10 Fakta Unik Matahari Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

4 Likes Comment
fakta tentang matahari

Matahari adalah pusat tata surya kita dan memiliki banyak manfaat bagi manusia. Disisi lain, ada beberapa fakta unik matahari yang mungkin belum anda ketahui.

Fakta-fakta tersebut sebenarnya bukanlah hal baru dan telah di akui secara luas oleh para ilmuwan. Jika anda mengambil jurusan Fisika atau Astronomi saat kuliah, fakta-fakta ini mungkin tidak asing lagi bagi anda.

10 Fakta Unik Matahari Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 8 fakta unik matahari yang mungkin belum anda ketahui. Fakta apa saja itu? Berikut daftarnya.

1. Diklasifikasikan sebagai bintang Yellow Dwarf

fakta tentang matahari
via Cosmos Magazine

Matahari diklasifikasikan sebagai bintang Yellow Dwarf atau (G2V). Ini sebenarnya tidak sesuai fakta yang terjadi dimana matahari terdiri dari varian warna dan bukan saja berwarna kuning.

Faktanya, matahari telah menjadi salah satu penyebab kehidupan dan telah ada sekitar 10 miliar tahun yang lalu.

Baca Juga : 10 Fakta Menarik Tentang Fisika

Jika dari bumi, kita melihat matahari dengan warna yang berbeda-beda mulai dari kuning, oranye, atau merah. Warna ini dipengaruhi oleh gelombang atmosfer.

Hal ini juga memberikan manfaat untuk menjaga atmosfer tetap biru, sebab cahaya telah diserap lebih dahulu didalam atmosfer sebelum tercurah ke bumi.

2. Merupakan objek paling besar yang ada di tata surya

fakta tentang matahari
via smithsonianmag.com

Matahari merupakan objek paling besar yang ada di tata surya. Matahari mengisi 99.8 persen massa dari tata surya, dan Jupiter mengisi 80 persen diantaranya. Sisanya, 0,2 diisi oleh planet lain. Untuk melihat perbandingan lebih jelas, lihat data dibawah ini:

  • Lingkaran : Matahari 2,713,406 mil (4.366.813 km), Bumi 24,901 mil (40.075 km)
  • Diameter: Matahari 900.000 mil (1.392.684 km), Bumi 7,917 mil (12.742 km).
  • Radius : Matahari 432.450 mil (695.500 km), Bumi 3,959 mil (6.371 km).
  • Berat :¬†Ukuran matahari sekitar 333.000 kali lebih berat dari ukuran Bumi.
  • Volume :¬†Matahari memiliki luas 1,142 triliun kilometer, yang berarti bisa menampung 1,3 juta planet seperti Bumi.

3. Gravitasi matahari berhasil menjaga planet tetap berotasi pada jalurnya

fakta tentang matahari
via worldatlas.com

Soal ini, banyak ahli yang sepakat. Faktanya, gravitasi matahari yang sangat besar itu telah membuat planet-planet di sekitarnya tidak bertabrakan dan tetap pada jalur rotasi.

Gravitasi matahari berada di ekuator 274 m/ s2, atau 28 kali lebih kuat dari Bumi. Agar lebih sederhana lihat perbandingan ini: jika anda menimbang kelapa dengan berat 90 kg di Bumi, maka berat tersebut hanya 2,520 kg jika di Matahari.

4. Bentuk matahari hampir bulat

fakta tentang matahari
via bbc.co.uk

Melihat ukuran dan volume dari matahari yang sangat besar itu bahkan dari bumi yang berjarak 1,4 juta km (900.000 mil) dengan diameter kutub dan ekuator hanya berkisar 10 km (6 mil). Hal ini membuat matahari memiliki bentuk hampir bulat sempurna.

5. Matahari juga menghasilkan angin

fakta tentang matahari
via bhphotovideo.com

Ya ini benar. Matahari juga menghasilkan angin, namun anginnya itu bisa bisa menghasilkan energi sebesar 386 miliar megawatt energi lewat proses yang dikenal di bumi sebagai proses sintesis nuklir.

Baca Juga : 8 Fakta Mengejutkan Tentang Sains Yang Tidak Kita Pelajari Di Sekolah

Sebab, angin matahari itu bisa mengubah hidrogen menjadi helium. Energi ini bergerak dari dalam matahari dan dipancarkan pada suhu yang semakin rendah keatas permukaan.

Sebagian besar matahari diklasifikasikan sebagai radiasi panas, yang mampu menggerakkan partikel energik sehingga menghasilkan angin matahari.

6. Komposisi kimia matahari cukup sederhana

fakta tentang matahari
via forbes.com

Meski menjadi pusat tata surya, namun komposisi kima dari matahari cukup sederhana. Matahari hanya terdiri dari beberapa elemen saja seperti Hidrogen yang mendominasi 72% dari komposisi matahari, ditambah helium sekitar 26% dan unsur-unsur lain yang makin kecil seperti oksigen, karbon, neon, nitrogen, magnesium, besi dan silicon. Untuk lebih sederhana, lihat angka perbandingan dibawah ini:

  • 98.000 atom helium.
  • 850 atom oksigen.
  • 360 atom karbon.
  • 120 atom neon.
  • 110 atom nitrogen.
  • 40 atom magnesium.
  • 35 atom besi.
  • 35 atom silikon

7. Medan magnet matahari 3.000 lebih kuat daripada medan magnet bumi

fakta tentang matahari
via shutterstock.com

Meski medan magnet matahari hanya dua kali lipat dari bumi secara umu, tetapi rotasi diferensial Matahari telah memusatkan tata surya.

Konsentrasi medan magnet matahari kadang juga bermanifestasi menjadi bintik-bintik Matahari, dalam satu peristiwa saja, bintik matahari telah menghasilkan 20 miliar ton materi.

8. Medan magnet matahari sifatnya reversibel

fakta tentang matahari
via islam21c.com

Selama periode 11 tahun siklus matahari, medang magnet telah berbalik dari polaritasnya. Bagaimanapun, siklus matahari sifatnya tidak konstan.

Selain itu, aktivitas matahari yang terjadi pada tahun 1645 sampai 1715, tidak ada satu aktivitas bintik api matahari.

Baca Juga : 10 Hal Misterius Dari Masa Lalu Yang Tak Dapat Dijelaskan Oleh Sains

Hal ini dikenal sebagai zaman es kecil, dimana biasanya sungai-sungai yang bebas es membeku dan ladang-ladang di beberapa negara Eropa sebagian besar membeku.

Lihat kan, bagaimana matahari berperan sentral terhadap kehidupan di Bumi? Hanya tidak ada aktivitas bintik matahari menyebabkan bumi membeku.

9. Struktur internal matahari

fakta tentang matahari
via weforum.org

Ini dari matahari mengambil sekitar 25 persen dari struktur yang terdapat pada matahari. Hal ini menyumbang 2 persen dari total volume matahari.

Sekitar 50% dari total matahari diisi oleh struktur padat. Seperti yang terdapat pada zona radiasi yang memanjang dari tepi luar inti matahari.

10. Semakin menjauh dari matahari semakin panas

fakta tentang matahari
via finance.yahoo.com

Jika kebanyakan kita berpikir bahwa semakin kita menjauh dari tempat yang panas maka semakin dingin, namun yang terjadi adalah sebaliknya. Semakin menjauh dari matahari, semakin panas kita rasakan.

Namun penelitian terbaru mengungkap misteri ini, yakni 10 juta Kelvin atau sekitar 18 juta derajat Farenheit yang disebabkan oleh aktivitas bintang inti matahari.

Namun, sampai kini, penelitian itu tetap perlu ditindaklanjuti. Selain itu, fakta-fakta ini tetap perlu diperjelas lebih akurat lagi.

Nah demikian artikel tentang 10 fakta unik matahari yang mungkin belum anda ketahui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *