13+ Film Sains Fiksi Terbaik Sepanjang Masa

3 min read

film sains fiksi terbaik sepanjang masa

Setiap bulan, ada saja film sains fiksi yang diproduksi namun tidak semua berhasil menarik penonton dalam jumlah yang banyak.

Jika anda suka ilmu sains dan ingin mendapat penjelasan dalam sebuah film, maka daftar film dibawah ini wajib anda tonton. Adegan-adegan yang seru didalam daftar film ini telah berhasil menyita jutaan pasang mata.

Disini memang tidak menghadirkan genre sains dalam diri superhero seperti yang di produksi Marvel beberapa tahun belakangan, namun kami lebih fokus pada pembahasan mengenai film dengan sains fiksi ilmiah yang lebih total.

13 Film Sains Fiksi Terbaik Sepanjang Masa

Nah tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan untuk anda 13 film sains fiksi terbaik sepanjang masa. Film apa saja itu? Ini dia daftarnya:

1. Edge Of Tomorrow (2014)

5 Film Sains Fiksi Terbaik Sepanjang Masa
plejmo.com

Film ini menceritakan peperangan antara manusia melawan robot alien setelah ekspansi besar-besaran dari Alien (D-Day). Film ini dibintangi oleh Tom Cruise dan menjadi salah satu film paling sukses pada tahun tersebut. Pastikan kamu sudah menontonya ya Guys!

2. Doonie Darko (2001)

5 Film Sains Fiksi Terbaik Sepanjang Masa
filmicmag.com

Hebatnya, setelah 15 tahun lebih film ini dirilis, film ini tetap memiliki penggemar yang setia. Film ini dibintangi oleh Jake Gyllenhaal. Film ini menceritakan tentang perjalanan antar waktu, dengan bumbu-bumbu romantis yang membuat siapapun akan jatuh cinta pada film ini.

3. Battle Royale (2000)

5 Film Sains Fiksi Terbaik Sepanjang Masa
Screenshoot youtube

Film ini pada dasarnya menceritakan mengenai pembantaian satu sama lain dengan khas seperti dalam film Hunger Games. Film ini di bintangi oleh Kinji Fukasaku, yang saat itu sedang berada di bangku SMA yang dipaksa untuk membunuh teman kelasnya sendiri, dan sebaliknya.

4. Interstellar (2013)

5 Film Sains Fiksi Terbaik Sepanjang Masa
astronomytrek.com

Film ini adalah salah satu film sci-fi terbaik yang pernah di rilis. Film ini menghasilkan berbagai reaksi terpukau dari para penonton usai menonton aksi dari Christopher Nolan.

Jika kamu menyukai film yang membahas tentang ruang angkasa, lubang hitam, eksplorasi planet, eksoplanet mirip bumi, perbedaan waktu, mungkin film ini adalah pilihannya.

5. Planet Of The Apes (2014)

5 Film Sains Fiksi Terbaik Sepanjang Masa
cinemablend.com

Sebenarnya, ada dua seri mengenai film ini, dengan judul yang sama. Planet Of Apes adalah salah satu film yang menceritakan tentang Caesar yang diperankan oleh Andy Serkis yang dipaksa untuk melawan manusia demi melindungi wilayah mereka. Film ini lebih sukses daripada film Plenet Of The Apes pada yang dirilis pada tahun 2001 lalu.

Yang lebih menarik, film ini mampu menceritakan tentang proses evolusi dan pembatasan wilayah antar hewan dan manusia dengan pemaparan soal sains yang sederhana dan mudah dimengerti oleh semua kalangan masyarakat.

6. 2001: A Space Odyssey (1968)

sains fiksi
foxnews.com

Film ini dirilis pada tahun 1968 lalu yang menggambarkan sebuah karya imajinatif kehidupan luar angkasa karya Stanley Kubric yang bertujuan menggambarkan proses evolusi manusia.

Film ini mampu mengangkat sesuatu yang diluar nalar kala itu. Berbagai konspirasi dan juga kehidupan diluar angkasa juga dilibatkan. Bahkan, hingga kini, film ini tetap menarik untuk di tonton meskipun sudah dibuat puluhan tahun silam.

7. The Fly (1986)

film sains fiksi
film.list.co.uk

Film ini dirilis pada tahun 1986 lalu. Pada intinya, film ini mengangkat tentang injeksi DNA lalat rumah yang tak terduga. Kemudian bertransformasi menjadi seorang manusia yang disebut BrundleFly.

Meski ide-idenya terkesan aneh, namun dari segi sains film ini cukup menarik. Sehingga tetap memiliki penonton yang setia hingga kini.

8. Frankenstein (1931)

film sains fiksi
lithub.com

Film ini mengangkat tentang kisah seorang manusia yang hidup kembali. Lakonnya lebih banyak mengangkat tentang dunia kedokteran, dimana seorang dokter mampu menghidupkan kembali jaringan saraf yang sudah mati.

Versi film besutan James Whale yang dibuat sejak tahun 1931 ini bukanlah film Frankenstein pertama dan terakhir, tetapi tetap menjadi yang terbaik meski sudah lama dibuat.

9. Star Wars (1997)

sains fiksi
time.com

Mungkin beberapa dari anda masih menunggu rilis film star wars terakhir pada tahun 2019. Jauh sebelum itu, yakni pada tahun 1997, film Star Wars edisi pertama dibuat dan berhasil mencuri perhatian para pecinta film dari seluruh dunia.

Film ini menceritakan kehidupan luar angkasa yang menarik, dengan desain karakter yang kuat dan kehidupan luar angkasa yang independen seperti di bumi.

10. RoboCop (1987)

sains fiksi film
theverge.com

Film ini pertama kali dirilis pada tahun 1987, yang diangkat dari novel fiksi ilmiah. Film ini menceritakan tentang bagaimana teknologi dapat dipadukan dengan manusia, termasuk untuk mencegah kekerasan terjadi.

Sejak dirilis, hingga kini, film ini tetap memiliki pecinta yang fanatik. Selain alurnya yang menarik, scane dan karakternya yang kuat membuat film ini masuk dalam daftar film sains fiksi terbaik.

11. Upsteam Color (2012)

film sains fiksi
indiewire.com

Film yang dirilis pada tahun 2012 ini menceritakan kesan menakjubkan dari kehidupan manusia. Dimana, orang-orang tidak memahami implus saraf yang mengatur setiap tindakan mereka.

Film ini sangat detail, dengan pengaturan visual mikroskopis yang unik sehingga menciptakan potret hypnosis dari narasi cerita yang saling terkait satu dengan yang lain.

13. Ghost in the Shell (1995)

film sains fiksi
Kolase film Ghost in the Sell movie yang rilis tahun 2017 lalu via hollywoodreporter.com

Film yang dirilis tahun 1995 ini tampaknya mengambil bentuk pada evolusi budaya dan estetika animasi Jepang, dan menjadi sinema aksi fiksi ilmiah paling menarik pada waktu itu.

Saat dirils di Jepang misalnya, film ini berhasil menarik simpati massa dan membuat film ini secara nonstop diputar di bioskop-bioskop.

Beberapa waktu kemudian, film ini dirils di Amerika Serikat. Bahkan, film ini mendapat pujian dari beberapa sutradara tersohor lain seperti James Cameron dan Wachowski.

Penutup

Demikian artikel tentang 13 film sains fiksi terbaik sepanjang masa. Apa kamu sudah menonton salah satunya? Jika belum maka tunggu apa lagi, cepatan nonton. Adegan-adegan yang ada didalamnya dijamin biking kamu ketagihan untuk nonton lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *