didukung sama dalil ilmiah serta punya pustaka atau rujukan yang otoritatif dijamin pasti terbit.

Oh iya, artikel-artikel yang anda kirim itu akan dapat kompensasi loh. Hanya saja, nominalnya bergantung sama jenis tulisan yang dikirim.

Ada beberapa jenis tulisan yang bisa dikirim ke situs ini, diantaranya:

  • Resonansi yang merupakan rubrik khusus tentang tokoh-tokoh Islam nasionalis yang ada di Indonesia
  • Perspektif yang merupakan artikel-artikel tentang Islam dan Indonesia
  • Resensi Buku yang merupakan rubrik khusus tentang resensi buku bernuansa Islam
  • Literasi yang fokus pada artikel-artikel tentang motivasi dan tips menulis
  • Opini yang merupakan ulasan faktual yang berisikan pandangan terhadap isu-isu keagamaan dengan tema apa saja
  • Asas-Asas Islam yang fokus pada informasi khusus yang disiapkan untuk para pembaca dan da’i
  • Islam dan Kebangsaan yang merupakan kanal tentang hubungan antara Islam dan nilai-nilai Kebangsaan
  • Ulasan Timur-Tengah yang berhubungan dengan informasi seputar Timur-Tengah entah itu soal politik, ekonomi, konstruksi sosial, religiositas dan kulturalnya
  • Milenial Islam yang merupakan kolom khusus yang membahas Pesantren dan hal-hal lain tentang Milaneal, Islam dan Kebangsaan

Lantas, bayarannya gimana? Seperti yang saya sebutkan diatas, bayaran yang diperoleh saat mengirim artikel di situs ini dihitung beradasarkan jenisnya, dengan uraian sebagai berikut:

  • Jika anda mengirim artikel pada kategori perspektif maka anda berhak dapat honor sebesar Rp. 100.000
  • Untuk resensi buku, honornya adalah Rp. 75.000
  • Sementara, untuk Literasi, honornya adalah Rp. 50.000

Lumayan, bukan? Daripada tulisan-tulisan anda tentang Islam hanya tersimpan dan tidak pernah dibaca orang lain, mending kirim ke situs ini.

Oh iya, untuk ketentuan lengkap pengiriman naskah di harakatuna.com silahkan baca disini.

Penutup

Dalam dunia kepenulisan, memperoleh upah atau bayaran yang sesuai dari satu tulisan biasanya jadi motivasi tersendiri bagi setiap penulis.

Apalagi jika tulisan itu terbit di situs-situs terkenal, dapat honor juga. Maka penulis bakal lebih semangat lagi ngirim tulisan.

Hanya saja, sebagai penulis, anda tidak boleh berpaku pada uang melainkan pada karya dan semangat. Karena pada akhirnya, uang akan datang dengan sendirinya.

Selain daftar diatas, ada banyak sekali situs yang memungkinkan anda mendapatkan uang dari tulisan-tulisan atau naskah yang dikirim.

Seperti misalnya, UCNews, IDNTimes, Inwepo dan lain sebagainya. Namun setiap situs tentu punya syarat dan ketentuan yang berbeda-beda sesuai dengan niche yang diangkat.

Syukur-syukur kalau tulisan anda diterima redaksi dan berhasil diterbitkan. Kalau gak, ya berarti belum rejeki.

Demikian artikel tentang 8 situs tempat kirim tulisan dengan bayaran tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. ~

7 Replies to “Mau Kirim Tulisan Dibayar? Kirim Saja di 8 Situs…”

  1. Kepada Paulipu.com Yth.

    Hal : permintaan izin ke-2

    Terima kasih atas izin mbak/mas dan juga tanggapannya yang cepat kemarin.

    Sebenarnya ada hal menarik, yakni isi situs paulipu yang sangat beragam dan menggugah ! Channel youtube saya yang ini memang baru dibanding channel pertama-usia 6 bulan. Nah, ada keresahan juga di sini. Channel baru ini, saya rasa agak kesulitan mencari bahan, sampai akhirnya saya temukan situs milik Mas/Mbak ini !

    Ada terbesit ingin saya ubah saja topik utama isi channel, mengingat video tentang apps/game berhadiah sangat mudah menjadi SCAM, tak membayar lagi atau memekik karena merasa tertipu (pengalaman pribadi he…he…) Jadi, dengan saya temukan situs paulipu.com ini, mendadak saya punya ide baru tentang seputar hal menarik yang bermanfaat untuk diketahui khalayak ramai. Postingan situs ini menyerempet-lecet-bagi perasaan kita yang ingin tahu hal-hal unik di luar sana.

    Inilah permintaan izin ke-2 dan tulus saya. Jika saya ubah tema pokok channel saya, kemudian saya ambil isi situs ini, segala hal menarik,unik…. bolehkah? Contohnya postingan anda tentang ‘sendal dari masa ke masa’ itu-jika tak keliru-hanyalah postingan ringan, tapi menggelitik !

    Demikialah komentar ke-2 saya ini. Tentu saja kita tak ingin sembarang ambil karya orang tanpa izin dan mengakuinya. Ibarat pepatah : “Ditolak cinta gadis tetangga, adalah lebih baik daripada sukses kawin, tapi pakai dukun” Ya’kan !?

    Saya harap Mbak/Mas dapat memahami maksud tulisan saya. Apabila komentar ke-2 ini tak berkenan bagi Admin, saya banyak-banyak minta maaf. Kemudian, atas balasannya, saya ucapkan banyak terima kasih

    (Kanda)

  2. Maaf, tapi khusus mojok.co ada yang perlu dikoreksi itu. Mojok didirikan oleh Puthut EA. Beliau mengajak Mas Agus Mulyadi buat jadi kontributor tetap awalnya. Tulisan Mas Agus dijanjikan tayang sekali seminggu. Barulah di kemudian hari Mas Agus gabung jadi tim editorial Mojok dan sempat jadi Pemred selama beberapa waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *