Inilah 10 Jenis Hewan Yang Pernah Di Kloning Manusia

2 min read

Ada beberapa jenis hewan yang pernah di kloning oleh manusia. Istilah kloning sendiri sebenarnya menjelaskan tentang sejarah dan proses yang digunakan ilmuwan untuk membuat salinan identik dari hewan asli.

Proses pembuatan salinan organisme hidup ini dilakukan dengan mentranspalasikan inti dari sel-sel tubuh kedalam sel telur.

Tapi, pertama-tama, nucleus dari sel telur harus dihilangkan. Muatan listrik juga akan digunakan untuk menstimulasi sel telur tersebut. Kemudian telur akan ditanamkan ke rahim hewan betina.

Apa itu Kloning?

Sebagaimana yang disebutkan diatas, kloning adalah organisme yang merupakan salinan genetik yang identik. Setiap bit DNA mereka adalah sama.

Kloning dapat terjadi secara alami, misalnya dalam kasus kembar identik. Istilah ini pertama kali nyaring terdengar setelah Dolly the Sheep muncul sebagai hewan pertama yang di kloning di dunia pada tahun 1997.

Baca Juga : Bahaya Zoonosis Pada Ikan

Namun sebenarnya, teknologi kloning sudah jauh lebih dulu ada sebelum Dolly di kloning. Dan ada dua cara untuk membuat salinan genetik dari suatu organisme di laboratorium, antara lain:

a. Kembaran embrio buatan

Kembaran embrio buatan adalah cara yang relatif menekankan pada kemampuan teknologi untuk membuat kloning. Seperti juga namanya, teknik ini berupaya meniru proses alami yang menciptakan kembar identik.

Di alam, kembar terbentuk sejak awal perkembangan ketika embrio terbelah menjadi dua. Kembaran terjadi pada hari-hari pertama setelah sel telur dan sperma bergabung.

Baca Juga : 10 Fakta Menarik Hewan Yang Wajib Kamu Ketahui

Sementara, embrio hanya terbuat dari sejumlah kecil sel yang sudah terspesialisasi. Setiap setengah dari embrio terus membelah diri sendiri, sampai akhirnya berkembang menjadi individu yang terpisah dan lengkap. Karena mereka berkembang dari sel telur yang dibuahi oleh subjek yang sama.

b. Transfer nuklir sel Somantik

Transfer Nuklir Sel Somatik (SCNT) juga disebut transfer nuklir, menggunakan pendekatan yang berbeda dari kembaran embrio buatan, tetapi menghasilkan nilai DNA yang sama. Metode inilah yang digunakan untuk membuat Dolly.

10 Jenis Hewan Yang Pernah Di Kloning Manusia

Lalu apa saja hewan-hewan yang pernah di kloning oleh manusia? Pasti penasaran kan? Berikut disajikan daftarnya:

1. Katak

hewan yang pernah di kloning
via idntimes.com

Setelah melakukan penelitian, para ilmuwan kemudian menemukan fakta bahwa mereka bisa menghapus inti dari telur katak pada tahun 1952.

Kemudian telur itu diisi dengan nucleus yang mereka ambil dari sel katak embrio. Mereka lalu membuat telur yang dikembangkan tersebut dengan kecobong.

2. Berudu

berudu
via trubus.id

Para ilmuwan memindahkan inti sel katak dewasa, mereka kemudian beralih ke hewan yang lebih besar yakni berudu pada tahun 1975.

3. Domba

domba
via republika.co.id

Kloning domba pertama kali dilakukan pada tahun 1986 dengan cara mentransfer nuklir yang ada pada sel embrio domba.

4. Dolly sang domba

10 Hewan Yang Pernah Di Kloning
via cbc.ca

Dolly adalah domba pertama yang berhasil di kloning oleh para ilmuwan dan diperkenalkan secara resmi pada 22 februari 1997. Ini adalah mamalia pertama yang berhasil di klonik dari sel hewan dewasa. Dolly lahir pada 5 juli 1996.

5. Tikus

tikus
via bungkul.com

Kloning hewan juga dilakukan pada tikus. Ada sebuah laporan yang mengatakan bahwa tikus tunggal digunakan untuk membuat tikus lainnya. Sebesar 50 tikus berhasil di kloning dalam beberapa generasi pada tahun 1998.

6. Babi dan kambing

babi kambing
via liputan6.com

Pada tahun 2000, para ilmuwan mulai melakukan terobosan baru dengan mengkloning sel-sel dewasa dari babi dan kambing.

7. Sapi jantan

sapi
via greenkurban.com

Full flush sejauh ini masih dikenal karena berhasil mengkloning 6 ekor sapi jantan pada tahun 2001.

8. Paru-paru Dolly

10 Hewan Yang Pernah Di Kloning
via telegraph.co.uk

Dolly, mamalia pertama yang berhasil di kloning seperti yang dijelaskan pada nomor 4 di diagnosis menderita penyakit paru-paru progesif pada 14 februari 2003. Pada saat itu Dolly sudah berusia 6 tahun. Disebutkan juga kalau paru-paru Dolly juga ikuti di kloning.

9. Idaho gem

Idaho gem
via smithsonianmag.com

Idaho gem adalah nama mule pertama yang di kloning di University of Idaho, Amerika Serikat pada 4 mei 2003.

10. Kloning tikus ke-II

tikus
tempo.co

Rekaman kedua yang menyatakan kloning tikus dilakukan oleh Ilmuwan Prancis pada 25 september 2003 di institut penelitian pertanian nasional, Prancis.

Nah demikian artikel tentang 10 jenis hewan yang pernah di kloning. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *