Cukup Sederhana! Ini 3 Cara Menjaga Kesehatan Gigi

2 min read

menjaga kesehatan gigi

Pada dasarnya, menjaga kesehatan gigi selalu di mulai dengan kebiasaan menjaga kesehatan tubuh lain. Jika ingin gigi tidak berlubang, yang paling pertama yang dilakukan adalah menghindari konsumsi makanan yang manis, berlemak dan keras.

Untungnya, untuk menjaga gigi anda tetap sehat, ada beberapa langkah sederhana yang dapat anda lakukan di rumah.

Langkah-langkah sederhana ini tidak membutuhkan peralatan tambahan, sikat gigi yang terbaik hingga pasta gigi yang mahal. Cukup lakukan secara rutin, maka hasilnya akan terlihat.

3 Langkah Sederhana Menjaga Kesehatan Gigi

Nah tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 3 langkah sederhana menjaga kesehatan gigi. Langkah apa saja itu? Berikut daftarnya:

1. Menyikat gigi dengan rajin

Yang paling pertama dan paling mudah dilakukan adalah dengan rajin menyikat gigi. Terlalu naif jika anda mengatakan kalau anda tidak mampu membeli sikat gigi.

Menyikat gigi adalah cara paling ampuh untuk menjaga kesehatan gigi anda. Sebaiknya, anda bisa menyikat gigi dua kali sehari atau setelah makan.

Baca Juga : 3 Cara Alami Putihkan Gigi Dengan Cepat Dan Terbukti Berhasil

Tetapi, jika anda sering ngemil, atau sering makan junkfood, luangkan waktu sejenak untuk menyikat gigi, minimal 2 menit.

Selain itu, pastikan juga anda menggunakan pasta gigi yang tepat, yang mengandung fluoride di dalamnya. Ingat juga untuk mengganti sikat gigi anda dengan yang baru setiap tiga bulan hingga lima bulan sekali.

Kalau memungkinkan, anda juga bisa menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi. Ini untuk memberi perlindungan ekstra pada gigi anda.

2. Rajin bersihkan sela-sela gigi

Meskipun anda telah menyikat gigi dengan rajin tapi terkadang ada sisa-sisa makanan yang tersimpan dalam gigi.

Sisa-sisa makanan ini bisa menjadi sarang kuman apabila tidak dihilangkan, terlebih jika anda memakan makanan seperti ikan atau daging.

Oleh karena itu, sebaiknya, anda melakukan flossing secara rutin. Ini bukan saja untuk menjaga kesehatan gigi tetapi juga untuk menjaga kesehatan gusi.

Untuk itu, jika hendak bersihkan gigi dengan flossing, anda bisa menggunakan benang lalu lilitkan disekitar jari tengah anda sehingga anda bisa menariknya dengan halus.

Baca Juga : 8 Cara Hilangkan Sakit Gigi Dengan Cepat

Lakukan ini secara rutin, minimal 1 kali sehari. Usahakan fokus pada satu gigi saja agar hasilnya lebih maksimal. Namun ingat, jangan terlalu kasar melakukan flossing agar gusi anda tidak cedera.

Jika anda tidak terbiasa menggunakan flossing, anda bisa menggunakan pembersih interdental yang banyak dijual di toko-toko atau apotek terdekat.

3. Kunjungi Dokter gigi secara rutin

Nah ini yang paling penting. Karena untuk bisa menjaga kesehatan gigi dengan maksimal dan profesional sebaiknya anda berkunjung ke dokter gigi favorit anda secara rutin.

Anda bisa mengunjungi dokter gigi tiga hingga enam bulan sekali untuk memperoleh perawatan medis yang baik, profesional dan tepat.

Jika tiga hal diatas belum bisa dilakukan secara rutin, maka tindakan dibawah ini dapat anda laksanakan untuk menjaga kesehatan gigi anda. Tindakan apa saja itu? Berikut daftarnya:

  • Jangan gunakan tusuk gigi karena dapat merusak gigi dan membuat gusi cedera
  • Sebaiknya bilas mulut menggunakan alat bilas anti mikroba yang mengandung Fluorida
  • Batasi diri untuk mengkonsumsi makanan atau minuman asam seperti Soda atau Jus Jeruk
  • Gunakan gigi saat sedang mengunyah makanan
  • Jangan makan makanan yang terlalu dingin atau panas
  • Kenakan pelindung mulut saat sedang berolahraga (jika memungkinkan)
  • Jangan merokok, minum minuman keras dan semacamnya

Penutup

Langkah diatas memang sederhana, namun jika dilakukan secara rutin hasilnya akan terlihat dalam beberapa bulan ke depan.

Tapi terkadang, karena ini adalah tindakan rutin, banyak orang yang kemudian malas menyikat gigi, membersihkan gigi apalagi berkunjung ke dokter.

Yang pada akhirnya, sikap ini membuat gigi rusak. Yang berarti, usaha-usaha diatas bisa berhasil apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Nah demikian artikel tentang cara sederhana yang terbukti berhasil untuk menjaga kesehatan gigi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *