4+ Cara Defrag Drive di Windows 10 Terbaru

3 min read

Cara Defrag Windows 10

Salah satu alasan mengapa orang ingin defrag drive windows 10 entah itu di laptop atau komputer adalah untuk meningkatkan loading yang makin hari makin lambat.

Memang sih ada banyak penyebab mengapa loading laptop melambat, dan salah satu penyebabnya adalah karena hard drive komputer yang digunakan baik itu PC atau Laptop sudah terfragmentasi.

Dengan demikian, kita harus melakukan fragmentasi disk tersebut untuk meningkatkan kinerja laptop. Dengan melakukan metode ini, berarti kita membuat kinerja laptop agar lebih efisien.

Untuk membuat kinerjanya seperti demikian salah satu hal yang harus dilakukan adalah dengan melakukan defragmentasi drive.

Dalam artikel kali ini saya akan mengulas cara mendefrag Windows 10 terbaru lengkap dengan gambar. Selain itu juga, disini saya mengulasnya secara lengkap. Lalu bagaimana caranya? Baca artikel ini sampai habis.

4 Cara Defrag Drive di Windows 10

Sebenarnya cara mendefrag windows 10 sama seperti cara defrag pada windows 8 dan 7. Dan untuk hasil yang lebih efisien kita diharuskan untuk melakukan defragmentasi minimal seminggu sekali. Jika sempat ya. Kalau gak sempat ya usahakan sebulan sekali.

Namun terkadang kita tidak konsisten untuk melakukan defragmentasi ini, salah satu alasannya karena kita sibuk dengan pekerjaan, urusan pribadi dan lain sebagainya.

Nah untuk mempermudah defragmentasi ini, sebenarnya anda bisa menggunakan penjadwalan defragment drive yang dapat diatur di windows 10.

Terkait dengan cara ini saya sudah mengulasnya disalah satu artikel saya tentang cara mengatur jadwal defragment windows 10 terbaru.

Yang perlu anda ketahui disini adalah, jika anda menggunakan Solid State Drive (SSD), cara kerjanya akan berbeda dengan hard drive mekanis tradisional.

Kebijakan konvensional SSD memungkinkan kita untuk tidak perlu melakukan defregmentasi karena hal dapat merusak drivenya.

Namun, jika di Windows, ada baikknya anda melakukan defragmentasi SSD minimal sebulan sekali dan untuk hasil yang lebih baik anda bisa mengaktifkan pemulihan sistem secara bersamaan.

Ini bukan sesutu yang perlu anda khawatirkan, karena model defragemtasi otomatis ini dimaksudkan untuk memperpanjang umur dan kinerja hard drive.

Jadi anda tidak perlu melakukan metode defragementasi untuk SSD dan biarkan saja windows yang melakukannya secara otomatis. Untuk melakukan defragmentasi, anda bisa melakukan otimpasi drive umum, termasuk didalamnya untuk mengirim perintah TRIM yang guna mengoptimalkan kinerja laptop.

1. Cara Defrag Drive Windows 10 menggunakan Defragment and Optimize Drives

Jika anda ingin mendefrag drive makanis windows, anda dapat memeriksanya secara manual sekaligus untuk mengecek dan memperbaiki status fregmentasi. Untuk memperbaiki status fregmentasi silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Silahkan buka menu pencarian Cortana lalu cari alat Optimasi disk defrag atau masukan saja di kata kunci pencarian Defragement and Optimize DrivesCara Defrag Windows 10 Terbaru
  • Jika sudah masuk ke menu defragment and Optimize Drives silahkan klik pada salah satu hard Drive> lalu Analize seperti pada gambar dibawah iniCara Defrag Windows 10 Terbaru
  • Setelah itu, silahkan periksa Presentase File yang terfragmentasi jika hasilnya sudah muncul. Yang perlu anda ketahui, tidak ada aturan khusus dan simple tentang hasil dari fregmentasi drive sebelum mendfragnya. Mungkin presentase fregmentasinya hanya di bawah 0% atau lebih, dengan demikian proses defragmentasinya tidak memakan waktu yang lama.Cara Defrag Windows 10 Terbaru
  • Namun jika anda ingin mendefrag Drive anda, silahkan klik Optimize. Kalau proses defragnya sudah selesai maka drive maka akan tertulis 0% terfragmentasi dalam utilitas optimasi Drives seperti dalam gambar dibawah ini.Cara Defrag Windows 10 Terbaru

Sampai disini anda sudah selesai melakukan defrag di Windows 10 yang anda gunakan. Apakah ada cara lain untuk defrag windows 10? Tentu saja ada yakni lewat Defragment tool Windows, CMD dan Windows Shell.

2. Cara Defrag Windows 10 menggunakan Degfragment Windows Tool

Cara yang satu ini sebenarnya prosesnya sama seperti pada cara diatas. Yang berbeda disini adalah cara mengakses menu defragmentasi itu sendiri. Nah berikut cara defrag drive windows 10 dengan defragment Windows Tool.

  • Silahkan buka File Explorer di Windows atau klik saja Ctrl + E
  • Setelah itu klik pada My Computer untuk membuka daftar Drive
  • Jika sudah terbuka silahkan klik pada salah satu Drive> lalu klik kanan untuk membuka menu Konteks> klik Properties

Setelah masuk pada Properties silahkan klik pada menu Tools> klik OptimizeCara Defrag Windows 10 Terbaru

  • Ada baiknya sebelum melakukan defgragment drive ada baiknya anda menganalisis drive yang ada terlebih dahulu untuk mencari tahu apakah ada drive yang perlu di Optimasi
  • Jika ada, atau Current Statusnya ada angka lebih dari 10-20 persen silahkan klik pada Drive dan OptimalkanCara Defrag Windows 10 Terbaru

Demikian cara defrag drive windows 10 menggunakan windows defragment tools. Jangan lupa baca juga cara defrag windows 10 dibawah ini.

3. Cara Defrag drive Windows 10 menggunakan CMD

Cara paling mudah untuk melakukan defrag Windows 10 adalah dengan menggunakan Command Prompt. Sebab cara untuk defragmentnya mudah dan sederhana. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini cara defrag windows 10 menggunakan CMD.

  • Silahkan buka CMD atau ketik saja WIN + R lalu ketikan CMD lalu tekan enterCara Defrag Windows 10 Terbaru
  • Setelah masuk ke CMD, untuk mengotpimalkan semua drive silahkan jalankan perintah dibawah ini: defrag / c / o lalu klik enterCara Defrag Windows 10 Terbaru
  • Jika prosesnya sudah selesai silahkan tutup jendela Command Prompt (CMD)
  • Sudah dibilang diatas, cara defragment windows 10 menggunakan CMD sangat mudah. Meskipun mudah, ada satu hal yang perlu anda ketahui yakni, kode /c /o pada nomor dua diatas adalah kode drive. Silahkan masukan kode drive yang ada di komputer anda.

4. Cara Defrag Windows 10 Dengan Power Shell

Cara defrag windows 10 yang terakhir ini mungkin belum banyak yang tahu. Salah satu keunggulan Power Shell adalah kita dapat mengotpimalkan kinerja Drive yang digunakan dengan alat yang satu ini.

Cara ini sebenarnya adalah cara manual dan merupakan cara yang paling tradisional untuk mendefrag drive Windows baik itu di Windows 10 ataupun versi windows sebelumnya. Lalu bagaimana cara defrag Windows 10 Dengan PowerShell? Simak langkah-langkah dibawah ini.

  • Silahkan buka Poweshell
  • Setelah terbuka, silahkan klik kanan Pada powerShell untuk membuka menu konteks lalu klik Run As Administrator. Jika diminta notifikasi perizinan dari WIndows untuk menjalankan UAC, klik saja YA
  • Setelah itu, salin dan tempel perintah dibawah ini pada jendela PowerShell yang muncul dan tekan enter. Perintahnya adalah: Optimize- Volume –DriveLetter C –Analyze –VerboseCara Defrag Windows 10 Terbaru
  • Untuk melakukan defrag pada drive yang digunakan saat ini silahkan masukan perintah ini: Optimize-Volume –DriveLetter C –Defrag -VerboseCara Defrag Windows 10
  • Jika sudah silahkan tekan enter dan tunggu prosesnya selesai. Jika prosesnya sudah selesai silahkan tutup program PowerShell

Penutup

Mempertahankan kinerja laptop adalah satu keharusan bagi pemilik laptop. Segala cara mungkin sudah di tempuh untuk meningkatkan kinerjannya baik melalui penghapusan temp, aplikasi dan atau memformat windows 10 yang digunakan. Namun jika anda belum mencoba cara yang diatas, sebaiknya anda mencobanya.

Sebab cara ini adalah salah satu cara yang terbukti berhasil untuk meningkatkan kinerja laptop/PC anda. Demikian artikel tentang cara defrag drive Windows 10 yang baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *