Jaga Kesehatan Mata Anda Dengan 5 Cara Simple Ini

6 Likes Comment
menjaga kesehatan mata

Menjaga kesehatan mata sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh lain termasuk juga semua bagian-bagian tubuh tanpa terkecuali.

Mata yang sehat juga menjadi indikator utama kesehatan tubuh. Begitu juga sebaliknya, kesehatan tubuh yang terjaga dengan baik berdampak juga pada kesehatan mata.

Mata adalah salah satu bagian tubuh yang perannya sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan mata, anda bisa membaca, melihat, menulis, mengerti, memahami dan lain sebagainya.

Tapi banyak dari kita yang mungkin kurang bersyukur dengan keadaan mata yang sekarang. Cara bersyukur sebenarnya sangat sederhana yakni dengan cara menjaga kesehatan mata.

Seperti yang disebut diatas, mata adalah bagian penting dari tubuh manusia. Ia termasuk 1 dari 5 indera yang paling penting keberadaannya bagi manusia.

Oleh karena itu, demi memastikan mata tetap sehat sampai usia lanjut [lansia] ada baiknya anda mulai memeliharanya dari sekarang.

Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati. Mencegah agar tidak mengalami berbagai penyakit dan masalah yang berkaitan dengan mata adalah hal yang wajib dilakukan.

5 Cara jaga kesehatan mata yang baik dan benar

Lalu bagaimana caranya? Ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Dan dalam artikel kali ini hanya di ulas tentang 5 cara menjaga kesehatan mata. Berikut artikelnya:

1. Konsumsi makanan yang sehat

Loh, kok malah bahas makanan? Ini bahas mata. Tenang dulu, kesehatan mata yang baik selalu dimulai dari makanan yang dikonsumsi.

Nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, seng, dan Vitamin C dan E mungkin bisa membantu menangkal masalah kesehatan mata terkait dengan usia seperti degenerasi makula dan juga katarak.

Untuk mencegah hal itu terjadi di kemudian hari, ada baiknya anda mulai mengkonsumsi makanan yang sehat. Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu mata lebih sehat, antara lain:

  • Sayuran berdaun hijau seperti Bayam dan Sawi
  • Ikan Tuna dan ikan berminyak lainnya bisa anda konsumsi
  • Telur, Kacang-kacangan dan sumber protein non daging lain
  • Jeruk buah atau jus jeruk
  • Jika cukup uang, anda mungkin bisa mengkonsumsi tiram

Makanan diatas juga membantu meningkatkan asupan gizi agar seimbang. Beberapa makanan diatas bisa menurunkan pola obesitas tipe 2, yang merupakan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.

2. Jangan Merokok

Nih buat aki-aki atau juga wanita yang merokok. Berhenti merokok dari sekarang. Sebab, hal itu bisa menyebabkan anda mengalami katarak, kerusakan pada saraf optik anda dan degenerasi makula, dan banyak masalah kesehatan lain.

Baca Juga : Berhenti Merokok: Dampak, Cara dan Manfaat

Jika anda bisa berhenti dari kebiasaan merokok itu, itu baik untuk anda. Jika anda masih kesulitan untuk berhenti merokok, semakin sering untuk mengingatkan diri anda untuk berhenti merokok, semakin besar pula kemungkinan anda untuk berhenti merokok.

3. Kenakan Kaca Mata

Kaca mata yang tepat akan membantu melindungi mata anda dari sinar ultraviolet (UV) atau sinar matahari. Terlalu banyak paparan sinar matahari bisa membuat mata mengalami katarak dan degenerasi makula.

Ada beberapa lensa kaca mata yang menawarkan perlindungan sinar UV dan bisa anda jadikan alternatif untuk membelinya.

Baca Juga : Penemuan-Penemuan Yang Mengubah Dunia Kedokteran

Jika anda sering berurusan dengan bahan-bahan yang berbahaya ketika berada di rumah atau ditempat kerja, gunakan kacamata keselamatan. Itu bisa membantu melindungi mata.

Jika anda menyukai aktivitas diluar ruangan, penggunaan kacamata keselamatan juga bisa melindungi mata anda. Seperti misalnya ketika berolahraga.

Atau jika anda senang bepergian, untuk mencegah pantualan cahaya berlebihan seperti dari Seng, kaca dan lain sebagainya silahkan gunakan kaca mata. Begitu juga saat akan bepergian ke pantai.

4. Kurangi Penggunaan Komputer dan Gadget

Menatap layar komputer atau gadget terlalu lama bisa menyebabkan mata mengalami penurunan kinerja. Hal ini disebabkan oleh frekuensi elektromagnetik layar.

Jika anda terlalu lama menatap layar komputer atau gadget bisa membuat mata anda mengalami beberapa gejala seperti:

  1. Mata tegang
  2. Pandangan kabur
  3. Sulit fokus untuk melihat objek yang jaraknya jauh
  4. Mata kering
  5. Sakit kepala
  6. Mengalami nyeri dibagian leher, punggung dan bahu.

Nah oleh karena itu anda bisa langsung mencegahnya. Cara mencegah ada banyak macam, dan anda bisa mengikuti beberapa tips dibawah ini.

Sebenarnya juga, untuk hal ini saya sudah mengulas pada salah satu artikel tentang cara menjaga kesehatan mata saat mengetik. Silahkan baca artikel tersebut.

  1. Gunakan kaca mata untuk melawan radiasi yang ditimbulkan dari cahaya komputer. Sementara itu, Pastikan kaca mata yang anda gunakan bisa menahan efek tersebut
  2. Cobalah untuk menghindari cahaya yang silau dari jendela atau lampu disekitar anda. Gunakan layar anti-silau jika silau tidak bisa dihindari
  3. Jika mata anda kering ada baiknya anda mengedipkan mata lebih sering lagi.

Mungkin beberapa dari anda ada yang bekerja didepan layar komputer setiap hari. Urusan-urusan kantor memang tidak akan pernah lepas dengan komputer.

Dan ini bisa membuat mata anda mengalami penurunan kinerja. Oleh karena itu, usahakan untuk mengistirahatkan mata anda setiap 20 menit dan selalu berupaya untuk melihat objek yang jaraknya jauh selama 20 detik.

Jika anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan anda untuk berurusan lebih banyak di layar komputer, anda bisa menggunakan waktu 2 jam untuk bekerja dan 15 menit untuk beristirahat.

5. Kunjungi dokter mata secara teratur

Setiap orang tentu berharap agar matanya sehat baik orang tua ataupun anak kecil. Untuk itu, menjaga kesehatan mata sangatlah penting. Jika anda merasa mata anda sudah bermasalah dan mulai kabur, kunjungi dokter.

Berkonsultasi dengan dokter akan memberikan wawasan baru bagi anda tentang mata anda. Hal ini juga bisa membantu anda mengetahui penyebab mata kabur seperti penyakit, glaukoma, dan mungkin masalah medis lain.

Baca Juga : 10 Penemuan Yang Mengubah Dunia Kedokteran

Namun, tergantung pada kebiasaan anda sendiri. Perlu juga diketahui ada beberapa jenis dokter spesialis mata dengan keahlian khusus seperti :

  1. Ophthalmologists yang merupakan dokter khusus untuk perawatan mata. Mereka dapat memberikan perawatan mata secara umum, mengobati penyakit mata dan melakukan operasi mata.
  2. Dokter mata telah melalui 4 tahun pelatihan khusus ketika kuliah. Selain memberikan perawatan mata secara umum dan mengobati penyakit mata, mereka tidak bisa melakukan operasi mata.

Untuk memudahkan dokter memeriksa mata yang lebih komprehensif, maka daftar dibawah ini perlu anda sampaikan, antara lain :

  1. Riwayat medis pribadi dan keluarga
  2. Tes penglihatan, untuk melihat apakah anda rabun jauh, rabun dekat atau memiliki astigmatisme dimana kornea anda melengkung dan mengaburkan visi atau presbyopia atau perubahan visi pandangan karena usia
  3. Tes untuk melihat seberapa baik mata anda dua-duanya
  4. Tes tekanan mata dan saraf optik untuk memeriksa glaukoma
  5. Pemeriksaan eksternal dan mikroskopis mata anda sebelum dan sesudah dilatasi

Penutup

Seperti pepatah tabib lama, mencegah lebih baik dari mengobati. Karena mencegah tidak memerlukan biaya yang mahal sementara untuk mengobati butuh uang jutaan rupiah.

Oleh karena itu, mulailah menjaga kesehatan mata anda dari sekarang sebelum terlambat. Nah demikian artikel tentang tips utama menjaga kesehatan mata. Semoga artikel ini bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *