Silvanna Samaliwu Best investment on life is skill, trust, experiences, knowledge, passion, study case. You can success if you have been wide it [Investasi terbaik dalam hidup adalah keahlian atau kemampuan, pengetahuan, passion dan pengalaman dalam mempelajari akibat. Anda bisa sukses jika mengembangkan hal tersebut]

6 Fakta Menarik ‘Gates of Hell’ Di Turkmenistan

2 min read

fakta gerbang neraka di turkmenistan

6 Fakta ‘Gates of Hell’ Di Turkmenistan – Ide nyeleneh dari para ahli geologi membuat kantong gas alam menjadi gerbang neraka yang tak pernah padam sejak 30 tahun lalu.

Pasti kamu pernah mendengar istilah Neraka, kan? Neraka, dalam konsep agama, adalah suatu tempat yang dikhususkan untuk menghukum orang-orang yang berdosa selama hidup di dunia.

Ternyata, neraka tidak hanya ada di Kitab Suci yang merujuk suatu tempat sesudah kematian tetapi juga ada di Dunia, di belahan bumi lain.

6 Fakta ‘Gates of Hell’ Yang Ada Di Turkmenistan

Lalu apa saja fakta menarik gerbang neraka di Turkemenistan? Berikut disajikan 6 faktanya. Apa saja itu? Ini daftarnya.

1. Tidak pernah padam sejak tahun 1971

6 Fakta ‘Gerbang Neraka’ Di Turkmenistan
via sbs.com.au

Orang-orang menyebutnya sebagai Door to Hell, Gates of Hell atau gerbang neraka dalam bahasa Indonesia. Gates of hell ini benar-benar ada di negara Turkmenistan dan tak pernah padam sejak tahun 1971.

Baca Juga : 18 Fakta Menarik Youtube

Gerbang neraka ini terletak di Gurun Karakum. Disekelilingnya terdapat sekitar 350 orang Davarza. Lubang ini seluas 230 kaki dan sudah terbakar sejak 40 tahun lamanya.

2. Gerbang Neraka adalah kawah gunung api raksasa

6 Fakta ‘Gerbang Neraka’ Di Turkmenistan
via bucketlistly.blog

Secara teknis, gunung ini disebut kawah gas Davaza. Awalnya, gerbang neraka terbentuk dari kawah gurun api raksasa yang terbakar. Gerbang neraka ini terletak di desa Derwaze tepat ditengah-tengah gurun Krakaum.

3. Merupakan Kawah Gas

6 Fakta ‘Gerbang Neraka’ Di Turkmenistan
via inverse.com

Beberapa penduduk sering menyebutnya sebagai Door To Hell atau The Gates to the Hell yang merupakan sebuah kawah penuh gas di Darvasa. Ini adalah sebuah kawah yang membentang dengan kedalaman mencapai 65 kaki.

Baca Juga : Dari Masa Ke Masa, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Persija

Pada tahun 2004 lalu, Presiden Turkmenistan, Gurbanguly Berdimukhamedov pernah mengeluarkan perintah agar desa Darvaza dipindahkan ke tempat lain untuk alasan keamanan.

4. Terbentuk karena upaya eksplorasi minyak

6 Fakta ‘Gerbang Neraka’ Di Turkmenistan
via 203challanges.com

Kawah ini terbentuk saat tahun 1970-an saat Turkmenistan masih menjadi bagian dari Uni Soviet. Beberapa ahli geologi ditugaskan oleh pemerintah Soviet untuk mencari cadangan minyak disana.

Baca Juga : 7 Fakta Menarik Tentang Starbucks Yang Wajib Kamu Ketahui

Mereka kemudian melakukan perjalanan ke Karakum, lalu mulai melakukan pemboran disana. Tanpa disadari tepat dibawah mereka ada sebuah kantong gas alam bawah tanah yang sangat besar.

Dan secara tidak sengaja, rig pengeboran Soviet tersebut menabrak gua gas alam bawah tanah yang besar, sehingga menyebabkan tanah runtuh dan seluruh rig pengeboran tersebut jatuh ke tanah.

Setelah menusuk salah satu kantong gas, asap beracun mulai bocor ke tingkat yang mengkhawatirkan.

5. Menghalangi penyebaran gas dengan cara membakarnya

6 Fakta ‘Gerbang Neraka’ Di Turkmenistan
via national-geographic.cz

Peralatan berat kemudian didatangkan untuk menghancurkan permukaan gurun, membuka beberapa kawah yang berisi gas yang sangat mudah terbakar.

Baca Juga : 8 Fakta Menarik Tentang Hari Valentine

Para ahli geologi ini kemudian mendapat ide untuk mencegah bencana lingkungan yang potensial dengan cara menghalangi penyebaran gas ini lalu membakarnya dan berharap akan padam beberapa minggu ke depan atau beberapa bulan ke depan. Yang terjadi justru sebaliknya.

6. Menjadi objek Wisata

6 Fakta ‘Gerbang Neraka’ Di Turkmenistan
via gerdali.com

Sejak merdeka, Pemerintah Turkmenistan menjadikan tempat ini sebagai salah satu objek wisata geologi disana.

Setiap tahunnya, ratusan wisatawan datang untuk melihat gerbang neraka tersebut. Banyak yang datang karena penasaran tentang bentuk gerbang neraka tersebut.

Untuk itu, sampai kini, pemerintah Turkemnistan membiarkan api itu tetap menyala. Dan tak pernah ada upaya untuk memadamkannya. Entahlah, apakah bisa dipadamkan atau tidak.

Dan disekitar wilayah Gerbang neraka tersebut, banyak backpaper dan wisatawan membuat perkemahan. Dan ini menjadi salah satu kamp perkemahan paling populer di negara tersebut.

Yang menarik para wisatawan adalah karena disekitar gerbang neraka ini tidak terdapat tempat parkir, jalan hanya untuk pejalan kaki, pagar dan toko yang menjual souvenir.

Satu-satunya tempat makan yang bisa ditemui di Darvaza terletak beberapa kilometer di Selatan, jauh dari kawah. Toko-toko terdekat berada di desa Erbent yang berjarak 90 KM dari kawah.

Nah demikian artikel tentang 6 fakta gates of hell yang ada di Turkmenistan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ~

Silvanna Samaliwu Best investment on life is skill, trust, experiences, knowledge, passion, study case. You can success if you have been wide it [Investasi terbaik dalam hidup adalah keahlian atau kemampuan, pengetahuan, passion dan pengalaman dalam mempelajari akibat. Anda bisa sukses jika mengembangkan hal tersebut]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *