10 Kelebihan Blogger/Blogspot Dibanding Platform Lain

4 min read

kelebihan menggunakan blogger

Ada banyak kelebihan blogger/blogspot dibanding platform lain. Kelebihan-kelebihan itulah yang akan saya ulas di artikel ini.

Salah satu platform blogging yang cukup populer di Indonesia adalah Blogger/Blogspot. Platform milik Google ini sudah digunakan oleh ratusan ribu orang untuk membuat dan mengembangkan blog.

Banyak orang yang memilih menggunakan platform ini selain karena gratis, pengguna juga memiliki kesempatan untuk memonetisasinya.

Dengan kata lain, mereka bisa mendapatkan uang dari kegiatan blogging tersebut, baik secara aktif atau enggak aktif.

Mengapa platform blogging dipilih oleh banyak orang Indonesia untuk ngeblog? Alasannya beragam, sebagian besar alasannya akan saya bahas disini.

Anda bisa setuju bisa juga tidak. Karena poin-poin yang saya bahas disini saya kumpulkan berdasarkan pengalaman pribadi saya selama menjadi blogger.

10 Kelebihan Blogger/Blogspot Dibanding Platform Lain

Lantas apa saja kelebihan blogger/blogspot dibanding platform lain? Pasti penasaran kan? Berikut disajikan artikelnya untuk anda.

1. Proses pembuatannya yang mudah

Membuat blog di blogger itu sangat mudah. Hanya butuh 3 klik saja maka blog sudah siap digunakan.

Mungkin saja, karena alasan inilah maka banyak orang Indonesia yang menggunakan platform blogging ini.

Saat membuat blog, yang dibutuhkan hanyalah dua. Pertama akses internet dan kedua akun Gmail. Jika dua hal ini sudah terpenuhi, maka blog anda sudah mengudara.

Jika ada beberapa dari anda yang ingin membuat blog tapi bingung caranya, silahkan baca artikel saya tentang cara buat blog di blogger.

2. Hosting tak terbatas

Hosting blogger itu disiapkan langsung oleh Google, sebagai pemilik blogger. Jadi, anda enggak perlu repot lagi keluarkan kocek untuk beli hosting.

Kalau mau lebih profesional, anda tinggal beli domain sendiri dengan harga yang bisa disesuaikan sama kantong.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Harga domain ini disesuaikan sama ekstensinya. Yang paling mahal, bisa .me atau .id sementara yang paling murah adalah my.id

Tapi tetap perhatikan popularitas ekstensi ini saat mau beli domain. Saran saya, belilah yang ekstensi .com karena lebih familiar dibanding TLD yang lain.

3. Pengaturan yang sederhana

Bukan hanya proses pembuatannya yang sederhana, konfigurasi dan pengaturan di blogger juga demikian.

Meski agak kaku sih untuk konfigurasi dasarnya, terlebih untuk pengaturan situs. Tapi ini bukan enggak masalah sih.

Yang penting blog itu jadi dan bisa digunakan dengan bebas tanpa harus mengeluarkan kocek untuk bayar ini itu.

4. Tersedia jutaan template blogger/blogspot

Soal ini memang benar. Gak percaya? Coba cari kata kunci ‘template blogger‘ atau ‘tema blogger‘ dengan menggunakan berbagai bahasa di dunia?

Maka anda akan temukan ribuan, ratusan ribu hingga jutaan template yang siap pakai, baik yang gratis atau berbayar.

Semua template blogger dibangun dengan kode yang sama, hanya tampilannya yang agak berbeda.

Anda tinggal pilih mana yang terbaik, yang tampilannya keren serta sesuai dengan tujuan anda membuat blog.

Tetapi tetap perhatikan loadingnya ya. Jangan juga ngasal pilih template, apalagi yang gratisan.

Sebab bisa saja ada kode malware atau adware yang tersembunyi didalam script, yang bisa membuat blog anda dianggap spam oleh Google.

5. Terintegrasi dengan tools Google yang lain

Soal ini tidak perlu dibantah lagi deh. Integrasi paling dominan antar blog dengan tools Google lain terlihat dari Google photo, Google Drive, Google Analytics, AdSense dan Search Console.

Soal ini sih sudah saya bahas di salah satu artikel saya yang berjudul 10 alat Google yang bisa digunakan secara bersamaan dengan blog.

Dulunya ada Google+, yang memang wajib diintegrasikan sama blog. Tapi itu dulu, sebelum ia hiatus selamanya.

Anda juga bisa menginterasikan platform blog anda dengan berbagai alat Google lain, seperti:

  • Google Maps
  • Google places [Goolge earth]
  • Picasa web
  • Picasa creative kit
  • Google document
  • Google tag manager
  • Google marchants
  • Dsb

Kalau semua tools ini sudah di hubungkan, visibilitas blog anda makin tinggi yang bisa membuat pengunjung betah beralam-lama berkunjung ke blog anda.

Anda juga bisa menggunakan alat Google yang lain seperti Google Apps for Business yang memungkinkan anda mengelola semua alat yang diintegrasikan sama blog anda itu di satu tempat.

Dengan kata lain, jika anda ingin buat blog di Blogger, jangan anggap bahwa blog anda itu adalah platform yang independen ya.

Ia merupakan kumpulan alat Google yang dapat digunakan secara bersamaan untuk meningkatkan visibilitas blog sekaligus pengalaman pengguna.

Dan Google sebenarnya merekomendasikan hal ini, baik langsung ataupun tidak langsung.

6. Keamanan terjamin

Dengan menggunakan blogger.com, anda tidak perlu repot memperbaharui CMS tanpa perlu lihat patch Keamanannya.

Alasannya karena Google telah merancang platform ini dengan berbagai penyesuaian dan penyempurnaan secara simultan.

Sehingga, anda tinggal menggunakannya saja. Soal urusan dalam, biar Google yang ngurusinnya.

Beda halnya jika anda menggunakan WordPress self-host, anda harus menerapkan pengalaman berlapis untuk mengamankan blgo tersebut.

7. Bisa menggunakan domain costum

Soal ini sih sudah saya singgung diatas. Domain costum ini juga bisa anda beli langsung di Google atau dari penyedia pihak ketiga semacam Niagahoster.

Harganya enggak terlalu mahal, dan dapat disesuaikan dengan kantong anda. Anda juga bisa bebas memilih dan membeli dari penyedia domain mana saja.

8. Muncul di Google Serps dengan cepat

Jika anda memanfaatkan alat-alat gratis Google diatas, potensi blog anda untuk muncul di hasil pencarian Google bakalan lebih besar.

Ingat, hasil pencarian dan bukan pada halaman tertentu, seperti di halaman pertama hasil pencarian.

Enggak seperti itu. SERPs di Google tentu dirancang untuk adil dan enggak berpihak, agar semua platform punya kesempatan yang sama untuk muncul di halaman pertama pencarian.

Namun, dapat dipastikan, jika anda menggunakan blogger, blog anda bakal terindeks secara otomatis ke direktori Google dalam jangka waktu 24 jam.

Beda halnya jika anda menggunakan WordPress, yang butuh waktu lebih dari 24 jam untuk muncul ke direktori hasil pencarian seperti Google.

Bahkan, dalam beberapa kasus, butuh waktu berbulan-bulan agar bisa terindeks. Dengan kata lain, apabila blog anda di indeks dengan cepat, potensi kunjungan akan meningkat drastis.

9. Mudah digunakan

Salah satu alasan mengapa blogger cukup populer adalah antar mukanya yang sederhana. Alias, blog tersebut mudah digunakan.

Kata mudah ini sih agak subjektif ya, tapi sudah banyak orang yang mengakuinya kok.

Bahkan, banyak blogger profesional sekarang ini yang masih merekomendasikan blogger sebagai platform blogging yang cocok untuk pemula.

Alas, mereka yang enggak punya pengalaman sama sekali di dunia blogging namun berkeinginan punya blog, silahkan pakai Blogger.

10. Gratis!

Blogger atau blogspot itu sepenuhnya gratis. Enggak ada biaya kompensasi, biaya berlangganan atau biaya lain yang harus dikeluarkan blogger saat menggunakan platform ini.

Dengan kata lain, blogger benar-benar gratis. Yang gak gratis tentu saja kuota data, karena harus dibeli.

Selain itu, enggak ada ikatan penggunaan platform. Sepanjang blog anda enggak melanggar kebijakan platform dan Google, maka blog anda tetap bisa di akses pengguna,

Penutup

Bagi saya pribadi, memilih blogger sebagai platform blogging anda adalah langkah yang tepat jika anda ingin belajar tentang dunia blogging.

Apalagi jika dana minim, namun punya tekad untuk menjadi blogger. Oh iya, anda juga bisa menggunakan blog anda tersebut untuk mendapatkan penghasilan.

Yang paling populer tentu saja adalah Google AdSense. Kabar baiknya lagi, Google adSense dan Blogger bisa diintegrasikan secara langsung.

Demikian artikel tentang 10 kelebihan Blogger/Blogspot dibanding platform lain. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *