Cara Tambah Kategori atau Topik di Google Berita 2021

Di artikel sebelumnya tentang cara daftar Google Berita, tidak saya singgung bagaimana cara tambah kategori atau topik di dashboard publisher center.

Poin ini sendiri baru saya ketahui setelah beberapa hari lalu buka situs berita nasional yang ternyata ada banyak kategori didalamnya.

Topiknya kurang lebih sama seperti kategori artikel yang ada di blog. Misalnya nih, anda bahas dunia investasi.

Didalam blog, anda buat kategori untuk setiap jenis investasi mulai dari saham, reksadana, P2P Lending dan lain sebagainya.

Lalu didaftarkan ke Google News. Ternyata, selain feed artikel di beranda blog, anda juga bisa tambahkan topik bahasannya.

Dengan harapan, agar kategori bahasan yang sama muncul di Google Berita dan memudahkan membaca untuk masuk ke jenis konten yang diinginkan.

Lantas, apa sih manfaat tambahkan kategori baru di dashboard Google News, bagi saya pribadi, ada dua alasan:

  • Agar artikel lebih terpersonaliosasi dan pengguna bisa memilih mana topik yang diinginkan ujntuk dibaca
  • Agar hasil artikel yang terbit di Google News lebih variatif. Dan ini sangat bagus dimanfaatkan oleh situs berita yang hampir tiap 10 menit terbitkan artikel baru untuk kategori yang berbeda

Dua cara diatas, secara tidak langsung, akan menginformasikan apa saja topik unggulan yang sudah dibahas di blog.

Selain itu, tampilan artikel akan terlihat jauh lebih rapi, sederhana dan tetap menarik. Yang pada akhirnya, akan mendorong orang untuk mengikuti item blog anda sebagai sumber berita.

Dan untuk anda yang sedang cari cara tambah topik baru di Google News, tambah kategori di Google Berita atau mungkin cara agar kategori artikel muncul di Google berita, simak artikel ini sampai habis.

Cara Tambah Kategori atau Topik di Google Berita 2021

Lantas, bagaimana cara tambah kategori berita atau topik artikel di Google Berita atau Google News? Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Kunjungi dashboard Publisher center

Saya pastikan anda sudah daftar di Google News dan status publikasi sudah aktif atau, sesuai dashboardnya, sedang tayang.

Jika sudah, klik pada salah satu situs yang tersedia di platform tersebut dimana anda ingin tambahkan kategori atau topiknya.

Untuk contoh saya, karena disini saya ingin tambahkan kategori artikel paulipu di Google News, maka saya pilih blog yang ini.

Agar jelas, berikut langkah-langkah edit publikasi di dashboard publisher center:

  • Setelah masuk ke dashboard publisher center Google News, klik blog yang ingin ditambahkan kategorinya
Cara Tambah Kategori atau Topik di Google Berita
  • Nantinya akan terbuka laman overview baru untuk setelan publikasi. Di tahap ini, sekali lagi klik tombol Google Berita
Cara Tambah Kategori atau Topik di Google Berita
  • Berikutnya anda akan diarahkan ke laman konfigurasi publikasi. Di sebelah tulisan tersebut, ada tombol Edit, langsung klik disitu
Cara Tambah Kategori atau Topik di Google Berita

Tombol tersebut memungkinkan anda mengakses laman setelan konten. Disinilah topik akan ditambahkan.

2. Akses menu setelan konten

Cara Tambah Kategori atau Topik di Google Berita

Setelah masuk ke laman pengaturan publikasi di Google News, langsung klik menu setelah konten seperti yang saya tandai merah pada gambar diatas.

3. Atur rubrik konten baru

Usai diarahkan ke laman setelan konten, akan ada informasi untuk menambahkan rubrik baru yang akan muncul sebagia tab dalam publikasi di aplikasi Google Berita.

Dengan demikian, di laman inilah anda harus tambahkan kategori atau topik baru agar artikel lebih terpersonalisasi.

Untuk format penambahan kategori artikel di Google News bergantung sama platform yang digunakan.

Sebagai contoh, jika anda menggunakan CMS WordPress baik itu shared hosting, cloud sampai VPS, formatnya terlihat seperti ini:

https://www.paulipu.com/category/travel/feed atau https://www.paulipu.com/travel

Sementara, jika anda menggunakan Blogger dan ingin tambahkan topik artikel di Google News, bisa edit kode dibawah ini:

https://www.paulipu.com/feeds/posts/default/-/Wisata?max-results=999999&alt=json-in-script&callback=loadtoc

Teks yang saya tandai merah diataslah yang harus diganti dengan kategori artikel yang mau ditambahkan termasuk domain.

Meksi demikian, sepengalaman saya, tidak perlu ditambahkan kategori /feed di akhir kategori agar artikelnya muncul khusus untuk WordPress.

Dengan demikian, jika setelah menggunakan cara pertama diatas dan setelah menunggu beberapa saat artikel dalam kategorinya tidak muncul, bisa hapus kata feed diakhir url kategori.

Lantas, bagaimana cara tambahkan kategori, topik atau rubrik di Google News? Berikut langkah-langkahnya:

  • Untuk mulai tambahkan kategori baru di Google News, klik tombol +Rubrik Baru seperti yang terlihat pada gambar dibawah
Cara Tambah Kategori atau Topik di Google Berita
  • Akan muncul empat opsi rubrik yang tersedia mulai dari Feed, Lokasi Web, Video dan juga feed yang dipersonalisasi. Pilih saja opsi yang pertama yakni Feed
Cara Tambah Kategori atau Topik di Google Berita
  • Kemudian laman tambahkan feed akan muncul. Di tahap ini, anda diminta untuk mengisi judul rubrik yang wajib diisi, URL feed RSS atau Atom serta pengaturan akses lihat. Kalau sudah, klik tombol Tambahkan dibagian bawah
Cara Tambah Kategori atau Topik di Google Berita

Selesai, sampai disini anda sudah berhasil tambahkan kategori baru di Google News. Jika kategori situs cukup banyak, bisa tambahkan satu-satu dengan mengikuti metode diatas.

Perhatikan, jika blog anda masih kecil dengan artikel kurang dari 1000 disarankan untuk tambahkan 5 rubrik saja.

Untuk contoh, di blog ini ada lima kategori utama mulai dari Home, bank, keuangan, investasi dan pembayaran. Nah tinggal tambahkan setiap kategori tersebut agar sesuai dengan topik blog ini.

4. Save dan refresh rubrik

Cara Tambah Kategori atau Topik di Google Berita

Setelah tambahkan rubrik baru atau kategori artikel di Google News, langsung klik tombol Simpan yang ada dibagian atas.

Nantinya, di rubrik tersebut akan muncul laman pratinjau artikel. Jika ada tulisan Belum ada rubrik di artikel ini, bisa klik tulisan muat ulang disebelahnya sampai artikelnya muncul.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan diajukan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Mengapa ada tulisan tidak ada item yang ditampilkan padahal pengaturan feednya sudah benar?

Saya sendiri pernah alami ini karena ada dua kategori yang setelah ditambahkan, ada pemberitahuan kalau item tidak ditemukan.

Bahkan, feednya tidak muncul setelah beberapa hari. Jika anda mengalami kondisi semacam ini, bisa hapus feed kategorinya dulu untuk sementara.

Kalau sudah, tunggu beberapa saat, kurang lebih 20 menit, lalu tambahkan feed baru dan tunggu sampai artikel yang ada di topik tersebut muncul di Google News.

2. Bagaimana cara daftar di Google News?

Untuk cara daftar di Google News caranya sangat mudah. Hanya saja, sebelum daftar, pastikan situs atau blog anda memenuhi beberapa syarat.

Mulai dari kelayakan konten, kualitas konten, pilihan tema website, feed yang aktif dan lain sebagainya.

Jika semua syarat diatas sudah terpenuhi, langsung daftar. Untuk step-by-stepnya sudah saya tautkan di pembuka artikel.

3. Minimal berapa kategori yang bisa ditambahkan di Google Berita?

Untuk saat ini, adna bisa tambahkan hingga lebih dari 5 kategori akun. Disarankan sih memang hanya pakai 5 saja.

Penutup

Memanfaatkan semua peluang trafik yang ada sekarang ini adalah salah satu meningkatkan vsibilitas konten dan juga menjangkau audies yang lebih banyak.

Selain dengan memanfaatkan social signal dari media sosial seperti Facebook atau Twitter, anda juga bisa manfaatkan sumber trafik dari Google News.

Demikian artikel tentang cara tambah kategori atau topik di Google Berita. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar