13+ Fakta Menarik Pasukan Garda Swiss Yang Menjaga Vatikan

2 min read

fakta tentang swiss guard

13 Fakta Menarik Pasukan Garda Swiss Yang Menjaga Vatikan | Mungkin masih banyak dari anda yang tidak mengetahui tentang fakta-fakta mengenai Pasukan Swiss Guard.

Memang sih, nama pasukan ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita selain itu juga, jika anda orang Katolik, nama ini sudah sangat familiar yang identik dengan para penjaga keamanan di Vatikan.

Pasukan tentara bayaran terakhir Swiss yang merupakan penjaga Pontifical Swiss dalam sejarahnya telah menjadi garda terdepan untuk menjaga wilayah Vatikan sejak dulu.

Para prajurit Swiss ini bertanggung jawab untuk melindungi Paus termasuk para turis dan peziarah yang datang berbondong-bondong ke Roma.

13 Fakta Menarik Pasukan Garda Swiss

Nah untuk anda yang penasaran, berikut disajikan 10 fakta menarik tentang pasukan Garda Swiss yang berjaga di sekitar Pasukan dan menjadi pengawal kepausan. Apa saja itu? Ini dia daftarnya:

1. Syarat untuk menjadi seorang anggota Garda Swiss

13 fakta tentang Swiss Guard
Tiga orang pasukan Swiss Guard yang sedang berjaga dimana dua diantaranya sedang mengancingkan tangan didepan yang menandankan bahwa mereka boleh ditanyai via ibtimes.com

Sebelum mengajukan permohonan untuk menjadi seorang pengawal Paus, setiap orang yang akan menjadi anggota Swiss Guard harus berjenis kelamin laki-laki dan berkewarganegaraan Swiss dengan tinggi 174 cm dan berusia antara 19 dan 30 tahun, serta memiliki ijazah sekolah menengah atau SMA atau diploma

2. Harus beragama Katolik

13 fakta tentang Swiss Guard
Paus Fransiskus sedang memeriksa pasukan Swiss Guard di Vatikan via thathistorynerd.com

Setiap orang yang direkrut harus beragama katolik atau akan menjadi seorang Katolik Roma yang setia sebagaimana tertulis dalam keterangan dari Parish Priest yang bertugas di kota asalnya

3. Mendapatkan pelatihan militer dasar

pasukan garda swiss
via northtexascatholic.org

Setiap orang yang menjadi anggota harus menyelesaikan pelatihan militer dasar di Swiss lalu melanjutkan pelatihan selama lima minggu bersama para anggota Swiss Guard lain di Roma.

Setelah menyelesaikan pelatihan ini, para Swiss Guard dikenal sebagai Halberdiers yang merujuk pada penggunaan tombak mereka yang merupakan senjata utama Swiss Guard dan telah digunakan sejak abad ke-14

3.Orang tua pasukan garda Swiss akan mendapatkan berkat pribadi dari Paus

pasukan garda swiss dan paus
via aleteiaen.files.wordpress.com

Setelah dilantik, Halberdiers dan orang tua mereka akan bertemu secara pribadi dengan Paus untuk mendapatkan berkat pribadi darinya

4. Kontrak kerja

garda swiss kenakan pakaian kerja
via swissinfo.ch

Kontrak terpendek Swiss Guard adalah 25 bulan atau 2 tahun 1 bulan. Setelah menjadi seorang Halberdier, anggota Swiss Guard kemudian memulai kontraknya. Awalnya, ia harus belajar bahasa Italia seorang penjaga tidak bisa berbahasa Italia.

Baca Juga : 7 Sakramen Dalam Gereja Katolik

Pada akhir tahun pertama pengabdiannya, Halberdier biasanya akan melaksanakan tugas selanjutnya dengan menjaga gerbang utama Kota Vatikan dan berurusan dengan para turis setiap hari kadang juga menjadi pengaman untuk tamu VIP.

5. Seragam yang dikenakan

garda swiss vatikan
via recorder.com

Seragam yang dikenakan pasukan garda Swiss saat berjaga sehari-hari adalah seragam tugas dengan warna biru-kuning-biru.

Sementara, untuk seragam warna-warni mereka dengan warna Medici merah, kuning dan biru, yang dikenal dikenal juga sebagai Seragam Gala telah digunakan sejak tahun 1910. Ada juga mitos yang mengatakan bahwa seragam Swiss Guard itu dirancang sendiri oleh Michelangelo.

6. Seragam dibuat khusus

pasukan garda swiss vatikan
via dailymail.co.uk

Setiap seragam Gala dibuat oleh penjahit dari barak-barak yang terdapat di Vatikan dan dibuat khusus agar sesuai dengan ukuran tubuh anggota Swiss Guard. Proses ini membutuhkan sekitar satu setengah hari seragam untuk satu seragam atau sekira 30 jam per seragam

7. Setelah kotrak habis seragam akan di hancurkan

Swiss guard
via chicago.suntimes.com

Setelah menyelesaikan kontrak, anggota Swiss Guard dan semua seragam yang mereka pernah gunakan akan dihancurkan dan tidak boleh dikenakan lagi

8. Baju Besi sudah ada sejak abad ke-15

garda swiss roma
via zenit.org

Sementara, beberapa baju besi yang mereka gunakan ini berasal dari abad ke-15. Baju besi tersebut dibuat oleh pandai besi khusus untuk menggantikan seragam mereka yang tidak dapat lagi digunakan.

9. Terdapat segel paus pada Helm

pasukan garda swiss vatikan
via catholicleader.com.au

Helm moral yang mereka gunakan terbuat dari bulu burung unta yang telah diwarnai, dengan segel Paus Julius II yang bergambar pohon oak.

10. Posisi seorang penjaga swiss

pasukan garda swiss
via aleteiaen.files.wordpress.com

Ketika seorang penjaga Swiss berdiri diam dengan tombak dan tidak berbicara dia sedang dalam Tugas Kehormatan. Ini berarti dia tidak boleh didekati.

Sementara, saat penjaga Garda Swiss berdiri dengan tangan terlipat dan menghadap orang-orang, dia dalam Tugas sebagai Penjaga. Ini berarti bahwa dia dapat didekati atau atau ditanyai.

Penutup

Nah demikian artikel tentang 10 fakta menarik pasukan garda swiss. Sebenarnya juga, ada banyak sekali fakta menarik tentang mereka yang akan diulas di lain kesempatan. Semoga bermanfaat~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *