5 Keuntungan Menggunakan Domain ID

3 Likes Comment
keuntungan menggunakan domain id

Keuntungan Menggunakan Domain .id – Memilih nama domain yang tepat, unik dan menarik untuk blog adalah salah satu hal paling penting dalam dunia blogging, begitu juga dengan ekstensi domain.

Sampai saat ini, sudah tersedia banyak sekali ekstensi domain. Dari yang paling populer seperti COM hingga ekstensi domain berdasarkan niche seperti TECH, ONLINE, NEWS dan lain sebagainya.

Ketersediaan ekstensi domain ini secara langsung memberi keluwesan bagi seseorang atau pemilik situs untuk menggunakannya sesuai keinginannya sendiri.

Bahkan, ekstensi domain juga dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk menentukan niche blog yang akan dipilih.

Sejauh ini, ekstensi COM masih merajai internet lalu diikuti oleh beberapa ekstensi domain lain seperti NET, ORG, ME hingga ekstensi domain dari suatu negara.

Jika berbicara tentang ekstensi domain negara, Indonesia juga punya ekstensi sendiri yakni ID. Dan domain ini adalah salah satu domain yang mulai populer di masyarakat.

Dengan kata lain, ekstensi ID menjadi domain asal yang merujuk pada wilayah demografis dan juga hak penggunaannya.

Seperti AC.ID yang hanya boleh digunakan universitas atau institut perguruan tinggi di Indonesia, CO.ID untuk perusahaan indonesia, SCH.ID untuk sekolah, OR.ID untuk organisasi di Indonesia dan lain sebagainya.

Meski sudah populer, ternyata banyak masyarakat yang belum tertarik membeli nama domain ID ini dengan alasan yang berbeda-beda.

Mungkin, salah satu alasannya adalah soal harga. Memang sih, rata-rata harga domain ID sudah mencapai 200k lebih.

Dan tentu saja jauh lebih murah dibanding dengan ekstensi lain seperti COM atau NET yang hanya dibandrol dengan harga 100k lebih.

Baca Juga : Cara Memilih Ekstensi Domain Yang Tepat Untuk Blog

Padahal, secara langsung domain ID ini bisa menunjukan lokalitas dan bahasa situs. Sehingga, apabila seseorang yang secara tidak sengaja menemukan blog atau situs anda dengan ekstensi .ID di internet, mereka bisa tahu kalau situs tersebut berbahasa Indonesia dan dikembangkan di Indonesia.

Berdasarkan data dari Pengelola Nama Domain Indonesia [PANDI], domain .id yang terdaftar saat ini berjumlah 310.000. Dibandingkan dengan domain .com yang sudah berjumlah 140 juta lebih.

5 Keuntungan Menggunakan Domain .id

Kalau anda tertarik untuk beli domain .ID, namun masih bingung keuntungan menggunakan ekstensi yang satu ini, di artikel kali ini sudah saya ulas tentang 5 keuntungan menggunakan domain ID.

Yang mungkin bisa mengubah pandangan anda soal ekstensi domain ID. Lalu apa saja keuntungannya? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Ketersediaan nama domain masih banyak

Dengan demikian, anda bebas memilih nama domain yang digunakan. Entah itu nama pacar, mantan, selingkuhan, nama wilayah tempat anda tinggal, marga dan lain sebagainya.

Misalnya, domain paulipu.com ini masih tersedia untuk versi .IDnya. Dengan kata lain, domain ini dapat dibeli dan digunakan oleh orang lain.

domain id

2. Menandakan bahwa situs tersebut berasal dari Indonesia

Meski tidak semuanya ya. Tapi, ekstensi ini menjadi tanda bahwa bahwa situs dengan akhiran ID memang berasal dari Indonesia dan di kelola di Indonesia.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar

Ada juga yang menggunakan bahasa lain yang bukan bahasa Indonesia seperti misalnya Bahasa Inggris. Tetapi rata-rata pemiliknya adalah orang indo juga.

Dengan kata lain, apabila menggunakan esktensi ini dapat dipastikan bahwa situs tersebut berasal dari Indonesia karena merujuk pada ekstensi domain negara.

3. Domain server tersedia di berbagai wilayah Indonesia

Jadi, anda gak perlu repot lagi menggunakan CDN agar pemirsa blog anda dari seluruh wilayah Indonesia, seperti dari Aceh dan Papua, dapat mengakses situs dengan kecepatan yang sama.

Memang sih, soal kecepatan ini rada-rada relatif. Tahu dong apa alasannya? Karena kecepatan internet lokal di Indonesia belum merata.

Baca Juga : 5 Mitos Yang Sering Didengar Oleh Blogger Pemula

Selain akses situs yang lebih cepat, juga proses penyelesaian masalah-masalah yang berkaitan dengan server [resolve] bakalan jauh lebih cepat.

Walau demikian, masih ada beberapa server untuk domain ini yang tersimpan di AS dan Singapura karena alasan khusus seperti keamanan.

4. Mengangkat lokalitas

Lokalitas adalah ciri kedaerahan atau kewilayahan. Dengan kata lain, jika anda menggunakan domain .ID secara langsung anda hendak memperkenalkan tentang Indonesia dan keunikannya.

Dengan cara ini, maka anda seolah sedang memperkenalkan Indonesia kepada orang lain, sekalipun ia orang Indonesia sendiri.

Karena Indonesia ini sangat luas. Selain itu, masyarakatnya juga jamak, yang semuanya pinter-pinter berpolitik dan berbudaya.

5. Mudah dikenali negara asal domain

Setiap negara punya nama domain asal, begitu juga dengan Indonesia yang menggunakan .ID. Dengan kata lain, asal situs itu dapat dengan mudah dikenali.

6. Pemilik situs lebih jelas

Saat hendak membeli domain ID maka ada salah satu syarat yang harus dipenuhi yakni pembeli harus memasukkan identitas pribadi sebelum menggunakannya.

Identitas tersebut berupa KTP dan dokumen tambahan lain. Dengan demikian, identitas pemilik domain bakalan jauh lebih jelas dibanding ekstensi lain yang tidak mensyaratkan apa-apa.

Penutup

Tapi perlu diingat, meskipun anda menggunakan ekstensi domain .id ada baiknya anda memilih nama domain yang cocok, mudah diingat dan menggambarkan bisnis dan blog anda secara langsung.

Bagaimana, apakah ingin beralih ke domain .id? Jika iya, silahkan pesan sekarang juga supaya nama domain yang bakalan dibeli belum diambil orang.

Oh iya, jika anda pengen pesan domain .ID dengan harga yang murah, saya menyarankan agar anda membelinya di Niagahoster.

Kalau anda mau dapat harga yang spesial saat mau beli domain ID di situs tersebut, silahkan klik salah satu link dibawah ini:

Nah demikian artikel tentang 5 manfaat menggunakan domain ID. Semoga artikel ini bisa berguna untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *