Cara Transfer Gopay ke ShopeePay atau ShopeePay ke Gopay 2021

Mau tahu cara transfer Gopay ke Shopeepay atau sebaliknya, dari Shopeepay ke Gopay? Simak artikel ini sampai habis.

Berbelanja online mungkin sudah jadi aktivitas lazim yang dilakukan masyarakat, terlebih yang tinggal di daerah perkotaan.

Transaksi macam ini memudahkan orang-orang untuk dapat produk baik fisik atau digital dengan cepat.

Metode pembayarannya pun cukup variatif bahkan ada toko online yang punya dompet digital sendiri yakni Shopeepay.

Shopeepay adalah dompet digital dari Shopee yang memungkinkan pengguna tambah saldo atau transfer saldo ke rekening bank.

Selain itu, dompet digital satu ini bisa digunakan sebagai opsi pembayaran saat berbelanja online.

Sekilas, cara kerjanya kurang lebih sama seperti dompet digital pada umumnya hanya terintegrasi langsung di Shopee.

Sayangnya, agar bisa transfer saldo ke rekening bank, akun shopeePay harus verifikasi KYC dulu pakai foto selfie dan foto KTP.

Jika KYC berhasil, nominal saldo yang bisa ditambahkan akan bertambah dari sebelumnya cuma 2 juta menjadi 10 juta.

Meski demikian, opsi top up ini tetap bisa digunakan sekalipun anda belum upgrade ke Shopeepay plus.

Dan untuk top saldo, anda bisa pakai nomor VA yang ada di ShopeePay lalu tambah saldo dari dompet digital lain termasuk dari Gopay.

Dan untuk anda yang mau transfer saldo dari Gopay ke Shopeepay, simak artikel ini sampai habis termasuk cara transfer saldo dari ShopeePay ke Gopay.

Cara Transfer Gopay ke ShopeePay atau ShopeePay ke Gopay 2021

Lantas bagaimana cara transfer Gopay ke Shopeepay atau ShopeePay ke Gopay? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Cara transfer Gopay ke ShopeePay 2021

Pertama yang mau saya bahas adalah cara transfer Gopay ke Shopeepay atau Cara top up saldo Gopay dari Shopeepay.

Lantas, caranya gimana? Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka aplikasi Gojek yang terinstal di ponsel anda. Setelah aplikasinya terbuka, klik tombol bayar di beranda aplikasi atau klik explor untuk akses menu yang sama di laman tersebut
Cara Transfer DANA ke Gopay atau GoPay ke Dana
  • Akan muncul beberapa opsi pembayaran. Jika tujuan anda mau top up Shopeepay dari Gopay, di menu bayar dan kirim pilih ke rek. bank
Cara Transfer DANA ke Gopay atau GoPay ke Dana
  • Anda kemudian dialihkan ke laman riwayat pengiriman saldo. Jika sebelumnya anda belum pernah pindahkan saldo elektronik dari Gopay ke ShopeePay, klik tulisan transfer instan ke rek. baru
Cara ISI SALDO Aplikasi Jago Dengan OVO, DANA dan GoPay
  • Berikutnya akan muncul laman untuk memilih bank tujuan pengiriman. Di kolom pencarian, cari bank Permata atau PermataBank lalu klik disitu
Cara Transfer DANA ke Gopay atau GoPay ke Dana
  • Lalu masukkan nomor rekening dan verifikasi nomor tersebut. Untuk nomor rekeningnya dimulai dari 706 diikuti nomor yang terdaftar di ShopeePay. Sebagai contoh, nomor yang terdaftar adalah 081344556677 maka akan menjadi 706081344556677. Kalau sudah, klik tombol Verifikasi disampingnya. Kalau nomor rekening tersebut valid, akan muncul nama penerima jika tidak, akan ada pemberitahuan kalau nomor tersebut tidak valid. Jika valid, untuk lanjutkan transaksi, klik Lanjut dibagian bawah
  • Berikutnya masukkan nominal saldo yang mau ditransfer, Rp50.000 misalnya. Kalau sudah, klik Lanjut sekali lagi
Cara Transfer Gopay ke ShopeePay atau ShopeePay ke Gopay
  • Nantinya akan muncul laman konfirmasi transfer saldo yang berisikan detail pengurangan saldo Gopay milik anda termasuk informasi rekening tujuan dan rincian transfer. Kalau yakin mau transfer, klik Konfirmasi dibagian bawah
Cara Transfer Gopay ke ShopeePay atau ShopeePay ke Gopay
  • Berikutnya anda diminta untuk memasukkan PIN akun Gojek milik anda guna memverifikasi transaksi lalu tunggu proses pemindahan saldonya sampai berhasil
Cara Transfer Gopay ke ShopeePay atau ShopeePay ke Gopay

Kalau berhasil, anda akan dapat pemberitahuan soal ini dan riwayat transaksinya bisa dijadikan screenshoot untuk dijadikan bukti transfer.

Selain pakai nomor VA PERMATA bank, anda juga bisa pakai nomor VA bank Mandiri yang ada di Shopeepay.

VAnya dimulai dari 893 diikuti nomor yang terdaftar di Shopeepay. Perhatikan, anda juga dikenakan biaya top up saldo di ShopeePay sebesar Rp500.

Sebagai contoh jika transfer uang dari Gopay sebesar Rp50.000 maka yang masuk ke ShopeePay hanya Rp49.500.

Selain itu, ada juga biaya transfer atau biaya admin yang langsung di potong di saldo Gopay milik anda sebesar Rp2.500.

Karena itu, pastikan saldo anda lebih dari cukup sebelum transaksi mengingat ada dua jenis biaya yang dibebankan kepada anda.

2. Cara transfer ShopeePay ke Gopay 2021

Seperti juga saat mau transfer saldo Shopeepay ke dompet digital lain seperti DANA, OVO atau LinkAja. Dimana, untuk sekarang, opsi ini belum tersedia.

Maksudnya gimana sih? Maksudnya, anda belum bisa top up Gopay lewat ShopeePay secara langsung.

Karena satu-satunya opsi tarik saldo yang valid hanyalah tarik ke rekening bank umum dan ke Bank digital, BRI atau Bank Jago misalnya.

Saya sendiri sudah coba verifikasi rekening bank pakai nomor virtual account yang saya peroleh dari Gopay.

Tapi, semuanya tidak valid. Bahkan, ada beberapa bank yang setelah dimasukkan nomor VA langsung ada pemberitahuan kalau nomor rekeningnya tidak valid.

Lantas, apakah ada alterantifnya? Tentu saja ada, diantaranya:

  • Pertama, dengan memindahkan dulu saldo ShopeePay ke bank konvensional atau bank digital. Pastikan juga anda pakai fasilitas mobile banking agar memudahkan anda pindahkan saldonya lagi ke Gopay atau dompet digital lain. Jika pakai BNI Mobile Banking atau Brimo, caranya cukup mudah karena ada fitur top up wallet. Kalau pakai digital banking, LINE bank misalnya, bisa manfaatkan nomor VA PERMATA bank yang diperoleh di Gopay lalu transfer saldo seperti biasa. Ulasan lebih lengkap bisa baca disini. Kalau pakai aplikasi Jago, ada opsi top up dompet digital di dalamnya termasuk ke Gopay
  • Gunakan jasa top up saldo Gopay yang ada di merchant Shopee dengan metode pembayaran pakai saldo ShopeePay. Tapi, perhatikan rate dan biayanya. Kalau dirasa cukup merugikan, pertimbangkan untuk pakai opsi lain
  • Atau, bisa order jasa convert pulsa tapi sebelum itu harus beli pulsa dulu di Shopee dan atur metode pembayarannya ke ShopeePay. Jika pulsanya sudah masuk, cari jasa convert pulsa yang menyediakan metode pembayaran ke Gopay

Hanya saja, cara yang terakhir ini tidak saya rekomendasikan karena ratenya cukup tinggi, yang bagi saya pribadi agak merugikan.

Mengapa? Jika tukar pulsa sebesar Rp300.000 dengan rate 0.74 maka yang masuk ke Gopay hany Rp222.000 alias biaya jasanya Rp78.000.

Karena itu, agar tidak merepotkan nantinya, pastikan anda tahu tujuan top up Shopeepay meningat pengguna tidak bisa pindahkan saldo elektroniknya ke dompet digital lain.

Kalau perlu, gunakan saldo tersebut untuk beli barang atau kebutuhan lain, bayar tagihan atau cicilan misalnya.


FAQ

Untuk beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Bagaimana cara isi Gopay pakai Shopeepay?

Seperti yang saya sebutkan diatas, yang mana, untuk sekarang anda tidak bisa isi saldo Gopay pakai Shopeepay secara langsung.

Karena saat menggunbakan nomor VAnya ada pemberitahuan kalau nomor rekeningnya tidak valid.

Alternatifnya adalah dengan tarik saldo Shopeepay ke rekening bank dulu, BNI atau BCA misalnya, lalu ditransfer lagi ke Gopay.

Tapi, pastikan saldo yang dipindahkan cukup besar karena, mungkin saja, ada biaya top up yang dibebankan kepada anda.

2. Apakah ada cara convert Shopeepay ke Gopay?

Sejauh ini, ada satu cara. Yakni dengan membeli jasa tambah saldo Gopay di ShopeePay.

Artinya, saat order jasa tersebut, metode pembayarannya harus diatur dulu ke Shopeepay.

Selain itu, pastikan rate dan biayanya kompetitif agar tidak terlalu merugikan, plus, penyedia jasa tersebut bisa dipercaya.

3. Bagaimana cara top up Gopay dengan Shopeepay?

Jawaban dari pertanyaan ini sudah saya ulas diatas. Artinya, untuk sekarang, anda tidak bisa top up saldo Gopay dengan AstraPay secara langsung. Alternatifnya banyak dan semuanya saya bahas diatas.

Penutup

Berbeda dengan digital lain seperti DANA, OVO atau Gopay yang memungkinkan pengguna melakukan pemindahan saldo elektronik dengan mudah dan sederhana.

Tapi tidak berlaku dengan ShopeePay. Kemungkinan karena pihak Shopee fokus untuk mengembangkan Shopeepay sebagai sarana pembayaran saat belanja online saja.

Jika ada cara lain yang memungkinkan pengguna transfer saldo ShopeePay ke Gopay dan belum saya ulas diatas, bisa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara transfer ShopeePay ke Gopay atau sebaliknya, dari Gopay ke ShopeePay. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar