11+ Jenis Internet Marketing Yang Paling Tren Saat ini

7 min read

internet marketing

Secara umum, ada 11 jenis internet marketing. Beberapa diantaranya sudah sangat familiar dan bahkan sering dijumpai acap kali berselancar di internet.

Kadang kala, internet marketing sering dipaduratakan dengan istilah digital marketing. Meski sebenarnya ada perbedaan mendasar antara dua istilah ini.

Internet marketing lebih fokus pada pemasaran di internet sementara digital marketing mencakup pemasaran internet dan juga beberapa jenis pemasaran lain seperti TV dan radio.

Mengapa internet marketing begitu populer? Salah satu alasannya karena pertumbuhan pengguna internet yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Di perkirakan, hingga saat ini, hampir 4 miliar orang sudah menggunakan internet, baik secara aktif atau pasif.

Dengan kata lain, internet menjadi salah satu lahan bisnis yang menggiurkan, baik untuk perusahaan transnasional hingga usaha kecil menengah [UKM].

Sebelum lanjut pada pembahasan inti, baiknya saya ulas terlebih dahulu apa itu internet marketing.

Pengertian internet marketing

Internet marketing adalah sebuah konsep pemasaran dengan mengedepankan perangkat elektronik dan internet.

Dari segi penggunaan perangkat elektronik, ia disebut sebagai pemasaran digital. Dari segi penggunaan internet, ia biasa disebut internet marketing atau pemasaran internet.

Baik internet marketing dan digital marketing sama-sama mengacu pada salah satu teknik pemasaran modern yang dilakukan lewat perangkat digital atau elektronik.

Meski demikian, dua hal ini tetap melibatkan aspek pemasaran offline dari segi penggunaan alat, bahan dan juga konsepnya.

Misalnya, penggunaan banner yang sudah terdigitalisasi, aktivitas dan lokasi penggunaan hingga target audiens.

Sampai disini sudah paham kan? Kalau sudah paham, mari lanjut pada jenis-jenis internet marketing.

11 Jenis Internet Marketing Yang Paling Populer Saat ini

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 10 jenis internet marketing saat ini. Apa saja itu? Berikut daftarnya untuk anda.

1. Pemasaran Konten [Content marketing]

Content marketing atau pemasaran konten adalah salah satu jenis pemasaran digital yang fokus untuk menciptakan dan mendistribusikan konten untuk tujuan pemasaran.

Target konten ini biasanya sangat spesifik, karena hanya orang-orang yang tertarik saja yang bakal membacanya.

Dengan kata lain, konten ini dibuat dengan tujuan untuk mempengaruhi konsumen atau calon pembeli agar mereka membeli barang atau produk yang di review dalam konten tersebut.

Cara kerjanya mudah, dimana, advertiser akan membuat konten baik dalam bentuk video, audio dan juga teks lalu membagikannya di media sosial, blog atau channel YouTube.

Kadang juga, konten ini diiklankan secara konvensional dengan tujuan yang sama, yakni untuk meningkatkan daya beli produk atau jasa.

Jika dilihat dari segi ini, konten marketing sebenarnya berkaitan dengan optimasi mesin pencari [SEO] , pemasaran media sosial dan email marketing.

Biasanya, konten tersebut dibuat secara khusus, dengan isi yang berkualitas, namun mengarahkan pembaca pada satu produk atau lebih.

Ada beberapa contoh content marketing ini seperti postingan blog biasa, review produk, podcast, video, infografis, eBook dan lain sebagainya.

2. Optimasi Mesin Pencari (SEO)

Optimasi mesin pencari atau Search Engine Optimization [SEO] adalah suatu metode pengoptimalan konten di mesin pencari dengan tujuan untuk memperoleh lalu lintas organik.

Dengan kata lain, trafik tersebut diperoleh tanpa menggunakan iklan berbayar. Hanya mengadalkan optimasi mesin pencari saja.

Yang lebih menarik lagi dari teknik ini adalah target audiensnya yang spesifik karena artikel tersebut dibuat khusus untuk satu target keyword.

Dengan demikian, lalu lintas yang didapatkan itu sangat organik dan tertarget. Karena, hanya pengguna yang mengetikkan keyword yang sudah ditargetkan itulah yang akan melihat konten yang ditulis.

Mesin pencari juga sebenarnya menampilkan search result berdasarkan model ini, sehingga hasil pencarian pengguna lebih relevan.

Misalnya, jika anda mencari komputer Apple terbaru di Google, yang akan tampil di hasil pencarian tentu bukanlah jas hujan, kan?

Karena itulah, optimasi mesin pencari sangat penting. Jika anda ingin menjual jas hujan secara online, maka target keywordnya pastilah jas hujan.

Dalam dunia internet marketing, SEO adalah salah satu jenis pemasaran digital yang peranannya sangat penting bagi pelaku bisnis.

Dengan mengoptimalkan SEO, anda bisa memperoleh lalu lintas yang organik dan relevan. Trafik tersebut terus tumbuh seiring waktu berjalan.

Disisi lain, tanpa melakukan optimasi konten, orang-orang tidak akan menemukan apa yang anda jual lewat situs atau blog anda tersebut.

Secara umum, Search engine optimization [SEO] terdiri dari beberapa bagian, antara lain:

  • Riset keyword
  • Volume pencarian keyword
  • Mengoptimalkan judul konten atau situs
  • Deskripsi konten [meta tag]
  • Kecepatan loading blog/situs
  • Backlink
  • Optimasi SEO off page dan On Page
  • Dll

Selain diterapkan untuk bisnis, SEO juga banyak digunakan oleh Blogger atau media online yang ingin memperoleh trafik organik atau trafik langsung dari mesin pencari.

3. Search Engine Marketing (SEM)

Sebenarnya, istilah pemasaran mesin pencari atau search engine marketing [SEM] merupakan sebuah istilah umum untuk menggambarkan trafik yang diperoleh secara berbayar.

Seiring waktu berjalan, SEM lebih condong pada iklan yang tampil di hasil pencarian organik berdasarkan kata kunci yang ditargetkan saat iklan dibuat.

Ini cukup berbeda dengan SEO yang sudah saya jelaskan diatas. SEM memang bisa mendapatkan peringkat #1 di mesin pencari namun peringkat tersebut diperoleh secara berbayar.

jenis internet marketing

Dengan demikian, saat iklan tersebut sudah tidak tampil lagi, maka peringkat akan digantikan oleh situs lain, yang menggunakan iklan serupa atau tidak.

Disisi lain, pemasaran mesin pencari mengacu pada bentuk pemasaran digital yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas situs atau blog di mesin pencari dengan iklan.

Jadi, untuk bisa mendapatkan peringkat ini, pemasar harus menggunakan AdWords atau platform periklanan mesin pencari lain seperti Bing dan Yahoo!

Tampilannya juga cukup berbeda dengan iklan biasa termasuk juga hasil pencarian organik karena ada elemen ad [iklan] disebelah judul seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Misalnya, jika anda melakukan pencarian untuk keyword tertentu, maka anda akan melihat tulisan i yang merupakan akronim iklan di awal URL.

Di Google, halaman iklan ini ditempatkan di peringkat pertama pencarian SERPs [Search Engine result pages] pada posisi #1 dan seterusnya.

4. Pemasaran Media Sosial [Social Media Marketing]

Pemasaran media sosial atau social media marketing [SMM] mengacu penggunaan iklan berbayar di media sosial untuk memperoleh trafik dan lalu lintas ke produk atau jasa pemasar.

Dengan menggunakan media sosial, pemilik bisnis dapat meningkatkan eksposur dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Alasannya sederhana, karena media sosial sering berhubungan dengan hal-hal yang sifatnya personal dan spesifik.

Disisi lain, pemasaran media sosial juga menjadi salah satu cara bagi pemilik bisnis untuk mengetahui apa yang paling diinginkan oleh pelanggan.

jenis internet marketing

Juga, untuk mengetahui tanggapan pelanggan terhadap produk entah itu keluhan, kritikan, masukkan dan lain sebagainya.

Selain itu, pelanggan juga bisa berinteraksi dan terhubung secara instan dengan pemilik bisnis lewat kolom komentar, Direct Massage atau dari retweet.

Jika model pemasaran ini dioptimalkan secara bersamaan dengan SEO dan content marketing, maka akan terjadi satu jenis pemasaran yang baru.

Yakni all-in-one marketing atau in marketing. Model pemasaran ini dianggap lebih powerfull karena bisa meningkatkan branding produk, menarik perhatian calon pelanggan serta pemilik bisnis bisa terlibat aktif dengan konsumen.

5. Pemasaran influencer [influencer marketing]

Sebenarnya, pemasaran influencer ini adalah subkategori dari pemasaran media sosial. Karena dalam prosesnya terjadi di platform media sosial.

Hanya saja, saya membahasnya dalam poin khusus agar anda lebih paham konteks pemasaran yang satu ini.

Pemasaran influencer biasanya melibatkan seseorang dengan pengaruh yang besar di media sosial entah itu artis, tokoh atau figur lain yang punya fans banyak.

Terkadang, pemasaran influencer disebut juga dengan pemengaruh media sosial. Mereka bisanya memposting konten-konten yang berhubungan dengan produk atau bisnis seseorang di akun media sosial pribadi mereka.

Dari postingan ini mereka mendapatkan bayaran baik berupa uang atau produk langsung dari pemilik bisnis.

6. Iklan Bayar-Per-Klik (Pay per Click)

Selanjutnya adalah iklan biaya per klik [BPK] atau pay per click [PPC] dalam bahasa Inggris. Pada dasarnya, iklan ini akan membayar publisher setiap kali ada orang yang mau mengklik iklan yang tampil.

Metode ini sangat lazim digunakan oleh blog-blog makro menengah hingga situs-situs web besar seperti portal berita.

Jadi, pemilik blog bisa dapat penghasilan dari sini. Model pembayarannya bukan hanya PPC tetapi juga per impresi atau 1000 kali tayangan iklan.

Sekilas, PPC ini mirip dengan SEM. Hanya saja, SEM lebih fokus pada iklan di hasil pencarian organik sementara PPC terletak di laman blog.

Juga, cakupannya jauh lebih luas dan agak mirip dengan iklan Affiliasi. Sebagai contoh, apabila anda membuka halaman blog ini, maka anda akan disuguhkan iklan dari Google AdSense.

Saat anda mengklik ikan tersebut maka saya sebagai pemilik situs akan mendapatkan bayaran. Nominalnya beragam, mulai dari 50 perak sampai ratusan ribu rupiah.

Setelah anda mengklik iklan tersebut, anda akan diarahkan langsung pada url atau situs pengiklan, dimana anda akan berinteraksi pada produk-produk yang diiklankan tadi.

7. Pemasaran Afiliasi [Afiliasi marketing]

Pemasaran afiliasi atau afiliasi marketing adalah salah satu teknik pemasaran internet yang cukup populer dimana seseorang bisa mendapatkan penghasilan dengan mudah secara online.

Sebagai contoh, saya memasang iklan affiliasi dari Niagahoster pada gambar dibawah ini. Setiap kali anda mengklik banner tersebut, anda akan diarahkan pada situs Niagahoster.

Hosting Unlimited Indonesia

Apabila anda melakukan pembelian langsung dari link referral tersebut, saya akan mendapatkan komisi. Besaran komisi tergantung dari produk yang dibeli.

Biasanya, saya memperoleh 5%-20% dari jumlah penjualan produk. Sama seperti PPC, penghasilan dari link affiliasi termasuk penghasilan yang pasif. Kadang dapet, kadang juga enggak.

Disisi lain, untuk bisa memasang banner affiliasi seperti diatas, anda harus bermitra dengan suatu bisnis atau layanan tertentu.

Strategi pemasaran affiliasi ini bisa berbentuk link, banner, gambar, kode QR dan lain sebagainya. Yang paling populer tentu saja gambar dan banner.

8. Pemasaran Email [email marketing]

Pemasaran email atau email marketing adalah salah satu jenis pemasaran digital yang juga cukup populer saat ini.

Pemasaran ini lebih fokus pada email untuk mempromosikan layanan, bisnis atau produk tertentu kepada orang lain secara personal.

Jika dilihat secara luas, pemasaran email merujuk pada strategi bisnis untuk membangun hubungan yang baik secara personal dengan pelanggan.

Karena, email yang dikirimkan pada pelanggan tidak hanya membahas tentang produk, tetapi juga agar pelanggan bisa berinteraksi dengan merk atau brand.

Satu hal penting dari keuntungan email marketing ini, yakni, anda tidak perlu repot melihat statistik atau interaksi saat email itu diterima konsumen.

Jadi, ada keluwesan bagi penerima untuk membaca email tersebut atau tidak. Selain itu, pemilik bisnis juga gak perlu repot-repot berinteraksi dengan pelanggan karena biasanya email yang dikirim itu bertajuk no-replay alias dikirim oleh robot.

9. Pemasaran Pesan Instan [Instant massage marketing]

Tahu gak berapa banyak pengguna pesan instan di dunia? Miliaran orang. Sebagai contoh, WhatsApp secara global digunakan oleh lebih dari 1,5 miliar orang.

Kemudian diikuti dengan Facebook messenger, WeChat, Telegram, dan lain sebagainya. Karena itu, pesan instan jadi salah satu media pemasaran yang menjanjikan.

Alasannya sederhana, karena orang-orang yang menggunakan aplikasi pesan instan akan cenderung mempercayai informasi yang dikirim oleh orang lain, seolah-olah itu berasal dari orang yang dikenal.

Disisi lain, model pemasaran ini dianggap lebih terpercaya dan kredibel dibanding pemasaran lewat email atau SMS yang rentan masuk Spam.

Terlebih lagi jika anda menggunakan WhatsApp Bisnis. Maka pemasaran yang anda lakukan akan jauh lebih mudah.

Sebab, orang-orang bisa melihat katalog produk, dapat menghubungi anda secara instan untuk sekedar bertanya dan terhubung dengan pemilik bisnis secara personal.

10. Radio Advertising [pemasaran radio]

Meskipun dianggap sudah ketinggalan jaman dan kuno, namun radio advertising masih menjadi salah satu media pemengaruh yang sangat kuat terutama untuk perusahaan makro atau bisnis lokal.

Disisi lain, iklan radio relatif lebih murah ketimbang iklan jenis lain. Karena pemasar tidak perlu menampilkan iklan secara visual, hanya mengandalkan imajinasi pelanggan.

Sama seperti jenis pemasaran digital lainnya, untuk menciptakan strategi periklanan yang radio yang sukses dan menguntungkan, anda harus tahu target audiens anda.

Setelah itu, buatlah skrip yang naratif dan bagus, melibatkan narator yang ahli dibidang tersebut dan mulailah beriklan.

11. Iklan Televisi [TV advertising]

Rasanya tidak lengkap jika tidak membahas iklan televisi. Sebab, iklan dari televisi juga termasuk teknik pemasaran digital konvensional yang juga populer.

Selain itu, televisi telah menjadi sarana periklanan yang sangat potensial karena bisa meningkatkan portabilitas produk.

Mengapa? Karena, secara global, setiap orang menghabiskan waktu sekitar 4,5 jam di depan TV. Di Indonesia, durasinya mungkin jauh lebih dari itu.

Disisi lain, TV juga bisa menjangkau orang dengan lebih cepat, massal, efisien dan instan dibanding menggunakan media massa seperti koran, majalah hingga radio.

Juga, efek video dan narrator yang menekankan pada manusia, membuat jenis pemasaran ini komplet dan efektif.

Sayangnya, untuk beriklan di TV harganya sangat mahal. Bahkan, untuk durasi iklan video 30 detik bisa mencapai 50 juta untuk jam-jam tertentu.

Juga, untuk bisa membuat iklan audiovisual yang menarik sangat berat. Karena itu, hanya perusahaan-perusahaan besar saja yang mau beriklan di TV.

Penutup

Mengoptimalkan semua jenis pemasaran internet [pemasaran digital] diatas merupakan salah satu cara untuk meningkatkan entitas produk.

Selain itu juga, bisa meningkatkan branding bisnis, penjualan produk serta memperoleh kredibilitas dari pelanggan.

Jika anda merupakan seorang pemasar atau advertiser, anda bisa bereksperimen untuk mengukur tingkat keberhasilan dari semua model pemasaran diatas.

Demikian artikel tentang 11 jenis internet marketing yang cukup populer saat ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *