Info Jadwal Kapal PELNI 2022: Cara Cek, Syarat Keberangkatan dan Harga

Mau tahu info jadwal kapal PELNI 2022 termasuk syarat keberangkatan dan harga tiket? Jika iya, simak artikel ini sampai habis.

Kapal laut tetap menjadi salah satu moda transportasi paling populer yang jadi pilihan banyak orang saat bepergian.

Selain harganya yang terjangkau, calon penumpang juga bisa dapat fasilitas dan kenyamanan selama berlayar.

Yang jadi masalah adalah akses terhadap info jadwal kapal yang akan berangkat termasuk pelabuhan dan destinasi tujuan.

Padahal, info semacam ini bisa diakses di laman PELNI langsung. Penumpang juga bisa reservasi tiket secara online disana.

Karena itu, untuk anda yang ingin tahu cara cek jadwal kapal PELNI Januari sampai desember 2022 untuk pelabuhan seluruh Indonesia, simak artikel ini sampai habis.

3+ Cara Cek Info Jadwal Kapal PELNI 2022

Jika hendak bepergian menggunakan kapal PELNI, ada tiga cara cek jadwal kapal yang akan berangkat termasuk pelabuhan, harga tiket dan informasi terkait lainnya.

Informasi terkait itu apa saja? Ada banyak mulai dari jam keberangkatan kapal, jam kapal sandar, perkiraan waktu perjalanan dan lain sebagainya.

Agar jelas, berikut disajikan 3+ cara cek info jadwal kapal PELNI tahun 2022, diantaranya:

1. Cara cek info jadwal kapal PELNI di Situs PELNI.CO.ID

Cara cek info jadwal kapal PELNI 2022 yang pertama adalah dengan menggunakan laman reservasi tiket dari situs PELNI langsung.

Lantas, bagaimana caranya? Pasti penasaran, kan? Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, kunjungi dulu laman reservasi tiket di situs resmi Pelni.co.id pakai mesin pencari apa saja entah itu Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya
  • Setelah masuk ke laman reservasi tiket kapal PELNI, isi informasi yang berkaitan dengan keberangkatan kapal seperti tujuan perjalanan dari pelabuhan asal ke pelabuhan tujuan, bulan dan tanggal keberangkatan serta jumlah penumpang dan kelas kapal. Sebagai contoh, pada pelabuhan asal, pilih PELABUHAN BITUNG lalu tujuan pelabuhan pilih PELABUHAN BANGGAI. Pada bulan berangkat diatur ke 23 Januari 2022 dan jumlah penumpang pilih 1 untuk Dewasa dan kelas kapal 2A. Jika sudah, klik tombol CARI PELAYARAN yang ada dibagian bawah
Info Jadwal Kapal Pelni
  • Berikutnya tunggu proses pencarian kapal untuk destinasi tujuan yang dimaksud. Jika ada jadwal kapal PELNI di tanggal tersebut, hasilnya akan muncul seperti gambar dibawah. Bisa klik Detail Harga untuk melihat tarif dan biaya tiket yang harus dibayar atau mungkin rute untuk melihat waktu perjalanan kapal. Biasanya, di kolom ini ada juga informasi terkait dengan jam Keberangkatan kapal, durasi perjalanan, tanggal dan informasi terkait lainnya
Info Jadwal Kapal Pelni
  • Jika ingin reservasi tiket kapal PELNI saat itu juga, langsung klik tombol pilih di bagian samping. Anda kemudian diarahkan ke laman reservasi tiket untuk mengisi data-data seperti informasi data pemesan atau penumpang yang terdiri dari nama pemesan, nama penumpang, email dan alamat serta informasi identitas penumpang sesuai dengan informasi yang dimasukkan sebelumnya yang terdiri dari nama penumpang, tanggal lahir, nomor identitas dan gender atau jenis kelamin. Kalau sudah, selesaikan tombol persyaratan dan centang verifikasi rechatcha lalu klik Lanjut
Info Jadwal Kapal Pelni

Terakhir, tinggal ikuti proses reservasi tiketnya sampai berhasil. Dalam beberapa kasus, prosesnya hanya sampai di tahap ini.

Nantinya, setelah di loket pembelian tiket PELNI, petugas akan melakukan validasi data penumpang sekaligus pembayaran sesuai kelas kapal yang dipilih.

2. Cara cek info jadwal kapal lewat aplikasi PELNI Mobile

Calon penumpang juga bisa cek jadwal kapal PELNI atau melakukan reservasi tiket di aplikasi PELNI Mobile. Berikut langkah-langkahnya:

  • Download dulu aplikasi PELNI Mobile di Google Play Store dan App Store. Jika aplikasinya sudah terdownload, silahkan buka. Di tahap pertama, biasanya akan ada informasi seputar layanan di aplikasi. Klik saja Lewati atau Berikut untuk lanjut ke tahap berikutnya
Info Jadwal Kapal Pelni
  • Anda kemudian diarahkan ke beranda aplikasi. Jika tujuan anda untuk cek jadwal kapal PELNI atau untuk reservasi tiket, klik menu Tiket Kapal seperti yang saya tandai merah pada gambar dibawah
Info Jadwal Kapal Pelni
  • Lalu masukkan kota asal, kota tujuan, informasi perjalanan apakah sekali jalan atau pulang pergi, tanggal berangkat dan jumlah penumpang dalam tiga kategori, pria, wanita dan bayi untuk umur 0-23 bulan. Kalau sudah, klik Cari
Info Jadwal Kapal Pelni
  • Berikutnya, silahkan atur kelas kapal. Untuk daftar kelas kapal yang tersedia beserta harga tiket, bisa cek pada kolom QnA dibawah. Lalu ikuti instruksi reservasi tiket PELNI online sampai berhasil
Info Jadwal Kapal Pelni

Jika pakai versi aplikasi, anda diminta untuk registrasi terlebih dahulu pakai nama lengkap, email, telepon dan password.

Apabila sering bepergian menggunakan Kapal PELNI, lebih bagus pakai versi aplikasi sebab reservasi tiket lebih mudah dilakukan apalagi yang sudah daftar akun baru.

3. Cara cek info jadwal kapal Lewat WhatsApp resmi PELNI

Info Jadwal Kapal Pelni

Selain dengan menggunakan laman reservasi tiket di situs dan aplikasi PELNI, calon penumpang juga bisa pakai WhatsApp resmi PELNI untuk cek jadwal kapal PELNI 2022.

Caranya bagaimana? Cukup mudah. Pertama, pastikan anda punya akun WhatsApp dan kedua, pastikan juga anda sudah save nomor WhatsApp resmi Pelni yakni: 0811-1621-162 di ponsel anda.

Jika sudah, silahkan chatting nomor tersebut seperti biasa. Bisa sampaikan salam seperti Hi, Hello, Selamat pagi, siang atau malam dan seterusnya.

Baca Juga:

Biasanya, akan ada BOT yang menjawab chat anda seperti: “Pelni 162, Ada yang bisa dibantu?” Nah tinggal sampaikan tujuan anda.

Misalnya, saya ingin reservasi tiket. Akan muncul informasi terkait dengan pengecekan jadwal atau pembelian tiket online.

Dalam beberapa kasus, anda juga bisa komunikasi dengan Costumer Service [CS] PELNI di WhatsApp.

Caranya cukup mudah, tinggal ketikkan Hallo PELNI 162, dan ikuti instruksi berikutnya sampai anda bisa chat dengan live agent yang aktif saat itu.

Atau, bisa langsung klik tombol chat WhatsApp dibawah ini untuk hubungi Live Chat PELNI.

Catatan: Pembelian tiket online lewat situs dan aplikasi PELNI dilakukan maksimal 3 hari sebelum keberangkatan kapal.

Syarat dan ketentuan naik kapal Pelni 2022

Sebelum berangkat, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan agar bisa beli tiket dan diizinkan naik ke kapal PELNI untuk tahun 2022 ini, diantaranya:

  • Calon penumpang wajib memiliki kartu atau sertifikat vaksin minimal dosis 1 atau 2 namun bergantung sama aturan dari pemerintah setempat dan pihak PELNI
  • Calon penumpang harus menunjukan surat Negatif Rapid tes Antigen yang dibuat minimal 1×24 jam sebelum keberangkatan. Pada beberapa pelabuhan, penumpang bisa Rapid tes di Kantor PELNI langsung
  • Fotocopy KTP, surat vaksin dan surat negatif rapid tes antigen 2 lembar. Jika sudah, calon penumpang bisa verifikasi keberangkatan di Kantor Kesehatan Pelabuhan [KKP] terdekat
  • Setelah dapat kartu kuning, calon penumpang bisa ke loket pembelian tiket PELNi dan menyerahkan berkas-berkas diatas termasuk yang sudah diverifikasi KTP agar tiket bisa dibeli.

Di beberapa pelabuhan, biasanya calon penumpang harus instal aplikasi Peduli lindungi yang bisa di download di Google Play Store dan App Store.

Tapi, syarat-syarat diatas tidak berlaku apabila calon penumpang masih dibawah umur atau dibawah 12 tahun.

Termasuk juga untuk penumpang yang mengalami kondisi kesehatan khusus yang membuat penumpang tidak bisa di vaksin.

Hanya saja, harus disertai dengan surat keterangan dokter atau surat keterangan dari rumah sakit pemerintah terkait dengan kondisi kesehatan dimaksud.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa saja pelabuhan yang tersedia di info reservasi tikel PELNI?

Hampir semua pelabuhan yang ada di Indonesia sepanjang jadi tempat singgah atau destinasi tujuan kapal PELNI, diantaranya:

SibolgaGunung Sitoli/NiasTeluk Bayur [Padang]Belawan
MidaiKijangKahikitangTarempa
TahunaPulau TogianPosoSeresan
Pulau BatamTanjung Balai KarimunLetungBelinyu
ReoPatimbanLirung,Karatung
MiangasTanjung PandanTanjung PriokSemarang
Karimun JawaSurabayaBenoa/DenpasarAmpenan/Lembar
BimaLabuan BajoWaikeloKupang
MaumereEndeWaingapuLarantuka
GorontaloLuwukBabang [Bacan]Namlea
GeserKisarTepaMoa
SeruiFak-fakKaimanaLewoleba
KalabahiRoteSabuPontianak
NatunaSampitKumaiBatulicin
BalikpapanTarakanNunukanBitung
PantoloanTidoreAwarangePare-pare
MakassarBontangBanggaiBau-bau
KendariWanciRahaSanana
NamroleTernateDoboAmbon
BandaAgatsTualSaumlaki
SorongManokwariBiakJayapura
MeraukeWasiorNabireTimika

2. Apa saja kelas kapal yang tersedia dan bisa di pesan online?

Tidak ada perbedaan untuk kelas kapal baik yang bisa di pesan online atau yang dibeli di loket pembelian tiket PELNI langsung.

Untuk kelasnya sendiri terbagi dalam lima bagian dengan harga yang berbeda-beda seperti yang terlihat pada tabel dibawah ini:

Kelas kapal PELNIHarga Tiket untuk BayiHarga Tiket Pria dan Wanita Dewasa
Kelas IA – ARp 53.000Rp 477.500
Kelas 1B – BRp 45.000Rp 390.000
Kelas 2A – CRp 32.000Rp 267.500
Kelas 2B – DRp 30.000Rp 246.500
Kelas EKO – ERp 21.000Rp 151.500

Tabel diatas adalah contoh kelas kapal dan harga tiket untuk dewasa dan bayi dari Pelabuhan Bitung ke Banggai.

Artinya, ada kemungkinan harga tiket diatas berbeda di setiap pelabuhan yang bergantung sama rute, jenis kapal dan durasi perjalanan.

Selain itu, jika beli tiket kelas 1A, 1B, 2A dan 2B, ada biaya tambahan sebesar Rp50.000 sebagai jaminan kunci kamar.

Jika kunci kamar hilang, uang tersebut tidak akan dikembalikan atau misalnya, anda lupa mengembalikan kunci kamar yang diberikan petugas pengambilan kunci kamar kelas.

Sementara, apabila kunci kamar di kembalikan setelah sampai ke pelabuhan tujuan, uang jaminan tersebut akan dikembalikan petugas.

3. Bagiamana cara mengisi tanggal, bulan dan tahun saat reservasi tiket?

Baik di versi aplikasi mobile dan situs PELNI, cara mengisi tanggal bulan dan tahun sangat mudah. Pilihannya sendiri ada di dalam kolom keberangkatan.

Hanya saja, calon penumpang hanya bisa memilih tanggal mulai hari ini sampai dengan bulan-bulan berikutnya.

Untuk tanggalnya sendiri tersedia mulai dari tanggal 1-31 sementara bulan tersedia lengkap mulai dari Januari, Februari, Maret, April dan Mei.

Termasuk juga Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November dan Desember. Opsi tahun hanya tersedia untuk tahun ini saja yakni 2022.

Sayangnya, jika cek kapal pada bulan ini, opsi pengecekan hanya tersedia tiga bulan berikutnya. Misalnya, anda cek kapal Januari, opsi keberangkatan kapal hanya tersedia pada Februari dan Maret saja.

Dengan demikian, pengecekan jadwal kapal hanya bisa dilakukan tiga bulan sebelumnya. Sementara, reservasi tiket hanya bisa dilakukan 3 hari sebelumnya.

4. Apakah bisa reservasi Kargo PELNI secara online?

Baik di situs dan aplikasi PELNI, layanan reservasi kargo tersedia. Sayangnya, fitur ini tidak terbuka alias belum bisa dilakukan sekarang.

Artinya, untuk saat ini, anda tidak bisa reservasi kargo PELNI secara online atau mungkin menggunakan jasa logistik lain.

Termasuk didalamnya pengangkutan paket barang, dry atau reefer container, general cargo, sewa kapal angkutan komersial sampai kendaraan.

Dengan demikian, jika ingin reservasi kargo di kapal PELNI, bisa kunjungi loket PELNI langsung. Atau, bisa dapat tambahan informasi lewat WhatsApp resminya.

5. Bagaimana jika tertinggal kapal? Apakah biaya pembelian tiket akan dikembalikan?

Jika pembelian tiket sudah dilakukan, baik bayar cash atau transfer, sementara calon penumpang karena satu dan lain alasan tertinggal kapal, bisa ajukan pengembalian biaya pembelian tiket.

Uang yang dikembalikan hanya 50% dari total biaya tiket. Misalnya, harga tiket yang dibeli adalah Rp 150.000 maka yang dikembalikan hanya Rp 75.000 saja.

6. Apa saja syarat bawa hewan di atas kapal?

Sebenarnya, karena situasi pendemi, untuk saat ini calon penumpang belum diperkenankan bawa hewan naik ke atas kapal.

Entah itu Ayam, Anjing, Unggas dan lain sebagainya. Larangan ini sendiri saya dengar dari petugas PELNI langsung.

Sementara, apabila nantinya calon penumpang bisa bawa hewan, ada beberapa syarat dokumen yang harus dilengkapi.

Seperti surat jalan dari Dinas Peternakan asal hewan, Surat Karantina Hewan dan Surat vaksin hewan.

7. Berapa minimal barang bawaan penumpang saat naik Kapal?

Info Jadwal Kapal Pelni

Setiap penumpang diperkenkan untuk bawa minimal 40 KG barang bawaan ke atas kapal. Hanya saja, bobot tersebut bergantung sama jenis kapal.

Jika bebannya dibawah dari bobot tersebut, tidak akan dikenakan biaya bagasi. Hanya saja, dimensi barang tersebut harus sesuai dengan ketentuan PELNI.

Dimana, tingginya dibawah 70 cm, lebar samping 40 cm dan lebar depan 35 cm. Jika lebih dari itu, akan ada biaya tambahan karena kelebihan bagasi.

Penutup

Untuk informasi yang lebih jelas, karena bisa saja ada perubahan keberangkatan kapal atau syarat naik kapal, bisa kunjungi situs PELNI langsung.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini boleh sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara cek info jadwal kapal PELNI 2022 termasuk syarat keberangkatan dan harga tiket. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar