6+ Jenis Perubahan Wujud Benda dan Contohnya

Perubahan wujud benda adalah suatu proses dimana suatu benda mengalami perubahan dari satu wujud ke wujud lainnya.

Lantas, mengapa suatu benda bisa berubah wujud? Karena jumlah kalor yang diterima atau yang dilepaskan terlalu tinggi.

Contoh sederhana saat anda memasukkan air ke dalam ice bank di kulkas lalu di diamkan dalam jangka waktu tertentu maka air tersebut akan menjadi padat.

Hal ini disebabkan karena suhu dingin yang menempa air sehingga air tersebut menjadi beku. Dan istilah beku, dalam konteks ini diartikan sebagai padat.

Disisi lain, apabila es yang sudah membeku tersebut diambil dari dalam freezer kulkas lalu ditempatkan di dalam ruangan maka dalam waktu tertentu ia akan menjadi cair kembali.

Proses inilah yang kemudian dikenal sebagai proses menerima atau menyerap yang kadang juga disebut melepas atau kehilangan kalor.

Secara umum, ada enam jenis perubahan wujud benda mulai dari mencair, membeku, menguap, mengembun, mengkristal hingga menyublim.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari jenis-jenis perubahan wujud benda atau macam-macam perubahan wujud benda, simak artikel ini sampai habis.

Macam-Macam Jenis Perubahan Wujud Benda: Mencair (Melebur), Membeku, Menguap, Mengembun, Menyublim dan Mengkristal

Jika dilihat berdasarkan prosesnya, perubahan wujud benda dapat dikategorikan dalam dua bagian utama yakni melepas dan menerima kalor.

Agar jelas, berikut disajikan macam-macam jenis perubahan wujud benda, diantaranya:

A. Perubahan Wujud Benda yang Membutuhkan Kalor

Suatu benda bisa berubah wujud apabila menerima sejumlah kalor. Istilah menerima bisa juga diartikan sebagai membutuhkan atau menyerap.

Sehingga menghasilkan tiga peristiwa yang dikenal sebagai mencair, menguap dan juga menyublim. Berikut pembahasannya:

1. Mencair

Jenis Perubahan Wujud Benda dan Contohnya
© Canva Photos

Perubahan wujud benda paling sering ditemui adalah mencair, yang kadang juga disebut melebur. Kedua istilah tersebut pada dasarnya sama saja. Lantas, apa sih arti mencair atau melebur itu?

Mencair adalah suatu keadaan dimana benda menjadi cair atau encer. Bisa juga diartikan sebagai luluh, berubah ke bentuk lain atau tidak tegang lagi

Sementara, istilah melebur merujuk pada keadaan menjadi lebur atau luluh. Dapat juga diartikan sebagai menjadi cair seperti dalam kasus logam.

Istilah melebur juga bisa diartikan sebagai membubarkan diri kemudian bergabung dengan yang lain, apabila berbicara dengan perkumpulan atau organisasi.

Lalu mengapa suatu benda bisa mencair? Apa penyebabnya? Penyebabnya cuma satu yakni karena benda tersebut menerima kalor atau panas yang membuatnya menjadi cair.

Contohnya adalah suatu es batu yang diambil dari freezer lalu ditempatkan didalam ruangan dengan suhu tertentu akan membuat es tersebut mencair.

Artinya, energi panas diperlukan agar es batu itu menjadi cair. Dan jika ingin dipadatkan ulang menjadi es, tinggal turunkan suhunya karena setelah air menjadi cair, energi panasnya akan lebih tinggi.

Selain es yang mencair, ada banyak contoh lain dimana suatu benda mencair, diantaranya:

  • Es batu (padat) menjadi air (zat cair)
  • Logam dicairkan menggunakan solder
  • Lilin yang dipanaskan
  • Es krim yang dibiarkan di ruang terbuka

2. Menguap

Jenis Perubahan Wujud Benda dan Contohnya
© Canva Photos

Menguap, dalam konteks perubahan wujud benda adalah menjadi uap atau mengeluarkan uap. Dalam kasus yang lebih teknis, dimengerti sebagian hilang atau lenyap.

Sementara, kata uap sendiri berarti gas yang terdiri dari cairan, seperti air dan lain sebagainya, apabila dipanaskan atau bentuk gas suatu zat.

Dengan demikian bisa dipahami bahwa menguap adalah satu dari beberapa peristiwa perubahan wujud benda dari sebelumnya cair menjadi gas.

Baca Juga:

Dan agar peristiwa ini bisa terjadi, maka suatu benda tersebut membutuhkan energi panas tinggi baik tetap atau terus meningkat.

Contoh sederhana saat anda memanaskan air pakai kompor. Jika air dibiarkan mendidih terus maka lama kelamaan air yang dipanaskan tersebut akan habis.

Atau mungkin, misalnya, bensin yang didiamkan di ruangan terbuka tanpa ditutup yang menunjukkan kondisi serupa karena menjadi gas.

3. Menyublim

Jenis Perubahan Wujud Benda dan Contohnya
© Canva Photos

Menyublim adalah proses pengubah at padat menjadi uap atau membuat suatu benda menjadi sublim seperti dalam kasus air.

Dengan demikian, perubahan wujud benda menyublim bisa diartikan sebagai peristiwa perubahan suatu benda dari sebelumnya padat menjadi gas.

Hal ini disebabkan karena benda tersebut sejumlah energi panas atau kalor dalam jumlah tertentu sehingga membuatnya partikel-partikel kecil.

Dan ada banyak contoh dimana suatu benda mengalami peristiwa menyublim seperti misalnya kapur barus atau kamper yang disimpan ke dalam lemari dan biasa membuatnya hilang karena berubah menjadi gas.


B. Perubahan Wujud Benda yang Melepaskan Panas

Apabila suatu benda melepaskan panas akan membuatnya mengalami perubahan wujud yang saat ini dikenal sebagai membeku, mengembun dan mengkristal.

Agar jelas, berikut disajikan macam-macam perubahan wujud benda akibat pelepasan panas atau kalor, diantaranya:

1. Membeku

Jenis Perubahan Wujud Benda dan Contohnya
© Canva Photos

Membeku berarti menjadi beku. Beku sendiri, di KBBI, berarti padat atau keras tentang suatu benda cair atau tidak mengalami perubahan atau kaku.

Ambil contoh sederhana dari air yang dimasukkan ke dalam Freezer yang membuatnya menjadi beku. Lantas, mengapa air bisa menjadi beku?

Hal ini disebabkan karena zat cair yang dimasukkan, dalam hal ini air, melepas sejumlah kalor sehingga membuatnya menjadi zat padat atau es batu.

Selain air yang menjadi beku, ada banyak contoh lainnya dimana yang menunjukkan perubahan wujud benda membeku ini, seperti:

  • Air di dalam freezer akan menjadi es batu
  • Agar-agar yang dimasak dengan air kemudian didiamkan akan berubah menjadi padat
  • Lilin cair yang didinginkan atau dibiarkan

2. Mengembun

Jenis Perubahan Wujud Benda dan Contohnya
© Canva Photos

Mengembun berarti menjadi embun atau menjadi titik-titik air dan ini punya kaitan sama uap tadi tapi dalam prinsipnya, merujuk pada suatu keadaan menyerupai embun atau menjadi seperti embun.

Dengan demikian, mengembun bisa diartikan sebagai suatu peristiwa dimana suatu benda menjadi dari sebelumnya berbentuk gas menjadi cair.

Peristiwa ini disebabkan karena benda tersebut melepaskan sejumlah energi panas. Contoh sederhana saat anda menempatkan es batu ke dalam gelas.

Dalam waktu tertentu, maka bagian luar gelas akan basah. Atau misalnya, rumput di pagi hari yang ikut basah walaupun saat malam hari tidak hujan.

Selain itu, ada banyak contoh lainnya dimana suatu benda mengalami perubahan wujud dari gas menjadi cair, diantaranya:

  • Es batu dalam sebuah gelas akan membuat bagian luar gelas basah
  • Rumput di lapangan pada pagi hari menjadi basah padahal sore harinya tidak hujan
  • Titik embun air yang memburamkan kaca mobil saat hujan

3. Mengkristal

Jenis Perubahan Wujud Benda dan Contohnya
© Canva Photos

Mengkristal secara umum dipahami sebagai proses menghablur, menjadi kristal atau berubah menjadi seperti kristal.

Kristal sendiri adalah unsur pembentuk batuan yang atomnya tersusun dan terikat oleh kekuatan intermolekuler sehingga membuatnya menjadi padat.

Dengan demikian bisa dipahami kalau perubahan wujud benda mengkristal adalah suatu peristiwa dimana suatu benda dari sebelumnya berbentuk gas menjadi padat.

Hal ini disebabkan karena benda tersebut melepaskan sejumlah energi panas. Contoh sederhana dari peristiwa ini adalah saat uap di udara berubah menjadi es di dalam freezer.

Perbedaan mencair, menguap, menyublim, membeku, mengembun dan mengkristal

Lantas, apa sih yang membedakan antara setiap peristiwa perubahan wujud benda diatas? Pasti penasaran, kan? Jika iya, lihat tabel dibawah ini:

PerbedaanMencairMenguapMenyublimMembekuMengembunMengkristal
WujudPadat menjadi cairCair menjadi gasPadat ke gasCair menjadi padatGas menjadi cairGas menjadi padat
PenyebabMenerima energi panas atau kalorMenerima sejumlah energi kalorMenerima sejumlah energi kalorMelepas sejumlah kalorMelepaskan energi panasZat gas melepas sejumlah kalor
ContohEs batu yang ditempatkan di luar ruangan berubah menjadi cairMerebus air sampai menguapKapur barus dalam lemari yang berubah menjadi gas di dalam lemariAir yang ada di dalam freezer menjadi es batuRumput di depan rumah yang basah saat pagi hari padahal tidak hujan di malam hariUap di dalam Freezer Kulkas yang membuatnya menjadi es batu

Tabel diatas sudah cukup jelas menggambarkan dimana letak perbedaan antar setiap peristiwa perubahan wujud benda mulai dari mencair, menguap, menyublim, membeku, mengembun dan mengkristal.

Misalnya dari segi wujud awal dan wujud akhir dari sebelumnya padat menjadi cair, cair menjadi gas hingga padat menjadi gas.

Tiga peristiwa di atas disebabkan karena benda tersebut menerima energi panas atau kalor. Sementara, jika benda tersebut melepas energi panas atau kalor akan membuatnya membeku, mengembun dan mengkristal.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan diajukan terkait postingan ini bakal diulas dalam bentuk QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa itu perubahan wujud benda? Apa pengertiannya?

Seperti yang sudah disebutkan diatas yang mana perubahan wujud benda adalah suatu peristiwa dimana benda mengalami perubahan setelah menerima atau melepaskan kalor.

Dan ada tiga jenis benda yang bisa mengalami perubahan wujud yakni benda cair, benda padat dan juga gas. Ketiga benda tersebut bisa berubah bentuknya akibat peristiwa perubahan wujud tersebut.

Agar jelas, berikut disajikan benda-benda yang mengalami perubahan wujud dan nama yang digunakan untuk menunjukkan perubahan tersebut lewat tabel dibawah ini:

Bentuk awal bendaBentuk akhir BendaPerubahan wujud
CairGasMengembun dan menguap
GasPadatMenyublim dan mengkristal
PadatCairMembeku dan mencair

2. Apa saja penyebab suatu benda mengalami perubahan wujud?

Ada dua penyebab utama mengapa suatu benda mengalami perubahan wujud yakni karena benda tersebut menerima atau menyerap kalor.

Sehingga, benda tersebut akan berubah menjadi mencair, menguap atau menyublim. Sementara, jika benda tersebut melepas kalor akan membuatnya berubah jadi membeku, mengembun dan mengkristal.

3. Apa itu Kalor? Apa pengertiannya?

Kalor, dalam fisika, diartikan sebagai tenaga panas yang dapat diterima atau diteruskan oleh satu benda ke benda lainnya.

Hal ini disebabkan oleh tiga peristiwa yang dikenal sebagai hantaran atau konduksi, penyinaran atau radiasi hingga aliran atau konveksi.

Penutup

Suatu benda bisa mengalami perubahan wujud apabila menerima sejumlah energi panas atau melepaskan energi panasnya sendiri.

Jadi, tak usah heran apabila tiba-tiba air yang ditempatkan di dalam kulkas menjadi padat atau air yang direbus jumlahnya terus menurun akibat penguapan.

Demikian artikel tentang macam-macam jenis perubahan wujud benda serta contohnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar