14+ Funfact Nanas: Sejarah, Manfaat dan Budidaya Awal

Ada beberapa funfact Nanas yang mungkin tidak ketahui oleh anda sekalipun pernah mengkonsumsi buah satu ini. 

Faunfactnya berkaitan dengan sejarah, manfaat dan budidaya awal nenas itu sendiri sampai akhirnya dapat dengan mudah ditemukan oleh anda.

Nenas atau dalam bahasa Inggris disebut the Pineapple sejak dulu hingga kini tetap dianggap sebagai raja dari segala buah.

Buah Nenas adalah salah satu buah tropis yang cantik dan mulai diperkenalkan di Benua Eropa sejak tahun 1400-an.

Segera setelah diperkenalkan, buah ini mulai dikenal sebagai buah paling indah di dunia dan juga buah paling enak dengan status yang lebih tinggi bagi siapapun yang memilikinya pada waktu itu.

Usai diperkenalkan di Eropa, Nenas Nenas kemudian menyebar ke Asia dan Afrika yang dibawa oleh bangsa Eropa dalam setiap pelayaran.

Hingga kini, Nenas dapat dengan mudah di temui di pasar, Swalayan atau toko makanan. Entah yang sudah dibuat menjadi makanan olahan atau masih berbentuk buah utuh.

14+ Funfact Nanas: Sejarah, Manfaat dan Budidaya Awal

Lalu apa saja fakta menarik atau funfact nanas? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Ada peran Christopher Colombus dalam penyebaran Nanas

christopher colombus dan nenas
via toriavey.com

Pada tahun 1949, Christopher Colombus membawa Nenas keluar dari dunia baru, Amerika Selatan bersama dengan beo jinak, tomat, tembakau serta labu

Salah satu dari buah yang dibawa Colombus tersebut tidak membusuk dan masih bisa diberikan kepada Raja Spanyol, Ferdinand II dari Aragon.

Peter Martyr, Guru bagi pangeran Spanyol mengatakan bahwa saat Raja Ferdinand II mencicipi Nenas tersebut, ia mengatakan bahwa rasanya jauh lebih enak dibanding buah lainnya yang pernah ia konsumsi.

2. Nenas atau Ananas Cosmosus berarti buah yang berumbai

nanas
via cam.ac.uk

Rasa nenas sangat manis dengan rasa yang kuat. Hal itu juga pernah dicatat oleh penulis dan juga penjelalah, Andre Thevet pada tahun 1555.

Catatan inilah yang jadi cikal bakal penamaan Pineapple karena bentuk nenas yang mirip dengan biji pinus.

Karena itu, nenas kemudian diberi nama Ananas Comosus yang berarti buah yang memiliki rumbai di atasnya.

3. Dianggap sebagai buah paling Indah karena rumbainya

nanas
via seeithistory.com

Utusan Raja Ferdinand ke Panama, Gonzalo Fernández de Oviedo y Valdés juga pernah menulis tentang Nenas.

Bahkan, dalam tulisannya tersebut ia mengatakan kalau Nenas adalah buah yang paling indah yang pernah ia lihat.

Dia juga menganggap bahwa tidak ada buah di dunia ini yang penampilannya begitu indah selain Nenas itu sendiri.

4. Nenas mulai di Industrialisasi di Abad Pencerahan

fakta menarik nanas

Pada tahun 1500-an, pada masa Renaissance mulai dialami oleh orang-orang Eropa, saat itu permen sangat sulit ditemukan.

Garam tebu sangat mahal pada waktu itu dan sulit ditemukan. Sementara, buah-buahan lain yang ditanam di kebun hanya bisa dimakan saat musim panas.

Karena itu, nenas hadir sebagai salah satu buah yang bisa di konsumsi oleh semua kalangan baik bangsawan atau masyarakat biasa.

5. Alkibat dan teks-teks suci lainnya tidak pernah menyebutkan buah Nenas

fakta menarik nanas
via pineapplerd.com

Alkitab, teks-teks klasik dan literatur lainnya lainnya tidak menyebutkan tentang Nenas. Artinya, buah ini tidak punya asosiasi budaya, politik dan juga agama.

Pastor Du Terte, Iman Prancis bahkan mengatakan bahwa Nenas adalah raja buah-buahan.

Sementara seorang dokter Prancis, Pierre Pomet mengatakan bahwa Nenas adalah makanan terbaik dunia untuk saat itu.

6. Pada pertengahan abad ke-17, gambaran mengenai Nenas identik dengan mahkota Raja

fakta tentang nanas
via thevintagenews.com

Ini meningkatkan simbolisme Nenas dengan bangsawan dan kerajaan Allah. Selain itu, karena datang dari wilayah yang jauh dan beberapa orang sudah melihatnya, apalagi merasakannya, mitos kemudian melekat pada buah yang satu ini.

7. Charles II dari Inggris mulai memperoleh akses ke Nenas lewat koloni Inggris di Hindia Barat

fakta tentang nanas

Saat itu, Charles II sangat bangga dengan pencapaiannya tersebut dalam perdagangan internasional.

Ia kemudian mengadopsi Nenas dalam status utamanya. Namun demikian, Nenas masih belum tumbuh di wilayah utara, karena cuaca di wilayah tersebut yang terlalu dingin.

8. Karena ingin mendapatkan uang Nenas, Belanda mulai membangun rumah kaca pertama pada tahun 1658. Hal itu menandai masa yang dikenal sebagai perang Nenas

fakta tentang nanas
via eyesofrome.com

Sayangnya, menanam Nenas di rumah kaca membutuhkan biaya yang mahal serta tenaga yang cukup.

Sementara, setiap Nenas butuh waktu empat tahun untuk berbunga dan dihargai $8.000 dalam mata uang US$ saat ini.

Yang menarik, Nenas sering tidak dimakan saat itu. Hanya disimpan begitu saja untuk dipamerkan dan dikagumi serta dilihat orang lain hingga membusuk.

9. Lepas dari biaya dan tenaga kerja, bangsawan dari seluruh Eropa dan Rusia di akhir tahun 1600-an dan sepanjang tahun 1700-an mulai berkompetisi untuk menanam Nenas

fakta tentang nanas
via theparisreview.org

Kompetisi tersebut membuat Nenas mempunyai status yang tinggi di mata masyarakat dan bisa membuat seseorang dikenal sebagai orang terkaya di sekitarnya karena Nenas.

Salah satu hasil dari kompetisi tersebut yang masih dapat dilihat hingga sekarang ini adalah kubah batu yang terdapat di Inggris. Kubah tersebut dibangun oleh John Murray, Earl ke empat Dunmore.

Kubah itu berbentuk rumah kaca yang ditutupi batu berbentuk Nenas setinggi 14 meter, yang kemudian dikenal dengan nama Dunmore Pineapple.

10. Pada tahun 1700-an, kata Nenas identik dengan yang terbaik

fakta tentang nanas
via wikimedia.org

Seperti dalam permainan Richard Sheriden, The Rivals, dimana seorang tokoh memuji seseorang dengan mengatakan bahwa dia adalah Nenas kesopanan.

11. Adat Amerika Selatan yang kemudian di transpalasikan ke Meksiko, Karibia dan tempat lain yang menambah status Nenas di mata masyarakat

fakta tentang nanas
via theparisreview.org

Nenas biasanya di serbuki oleh Kolobri dan Kelalawar di alam liar. Tetapi disana, di Amerika Selatan, Nenas yang dibudidayakan dengan cara diserbuki menggunakan tangan manusia sementara bijinya disimpan untuk pemuliaan tanaman.

12. Pada abad ke 18, perusahaan-perusahaan di Inggris mulai memanfaatkan Nenas

fakta tentang nanas
via fastly.net

Pemanfaatan Nenas mulai dilakukan dengan ditambahkannya motif Nenas ke peralatan makanan, perabotan rumah tangga, gerbong, wallpaper, lukisan dan patung-patung yang terbuat dari batu.

Hal itu menjadi tanda bahwa pemilik benda-benda tersebut tersebut adalah orang berkelas, dengan citarasa tinggi, serta kedudukan dan kekayaan yang besar.

13. Nenas adalah sumber utama mangan

fakta menarik nanas
via pearlharbortours.com

Mangan adalah salah satu senyawa yang membantu mempertahankan tulang dan mengandung vitamin C tinggi.

Mangan juga mengandung beta karoten, vitamin B, kalium, natrium, vitamin dan menjadi sumber utama serat.

Selain itu, buah Nenas juga mengandung bromelain, ekstrak enzim yang sering digunakan sebagai obat tradisional, meskipun penelitian klinisnya masih terbatas tetapi tetap digunakan hingga kini.

Paling banyak digunakan sebagai salep untuk mengangkat jaringan mati pada luka bakar serius.

Ngomong-ngomong, bromelain juga menjadi zat yang membuat beberapa seseorang tidak nyaman saat makan buah yang satu ini, sehingga rasanya kadang disebut pedas.

Nenas juga memiliki banyak manfaat kesehatan lain, seperti: sebagai buah atau jus yang dapat membantu pencernaan, bertindak sebagai agen anti-inflamasi dan mengurangi rasa sakit radang sendi. Nenas bisa menjadi obat anti-pembekuan, anti-hipertensi dan zat anti kanker.

14. Awal abad ke-1900, budidaya besar-besaran Nenas dimulai di Kepulauan Hawaii yang akhirnya membuat pulau ini selalu dikaitkan dengan Nenas

fakta tentang nanas
via flanderstoday.eu

Sudah lama Hawaii dikaitkan dengan Nenas, meskipun produksi Nenas disana telah berkurang sedikit demi sedikit.

Biarpun demikian, jika makanan atau minuman muncul dengan bentuk atau penutup Nenas hal itu sering dikaitkan dengan Hawaii.

Penutup

Sumber yang digunakan dalam artikel ini sebagian berasal dari Wikipedia tentang Nenas dan juga terbitan majalah The Wekk pada tanggal 27 juli 2018.

Juga cerita tentang How the Pineapple became so popular? dan serta dari website Healthyfacty.com pada salah satu artikelnya dengan judul 10 Sweet Health Benefits of Pnineapple yang terbit pada 6 maret 2018 lalu.

Demikian artikel tentang 14 funfact nenas mulai dari sejarah, manfaat dan budidaya awal. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar