13+ Film Sains Fiksi Terbaik Yang Mesti Di Tonton Sekali Seumur Hidup

Setiap tahun, ada saja film sains fiksi yang diproduksi namun tidak semua berhasil di pasaran bahkan ada yang merugi jutaan Dollar karena filmnya gak laku.

Saya sendiri termasuk orang yang suka nonton film dengan genre ini. Selain plot dan jalan ceritanya menarik, juga selalu ada pengetahuan baru yang didapat.

Nah kebetulan ada beberapa film sains-fiksi yang dianggap sebagai film dengan plot dan alur terbaik di dunia.

FYI, di artikel ini saya tidak memasukkan genre sains fiksi dibarengi sosok Superhero seperti film-film Marvel.

Namun lebih fokus pada pembahasan tentang film yang alurnya total pada sains fiksi tanpa embel-embel lain.

Tambahan saja, istilah sci-fi mula-mula berkembang pada era awal sinematografi, sekira 1827 saat film Metropolis dirilis.

Yang mana, kata ini merujuk pada penggambaran visual inovatif dengan titik referensi distopia di masa depan.

Selain Metropolis, film-film awal sci-fi bisa dilihat dalam War of the Worlds [1953] yang menceritakan invasi alien.

Dan untuk anda yang sedang cari film fiksi ilmiah, film tentang ilmuwan, film fiksi terbaik, film sci-fi terbaik atau fungsi film bertema sains fiksi, baca artikel ini sampai habis.

13 Film Sains Fiksi Terbaik Sepanjang Masa

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 13 film sains fiksi terbaik sepanjang masa. Film apa saja itu? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda

1. Edge Of Tomorrow (2014)

film sains fiksi

Edge Of Tomorrow adalah film yang menceritakan peperangan antara manusia dengan robot setelah ekspansi besar-besaran Alien yang dikenal dengan D-Day.

Dibintangi Tom Cruise dan Emily Blunt dengan scane menantang, membuat film ini dijuluki sebagai salah satu film sains fiksi terbaik.

Sudahkah anda menonton? Saya sendiri sudah. Pokoknya ceritanya menarik, endingnya mengejutkan.

Meski sudah ada sejak tahun 2014, di situs imdb.com, popularitasnya cukup tinggi. Yang berarti, film ini masih di minati banyak orang.

2. Doonie Darko (2001)

film sains fiksi

Meski film ini sudah berusia lebih dari 15 tahun, tapi Doonie Darko tetap punya penggemar setia di seluruh dunia.

Di bintangi oleh Jake Gyllenhaal dan jena Malone menceritakan tentang perjalanan antar waktu, dengan bumbu-bumbu romantis.

Plot paling mengejutkan terjadi setelah Darko kecelakaan yang justru membuatnya berubah, seolah-olah di tuntun Kelinci imajiner untuk melakukan serangkaian kejahatan.

3. Battle Royale (2000)

film sains fiksi

Battle Royale adalah film masa depan yang menceritakan kisah saat pemerintah jepang menangkap siswa kelas 9 dan memaksa mereka untuk membunuh satu sama lain.

Tindakan ini disebut revolusioner. Sudah pernah nonton the Hunger games? Plot ceritanya miri-mirip lah.

Film ini sendiri disutradarai oleh Kinji Fukasaku dan dibintangi oleh Tatsura Fujiwara, Aki Maeda, TarĂ´ Yamamoto dan lain sebagainya.

4. Interstellar (2013)

film sains fiksi terbaik sepanjang masa

Interstellar menceritakan perjalanan satu tim eksplorasi luar angkasa yang berhasil melakukan perjalanan antar waktu menggunakan lubang hitam.

Setelah film ini dirilis, ada banyak reaksi dan kekaguman yang muncul dari kritikus dan penikmat film di dunia.

Mengapa? Karena plotnya lekat dengan sains. Bahkan, sampai pada memunculkan berbagai paradoks dan perbedaan waktu antar planet.

Bagi saya pribadi, interstellar adalah film sains fiksi terbaik sepanjang masa yang pernah saya tonton.

Oh iya, Interstellar dibindtangi oleh beberapa aktris papan atas seperti Matthew McConaughey, Anne Hathaway dan Jessica Chastain dan disutradarai oleh Christopher Nolan.

5. Dawn of the Planet of the Apes (2014)

film sains fiksi

Dawn of the Planet of the Apes adalah film yang menceritakan tentang Caesar, yang diperankan Andy Serkis, terpaksa melawan manusia demi melindungi wilayah mereka.

Berkat plot ceirtanya yang mendebarkan, film ini lebih sukses dibanding pendahulunya, Planet Of The Apes yang rilis tahun 2001 lalu.

Sisi sainsya dimulai saat proses evolusi terjadi yang meaksa pembatasan wilayah antara hewan dan manusia.

Dibintangi oleh Gary Oldman dan Keri Russell dengan sutradara Matt Reeves. Wajib tonton nih!

6. 2001: A Space Odyssey (1968)

film sains fiksi

A Space Odyssey adalah film yang menceritakan sebuah karya imajinatif kehidupan luar angkasa karya Stanley Kubric yang bertujuan menggambarkan proses evolusi manusia.

Menariknya, film ini mampu mengangkat sesuatu yang diluar nalar kala itu. Berbagai konspirasi dan juga kehidupan diluar angkasa juga dilibatkan.

Bahkan, hingga kini, film ini tetap menarik untuk di tonton meskipun sudah dibuat puluhan tahun silam.

Ceritanya bermula saat ditemukannya artefak misterius yang terkubur di bawah permukaan manusia.

Penasaran, manusia kemudian memulai perjalanan untuk mencari asal mula batuan super komputer tersebut.

Dibintangi oleh Keir Dullea, Gary Lockwood dan William Sylvester. Selain Kubrik, Skenarionya berasal dari Arthur C. Clarke, salah satu penulis sains fiksi terbaik di eranya.

7. The Fly (1986)

film sains fiksi

Film ini dirilis pada tahun 1986 lalu. Pada intinya, film ini menceritakan proses injeksi DNA lalat rumah yang tak terduga.

Kemudian sang ilmuwan yang melakukan eksperimen tersebut mulai bertransformasi menjadi manusia raksasa yang disebut BrundleFly.

Meski idenya terkesan aneh, namun dari sisi sains film ini cukup menarik. Sehingga tetap layak dimasukkan sebagai film fiksi yang wajib di tonton sekali seumur hidup.

Di sutradari oleh David Cronenberg dan dibintangi oleh Jeff Goldblum, Geena Davis dan John Getz.

8. Frankenstein (1931)

film sains fiksi

Frankenstein adalah film yang menceritakan tentang seorang manusia yang hidup kembali.

Lakonnya lebih banyak mengangkat tentang dunia kedokteran, dimana seorang dokter mampu menghidupkan kembali jaringan saraf yang sudah mati.

Versi film besutan James Whale yang dibuat sejak tahun 1931 ini bukanlah film Frankenstein pertama dan terakhir, tetapi tetap menjadi yang terbaik meski sudah lama dibuat.

9. Star Wars (1997)

film sains fiksi

Mungkin beberapa dari anda masih menunggu rilis film star wars terakhir pada tahun 2019.

Jauh sebelum itu, yakni pada tahun 1997, film Star Wars edisi pertama dibuat dan berhasil mencuri perhatian para pecinta film dari seluruh dunia.

Film ini menceritakan kehidupan luar angkasa yang menarik, dengan desain karakter yang kuat dan kehidupan luar angkasa yang independen seperti di bumi.

10. RoboCop (1987)

sains fiksi film

Film ini pertama kali dirilis pada tahun 1987, yang diangkat dari novel fiksi ilmiah. Film ini menceritakan tentang bagaimana teknologi dapat dipadukan dengan manusia, termasuk untuk mencegah kekerasan terjadi.

Sejak dirilis, hingga kini, film ini tetap memiliki pecinta yang fanatik. Selain alurnya yang menarik, scane dan karakternya yang kuat membuat film ini masuk dalam daftar film sains fiksi terbaik.

11. Upstream Color (2012)

film sains fiksi

Film yang dirilis pada tahun 2012 ini menceritakan kesan menakjubkan dari kehidupan manusia. Dimana, orang-orang tidak memahami implus saraf yang mengatur setiap tindakan mereka.

Film ini sangat detail, dengan pengaturan visual mikroskopis yang unik sehingga menciptakan potret hypnosis dari narasi cerita yang saling terkait satu dengan yang lain.

13. Ghost in the Shell (1995)

film sains fiksi

Film yang dirilis tahun 1995 ini tampaknya mengambil bentuk pada evolusi budaya dan estetika animasi Jepang, dan menjadi sinema aksi fiksi ilmiah paling menarik pada waktu itu.

Saat dirils di Jepang misalnya, film ini berhasil menarik simpati massa dan membuat film ini secara nonstop diputar di bioskop-bioskop.

Beberapa waktu kemudian, film ini dirils di Amerika Serikat. Bahkan, film ini mendapat pujian dari beberapa sutradara tersohor lain seperti James Cameron dan Wachowski.

Penutup

Disisi lain, perlu diketahui juga, di luar sana, ada banyak sekali film sains fiksi atau fiksi ilmiah yang beredar.

Anda bisa tentukan sendiri mana film yang menurut anda cocok dan wajib di tonton sekali seumur hidup.

Dengan kata lain, daftar di atas cukup subjektif dan tidak secara sah mewakili film sains fiksi terbaik sepanjang masa.

Jika ada daftar film lain yang menurut anda cocok dan ratingnya bagus, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang 13 film sains fiksi terbaik sepanjang masa. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar