Cara Transfer Gaji dari Google AdSense ke OVO, Apakah Bisa?

Di artikel kali ini akan saya ulas cara transfer gaji dari Google AdSense ke OVO. Penasaran caranya gimana? Simak artikel ini sampai habis.

Ramainya penggunaan dompet virtual telah membawa banyak kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan seperti pembayaran ataupun pembelian.

Sebenarnya, cara ini termasuk cara withdraw yang sudah lama namun mungkin baru diketahui oleh beberapa Blogger dan Youtuber saat ini.

Di AdSense sendiri memang tidak ada ketentuan rekening dan bank yang bakalan digunakan. Yang terpenting, nama rekening dan bank yang ada tertera dengan jelas dan valid.

Yang menjadi masalah sesungguhnya adalah banyak blogger dan Youtuber yang masih dibawah umur tetapi sudah bisa payout dari AdSense.

Sehingga, mereka terkadang kesulitan untuk mencairkan pembayaran yang didapatkan dari AdSense. Sebab agar bisa payout dari AdSense, publisher setidaknya sudah berusia 18 tahun ke atas.

Karena alasan khusus, terkadang para Youtuber dan blogger ini enggan menggunakan rekening orang tua.

Dengan kata lain, satu-satunya jalan adalah dengan mencairkan uang dari AdSense menggunakan rekening teman atau mungkin menggunakan dompet virtual tadi.

Untuk anda yang mengalami masalah seperti ini dan ingin menggunakan dompet virtual, anda bisa mengunakan OVO untuk mencairkan pembayaran dari AdSense.

Sebelum masuk ke bagian teknis, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu apa itu OVO dan bagaimana metode pencairannya.

Syarat Terima Pembayaran Google AdSense lewat OVO

Seperti yang disebutkan diatas, OVO merupakan sebuah dompet virtual yang memberikan kemudahan untuk melakukan transaksi keuangan secara daring [dalam jaringan].

Ini merupakan salah satu aplikasi pintar yang memungkinkan anda menyimpan uang anda di dalam aplikasi dengan aman tanpa takut terkuras.

OVO sendiri adalah sebuah aplikasi cashless dibawah Lippo Grup, dibawah naungan PT Visioner International [OVO].

Baca Juga:

Saat melakukan transaksi menggunakan OVO, anda juga memiliki peluang untuk mendapatkan loyalty rewards.

Dan saldo anda juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi di marchat rekan OVO yang ada diseluruh Indonesia.

Bagaimana soal keamanannya? Tentu saja aman. Karena aplikasi ini juga sudah punya lisensi e-money dari pemerintah Indonesia.

Selain itu juga, OVO telah menjadi mitra pembayaran GrabPay yang digunakan dengan aplikasi yang berbeda tetapi tetap terhubung satu dengan yang lain.

Sebelum transfer gaji dari Google AdSense ke OVO, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya:

  • Harus punya akun OVO. Jika belum, bisa download dulu aplikasinya di Google Play Store dan App Store lalu daftar seperti biasa
  • Status akun OVO sudah premier alias sudah verifikasi KYC. Jika belum verifikasi, anda tidak bisa tarik saldo yang dimiliki ke luar ovo kecuali untuk pembelian produk digital

Jika dua syarat diatas sudah terpenuhi, maka anda sudah bisa transfer Gaji dari Google AdSense ke OVO dengan mengikuti cara dibawah ini.

Oh iya, jika ingin upgrade status akun ke OVO Premier, harus punya KTP dulu alias sudah harus berusia 18 tahun ke atas.

Jika belum punya KTP, bisa minta saudara atau punya orang tua. Pastikan anda minta izin dulu ke mereka untuk verifikasi identitas.

Cara Transfer Gaji dari Google AdSense ke OVO

Lantas, bagaimana cara transfer Gaji dari Google AdSense ke OVO? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

  • Kunjungi dashboard akun Google AdSense milik anda yang sudah muncul permintaan untuk verifikasi rekening bank
  • Setelah terbuka, klik menu Pembayaran> Kelola Metode Pembayaran> Metode pembayaran. Anda dapat mengubah metode pembayaran di AdSense jika sebelumnya anda sudah pernah payout. Dan jika belum, silahkan tambahkan akun penerima pembayaran AdSense yang baru
  • Pada nama anda [1] isi dengan nama yang terdaftar OVO Premier. Boleh beda, yang penting nomornya valid. Sementara, pada nama Bank [2] isi dengan BANK NATIONAL NOBU [Huruf kecil dan besar tidak terlalu berpengaruh]. Untuk kode swift Bank National NOBU adalah NOBUIDJA. Setelah itu, silahkan isi nomor rekening NOBU anda [3]. Nomor rekening Bank NOBU menggunakan nomor handphone yang anda gunakan tadi untuk registrasi di OVO dengan menambahkan kode 9 di awal. Sebagai contoh, nomor handphone anda adalah 081211123456 maka silahkan tambahkan angka sembilan di awal nomor Handphone tadi sehingga menjadi 9081211123456
  • Jika sudah, jangan lupa centang Tetapkan Sebagai Pembayaran Utama [jika anda ingin jadikan OVO sebagai pembayaran Utama] lalu klik Simpan
  • Untuk mengecek apakah nomor rekening tersebut Valid, Google akan mengirimkan uang ke akun tersebut dengan nominal dibawah 1000 [seribu] rupiah dalam waktu kurang dari tiga hari. Nominal tersebut akan digunakan sebagai verifikasi rekening anda
  • Setelah uang tersebut di transfer Google AdSense, langkah selanjutnya adalah verifikasi rekening dengan memasukkan nominal yang dikirim oleh Google AdSense. Sebagai contoh, transferan dari Google adalah 720 rupiah.
  • Jika nomor rekening yang anda masukan itu sesuai, berarti akun OVO anda sudah siap digunakan sebagai pembayaran AdSense selanjutnya apabila uang anda sudah mencapai ambang batas pembayaran yakni $100 atau sekitar 1.300.000 lebih [satu juta tiga ratus ribu] untuk kurs mata uang saat ini

Selesai, sampai disini anda sudah berhasil pakai OVO untuk terima Gaji dari Google AdSense. Berikutnya tinggal tunggu uang masuk yang dibayar tiap tanggal 21-26 bulan berjalan.

Perhatikan, gaji dari Google AdSense dibayar setelah saldo minimum mencapai $100 dengan estimasi kurs Rp13.000

Artinya, jika saldo anda sudah lebih dari $100 bulan ini, maka bulan selanjutnya baru akan ditransfer ke rekening.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa saja Manfaat menerima pembayaran AdSense pakai OVO?

Sebenarnya ada beberapa manfaat menggunakan OVO sebagai alat transaksi, antara lain:

  • Menjadi alternatif pembayaran karena anda bisa menggunakan dompet digital OVO untuk berbagai transaksi keuangan salah satunya dari Google. Selain Google, OVO juga bisa dipakai untuk terima uang dari Paypal dan lain sebagainya
  • OVO juga menjadi alternatif bagi anda yang belum punya akun bank atau sudah punya namun terblokir atau masalah tertentu lain.
  • Karena merupakan dompet virtual, anda dapat menambahkan saldo atau mentransfer saldo tersebut ke Akun Bank anda atau akun bank orang lain dengan mudah dan gampang.
  • Pembayaran lebih cepat. Misalnya, jika anda kesal pembayaran dari AdSense selalu terlambat setiap bulannya [yang biasanya dilakukan setiap tanggal 21 bulan berjalan], maka anda dapat menggunakan OVO.
  • Uang lebih aman. Jadi, uang anda akan disimpan dalam bentuk nominal sehingga uang anda lebih aman. Dan anda tidak perlu lagi ke ATM untuk mengecek apakah saldo dari AdSense sudah masuk atau belum.
  • Dapat digunakan untuk pembayaran Grab terlebih untuk yang sering bepergian pakai Ojek Online. Artinya, saldo OVO tersebut bisa dihubungkan langsung dengan GRAB

Lebih kerennya lagi, apabila OVO sudah terintegrasi dengan Grab maka pembayarannya agak sedikit lebih murah ketimbang menggunakan uang cash.

Nah itu hanya beberapa manfaat jika anda menggunakan OVO. Jika anda manfaat lain yang tidak dijelaskan disini silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Sementara, anda juga mendapatkan manfaat apabila menggunakan OVO sebagai pembayaran AdSense, antara lain:

  • Uang dari AdSense langsung masuk ke saldo OVO
  • Setelah masuk dapat digunakan untuk transaksi seperti pembayaran atau pembelian barang atau anda dapat mengirimnya langsung ke rekening pribadi agar bisa mengambil duit cashnya
  • Tidak perlu ribet buat rekening baru sebab pembuatan akun di OVO lebih mudah dan gampang

2. Apa saja kekurangan terima Gaji dari Google AdSense Pakai OVO?

Bagi saya pribadi, kekurangannya cuma satu yakni limit saldonya yang terbatas. Dengan demikian, jika gaji yang didapat konsisten di $100 per bulan, OVO bisa dipilih.

Hanya saja, penghasilan blogger dan Youtuber tidak menentu. Bisa saja, tahun depan, penghasilan anda sudah puluhan juta.

Dengan demikian, sudah tidak worth it lagi pakai OVO karena limitnya terbatas yang disebabkan karena OVO merupakan dompet digital dan bukan rekening bank.

Penutup

Memperoleh pendapatan dari AdSense lewat usaha yang dilakukan entah itu menggunakan blog atau Youtube adalah berkah tersendiri.

Walaupun pendapatan AdSense merupakan passive income, namun tetap bersyukur karena setidaknya kerja keras yang dilakukan selama ini sudah membuahkan hasil.

Meski terkadang ada beberapa masalah yang dihadapi oleh publisher saat menggunakan AdSense termasuk rekening pembayaran yang akan digunakan untuk mencairkan saldo di AdSense.

Karena agar saldo bisa mendarat dengan mulus di rekening anda harus menyiapkan data-data pembayaran yang lengkap seperti nama dan rekening bank.

Dan ini juga dimiliki oleh OVO sehingga anda tidak perlu repot lagi untuk menerima pembayaran dari AdSense di kemudian hari.

Demikian artikel tentang cara transfer gaji dari Google AdSense ke OVO. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

3 pemikiran pada “Cara Transfer Gaji dari Google AdSense ke OVO, Apakah Bisa?”

  1. Sepertinya sekarang ini sudah tidak bisa lagi ya gan. Denger-denger pemberitahuan dari ovo katanya top up saldo sudah dikenakan biaya.

    Balas

Tinggalkan komentar