50 Foto Vintage Paling Fenomenal Sepanjang Masa

9 min read

Foto Vintage

50 Foto Vintage Paling Fenomenal Sepanjang Masa – Salah satu manfaat foto bagi manusia adalah untuk bisa melihat masa lalu. Apalagi, jika foto tersebut berhasil mengabadikan momen paling bersejarah yang menandai perjalanan suatu bangsa.

Sayangnya, beberapa foto masih lalu dicetak dengan warna hitam putih. Hal ini disebabkan karena teknologi lensa belum ditemukan.

Lensa sendiri merupakan salah satu faktor penting untuk menghasilkan sebuah foto dengan warna yang kaya dan lebih natural.

Sehingga, beberapa orang kemudian mengubah tekstur warna foto tersebut menjadi foto berwarna. Yang justru meningkatkan nilai estetika foto tersebut.

Diartikel kali ini akan diulas tenang 50 foto vintage paling fenomenal sepanjang masa yang menunjukan beberapa peristiwa yang pernah terjadi di belahan bumi lain.

Daftar isi tampilkan

50 Foto Vintage Paling Fenomenal Sepanjang Masa

Nah berikut disajikan 50 Foto vintage bersejarah terbaik sepanjang masa. Foto-foto siapa saja itu? Pasti penasaran kan? Berikut daftarnya untuk anda.

1. Beberapa tentara Amerika sedang Istirahat

vintage foto
via imgur.com

Ini adalah foto beberapa tentara sedang istirahat pada perang Konfederasi yang terjadi di Amerika Serikat.

Perang ini pada dasarnya melibatkan semua negara bagian, dimana 11 negara bagian Budak di Amerika Serikat menginginkan untuk pisah dari Amerika.

Foto ini sendiri diambil pada akhir tahun 1863. Perang ini sendiri berlangsung selama 4 tahun mulai dari 12 april 1861 hingga 9 April 1865.

2. Foto Presiden ke-16 AS, Abraham Lincoln

vintage foto
via History of Color

Foto ini tidak diketahui kapan diambil. Lincoln sendiri mulai menjabat sebagai presiden pada 4 Maret 1861 hingga peristiwa pembunuhannya terjadi.

Pada saat ia menjabat, ialah yang membawa AS menyelesaikan perang Konfederasi, dan menghapus adanya perbudakan diseluruh wilayah AS.

3. Potret stasiun gas di Washington

vintage foto
via tumblr

Foto ini menunjukan sebuah stasiun gas di Washington dan diambil pada akhir tahun 1924. Washington DC sendiri sebenarnya bernama Distrik Columbia. Kota ini juga merupakan Ibu Kota Amerika Serikat.

4. Pertemuan antara Presiden Lincoln dan Jenderal Little Mac McClellan

vintage foto
via reddit.com

Foto ini diambil pada tahun 1862 yang memperlihatkan saat Abraham Lincoln dan George Brinton McClellan, yang merupakan seorang Jendral pada saat perang Konfederasi.

McClellan juga dikenal sebagai seorang insinyur, ahli kereta api dan juga politisi. Selain pada perang konfederasi, ia juga pernah terlibat pada saat perang Amerika-Meksiko.

5. Foto Times Square di New York City

vintage foto
via reddit.com

Foto ini diambil pada tahun 1937. Times Square sendiri merupakan nama sebuah persimpangan jalan yang ada di Manhattan, New York City.

6. Salah satu foto warung di Amerika yang diberi nama Old gold country

vintage foto
via reddit.com

Old gold Country Store merupakan suatu perkampungan di North Carolina. Foto ini sendiri diambil pada tahun 1939.

7. Beberapa buruh wanita yang sedang mengangkut balok Es

vintage foto
Foto: History of Color/Facebook

Foto ini diambil pada tahun 1918. Pemandangan seperti ini sangat lazim pada waktu itu, dan bisnis es batu juga cukup menguntungkan. Karena pada saat itu belum ada Freezer dan Kulkas.

8. Seorang Prajurit Cherokee sedang memegang panah

vintage foto
via Pinterest

Tidak diketahui kapan ini diambil. Foto ini sendiri memperlihatkan Prajurit Cherokee, yang merupakan salah satu Indian yang tinggal di daerah Floria.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Foto dan Gambar Yang Rusak

Prajurit ini dikenal dengan kemampuan perang mereka yang mumpuni, dan mudah dikenal karena tanda bulu yang ada dibagian kepalanya.

9. Potret tiga orang Samurai di Jepang sedang berlatih memanah

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via imgur

Foto ini memperlihatkan tiga orang Samurai, prajurit elit dari kalangan bangsawan Jepang pada tahun 1860. Mereka terkenal karena kemampuannya menggunakan pedangnya yang mumpuni.

10. Foto Taman Medison Square di New York City

vintage foto
Foto Reddit

Taman medison square atau yang lazim disebut MSg atau Madison Square Garden adalah salah satu taman yang yang terletak di NYC tepat diatas Pennsylvania Station. Foto ini sendiri diambil pada tahun 1990.

11. Foto seorang pekerja yang sedang istirahat bersama istrinya

vintage foto
via imgur

Foto ini sendiri diambil pada tahun 1939. Sayangnya, tidak diketahui dimana foto ini diambil. Yang paling penting, foto ini memperlihatkan pekerja ladang yang sedang istirahat di siang hari.

12. Dua tentara veteran perang sipil di Amerika Serikat yang sedang berjabat tangan

vintage foto
via imgur

Perang sipil sendiri merupakan nama lain dari perang konfederasi yang merupakan perang antar negara bagian di Amerika Serikat.

Foto tersebut diambil pada tahun 1913 yang memperlihatkan dua orang veteran dari tentara negara bagian yang berbeda sedang berjabat tangan.

13. Potret Penulis legendaris Dunia, Mark Twain

vintage foto
via imgur

Mark Twain adalah novelis, penulis dan seorang guru asal Amerika Serikat dengan nama lengkap Samuel Langhorne Clemens.

Foto ini sendiri tidak diketahui diambil kapan. Namun beberapa ahli forensik memperkirakan bahwa foto diambil pada tahun 1901-1903.

14. Potret Albert Einstein

vintage foto
via ranker.com

Foto ini diambil pada tahun 1921 dan merupakan salah satu foto terbaik yang memperlihatkan Albert Einstein sedang menerangkan rumus Fisika kepada beberapa wartawan.

15. Foto Luis Amstrong sedang memainkan Terompet

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
Via History in Color/Facebook

Foto ini diambil pada tahun 1946 yang memperlihatkan aksi Luis Amstrong diatas panggung pada sebuah konser di New Orleans.

Amstrong sendiri merupakan salah satu penyanyi Jazz kelahiran New Orleans yang cukup fenomenal dengan kemampuannya memainkan terompet.

16. Pemain Baseball Legendaris Amerika, Lou Gehrig sesaat setelah ia menyelesaikan pidato pensiunnya yang fenomenal

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Pinterest

Pidato ini merupakan pidato terakhir dirinya sebagai pemain Basseball. Ia sendiri memutuskan untuk pensiun setelah ia di vonis menderita penyakit Neuromuskelar yang tidak dapat disembuhkan.

Baca Juga : 11 Manfaat Foto Dalam Kehidupan Manusia

Kini, namanya di abadikan sebagai nama penyakit itu sendiri. Ia sendiri pensiun pada usianya ke-36. Dua tahun setelahnya ia tutup usia.

Foto ini diambil pada tahun 1939 tepat setelah ia selesai melakukan Pidato. Ia sendiri dianggap sebagai salah satu pemain basseball paling fenomenal dan ikonik sepanjang masa.

17. Seorang tentara Angkatan Laut bersama seorang anak sambal memegang koran

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Reddit

Foto ini daimbil pada tahun 1927 yang memperlihatkan seorang tentara sedang membaca koran bersama seorang anak di dekat pelabuhan.

18. Detik-detik tragedi Hindenburg terjadi

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Imgur

Tragedi Hindenburg dikenal sebagai salah satu tragedi terbesar Balon terbang yang pernah terjadi di dunia. Tragedi ini sendiri terjadi pada 6 mei 1937 pada pukul 19.25.

Kecelakaan ini sendiri terjadi di New Jersey, Amerika Serikat sebelum balon terbang tersebut berlabuh di Bandar Udara Lakehurst.

19. Potret Charlie Chaplin

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Twitter

Chalie Chaplin merupakan salah satu komedian pertama yang tampil di depan kamera. Ia juga dikenal sebagai seorang produser film terkemuka di era Bisu. Foto ini sendiri diambil pada tahun 1916.

20. Potret pesulap Harry Houdinni sedang beraksi

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Imgur

Foto ini diambil pada tahun 1912, yang memperlihatkan Harry Houdinni, seorang pesulap asal Hongaria yang sudah menetap di Amerika Serikat.

21. Potret Presiden Ulysses S. Grant bersama keluarganya

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Wikimedia

Ulysses S. Grant atau yang lebih dikenal dengan nama Hiram Ulysses Grant merupakan Presiden As ke-18. Ia sendiri menjabat selama 2 periode berturut-turut.

Sebelum menjabat, Grant merupakan seorang Jenderal yang terlibat pada beberapa peperangan yang terjadi di negara bagian AS. Foto ini sendiri diambil pada tahun 1870.

22. Pemandangan dari Nashville Capitol

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Reddit

Nashville Capitol adalah salah satu wilayah metropolitan di Tennesse, Amerika Serikat. Foto ini sendiri diambil pada tahun 1864.

23. Pertemuan Helen Keller bersama Charlie Chaplin

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Reddit

Foto ini diambil pada tahun 1918 yang memperlihatkan Charlie Chaplin bertemu secara resmi dengan Hellen Adams Keller.

Keller sendiri merupakan salah seorang penulis fenomenal, yang juga aktivitas politik dan guru besar di Amerika Serikat.

Baca Juga : 7 Tempat Paling Kotor di Pesawat

Keller pernah memenangi beberapa penghargaan prestisius seperti Honorary University Degrees Women’s Hall of Fame, The Presidential Medal of Freedom dan juga The Lions Humanitarian Award.

Bahkan, saat perjalanan hidupnya diangkat menjadi sebuah film, film itu sendiri berhasil meraih 2 penghargaan piala Oscar sekaligus.

24. Potret Claude Monet Circa

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via History in Color/Facebook

Claude Monet Circa atau yang sering disebut dengan nama Oscar-Claude Monet adalah seorang pelukis kelahiran Paris, Prancis yang terkenal dengan lukisan gaya Improsionisme.

25. Dua tentara sedang memegang bom dengan tulisan yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai kejutan spesial paskah untuk Hitler

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via US Army/Wikimedia Commons/Public Domain

Foto ini diambil pada tahun 1944 saat perang dunia ke II berlangsung. Perang ini sendiri berlangsung selama 5 tahun dimulai pada 1 Sep 1939  hingga 2 Sep 1945 dengan korban jutaan orang dari seluruh dunia.

26. Potret artis AS, Audrey Hepburn

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Reddit

Audrey Hepburn merupakan salah seorang model, artis dan juga seorang humanitarian asal Inggris yang cukup terkenal di zamannya. Foto ini sendiri tidak diketahui dengan pasti kapan diambil. Namun diperkirakan diambil sekitar tahun 1950-an.

27. Potret Kecelakaan Mobil yang terjadi Washington DC

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Reddit

Foto ini mungkin adalah foto kecelakaan mobil yang pertama kali diabadikan menggunakan kamera pada tahun 1921.

28. Foto tentara Inggris yang akan berangkat Perang

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Pinterest

Foto ini diambil pada tahun 1939 sebelum pasukan Inggris berangkat ke pertempuran menggunakan Kereta api pada perang dunia II.

29. Potret seorang anak yang tinggal di Vermont Woodcutter

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Wikimedia Commons

foto ini diambil pada tahun 1939 yang memperlihatkan seorang anak petani sesaat sebelum bekerja. Tidak diketahui dengan pasti lokasi pengambilan foto ada dimana.

30. Foto Nikola Tesla

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Reddit

Foto ini diambil pada tahun 1893 yang memperlihatkan wajah Tesla, seorang pakar fisika dan teknisi asal Serbia Amerika. Nama Tesla menjadi populer berkat penemuannya tentang arus listrik bolak balik.

31. Potret Albert Einstein dan seorang teman yang tidak diketahui namanya

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Reddit

Foto ini diambil tahun 1939 saat Albert Einstein sedang berbincang dengan seorang teman yang tak diketahui namanya di dekat pantai. Lokasi pengambilan fotonya juga tidak diketahui dengan pasti.

32. Potret Pasukan Artileri selama saat perang sipil meletus

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Wikimedia

Perang sipil atau yang disebut juga perang saudara adalah perang yang melibatkan sebagian besar negara bagian di Amerika Serikat.

Perang ini sendiri terjadi selama 4 tahun dan menewaskan ribuan tentara dan sipil. Foto ini sendiri tidak diketahui dengan pasti kapan di ambil dan dimana letaknya.

32. Foto beberapa warga Kentucky sedang berbaris

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Twitter

Foto ini diambil pada tahun 1937 yang memperlihatkan beberapa warga kulit hitam di Kentucky sedang berbaris mengambil jatah makanan.

32. Foto Joann Crawford

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Reddit

Foto ini diabadikan pada tahun 1932 yang memperlihatkan Artis asal Texas Amerika Serikat sedang berpose untuk Album terbarunya.

33. Foto beberapa keluarga petani di Oklahoma

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Twitter

Foto ini diabadikan pada tahun 1939 yang memperlihatkan sekeluarga sedang beristirahat diatas kereta Kuda.

34. Potret seorang pegawai rumah makan Burger

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Twitter

Foto ini diambil pada tahun 1939 yang memperlihatkan seorang pekerja membuat makanan cepat Saji. Tidak diketahui lokasi tempat pengambilan foto ini.

35. Potret Walt Whitman seorang penyair kenamaan AS

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Tumblr

Walt Whitman atau yang dikenal dengan nama Walter Whitman merupakan seorang penyair sastra, meskipun ia sendiri bukanlah seorang penyair yang secara resmi menekuni dunia sastra.

Foto ini sendiri diabadikan pada tahun 1816 namun tidak diketahui dengan pasti lokasi tempat pengambilan foto.

36. Potret beberapa anak jualan bunga

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Pinterest

Foto ini diabadikan pada tahun 1908 yang memperlihatkan beberapa anak sedang menjual bunga di jalanan.

37. Potret seorang petani di Texas, AS

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Imgur

Foto ini diabadikan pada tahun 1931 yang memperlihatkan aktivitas seorang petani yang sedang baca koran di pagi hari dengan kursi goyang.

38. Seorang pemuda yang tinggal di daerah kumuh Baltimore

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Twiter

Foto ini diambil pada tahun 1938 yang memperlihatkan seorang anak di Baltimore, salah satu kota terbesar di Maryland, sedang duduk sambil merokok.

39. Potret Pablo Picasso

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Wikimedia

Picasso adalah seorang pelukis dengan nama lengkap Pablo Ruiz Picasso. Ia merupakan seorang senimal kubisme yang terkenal.

Selain melukis, ia juga memiliki keahlian membuat patung, pakaian penari balet, dekorasi panggung hingga penataan grafis bangunan. Foto ini sendiri tidak diketahui kapan diambil.

40. Potret Henry Ford

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Reddit

Henry Ford adalah seorang pengusaha yang mendirikan Ford Motor Company, yang merupakan pabrik mobil untuk kelas menengah di Amerika Serikat.

Foto ini sendiri diambil pada tahun 1919, saat ia sedang beristirahat di dekat pabriknya. Ford terkenal karena rintisan usahanya dimana ia berhasil menerapkan sistem reproduski ban berjalan secara massal untuk kali pertama di dunia.

41. Rapat umum penasihat Perang Sipil

via Pinterest

Foto ini tidak diketahui dengan pasti kapan diambil namun diperkirakan terjadi pada masa-masa perang sipil meletus.

Perang sipil juga adalah nama lain dari perang Konfederasi atau perang saudara yang meletus di AS dan berakhir pada 8 April 1965.

42. Beberapa pekerja sedang menggali situs arkeologi di Mesir

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Imgur

Foto ini memperlihatkan beberapa pekerja di Mesir sedang menggali situs arkeologis yang letaknya tak jauh dari Piramid Giza. Foto ini sendiri diambil pada tahun 1907.

43. Big Jay McNeely sedang beraksi di atas panggung

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Imgur

Foto ini diambil pada tahun 1953 di Los Angeles yang memperlihatkan Big Jay McNeely sedang beraksi diatas panggung. McNeely sendiri merupakan musikus Blues dan pemain saksofon ritme yang terkenal di Masanya.

44. Potret Lewis Powell, konsultan pembunuhan Lincoln

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Wikimedia

Luis Powell yang memiliki nama lengkap Lewis thornton Powell adalah salah salah seorang yang terlibat pembunuhan Abaraham Lincoln.

Ia sendiri memiliki banyak nama seperti Lewis Payne atau Laewis Paine. Pada tahun 1865, ia pernah merencanakan untuk membunuh Sekretaris Negara AS, William Seward. Foto ini sendiri diambil setelah penangkapannya pada tahun 1867.

45. Potret Al Capone

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Pinterest

Al Capone atau adalah seorang gengster yang cukup terkenal di AS. Ia merupakan seorang yang terlibat berbagai aksi kejahatan, termasuk penyelundupan Narkoba.

46. Potret Penembak Kennedy, Lee Harvey Oswald

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Pinterest

Foto ini memperlihatkan sesaat setelah Lee Harvey Oswald ditangkap Polisi karena menjadi tersangka utama pembunuhan John F. Kennedy, Presiden ke-35 Amerika Serikat.

Baca Juga : 11 Alasan Mengapa Literasi Anak Itu Penting

Dua hari setelah itu, Oswald ditembak oleh Jack Ruby pada saat siaran langsung kasus pembunuhan tersebut sedang berlangsung. Foto ini sendiri diambil pada 23 November 1963.

47. Lee Harvey Oswald ditangkap petugas untuk dimintai keterangan

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Imgur

Setelah ditangkap, Oswald kemudian diinterogasi. Oswald sendiri merupakan salah tersangka utama pembunuh John F. Kennedy asal New Orleans, Louisiana, AS.

48. Korban Perang di Gettysburg

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Wikimedia

Pertempuran di Gettysburg merupakan salah satu pertempuran pada saat perang sipil berlangsung dengan korban terbanyak.

Pertempuran ini terjadi selama 3 hari pada tanggal 1 juli hingga 3 Juli 1863. Pertempuran 3 hari ini berhasil dimenangkan oleh kaum Uni. Diperkirakan foto ini diambil pada 3 Juli sesaat setelah pertempuran berakhir.

49. Potret beberapa anak sedang menghisap rokok

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Reddit

Foto ini diambil pada tahun 1910 yang memperlihatkan beberapa anak sedang merokok. Tidak diketahui dengan pasti kapan dan dimana foto ini diambil.

50. Potret Charles Darwin

Ketika 50 Foto Vintage Bersejarah Diubah Menjadi Foto Berwarna
via Pinterest

Charles Darwin adalah salah seorang ahli Biologi terkenal asal Inggris. Namanya menjadi populer berkat teorinya tentang Evolusi Manusia. Tidak diketahui dengan pasti kapan foto ini diambil.

Penutup

Sebagian foto masa lalu adalah foto hitam putih. Hal ini disebabkan karena kamera belum dilengkapi dengan lensa yang memungkinkan fotografer untuk bisa menghasilkan gambar berwarna.

Nah demikian artikel tentang 50 foto vintage paling fenomenal sepanjang masa. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *