257+ Nama Domain Negara Di Dunia Lengkap

4 min read

ekstensi domain negara

Ekstensi domain negara adalah akhiran domain yang digunakan salah satu negara di dunia. Beberapa wilayah di satu negara terkadang menggunakan ekstensi yang berbeda.

Setiap alamat internet atau domain, memiliki akhiran domain. Akhiran domain ini sering disebut ekstensi domain atau dikenal juga dengan top-level domain atau domain tingkat atas.

Top level domain terdiri dari dua bagian, yakni domain yang secara universal berlaku dan domain berdasarkan asal negara yang kemudian disebut ccTLD.

ccTLD biasanya digunakan untuk menunjukan hubungan situs dengan negara atau wilayah tertentu misalnya .id untuk Indonesia dan .eu untuk wilayah-wilayah yang tergabung dalam kesatuan Eropa [Uni Eropa].

Kadang juga, ccTLD ini disebut dengan kode domain atau TLD suatu negara yang diakui oleh seluruh dunia.

Ada dua lembaga yang berwenang untuk mengatur alokasi domain sebuah negara, yakni:

  • ICANN [Internet Coporation for Assigned Names and Numbers] adalah perusahaan yang ditugaskan untuk mengatur alokasi semua domain ccTLD.
  • NIC [Network Information Center] adalah badan yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mendaftarkan semua ekstensi domain regional yang terdapat di suatu negara.

Untuk saat ini, terlepas dari masalah-masalah yang terjadi pada sebuah negara termasuk klaim batas wilayah dan referendum, ada sekitar 200 ccTLD yang aktif digunakan.

Pengertian domain negara

Domain merupakan nama unik yang digunakan untuk menunjukan nama server jaringan internet.

Dalam konteks jaringan, domain merujuk pada kelompok pengguna, stasiun, perangkat, printer, komputer dan server yang menjadi basis data apapun yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai jenis data dalam jaringan.

Domain mempunyai pengontrol domain yang akan mengatur semua fungsi domain dasar serta untuk mengelola keamanannya.

Dengan demikian, domain digunakan untuk mengelola semua fungsi termasuk pengguna, nama, kata sandi, otentikasi dan akses ke sumber daya dari domain tersebut.

Domain juga digunakan untuk menetapkan hak istimewa pada sumber daya tertentu, seperti akun, nama unik dan lain sebagainya.

Domain bisa dimiliki secara eksklusif oleh lembaga atau perorangan. Untuk bisa memilikibta, anda harus membeli nama domain dari penyedianya.

Domain terdiri dari dua bagian utama, yakni domain utama atau top level domain dan subdomain yang menumpang di domain utama secara langsung.

Subdomain juga menggunakan sumber daya yang sama, server yang sama dan terkadang jaringan yang sama.

Karakteristik ccTLD

Ekstensi domain khusus suatu negara umumnya menunjukan wilayah atau bahasa yang relevan dengan konten yang terdapat di situs web tersebut.

Aturan paling dasar dari ccTLD adalah penyertaan dua huruf alfabet latin yang bisa dieja oleh sebagian besar orang.

Satu-satunya pengecualian untuk aturan ini adalah negara-dengan dengan kode IDN-ccTLDs, yang merujuk pada negara yang menggunakan top level domain untuk kategori wilayah terinternasionalisasi.

Selain ccTLD standar, negara-negara ini memiliki satu atau lebih varian Top Level Domain ccTLD dalam bahasa yang tidak menggunakan alfabet latin.

Contoh negara dengan beberapa variasi ccTLD adalah Srilanka dengan kode negara .lk, srilanka juga menggunakan domain .ලංකා dan .இலங்கை yang merujuk ke bahasa untuk negara Srilanka dalam bahasa Sinhala dan Tamil.

Alternatif penggunaan ccTLD

Secara umum, domain tingkat atas tidak memiliki ekstensi domain regional dan hanya merujuk pada nama domain universal seperti .com untuk perusahaan komersial dan bisnis atau .org untuk organisasi.

Namun, ada beberapa ccTLD yang digunakan kembali sehingga menjadi gTLD yang merujuk ke jenis situs web tertentu dengan genre konten dan produk yang berkaitan, seperti misalnya:

1. FORA.tv

Fora.tv adalah platform hosting video dan live streaming ini menggunakan ekstensi domain Tuvaluan. Pada dasarnya, ccTLD ini digunakan untuk membantu pengguna mengetahui jenis layanan dan brand yang disajikan oleh fora.tv

Setelah itu, ekstensi domain .tv banyak digunakan oleh kanal atau jaringan TV nasional di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri ada beberapa stasiun yang menggunakan ekstensi domain ini seperti kompas.tv dan lain sebagainya

2. LAST.fm

Last.fm adalah layanan webstreaming musik di Inggris yang menggunakan ccTLD wilayah negara Federasi Mikronesia.

Penggunaan ekstensi domain ini juga sama seperti fora.tv diatas, karena .fm juga merupakan singkatan dari modulasi frekuensi [fm] Radio.

3. CanIStreaming.it

canistreaming.it Adalah platform online yang menyediakan tautan ke layanan video on demand. Dengan menggunakan ccTLD Italia, domain bisa menunjukan dengan tepat layanan apa yang disediakan oleh situs tersebut.

4. meet.me

Adalah ekstensi domain asal Montenegro termahal yang pernah dijual oleh sebuah negara dengan harga $450.000 dan dibeli oleh meet.me, sebuah platform media sosial yang cukup populer di AS.

Sama seperti platform lain diatas, domain ini mampu mengekspresikan nama brand mereka sepenuhnya dengan nama domain atas bantuan ccTLD Montenegro.

Dalam kasus tertentu, misalnya, domain dengan ekstensi .tk yang digunakan oleh lebih dari 30 juta situs web baik yang masih aktif atau tidak aktif meskipun negara pulau Tokelau, yang secara resmi mempunyai hak untuk ekstensi domain tersebut hanya memiliki 2 juta penduduk.

Registrasi massal domain .tk terjadi karena dimasa lampau penggunaan domain ini digratiskan sampai sekarang ini.

Pemilik blog atau situs web dengan ekstensi itu juga bisa mengaktifkan situs web mereka untuk 12 bulan pertama tanpa mengeluarkan kocek sedikit pun.

Ada beberapa penyedia domain gratis .tk yang tersedia saat ini termasuk Freenom. Di Indonesia sendiri ada banyak orang yang menggunakan domain gratis yang satu ini.

Daftar Lengkap Ekstensi Domain Negara Di Dunia

Sebelum lanjut, perlu diketahui juga bahwa daftar ekstensi yang ada dibawah ini mencakup setiap domain negara yang di akui di dunia.

Pengakuan terhadap suatu negara itu dilihat dari berbagai unsur, yang bakal saya ulas di artikel saya yang lain.

Dalam tabel ini, anda tidak saja menemukan negara atau wilayah dengan ekstensi domain tetapi juga untuk menunjukan apakah ccTLD itu didukung dengan DNNSEC.

Situs web dengan tambahan DNSSEC digunakan untuk melindungi sistem nama domain dari manipulasi, yang mencakup, misalnya situs phising, yang bisa meminta data sensitif menggunakan halaman web palsu pada orang lain.

Juga tersedia kolom domain Internasionalisasi [IDN]. Seperti yang disebutkan dibagian atas, nama-nama domain yang di internasionalisasi ini dapat menggunakan karakter dari alfabet latin termasuk yang beraksen selain karakter dari alfabet latin.

Karakter-karakter ini terletak di domain tingkat kedua, yakni nama situs web sebelum nama kode wilayah negara.

Salah satu contohnya adalah situs web cuaca asal Kanada, métro.ca yang menggunakan nama situs web beraksen.

Domain tingkat atas yang termasuk dalam IDN dapat diakses menggunakan karakter latin maupun karakter dari alfabet masing-masing.

Namun, ini tidak berarti bahwa domain itu hanya bisa diakses untuk pengguna karakter latin tetapi juga dapat diakses oleh penduduk di Srilanka yang menggunakan alfabet berbeda.

Sebagai contoh, ekstensi domain .de jerman, meskipun tidak ada alternatif lain, kode  .de bisa menggunakan banyak karakter khusus termasuk tiga vocal umlaut (ä, ö, ü), karakter ‘ß’, serta karakter lain yang mengandung aksen (à, á, â, ã, dll).

Karena bahasa Jerman juga didasarkan pada alfabet latin dan dapat diekspresikan secara optimal sama seperti Srilanka.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan daftar lengkap ekstensi domain negara di dunia. Ini daftarnya:

ccTLDNegara atau WilayahDNNSECIDN
.acPulau Ascension YaYa
.ad AndorraYaTidak
.aeUni Emirat ArabTidakTidak
.afAfganistanYaTidak
.agAntigua dan BarbudaYaTidak
.aiAnguillaTidakTidak
.alAlbaniaTidakTidak
.amArmeniaYaTidak
.anAntilen Belanda [Domain ini sudah dihapus sejak wilayah tersebut dibubarkan secara politik pada tahun 2010. ccTLD .an sendiri ditutup pada tahun 2015 lalu]TidakTidak
.ao AngolaTidakTidak
.aqAntartikaTidakTidak
.arArgentinaYaYa
.asSamoaTidakYa
.atAustriaYaTidak
.auAustraliaYaTidak
.awArubaYaTidak
.axKepulauan Aland [Domain ini pernah aktif hingga maret 2006. Saat ini juga masih bisa diakses di .aland.fi]TidakTidak
.azAzerbaijanTidakTidak
.baBosnia dan HerzegovinaTidakTidak
.bbBarbadosTidakTidak
.bdBangladeshTidakYa
.beBelgiaYaYa
.bfBurkina FasoTidakTidak
.bgBulgariaYaYa
.bhBahrainTidakTidak
.biBurundiTidakTidak
.bjBeninTidakTidak
.blsaint-BerthelemyTidakTidak
.bmBermudaTidakTidak
.bnBruneiTidakTidak
.boBoliviaTidakTidak
.brBrazilYaYa
.bqBonira, Saba dan Sint EustatiusTidakTidak
.bsBahamaTidakTidak
.btBhutanTidakTidak
.bvPulau BouvetTidakTidak
.bwBotswanaYaTidak
.byBelarusYaTidak
.bzBelizeYaTidak
.caKanadaYaYa
.ccKepulauan Cocos (Keeling)YaTidak
.cdRepublik Demokratik KongoTidakTidak
.cfRepublik Afrika TengahTidakTidak
.cqRepublik KongoTidakTidak
.chSwissYaTidak
.ciPantai GadingTidakTidak
.ckKepulauan Cook (Cook Islands)YaTidak
.clCiliYaYa
.cmKamerunYaTidak
.cnChinaYaYa
.coKolombiaYaTidak
.crKosta RikaYaTidak
.csCekoslovakia [Kini sudah dihapus]TidakTidak
.cuKubaTidakTidak
.cvTanjung VerdeTidakTidak
.cwCuraçaoYaTidak
.cxPulau Natal (Christmas Island)TidakTidak
.cySiprusYaTidak
.czRepublik CekoYaTidak
.ddRepublik Demokratik Jerman atau Jerman Timur [Tidak pernah di aktifkan]TidakTidak
.deJermanYaTidak
.djDjibutiYaTidak
.dkDenmarkYaTidak
.dmDominikaTidakTidak
.doRepublik DominikaTidakTidak
.dzAlgeriaTidakTidak
.ecEkuadorTidakTidak
.eeEstoniaTidakYa
.egMesirTidakTidak
.ehSahara Barat [Namun karena konflik antara negara-negara di Sahara Barat dan Maroko, domain ini tidak pernah di aktifkan]TidakTidak
.erEritreaYaTidak
.esSpanyolTidakTidak
.euUni EropaYaYa
.fiFinlandiaYaYa
.fjFijiYaYa
.fkKepulauan Falkland (Kepulauan Malvinas)TidakTidak
.fmFederasi MikronesiaYaTidak
.foKepulauan FaroeYaTidak
.frFrancisYaYa
.gaGabonTidak ada sumber daya yang tersedia untuk wilayah iniTidak
.gbKerajaan Inggris [Tidak lagi digunakan sejak domain .uk mulai dipakai di Inggris]YaTidak
.gdGranadaTidakTidak
.geGeorgiaTidakTidak
.gfPapua NuginiTidakTidak
.ggGuernseyTidaktidak
.ghGhanaYaTidak
.giGibraltarYaTidak
.glGreenlandTidakTidak
.gmGambiaTidakTidak
.gnGuineaTidak ada sumber daya DS yang tersedia di wilayah iniTidak
.gpGuadalupeTidakTidak
.grYunaniYaYa
.gsGeorgia Selatan dan Kepulauan Sandwich SelatanTidakTidak
.gtGuatemalaTidakYa
.guGuamTidakTidak
.gwGuinea-BissauTidakTidak
.gyGuyanaTidakTidak
.hkHongkongTidakYa
.hmPulau Heard dan Kepulauan McDonaldYaTidak
.hnHondurasYaTidak
.hrKroasiaTidakTidak
.htHaitiTidakTidak
.huHungariaYaTidak
.idIndonesiaYaYa
.ieIrlandiaTidakTidak
.ilIsraelTidakYa
.imIsle of Man [Dependensi mahkota Britania Raya]YaTidak
.inIndiaYaTidak
.ioTeritori Inggris di Samudra Hindia (British Indian Ocean Territory)YaTidak
.iqIrakTidakTidak
.irIranTidakYa
.isIslandiaTidakYa
.itItaliaTidakYa
.jeJerseyTidakTidak
.jmJamaikaTidakaTidak
.joYordaniaYaTidak
.jpJepangYaTidak
.keKenyaYaTidak
.kgKirgiztanYaTidak
.khKambojaYaTidak
.kiKaribiaTidakTidak
.kmKomorosTidakTidak
.knSaint Kitts dan Nevis [Negara di Kepulauan Karibia]TidakTidak
.kpKorea UtaraYaTidak
.krKorea SelatanYaYa
.kwKuwaitYaTidak
.kyKepulauan Cayman (Cayman Islands)TidakTidak
.kzKazakhstanYaTidak
.laLaosYaTidak
.lbLibanonYaTidak
.lcSt. LuciaYaTidak
.liLiechtensteinYaTidak
.lkSri LankaYaYa
.lrLiberiaTidak ada catatan sumber daya DS yang tersedia di wilayah IniTidak
.lsLesothoYaYa
.ltLituaniaYaYa
.luLuksemburgYaYa
.lvLatviaYaYa
.lyLibyaYaTidak
.maMarokoTidakTidak
.mcMonakoTidakTidak
.mdMoldovaYaTidak
.meMontenegroYaTidak
.mfSint MaartenTidakTidak
.mgMadagaskarTidakTidak
.mhKepulauan MarshallTidakTidak
.mkMekadoniaYaTidak
.mlMaliYaTidak
.mmMyanmarYaTidak
.mnMongoliaYaTidak
.moMakauTidakTidak
.mpKepulauan Mariana Utara (Northern Mariana Islands)TidakTidak
.mqMartiniqueTidakTidak
.mrMauritaniaTidakTidak
.msMontserratTidakTidak
.mtMaltaTidakTidak
.muMauritiusTidakTidak
.mvMaldivesYaTidak
.mwMalawiYaTidak
.mxMeksikoTidakTidak
.myMalaysiaYaTidak
.mzMozambikYaTidak
.naNamibiaYaTidak
.ncKaledonia BaruYaTidak
.neRepublik NigerTidakTidak
.nfPulau NorfolkTidakTidak
.ngNigeriaYaTidak
.niNikaraguaYaTidak
.nlBelandaYaTidak
.noNorwergiaTidakYa
.npNepalYaTidak
.nrNauruYaTidak
.nuNiueYaYa
.nzSelandia BaruYaYa
.omOmanYaTidak
.paPanamaTidakYa
.pePeruTidakYa
.pfPolinesia PrancisTidakTidak
.pgPapua NuginiTidakTidak
.phFilipinaYaTidak
.pkPakistanYaTidak
.plPolandiaYaYa
.pmKepulauan Saint Pierre dan MiquelonYaYa
.pnKepulauan PitcairnTidakTidak
.prPuerto RicoYaTidak
.psPalestinaYaTidak
.ptPortugalYaYa
.pwPalauTidakTidak
.pyParaguayYaTidak
.qaQatarYaTidak
.reRenionYaYa
.roRumaniaYaTidak
.rsSerbiaTidakTidak
.ruRusiaTidakTidak
.rwRwandaYaTidak
.saArab SaudiYaYa
.sbPulau SalomonTidakTidak
.scSeychellesYaTidak
.sdSudanTidakTidak
.seSwediaYaYa
.sgSingapuraYaTidak
.shSaint HelenaYaYa
.siSloveniaYaYa
.sjSvalbard dan Jan Mayen [belum didaftarkan secara resmi]TidakTidak
.skSlovakiaTidakTidak
.slSierra LeoneTidakTidak
.smSan MarinoTidakTidak
.snSenegalTidakTidak
.so SomaliaTidakTidak
.srSurinameTidakTidak
.ssSudan SelatanYaTidak
.stSão Tomé dan PríncipeTidakTidak
.suUni Soviet [TLD ini telah dikelola oleh rusia sejak bubarnya Uni Soviet]YaYa
.svEl SalvadorTidakTidak
.sxSint MaartenTidakTidak
.sySuriahTidakTidak
.szeSwatiniTidakTidak
.tcKepulauan Turks dan CaicosYaTidak
.tdChadTidakTidak
.tfPrancis Bagian Selatan dan AntartikaYaYa
.tgTogoTidakTidak
.thThailandTidakTidak
.tjTajikistanTidakTidak
.tkTokelauYaTidak
.tlTimor Leste [sebelumnya menggunakan .tp]YaTidak
.tmTurkmenistanYa
.tnTunisiaTidakTidak
.toTongoTidak
.tpTimur Leste [sekarang sudah dihapus diganti dengan .tl tahun 2002 lalu]YaTidak
.trTurkiYaYa
.ttTrinidad dan TobagoYaTidak
.tvTavaluYaTidak
.twTaiwanYaYa
.tzTanzaniaTidak ada catatan sumber daya yang tersedia untuk wilayah iniTidak
.uaUkrainaYaTidak
.ugUgandaYaTidak
.uk Kerajaan InggrisYaTidak
.umKepulauan Terluar Amerika Serikat [Saat ini sudah dihapus]TidakTidak
.uyUruguayYaTidak
.uz UzbekistanTidakTidak
.vaVatikanTidakTidak
.vcSt. Vincent dan GranadinTidak ada catatan sumber daya yang tersedia untuk wilayah iniTidak
.veVenezuelaTidakTidak
.vgKepulauan Virgin Inggris (British Virgin Islands)TidakTidak
.viKepulauan Virgin (U.S. Virgin Islands)YaTidak
.vnVietnamYa
.vuVanuatuTidakTidak
.wfWallis dan Futuna [juga memakai .fr]YaYa
.wsSamoaTidakYa
.yeYamanYaTidak
.ytMayotte [Wilayah ini Masuk ke negara Prancis yang berarti mereka juga menggunakan domain .fr]YaTidak
.yuYugoslavia [Sekarang sudah dihapus sejak negara ini di bubarkan secara resmi. Domain tidak tidak digunakan kembali oleh Serbia dan Montenegro hingga tahun 2010]TidakTidak
.zaAfrika SelatanTidakTidak
.zmZambiaTidakTidak
.zrZaire [Sudah dihapus sejak negara ini berganti nama pada tahun 1997. Saat ini, negara ini menggunakan domain .cd dan sudah didaftarkan]TidakTidak
.zwZimbamweTidakTidak

Penutup

Mengetahui nama domain dan negara pengguna adalah suatu hal yang perlu. Apalagi jika suatu saat anda secara tidak sengaja mampir pada domain dengan ekstensi tersebut anda sudah tahu bahwa domain tersebut dikelola di negara mana.

Demikian artikel tentang ekstensi domain negara di dunia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

Glosarium
  • ccTLD adalah kepanjangan dari country-code top-level domain
  • DNNSEC merupakan kepanjangan dari Domain Name System Security Extensions
  • IDN adalah akronim dari Internationalized Domain Name

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *