7 Keuntungan Memiliki Blog Yang Harus Diketahui Blogger

6 Likes Comment
keuntungan memiliki blog

Bagi saya pribadi, ada beberapa keuntungan memiliki blog. Keuntungan-keuntungan inilah yang bakal saya bahas di artikel ini.

Menjadi blogger adalah sebuah profesi yang menyenangkan. Saya menggunakan kata profesi agar terdengar lebih familiar sekaligus bentuk penghormatan saya pribadi pada blogger lain yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging.

Memang sih, kegiatan ngeblog bukanlah profesi unggulan yang menjadi idaman banyak orang. Meski demikian, bukan berarti anda tidak mendapatkan manfaat apa-apa dari dunia blogging.

Ada banyak manfaat yang didapat baik secara langsung ataupun tidak langsung. Manfaat-manfaat ini bahkan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Meski anda dan saya punya definisi yang berbeda soal kata manfaat ini. Tapi bagi saya pribadi, manfaat ini adalah keuntungan yang didapat seseorang selama menjadi blogger.

Jadi seharusnya anda bangga menjadi blogger. Karena dari dunia blogginglah anda bisa tahu bagaimana menulis artikel yang bagus, mencintai proses, bisa dapat duit dari blog dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, dari dunia blogging anda bisa tahu passion, karakter dan bakat yang dimiliki. Serta, bagaimana anda memaknai tiga poin tersebut.

7 Keuntungan Memiliki Blog Yang Harus Diketahui Blogger

Di artikel kali ini akan saya bahas tentang 7 keuntungan memiliki blog. Setiap poin yang saya bahas disini berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Lantas apa saja keuntungan memiliki blog? Apa manfaat ngeblog? Pasti penasaran kan? Berikut disajikan artikelnya untuk anda.

1. Bisa belajar banyak hal

Belajar memang tidak mengenal batasan dan waktu. Artinya anda bisa belajar kapan saja dan dimana saja. Begitu juga dalam dunia blogging.

Salah satu manfaat dari dunia blogging adalah mampu mempelajari banyak hal dan tidak seperti belajar satu bidang ilmu saja.

Ibaratnya, ketika ngeblog anda harus punya kemampuan multitasking yang tidak dimiliki oleh orang lain mulai dari menulis, mengedit artikel, mengelola blog, bermain-main dengan script dan lain sebagainya.

Pada akhirnya, kemampuan-kemampuan inilah yang membuat anda berbeda dengan orang lain. Dan mungkin, faktor ini membuat anda lebih dihargai orang lain.

Selain itu, kemampuan yang anda miliki itu unik dan dinamis, karena bisa menyesuaikan dengan kondisi dan perkembangan jaman.

2. Belajar mencintai proses

Proses dalam dunia blogger adalah sebuah proses yang panjang dan berliku. Misalnya, proses dari pertama kali membangun blog sampai anda menghasilkan jutaan rupiah.

Proses semacam ini adalah suatu proses yang tidak semua orang bisa lalui. Ibaratnya, ada seleksi alam yang terjadi.

Apalagi kalau anda mampu bertahan dalam dunia blogging selama bertahun-tahun. Dapat dikatakan, anda adalah pemenang kehidupan.

Karena, anda mampu mencintai setiap proses yang terjadi, apapun keadaannya dan apapun hasilnya. Karena disinilah anda belajar bahwa tidak ada kerja keras yang tidak membuahkan hasil.

3. Belajar meningkatkan kemampuan step by step

Kemampuan blogging memang tidak serta-merta didapat dalam kurun waktu satu atau dua hari. Alias, butuh waktu yang enggak sedikit.

Mungkin saat pertama kali ngeblog anda gak tahu cara pasang favicon, tapi kini anda menjadi master favicon.

Bahkan lebih jauh lagi, anda sudah berani mengutak atik kode HTML untuk menyesuaikan tampilan blog agar sesuai dengan keinginan anda.

Inilah yang saya maksud dengan kemampuan step by step. Kemampuan ini juga datang dari sebuah proses. Proses yang harus dilalui dan dinikmati.

4. Memperkuat jaringan

Jaringan atau networking adalah salah satu hal yang sulit dibangun. Tapi akan lebih mudah dibangun kalau anda punya blog.

Dengan kata lain, blog yang anda kembangkan itu jadi media penghubung antara anda dan orang lain atau pengunjung.

Disini anda harus menjalin hubungan yang baik dengan pengunjung blog, dengan orang-orang yang ingin memasang iklan didalam blog atau menggunakan jasa content placement dan lain sebagainya.

Selain itu, perkuat jaringan tidak saja sebatas tiga hal diatas tapi juga soal bagaimana anda terhubung dengan blogger lain dan belajar dari mereka tentang apa yang tidak anda ketahui.

Kira-kira begitu maksudnya. Dan menurut saya pribadi, inilah manfaat yang paling besar yang bakal anda dapatkan saat ngeblog yang gak akan dipelajari di sekolah atau kampus.

5. Belajar apa saja yang berhubungan dengan blog secara otodidak

Salah satu alasan mengapa saya masih ngeblog hingga kini adalah karena saya bisa belajar apa saja secara otodidak tanpa harus dapat bimbingan teknis dari orang lain.

Bukan hanya soal mengelola platform, tetapi juga soal membuat konten yang berkualitas bagus, mengoptimalkan SEOnya hingga bagaimana melakukan promosi.

Proses pembelajaran ini pada akhirnya mengarahkan saya pada satu kemampuan yang tidak dimiliki orang lain.

Kemampuan apa itu? Keberanian untuk mencoba tanpa takut resiko. Kemampuan seperti ini sangat penting dimiliki oleh saya dan juga anda di kehidupan nyata.

Karena kemampuan inilah, saya sudah bisa nembak cewek cantik nan bohai, meski enggak diterima. So sad yah!

Namun, sudah menjadi resiko. Kalau diterima syukur bisa ngeue dapat cewek, kalau enggak juga gak apa-apa.

6. Berani memanajemen diri sendiri

Ada dua hal penting pada poin ini yakni soal bagaimana memanajemen konten dan memanajemen pengunjung blog.

Manajemen konten berarti anda harus mempelajari bagaimana cara membuat postingan blog yang menarik, membuat kalender editorial dan menyiapkan waktu untuk mengedit artikel-artikel lama di blog.

Sementara, manajemen pengunjung berarti saya berusaha menjalin hubungan yang baik dengan pengunjung, membalas komentar mereka, membalas email mereka dan lain sebagainya.

Baca Juga : 6 Etika Saat Membuat Artikel di Blog

Dan disini anda belajar banyak soal inti dari ilmu manajemen, bagaimana membuat segala sesuatu itu bisa efisien dan efektif.

Dan secara tidak langsung, anda sudah belajar ilmu itu saat menjadi blogger. Dan ini juga punya manfaat yang besar di kehidupan nyata.

7. Selalu mencari solusi dari setiap permasalahan

Tidak semua jawaban ada di Google. Karena itulah, anda harus mencari solusi terhadap permasalahan tersebut dengan cara sendiri.

Misalnya, saat pertama kali ngeblog, ada beberapa masalah yang saya hadapi seperti bagaimana mengubah warna header blog hingga bagaimana mencintai seseorang tanpa harus memiliki.

Solusinya enggak ada yang pas. Kalaupun ada, hanya semacam tips yang mungkin saja tidak akan berhasil jika diterapkan.

Karena itu, mencari solusi sendiri adalah satu-satunya jalan agar permasalahan yang dihadapi itu bisa selesai.

Dan ini juga berlaku saat menjadi blogger. Meskipun kegiatan ini sudah cukup populer, namun ada banyak hal yang masih belum di bahas.

8. Bisa dapat duit

Yang paling terakhir adalah, dengan blog, anda bisa dapat uang. Uangnya darimana ya? Sebagian besar pendapatan blogger berasal dari iklan.

Selain iklan, pemilik blog juga bisa dapat uang lewat affiliasi atau postingan bersponsor dari suatu bisnis atau layanan.

Tapi, perlu saya ingatkan, gak gampang loh dapat duit dari blog. Perlu usaha, kerja keras dan ketekunan yang gak sedikit.

Kalau anda serius, pada akhirnya akan membuahkan hasil. Oh iya, penghasilan dari blog itu termasuk pasif income ya.

Jadi, kapanpun anda bisa dapat duit, meski tidak tiap hari atau setiap bulan. Penghasilannya blogger juga gak seberapa tapi masih bisa digunakan untuk traktir gebetan di hotel kedai kopi.

Penutup

Bagi beberapa blogger, keuntungan-keuntungan diatas dijadikan motivasi tersendiri untuk terus ngeblog dan membuat konten yang berkualitas.

Meskipun tantangan yang dihadapi blogger saat ini cukup sulit. Karena banyak blog baru yang bermunculan, dengan topik dan motivasi yang sama.

Nah demikian artikel tentang 8 keuntungan memiliki blog yang harus diketahui blogger. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *