Unik dan Tak Banyak Diketahui! Ini 10 Fakta Menarik Tomat

6 min read

fakta menarik tomat

Beberapa dari anda mungkin tidak tahu 10 fakta menarik tomat yang akan diulas dibawah ini meskipun tomat sering anda konsumsi sehari-hari baik secara sadar ataupun tidak. 

Tomat merupakan salah satu buah yang unik dan bergizi serta memiliki sejarah panjang. Tomat pernah dianggap sebagai buah beracun tetapi sekarang menjadi salah satu pokok makanan yang wajib dalam hidangan.

Orang-orang mungkin tidak menyadari berapa banyak rasa yang hilang dimasa lalu karena masakan tidak dicampur dengan tomat.

Teknik pemuliaan modern saat ini sudah menghasilkan buah yang indah dan kuat dengan daya tahan yang baik terhadap berbagai penyakit tanaman meskipun kadang harus mengorbankan rasanya.

Para peneliti sudah menemukan tiga belas bahan kimia yang berkontribusi pada rasa tomat paling beraroma sejauh ini.

Mereka juga telah menyusun rencana untuk secara selektif membiakan tanaman gen tomat dan memberi kode bahan kimia dari tomat tersebut. Tujuannya untuk mengembalikan rasa tomat dari aslinya.

Kadang tomat sering disebut sebagai sayuran. Padahal bukan! Secara biologis, bagaimanapun, tomat adalah buah karena mengandung biji.

Unik dan Tak Banyak Diketahui! Ini 10 Fakta Menarik Tomat

Disini saya menyajikan beberapa informasi tentang tomat. Ada beberapa istilah biologi yang saya gunakan untuk memaparkan informasi tersebut. Berikut beberapa fakta menarik tentang tomat yang wajib kamu ketahui.

1. Merupakan keluarga Nightshade

fakta menarik tomat
via shutterstock.com

Fakta menarik tentang tomat yang pertama adalah berkaitan dengan namanya. Nama ilmiah tomat adalah Solanum Iycopersicum.

Tomat termasuk keluarga solanceace atau keluarga nightshade. Asal muasal nama tomat sendiri tidak diketahui dengan pasti.

Beberapa keluarga tomat dalam golongan nighshade mengandung racun namun banyak diantaranya yang dapat dikonsumsi manusia seperti kentang (tidak termasuk ubi jalar), terong, cabai, paprika dan tentu saja tomat sendiri.

Keluaga nighshade sering juga digunakan sebagai tanaman hias termasuk petunia dan lampion Cina. Goji Berry (kadang juga dikenal dengan nama wolfberries) termasuk juga dalam keluarga Solancaceae.

Begitu juga tanaman tembakau yang merupakan bagian dari nighshade mematikan serta nighshade pahit yang kini telah ditambahkan dalam keluarga nighshade.

2. Digolongkan sebagai berry

fakta menarik tomat
via johnnyseeds.com

Bunga-bunga tanaman tomat berwarna kuning. Tomat ini di golongkan sebagai berry. Dibagian dalam daging luar tomat ada ruang yang disebut sebagai locular.

Rongga-rongga ini mengandung biji-bijian yang tertutup dalam membran agar-agar. Tanaman ini mempunyai daun majemuk yang terdiri dari selebaran yang kecil satu dengan yang lain.

Tanaman tomat yang telah dibudidayakan tumbuh dengan cara merambat  atau semak, tergantung pada varietasnya. Jika tidak merambat, tanaman ini dapat tumbuh tinggi dan hingga butuh pasak sebagai penyongga, kandang hingga tangga.

Tomat terus menghasilkan buah sepanjang musim. Semak-semak yang lebih kecil dan kompak membuat tomat bisa menghasilkan buah dalam periode singkat selama musim tanam.

3. Tanaman tomat liar berasal dari genus Solanum

fakta menarik tomat
Tomat liar genus solamun via wikimedia.org

Tomat liar ini menghasilkan buah yang jauh lebih kecil dari varietasnya yang telah dibudidayakan. Beberapa diantaranya dapat dimakan, yang lainnya tidak.

Sangat penting untuk mengetahui seseorang tidak memakan buah dari tanaman tomat liar tanpa mengidentifikasi spesiesnya atau tanpa mengetahui apakah spesies tersebut aman untuk dikonsumsi.

Sebagian besar varietas tomat modern dalam bentuk hibrida. Hal itu dimaksudkan untuk memperoleh persilangan antara dua tanaman yang berbeda secara genetik dengan tujuan menggabungkan fitur-fitur utama dari masing-masing tumbuhan tersebut.

4. Kandungan nutrisi banyak

fakta menarik tomat
via webmd.com

Varietas modern dari tomat yang dibudidayakan, sebagian besar dikenal sebagai makanan sehat. Kebanyakan varietas tomat berwarna merah atau orange karena adanya pigmen dalam buah yang dikenal sebagai lyipane. Pigmen ini termasuk dalam keluarga karotenoid.

Tomat juga mengandung pigmen orange yang dikenal sebagai beta karoten yang bisa diubah menjadi vitamin A setelah masuk ke dalam tubuh.

Beberapa waktu lalu, lycopene disebut-sebut sebagai salah satu obat pencegah kanker prostat terutama ketika tomat yang mengandung bahan kimia itu dimasak.

Baca Juga : Berbagai Jenis Tanaman Dari Seluruh Dunia

Penelitian baru-baru ini menunjukan bahwa efek likopen pada perkembangan kanker mungkin tidak sekuat yang kita duga sebelumnya. Sehingga tomat yang dikenal sebagai pencegah kanker prostat tidak benar-benar terbukti.

Meskipun bahan kimia yang terkandung di dalam tomat bermanfaat secara sederhana, yang pasti likopen bisa saja adalah salah satu obat untuk mengatasi kanker tetapi untuk hal ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Tomat mentah adalah sumber vitamin C dan juga sebagai sumber vitamin K. perlu diketahui, tingkat vitamin C akan berkurang ketika tomat tersebut dimasak.

Buah-buahan ini juga merupakan sumber utama potassium. Yang mengandung nutrisi yang lebih kecil tetapi berguna bagi tubuh.

Kebanyakan tomat yang kita konsumsi saat ini sebagian besar berasal dari Peru. Tomat tersebut sebelumnya di budidayakan di Meksiko di era Pra-Colombus.

Tanaman ini kemudian di bawah ke Eropa oleh penjelajah Spanyol pada abad ke-16. Namun, baru diperkenalkan pertama kali di Amerika Utara dan Eropa Timur pada abad ke-18.

5. Dulunya dianggap sebagai buah beracun

fakta menarik tomat
via daisymart.com

Pada abad keenam belas, seorang herbalis Eropa terkemuka mengatakan bahwa tanaman tomat yang di budidayakan merupakan keluarga dari Nighshade yang memiliki reputasi buruk, maka tomat dianggap sebagai tanaman beracun kala itu.

Klaim ini kemudian bertahan selama puluhan tahun. Pada saat itu, tomat hanya digunakan sebagai tanama hias dan buahnya tidak dimakan. Bahkan, setelah buah-buahan itu mulai dikonsumsi manusia, gagasan kalau mereka adalah buah beracun tetap bertahan.

Dilansir dari Smithsonian Magazine, tomat dulu dikenal sebagai apel beracun karena beberapa orang kaya Eropa yang meninggal usai memakan buahnya.

Baca Juga : 5 Tumbuhan Paling Langka Di Dunia

Saat ini kita tahu, bahwa orang kaya itu di racuni dan bukan keracunan dari buah tomat itu sendiri. Saat itu, orang-orang miskin selamat karena mereka tidak mampu membeli piring. Pewter adalah paduan asli yang terbuat dari timah. Hari ini timah umumnya sudah dicampur dengan logam lain.

Dalam kasus orang kaya Eropa tersebut, jus asam dari tomat yang sudah tercuci bisa saja menjadi timbal dari lempeng piring yang digunakan oleh orang-orang kaya Eropa tersebut. Akibatnya banyak orang yang keracunan dan akhirnya meninggal karena keracunan dari timbal tersebut.

6. Cacing tanduk dianggap sebagai sumber racun tomat

fakta menarik tomat
via entnemdept.ufl.edu

Peristiwa menarik lainnya dalam sejarah tomat terjadi di New York pada tahun 1830-an. Tomat di negara bagian tersebut dianggap beracun karena banyaknya ulat yang diberi nama dengan cacing tanduk tomat.

Sebenarnya bukan cacing melainkan serangga. Serangga itu diberi nama demikian karena ia sering ditemukan pada buah tomat dan juga karena warnanya yang biru hitam dibagian ujung tubuhnya.

Ulat itu tidak saja dianggap beracun tetapi juga dianggap meracuni tomat saat ia merayap di permukaan tomat.

Baca Juga : 15 Fakta Menarik Tentang Nanas

Cacing tanduk tomat adalah jenis larva hawkmoth bertotol lima atau Manduca quinquemaculata. Makanan utama dari larva ini adalah daun tomat dan tanaman nighshade lainnya tetapi terkadang makan buah tomat juga.

Larva ini memiliki penampilan yang cukup mengesankan. Panjangnya dapat mencapai tiga hingga empat inci dengan struktur tubuh yang kuat.

Warna larva ini dominasi dengan warna hijau karena kebiasaan mereka menempel dibagian bawah cabang untuk menyamarkan keberadaannya.

Namun tetap saja, orang-orang pada tahun 1830 membuat opini bahwa larva itu telah meracuni tanaman membuat mereka percaya begitu saja tanpa penelitian lebih lanjut.

8. Tomat paling nikmat adalah tomat heirloom

tomat heriloom
via kj.com

Tomat heirloom adalah salah satu tomat yang populer di masyarakat karena rasanya yang tidak biasa dan nikmat. Definisi dari tomat pusaka atau tomat warisan ini agak variatif.

Umumnya, istilah ini mengacu pada varietas lama yang berasal, setidaknya lima puluh tahun yang lalu dan dipercaya muncul sebelum perang dunia kedua.

Tanaman ini di serbuki secara alami tanpa campur tangan manusia atau suatu proses yang dikenal sebagai penyerbukan terbuka.

Benih-benih tanaman ini sering dilewatkan dari satu generasi petani tomat ke generasi petani tomat berikutnya.

Baca Juga : Apa itu Tanaman?

Tomat heirloom mempunyai beragam warna saat matang selain merah kadang memiliki tampilan blotched atau bergaris.

Kulitnya tipis bukan tebal, karena hal ini tomat heirloom lebih halus daripada varietas tomat modern lain. Bagi masyarakat Eropa, perbedaan penting dari tomat modern adalah rasa. Semakin kuat aromanya maka semakin nikmat rasanya.

Namun perlu diketahui juga, rasa tidak secara otomatis hadir karena faktor-faktor seperti komposisi tanah tempat mereka tumbuh. Ada kemungkinan tomat modern bisa terasa lebih enak daripada tomat modern lain.

9. Ilmuwan berusaha mengembalikan rasa tomat ke rasa asli

via rareseeds.com

Beberapa Peneliti dari University of Florida telah mempublikasikan eksperimennya yang kemudian menjadi salah satu fakta menarik tenang tomat yang tidak boleh dilewatkan.

Mereka mengatakan bahwa mereka telah memperoleh 160 sampel dari 101 varietas tomat yang berbeda dari seluruh dunia, termasuk tomat modern dan tomat yang sudah diwariskan.

Para peneliti tersebut kemudian meminta sekelompok orang untuk memberi peringkat sampel dan intensitas rasa. Setelah dilakukan, para peneliti ini kemudian menganalisis tomat berdasarkan keberadaan senyawa kimia yang bertanggungjawab memberikan rasa pada tomat.

Mereka juga menemukan fakta bahwa ada tiga belas senyawa umum yang lazim ditemukan pada tomat yang menjadi senyawa paling lezat. Pada langkah penyelidikan selanjutnya, gen yang dikodekan untuk bahan kimia yang lezat kemudian berhasil diidentifikasi.

Saat ini, para peneliti berencana menggunakan pengetahuan tersebut untuk memandu petani dalam membudidayakan tanaman tomat selektif. Tujuannya untuk memproduksi tomat yang mengandung bahan kimia paling lezat yang pernah ada.

Baca Juga : Fakta Menarik Tentang Pohon Pinus

Meski demikian ilmuwan juga mengatakan bahwa mungkin ada beberapa tantangan dalam prosesnya. Orang-orang menyukai tomat mereka karena rasa manis dan juga aroma yang ditimbulkannya.

Selain itu, sebagian besar buah-buahan harus dijaga kekuatannya baik saat dipetik, diangkut, disimpan hingga siap digunakan. Para peneliti juga mengatakan bahwa tomat yang mencapai kriteria tersebut harus lulus pengujian setidaknya dalam jangka waktu dua tahun.

The Costoluto Genovese adalah berbagai tomat Italia kuno yang berasal dari abad kesembilan belas. Meskipun ini adalah salah satu tomat pusaka, tomat ini bisa tumbuh sangat besar dan diklasifikasikan sebagai tomat bistik (tekstur daging).

Tomat ini memiliki kulit yang lebih tebal daripada kebanyakan tomat pusaka. Rasanya disebutkan lebih kaya daripada tomat biasa.

Produksi varietas tomat yang baru dan enak terdengar seperti ide yang bagus. Semoga para ilmuwan dan petani bisa berhasil untuk menciptakan buah tomat yang lebih baik dan terjangkau bagi semua orang.

10. Beberapa cara meningkatkan rasa tomat

fakta menarik tomat
via mercurynews.com

Ada hal-hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan rasa tomat. Saya sudah menyusun beberapa saran seperti dibawah ini :

  • Carilah tomat pusaka yang tersedia ditempat anda berada. Umumnya, tomat ini tidak tersedia di supermarket hanya tersedia di beberapa pasar spesialis.
  • Cobalah tomat pusaka tersebut dari jenis yang berbeda untuk menemukan varietasnya.
  • Perhatikan penamaan tomat tersebut. Informasi ini juga tersedia untuk tomat organik dan pusaka dan bisa ditemukan di kebun petani. Jika anda menyukai satu varietasnya saja, dan telah diproduksi oleh petani anda mungkin menyukai yang lain juga.
  • Konsumsi tomat yang baru dipetik (jenis apapun) yang umumnya masih mempunyai rasa yang jauh lebih nikmat daripada tomat yang telah beberapa jam dipetik.
  • Pertimbangkan untuk menanam tomat anda sendiri.
  • Jika anda tidak menanam tomat sendiri, kunjungi pasar petani untuk melihat apa yang sudah berhasil ditanam dan dihasilkan.
  • Disarankan untuk mengunjungi tomat yang ditanam di kebun dan tomat yang ditanam di rumah. Bandingkan rasa, bentuk dan warna serta kesuburannya.
  • Jika semua yang didapat adalah tomat biasa, cobalah varietas yang berbeda satu dengan yang lain untuk mengetahui jenis yang diinginkan.

Jika mendinginkan tomat, buah tomat bisa bertahan lebih lama namun dapat menghilangkan rasanya.

Penutup

Nah demikian artikel fakta menarik tentang tomat. Sebenarnya, fakta-fakta ini belum lengkap, akan saya hadirkan beberapa fakta tomat lain di lain kesempatan.

Yang jelas, garis besarnya seperti yang sudah saya kemukakan dalam artikel ini. Demikian artikel fakta menarik tentang tomat. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *