10+ Fakta Menarik Hari Valentine Yang Jarang Diketahui

Tiap tanggal 14 Februari, sebagian besar masyarakat di dunia, terlebih kaum muda, merayakan hari valentine.

Di Amerika Serikat dan benua Eropa, di hari yang sama, toko-toko yang menjual Stroberi, Cokelat dan Bunga Mawar akan laku keras.

Stroberi, cokelat dan bunga mawar merupakan hadiah paling umum yang sering diberikan ke orang-orang terkasih sebagai lambang cinta mereka.

Tetapi pernahkah anda bertanya-tanya bagaimana tanggal 14 bisa didedikasikan sebagai hari kasih sayang? Kapan sejarah hari valentine bermula? Dan mengapa dirayakan di seluruh dunia?

Nah untuk anda yang penasaran atas jawaban dari tiga pertanyaan diatas, simak artikel ini sampai habis.

10+ Fakta Menarik Hari Valentine Yang Jarang Diketahui

Valentine tidak saja dirayakan oleh masyarakat Eropa dan Amerika, tetapi juga sebagian besar masyarakat dunia, termasuk Indonesia.

Paling menonjol adalah perayaan hype ala-ala milenial. Bahkan, sampai ada gerakan untuk menentang perayaan tersebut karena dianggap haram.

Lalu apa saja fakta menarik valentine’s day? Pasti penasaran kan? Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 10+ fakta tentang hari valentine:

1. Sejarah hari Valentine

fakta menarik hari valentine

Ada dua teori asal usul hari Valentine. Pertama, teori tersebut mengatakan bahwa hari Valentine berasal dari upacara Lupercalia.

Upacara ini sebenarnya merupakan sebuah festival yang dilakukan oleh bangsa Romawi parau untuk menghormati bangsa Vestal sebagai simbol kesuburan yang dilaksanakan tiap tanggal 15 Februari tahun berjalan.

Festival itu sendiri sering digambarkan sebagai festival dimana sebagian besar pria akan menelanjangi dirinya lalu memukul gadis-gadis muda dengan harapan agar kesuburan mereka meningkat.

Teori kedua tentang asal usul Valentine bermula saat Kaisar Romawi Claudius II mengeluarkan keputusan untuk meningkatkan jumlah pasukannya.

Ia kemudian melarang para lelaki muda untuk menikah, karena ia berpendapat bahwa prajurit muda adalah prajurit yang lebih baik.

Karena semangat cinta yang menggebu-gebu, St. Valentinus, Santo dalam Gereja Katolik menentang larangan tersebut dan melakukan pemberkatan rahasia untuk orang-orang yang akan menikah.

Maka semakin banyak orang yang datang untuk diberkati oleh St. Valentinus. Praktik ini kemudian diketahui oleh Claudius II.

Ia lalu memerintahkan tentara untuk menangkap St. Valentinus dan mengeksekusinya tepat pada tanggal 14 Februari.

2. Valentine adalah tradisi yang sudah berusia 600 tahun

fakta menarik hari valentine

Setiap tahun banyak orang yang ikut merayakan valentine’s day dengan cara membagikan kartu Valentine pada teman, pacar, istri, orang tua atau sahabat mereka.

Kartu Valentine tertua berisikan puisi yang ditulis oleh Charles Duke of Orleans ke istrinya saat istrinya di penjara di Menara London tahun 1415.

3. Ada jutaan kartu ucapan hari Valentine yang dibeli tiap tahun

fakta menarik hari valentine

Saat peringatan hari Valentine, ada lebih dari 144 juta kartu ucapan yang diberikan dari satu orang ke orang lain di Amerika Serikat.

Jumlah ini dipercaya terus bertambah dan tidak dihitung dengan jumlah kartu yang dibagikan di negara-negara lain di belahan bumi yang juga merayakan hari kasih sayang.

4. Di Abad Pertengahan, menggambar hati di lengan baju di hari valentine dianggap lebih bermakna dibanding ucapan

fakta menarik hari valentine

Pria dan wanita di abad pertengahan biasanya menggambar bentuk hati dilengan baju mereka saat perayaan Valentine.

Mereka juga menaruh nama tambatan hari mereka ditengah gambar tersebut selama satu minggu.

Cara ini biasanya dilakukan sebagai ungkapan kasih sayang dan merupakan salah satu cara merayakan hari Valentine yang cukup populer di Eropa pada waktu itu.

5. Karena hari Valentine, banyak orang yang menganggap warna pink dan merah merupakan lambang cinta

fakta menarik hari valentine

Menurut laporan dari National Confectioners Assoication, sekitar 65% orang Amerika percaya bahwa kemasan permen dan coklat yang dibagikan di hari Valentine harus berwarna merah dan pink.

6. Permen berbentuk hati yang biasa dibagikan saat Valentine sebenarnya adalah obat

fakta menarik hari valentine

Pada tahun 1847, Apoteker Boston Oliver Chase menemukan bahwa sebuah mesin dapat menyederhanakan proses produksi permen.

Penyederhanaan proses ini kemudian dipercaya sebagai penemuan mesin pembuat permen pertama di dunia.

Setelah mengidentifikasi peluang bisnis dari mesin ini, ia kemudian merevolusi bisnis permen. Chase kemudian fokus untuk memproduksi Wafer Necco.

Baca Juga : 4 Jenis Ungkapan Kasih Sayang

15 tahun kemudian, setelah Wafer Necco dibuat, saudara laku-laki Oliver, Daniel Chase melakukan inovasi pada permen tersebut dengan menambahkan kata-kata.

Menurut Huffington Post, pembagian permen berbentuk hati di hari valentine sudah dimulai sejak tahun 1902.

Hari ini, Necco menyebut hampir 100.000 terjual setiap tahun dan melonjak drastis saat Valentine.

7. Bentuk hati tidak selalu merupakan simbol romatis

fakta menarik hari valentine

Menurut laporan time, bentuk hati dulunya diyakini secara luas sebagai pusat ingatan manusia, dimana perasaan cinta terbentuk.

Seniman Prancis dan Italia pada abad ke-14 mengubah bentuk hati ini sebagai sebuah ucapan terima kasih dan lambang cinta sebagaimana yang dikenal sekarang ini.

Dengan demikian, seniman-seniman dari dua negara ini dipercaya sebagai orang pertama yang menggunakan motif hati pada setiap karya seni mereka.

8. Karena hari Valentine, mawar jadi bunga cinta

fakta menarik hari valentine

Sebuah studi pada tahun 2017 lalu mengungkapkan bahwa para pengecer berlian, James Allen mengatakan bahwa 43% pertunangan dilakukan di hari Valentine.

Selain itu, karena pertunangan inilah, Mawar dikonotasikan sebagai bunga Cinta yang biasa dibawa pengantin wanita saat tunangan atau pernikahan.

Mawar juga dipercaya sebagai bunga Favorit Venus, salah Dewi Romawi Kuno. Kuncup mawar melambangkan perasaan yang romantis.

9. Juga dianggap sebagai peringatan kepada Juliet

fakta menarik hari valentine

Dalam perkembangannya kemudian, hari Valentine juga dianggap sebagai hari untuk memperingati Juliet.

Saya yakin, anda pasti pernah mendengar nama ini, kan? Juliet sendiri adalah salah satu tokoh yang digambarkan dalam novel romantis paling populer di dunia, yang ditulis William Shakespeare.

Novel ini pada dasarnya menceritakan dua pasangan muda-mudi, Romeo dan Juliet yang saling jatuh cinta.

Namun cinta mereka itu kandas akibat keluarga mereka yang saling bermusuhan sampai kisah cinta itu berujung tragedi.

Dan, setiap tanggal 14 Februari setiap tahun, ribuan orang berkumpul di balkon sebuah rumah di Verona yang dipercaya milik marga Capello, keluargannya Juliet, untuk menulis sekitar 1.000 surat kepada Juliet.

Surat tersebut sebagian besar berisikan tentang keprihatinan mereka terhadap kisah cinta tragis yang dialami Juliet.

10. Sebagai gambaran atas jiwa yang murni

fakta menarik hari valentine

Dibagian atas sudah saya singgung soal simbol hari valentine’s yang dominan berbentuk hati warna merah.

Lantas, apa sih arti simbol ini? Alasannya karena hati dianggap sebagai sebuah pralambang jiwa yang murni, yang penuh cinta dan kasih sayang.

Warna yang sama dipilih karena bisa menghadirkan kesan romatis, cinta dan kasih sayang sekaligus.

Hanya saja, warna ini juga hendak mengatakan bahwa meskipun hari Valentine adalah hari kasih sayang tapi tidak harus dirayakan bersama pasangan.

Penutup

Merayakan hari valentine mungkin hanyalah bentuk ekspresif dari cinta dan kasih. Boleh-boleh saja merayakan dengan berbagai euforia asalkan itu tidak mengganggu orang lain.

Oleh karena itu, mengembalikan esensi valentine’s day pada prinsip yang sebenarnya perlu dilakukan, terlebih bagi anak-anak muda di Indonesia.

Demikian artikel tentang 10 Fakta menarik tentang Hari Valentine. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar