50+ Jenis Barang Wajib Ada di Kos: Fungsi, Manfaat dan Contoh

Jika berencana tinggal di kos-kosan, ada beberapa barang wajib yang harus disiapkan mulai dari peralatan makan dan minum, peralatan mandi, perlengkapan tidur hingga barang opsional lainnya.

Hanya saja, tidak semua barang tersebut wajib disiapkan karena ada beberapa kos-kosan yang sudah menyiapkan beberapa fasilitas dasar. Mulai dari kasur, peralatan mandi, dan lain sebagainya.

Kos jenis ini umumnya ditemui pada beberapa tempat kuliah yang tidak menyediakan fasilitas asrama, dan bukan merupakan sekolah kedinasan.

Karena itu, para mahasiswa wajib tinggal di kos. Dan kos sendiri ada yang murah, dan biasanya, untuk harga murah tersebut, sebagai gantinya, anda harus membeli perlengkapan sendiri.

Dan jika dilihat lebih jauh lagi, jenis barang wajib yang ada di kos terbagi dalam beberapa kategori utama mulai dari peralatan makan minum, yang sentral sampai perlengkapan alternatif lain.

Semua peralatan ini penting untuk dimiliki, demi menunjang kehidupan atau aktivitas harian selama tinggal di kos, baik sebagai mahasiswa atau bukan.

50+ Jenis Barang Wajib Ada di Kos dan Manfaatnya

Lantas, apa saja jenis barang wajib di kos? Pasti penasaran, kan? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

A. Peralatan Makan dan Minum

Pertama dan paling penting adalah peralatan makan dan minum. Ini penting sekali mengingat peralatan tersebut wajib ada.

Hanya saja, tetap disesuaikan sama tujuan anda tinggal di kos. Misalnya, jika anda mahasiswa, dan ingin hemat pengeluaran, mungkin harus siapkan beberapa peralatan makan dan minum di bawah ini seperti:

1. Piring

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Piring adalah wadah berbentuk bundar pipih yang sedikit cekung, dan terbuat dari berbagai bahan seperti porselen entah itu seng atau plastik.

Dan piring digunakan sebagai tempat untuk meletakan nasi dan lauk pauknya yang akan dijadikan santapan. Jadi, penting untuk siapkan alat satu ini.

2. Mangkuk

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Berbeda dengan piring diatas dimana mangkuk, yang kadang juga disebut mangkok, digunakan sebagai wadah tempat menyimpan makanan berkuah.

CIri utama dari mangkuk ini ada pada bentuknya yang tidak memiliki telinga, bentuknya cekung, dan bagian permukaan cenderung lebih luas dibanding bagian alasnya.

3. Gelas

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Gelas adalah wadah yang digunakan sebagai tempat untuk menyimpan air yang akan dijadikan sebagai minum. Biasanya terbuat dari kaca dan plastik.

Jika tinggal di kos-kosan dan ingin hemat sekaligus menjaga agar barang-barang tidak cepat rusak, baiknya pakai yang plastik saja.

Selain lebih tahan lama, saat jatuh, ia tidak mudah pecah. Boleh-boleh saja jika siapkan gelas jenis lain, seperti misalnya mug atau cangkir, disesuaikan saja sama kebutuhan.

4. Sendok

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Sendok umumnya digunakan sebagai alat untuk membawa makanan dari piring atau mangkuk ke mulut. Dan secara umum, ia digunakan sebagai alat pengganti tangan dalam mengambil sesuatu.

Dalam kasus ini tentu saja sesuatu tersebut adalah makanan. Bentuknya cenderung bulat, cekung dan memiliki tangkai, yang kadang juga disebut centong atau sudip.

5. Garpu

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Bentuk garpu sama seperti sendok, tapi umumnya bagian ujungnya seperti jari-jari tangan, yang runcing dan tajam.

Fungsi garpu adalah untuk mencocok daging atau mungkin lauk-pauk lain, ikan misalnya. Di beberapa tempat, alat ini mungkin disebut sebagai porok.

6. Serbet

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Serbet adalah potongan kain, yang biasanya bentuknya lebih besar dari sapu tangan, dan biasanya dipakai untuk membersihkan tangan atau mulut setelah makan.

Tapi, dalam beberapa kasus, serbet ini juga cukup serbaguna. Misalnya, digunakan untuk lap permukaan piring setelah dibersihkan, atau mungkin mengangkat teflon rice cooker.

7. Dispenser air

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Dispenser air adalah wadah yang digunakan untuk menempatkan galon air sekaligus alat yang memungkinkan air bisa dipanaskan atau didinginkan.

Misalnya, saat hendak buat kopi sebelum pergi kuliah atau kerja, tinggal colok kabel dispenser ke terminal sampai airnya mendidih.

8. Galon air

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Galon air adalah botol berukuran besar, yang kadang juga disebut sebagai galon refill, yang biasanya digunakan sebagai tempat menyimpan air mineral isi ulang.

Ukuran galon air cukup variatif. Misalnya, jika pakai galon air Aqua, maka ukurannya adalah 19 liter. Cukup untuk memenuhi kebutuhan air selama 3-5 hari.

9. Tisu

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Banyak orang yang punya kebiasaan untuk membersihkan mulut dengan tisu setelah makan. Jadi, jika punya kebiasaan ini, siapkan tisu juga.

Jenis tisu yang dipilih cukup beragam dan disesuaikan sama kegiatan yang dilakukan mulai dari tisu toilet, tisu wajah, tisu makan, tisu basah hingga tisu pengesat.


B. Peralatan Masak

Ada banyak alasan mengapa wajib masak sendiri di kos. Selain untuk mencoba eksplorasi resep dan citarasa masakan sendiri juga memungkinkan anda lebih hemat.

Beli makan diluar boleh-boleh saja, tapi jangan terlalu sering. Lantas, apa saja peralatan masak yang wajib disiapkan saat tinggal di kos? Ada beberapa, diantaranya:

1. Rice Cooker

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Rice cooker atau alat penanak nasih adalah piranti masak elektronik yang secara khusus dirancang untuk menanak nasi dengan menggunakan daya listrik.

Selain itu, beberapa rice cooker punya fungsi tambahan lainnya dimana bisa dipakai untuk masak ikan, masak sayur hingga goreng telur.

Dan dengan menggunakan alat satu ini tentu saja pengeluaran untuk biaya makan akan jauh lebih murah ketimbang harus beli makan siap santap.

2. Kompor

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Jika suka masak sendiri, kompor nampaknya jadi peralatan wajib. Tapi, disesuaikan juga sama kebutuhan.

Jenis kompor yang bisa dipilih cukup beragam dimana anda bisa pakai yang gas tanam, gas komersil, portable, gas freestanding dengan tunggu satu, dua atau mungkin tiga.

3. Panci listrik

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Nah kalau tidak tidak suka pakai kompor biasa, yang umumnya menggunakan gas LPG atau metana, bisa pertimbangkan untuk pakai kompor listrik.

Kompor listrik jadi alternatif untuk anda yang suka masak sendiri tapi tak punya kompor dan rice cooker anda kurang fleksibel dipakai untuk goreng telur, masak mie atau sayur.

4. Pisau

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Pisau termasuk alat masak yang tetap dipakai untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, untuk memotong sayur yang akan dimasak atau mungkin membuka penutup galon.

Pisau yang digunakan tentu saja harus pisau dapur. Dan pisau dapur ini punya banyak jenis baik dari material atau kegunaannya.

Misalnya, dari segi material, bisa beli dari keramik, besi atau mungkin alkali yang cenderung lebih tumpul dibanding dua pisau sebelumnya.

Sementara, dari segi kegunaannya, anda boleh pakai pisau koki, pisau pengupas, pisau bergerigi, pisau daging dan lain sebagainya.


C. Peralatan Mandi

Mandi adalah aktivitas rutin yang harus dilakukan setiap orang dengan tujuan untuk membersihkan tubuh sebelum dan setelah beraktivitas.

Misalnya, saat akan berangkat ke kampus atau mungkin ke tempat kerja tentu anda harus mandi. Selain alasan kebersihan, mandi juga memungkinkan anda lebih bugar terlebih di pagi hari.

Jika tinggal di tempat kos, ada beberapa peralatan mandi yang wajib disiapkan, diantaranya:

1. Sabun mandi

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Sabun mandi adalah peralatan mandi yang wajib ada di kos-kosan dengan jenis, fungsi dan merk yang berbeda-beda.

Misalnya, jika terbiasa pakai sabun mandi batangan, boleh pakai sabun jenis ini. Atau bisa pilih yang jenis lain mulai dari sabun mandi cair, sabun mandi khusus hingga antibakteri.

2. Shampo

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Sampo adalah cairan yang pada dasarnya digunakan untuk mencuci rambut serta kulit kepala dan biasanya terbuat dari campuran tumbuhan serta zat kimia.

Jenisnya sendiri cukup banyak dimana bisa pakai sampo bubuk atau powder, sampo kering, sampo kering cair hingga cair jernih.

Tapi pastikan agar sampo yang digunakan cocok untuk kulit kepala anda karena beberapa diantaranya mengandung zat tertentu yang justru bikin ketombean.

3. Pasta gigi

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Pasta gigi, yang kadang juga disebut tapal gigi, adalah yang digunakan sebagai bahan untuk menggosok gigi.

Sama seperti sampo dimana pasta gigi juga harus disesuaikan sama kondisi pemakaiannya. Misalnya, jika gigi suka sensitif, maka pakai pasta gigi khusus gigi sensitif.

Mayoritas pasta gigi sudah mengandung fluoride untuk mencegah mulut berbau, kerusakan gigi hingga penyakit periodontal gigi dan mulut.

4. Sikat gigi

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Sikat gigi adalah sikat berukuran kecil yang khusus digunakan untuk membersihkan gigi dan penggunaannya cukup sederhana dimana hanya perlu menggosok maju mundur sikat tersebut.

Jika dilihat dari jenis bulunya, sikat gigi ini terbagi dalam tiga jenis mulai dari yang halus, sedang dan keras.

Tapi, disarankan untuk pakai yang bulunya halus dan lembut karena jika pakai yang keras bisa menyebabkan sariawan, rusaknya permukaan akar dan enamel gigi.

5. Tempat sabun atau rak

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Tempat sabun pada dasarnya adalah wadah yang digunakan untuk menyimpan berbagai perlengkapan mandi seperti sabun mandi, sampo, pasta gigi, sikat gigi dan lain sebagainya.

Jenis rak sabun mandi ini cukup banyak dengan ruang dan etalase yang berbeda-beda begitu juga dengan konfigurasi.

Dimana, ada rak yang harus dipaku sementara yang lainnya cukup ditempel dengan etalase bertingkat atau mungkin etalasenya cuma satu.

6. Handuk

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Handuk, yang kadang juga disebut tuala, adalah kain yang digunakan untuk menyeka badan setelah mandi. Biasanya, kain jenis ini dibuat dari air yang mudah menyerap air.

Ada dua pilihan handuk yang bisa disiapkan yakni handuk mandi dan handuk wajah dengan fungsi masing-masing.

Handuk mandi misalnya yang khusus dipakai membersihkan air yang ada di badan setelah mandi serta handuk wajah yang dipakai khusus untuk wajah.

7. Gayung air

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Gayung air adalah wadah yang digunakan sebagai tempat untuk mengambil air yang akan digunakan saat mandi nantinya.

Dan ini wajib juga disiapkan sekalipun di tempat kos anda sudah punya shower karena bisa digunakan sebagai wadah dalam keadaan tertentu, membersihkan meja yang berdebu misalnya.

8. Gelas sikat gigi

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Ada dua jenis gelas sikat gigi yang boleh disiapkan oleh anda yakni gelas untuk tempat menyimpan sikat gigi dan gelas untuk menyimpan air untuk membersihkan gigi.

Hanya saja, dalam beberapa kasus, jika anda punya rak khusus di kamar mandi, biasanya sudah tersedia ruang untuk menyimpan sikat gigi.

Dengan demikian, anda hanya perlu siapkan satu gelas saja yang akan dijadikan wadah untuk menyimpan air yang nantinya dipakai untuk menyikat gigi.

9. Perlengkapan lain

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Perlengkapan lain merujuk pada beberapa perlengkapan tambahan yang sifatnya semi-wajib. Artinya, jika tidak ada peralatan ini, tidak terlalu jadi masalah.

Lantas, apa saja perlengkapan mandi yang boleh disiapkan? Ada beberapa mulai dari sisir, cermin hingga alat cukur.


D. Peralatan kebersihan

Menjaga kebersihan ruangan kos sangat penting. Karena itu, siapkan juga beberapa perlengkapan kebersihan yang ada di bawah ini, seperti:

1. Sapu

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Sapu adalah alat bersih-bersih yang terbuat dari ijuk, lidi, sabut atau plastik, bertangkai pendek, yang digunakan untuk membersihkan debu dan sampah.

Jika tinggal di kos, maka wajib siapkan alat kebersihan satu ini dan yang paling mudah didapat atau diperoleh adalah sapu plastik.

2. Tong sampah

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Tong sampah adalah tempat sampah yang biasanya berbentuk bulat, terbuat dari kayu atau plastik, yang digunakan secara khusus untuk menyimpan sampah kering.

Sebaiknya siapkan dua tong sampah dimana satunya digunakan di kamar mandi untuk sampah-sampah yang dipakai setelah mandi seperti sachet shampo.

Sementara, yang satunya lagi boleh ditempatkan didalam ruangan untuk sampah-sampah kering seperti pembungkus snack.

3. Alat pel

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Alat pel adalah kain, yang biasanya punya kemampuan menyerap air tinggi, yang digunakan untuk menyeka lantai.

Hanya saja, peralatan ini sifatnya semi wajib. Artinya, jika sudah punya sapu, tidak perlu lagi beli alat pel. Terlebih jika lantai tempat kos sudah berubin atau tegel.

4. Keset kaki

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Keset kaki adalah alat pengesat kaki, yang biasanya terbuat dari kain atau dalam beberapa kasus, sabut kelapa, untuk membersihkan kaki dari debu.

Dan jika anda concern sama kebersihan kamar kos, maka peralatan satu ini juga wajib disiapkan oleh anda.


E. Perlengkapan tidur

Perlengkapan tidur juga wajib disiapkan sebelum tinggal di kos, yang memungkinkan anda tidur dan beristirahat dengan nyaman.

Tapi, beberapa perlengkapan mungkin sudah disiapkan oleh pemilik kos, jadi ada beberapa barang yang tidak perlu dibawa dari rumah atau dibeli.

Sementara, jika kos tersebut masih kosong, anda boleh siapkan beberapa perlengkapan atau peralatan tidur dibawah ini:

1. Spring bed

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Istilah spring bed mengacu pada jenis kasur dalam berbagai ukuran. Jika digunakan pada kos-kosan, maka pakailah spring bed berukuran kecil.

Pada beberapa penjual, biasanya spring bed singlelah yang umumnya dipakai. Ukurannya berapa? Sekitar 90 x 120 cm.

2. Selimut

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Selimut adalah kain penutup tubuh, yang umumnya dipakai untuk tidur. Dan ini wajib dimiliki untuk menjaga tubuh tetap hangat saat tidur.

Jika dilihat dari bentuk dan ketebalannya, selimut tidur ini ada banyak jenis mulai dari kain sintetis, selimut wol, selimut katun, bulu dan lain sebagainya.

Apabila lokasi atau tempat kos anda di daerah yang cukup hangat atau di pesisir pantai, siapkan selimut yang tidak terlalu tebal seperti flanel atau fleece.

3. Bantal

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Bantal adalah alas kepala, yang dijahit seperti karung dan biasanya berisikan kapuk, sabut dan lain sebagainya, yang dipakai saat tidur.

Untuk jenis bantal kepala ada banyak dan salah satu yang cukup populer adalah bantal dacron dengan tiga opsi yakni reguler, silikon hingga serat poliester.

Atau, jika ingin dapat kenyamanan lebih saat tidur, boleh pakai bantal latex, busa, memory foam, microfiber hingga yang bahannya nanofiber.

4. Guling

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Guling adalah bantal tapi bentuknya bulat dan memanjang. Biasanya dipakai untuk membantu seseorang lebih cepat tertidur.

Sama seperti bantal kepala diatas yang mana bantal guling juga punya banyak jenis jika dilihat dari material bantalnya.

Misalnya bantal Dacron dengan material dari bahan sintetis tekstil dengan berbagai kelebihan salah satunya adalah tidak mudah kisut.

Jika di cuci, bantal jenis ini akan cepat kering dengan daya serap cairan tinggi. Dengan demikian, jika suka ngiler saat tidur, bantal satu ini cocok dibeli oleh anda.

5. Sprei

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Sprei, atau yang kadang juga disebut sprei, adalah kain yang khusus dipakai sebagai alas tempat tidur, dalam hal ini springbed.

Jika dilihat dari bahan pembuatannya, sprei tidur terbagi dalam beberapa jenis mulai dari kain microfiber, katun jepang, katun catra hingga katun CVC.

Kalau punya budget yang cukup, boleh pakai yang katun panca, tencel, sutra, twill hingga sprei waterproof yang cocok mereka yang suka ngiler.


F. Peralatan ganti

Peralatan ganti merujuk pada barang-barang yang akan dikenakan saat beraktivitas baik saat berada di kos atau mungkin saat beraktivitas di luar.

Dan ada beberapa perlengkapan ganti yang wajib juga disiapkan oleh anda, diantaranya:

1. Baju

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Baju adalah bagian dari pakaian penutup badan bagian atas. Jika anda mahasiswa, sebaiknya siapkan pakaian jenis ini untuk beberapa keperluan.

Untuk jenis baju sendiri ada banyak mulai dari kemeja, kaos, jubah, pakaian dalam, jaket dan lain sebagainya.

Tiap jenis baju tersebut punya fungsi sendiri-sendiri. Misalnya, kemeja yang bisa dipakai untuk aktivitas formal seperti saat mau ikut seminar di kampus.

2. Celana

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Celana adalah pakaian penutup bagian bawah. Secara umum dikenal sebagai pakaian luar yang menutupi pinggang sampai mata kaki.

Terkadang, hanya sampai luu saja yang membungkus tungkai kaki secara terpisah, terutama merupakan pakaian lelaki.

Untuk jenis celana disesuaikan sama gender pemakaiannya. Misalnya, jika pria, boleh pakai celana formal, jogger, skinny fit, chinos hingga celana harian,

Sementara, untuk wanita, boleh siapkan celana khaki, capri, bag pants, drawstring, legging, jogging, jeans dan lain sebagainya.

3. Sandal

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Untuk sandal terbagi dalam tiga jenis sandal yang bisa disiapkan sesuai kebutuhan dan keperluan, diantaranya:

  • Sandal jepit yang kadang juga disebut sendal kering adalah sendal yang bisa dipakai saat beraktivitas sehari-hari di dalam kos
  • Sandal basah adalah sendal yang khusus disiapkan untuk dipakai di kamar mandi
  • Sendal keluar adalah jenis sandal yang khusus dipakai saat mau jalan-jalan ke mall atau tempat lainnya

4. Lemari pakaian

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Lemari pakaian adalah lemari tempat untuk menyimpan pakaian. Sebaiknya, jika tinggal di kos-kosan, baiknya pakai lemari pakaian dari plastik saja.

Umumnya, lemari jenis ini dikenal sebagai lemari portable, yang bisa dibongkar pasang, ringan dan biasanya terdiri dari 3-5 ruang.

5. Hanger

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Hanger atau gantungan, adalah adalah alat yang untuk menyangkutkan sesuatu, misalnya baju. Gantungan baju sendiri adalah sesuatu yang digunakan untuk menggantung baju.

Jika dilihat dari material pembuatannya, hanger baju bisa dibedakan berdasarkan beberapa jenis mulai dari gantungan kayu, tabular, plastik molded, bantalan hingga gantungan yang ada penjepitnya.


E. Peralatan ibadah pribadi

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Untuk anda yang belum tahu, Indonesia adalah salah satu negara dengan masyarakat yang paling religius di dunia.

Dengan demikian, jika tinggal di kos-kosan, menyiapkan peralatan ibadah pribadi juga tak kalah pentingnya dengan perlengkapan lain.

Tentu saja, setiap agama punya peralatan ibadah pribadi yang berbeda-beda seperti yang terlihat lewat tabel dibawah ini:

IslamSajadah, Sarung atau Mukenah, Peci, Baju Koko atau Baju Kiki dan Al Quran
KristenAlkitab
KatolikPuji Syukur, Alkitab Deuterokanonika, Madah Bakti (Opsional), Rosario dan lain sebagainya
HinduKemben, Kebaya Warna Putih untuk wanita atau kemeja putih untuk pria, Dupa dan juga Selendang
BudhaHio 

F. Peralatan opsional

Karena merupakan peralatan opsional, maka beberapa barang dibawah ini boleh disiapkan oleh anda. Bagaimana jika tidak? Tidak terlalu masalah.

Tapi, berdasarkan tingkat prioritasnya, daftar dibawah ini semi-wajib. Misalnya, kabel terminal yang memungkinkan anda mengisi daya ponsel.

Artinya, istilah opsional dibawah ini bergantung penuh sama kondisi tempat kos itu sendiri. Agar jelas, berikut daftar barang-barang semi-wajib yang boleh disiapkan oleh penghuni kos, seperti:

1. Parfum

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Parfum atau minyak wangi adalah zat yang memiliki bau wangi, dan biasanya berupa cairan, padatan atau gas.

Jika dilihat dari proses pembuatannya, parfum bisa dibedakan berdasarkan beberapa jenis mulai dari extrait de parfum yang terbuat dari minyak wangi ekstrak murni.

Atau mungkin eau de parfum dengan konsentrasi yang lebih rendah dari extrait diatas termasuk juga eau de toilette, eau de cologne dan lain sebagainya.

Tapi pastikan anda memiliki parfum dengan sensasi dan aroma yang lembut dengan kandungan yang tidak berbahaya bagi kulit.

2. Body Lotion

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Body lotion atau lotion yang kadang juga disebut Handbody adalh zat cair yang dibuat dari campuran berbagai bahan kimia dan juga wewangian, digunakan untuk merawat kulit.

Setiap handbody punya fungsi yang beragam mulai dari memutihkan dan mengencangkan kulit, melindungi kulit dari sinar UV, hingga mencerahkan kulit.

Karena itu, pastikan anda memilih handbody yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, jika tinggal di kos-kosan karena kuliah maka memilih handbody yang bisa melindungi kulit dari sinar UV adalah pilihan yang tepat.

3. Starter pack new normal

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Starter pack new normal adalah peralatan lain anak kos di era baru setelah pandemi. Isinya bisa beragam tapi minimal terdiri dari masker dan hand sanitizer.

Hanya saja, disesuaikan starter pack tersebut harus disesuaikan sama kondisi apa anda melakukan aktivitas tersebut.

Misalnya, saat mau belanja, selain masker dan hand sanitizer, membawa sarung tangan dan tisu basah adalah hal yang wajib.

Disisi lain, jika mau ke kantor, wajib siapkan juga peralatan tambahan seperti membawa alat makan sendiri dan vitamin.

4. Kotak P3K

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Kotak P3K adalah kotak pertolongan pertama pada kecelakaan. Dan ini wajib dimiliki anak kos, karena bisa membantu anda dalam keadaan darurat.

Misalnya, saat anda baru pulang kampus atau kantor, lalu tiba-tiba merasa tak enak badan dan mulai menggigil.

Maka kotak P3K bisa dimanfaatkan karena didalamnya terdapat beberapa tipe obat seperti Paracetamol yang memiliki fungsi untuk meredakan demam.

5. Lampu emergency

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Lampu emergency adalah lampu yang digunakan saat keadaan darurat. Misalnya, saat listrik PLN tiba-tiba padam dan keadaan lain.

Ada dua jenis lampu emergency yang boleh disiapkan oleh anda mulai dari senter pribadi dan juga lilin, jika punya.

6. Kabel terminal

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Kabel terminal adalah kabel penghantar arus listrik, yang memiliki tempat colokan dibagian ujungnya dengan jumlah yang variatif.

Dengan demikian, anda bisa gunakan kabel terminal ini untuk charge ponsel, memanaskan air hingga memasak nasi pakai rice cooker sekaligus.

Tapi ada baiknya pilih kabel terminal dengan tombol switch on-off sehingga anda tidak perlu cabut colokannya ke sumber listrik jika tak lagi dipakai.

7. Bohlam lampu

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Beberapa kost kosongan tidak menyalakan lampu di kamar. Karena itu, sebaiknya siapkan juga bohlam lampu sendiri, baik sebagai lampu utama atau cadangan saja.

Jenisnya sendiri ada banyak dimana bisa pakai CLF, halogen atau mungkin LED begitu juga dengan level terangnya dengan standar 5 watt.

8. Obat nyamuk

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Obat nyamuk adalah obat yang digunakan sebagai pengusir dan pembasmi nyamuk. Penggunaannya bisa dengan cara disemprotkan, dibakar atau elektrik.

Tapi ada baiknya pakai yang elektrik saja karena penggunanya yang fleksibel, tanpa bau dan tanpa mengeluarkan asap.

9. Sabun cuci

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Istilah sabun cuci merujuk pada kategori yakni sabun cuci pakain dan sabun cuci perbekalan kesehatan rumah tangga atau PKRT .

Keduanya wajib disiapkan oleh anda yang mau tinggal di kos-kosan dengan jenis dan merk yang beragam.

Sabun cuci pakaian misalnya, dimana bisa pilih deterjen cair, deterjen bubuk, deterjen krim hingga bubuk berongga dengan bahan kimia yang variatif.

Mulai dari baking soda, asam cuka, jeruk lemon, lerak hingga boraks. Sementara, untuk sabun cuci peralatan makan, bisa pilih yang berbahan jeruk nipis atau yang lainnya.

10. Barang kesukaan

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Boleh juga bawa barang kesukaan sendiri seperti boneka kesukaan sendiri, terlebih untuk anda yang perempuan.

Atau mungkin, jika anda suka baca novel, boleh bawa novel cetak kesukaan anda untuk dipakai saat waktu luang.

Hanya saja, setiap orang punya barang kesukaan yang berbeda-beda mulai dari jam tangan, album k-pop, tempat makan, ikan hias dan lain sebagainya.

13. Deodoran

Jenis Barang Wajib Ada di Kos
© Canva Photos

Deodoran adalah zat atau cairan yang digunakan untuk menghilangkan bau kurang sedap pada ketika yang disebabkan oleh keringat dan lain sebagianya.

Jenisnya sendiri ada banyak dimana bisa pakai yang roll on, gel atau mungkin sprei dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Penutup

Seperti yang sudah disebutkan diatas dimana ada beberapa barang yang sifatnya wajib disiapkan sementara yang lainnya opsional.

Artinya, ada skala prioritas untuk setiap perlengkapan yang wajib disiapkan oleh anda yang mau tinggal di kos.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait dengan postingan ini silahkan sampaikan lewat kolom komentar dibawah.

Demikian artikel tentang jenis-jenis barang wajib ada di kos termasuk fungsi, manfaat dan contohnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

***

trenkampus.com/33-barang-yang-wajib-anda-bawa-ketika-mau-kos/

Tinggalkan komentar