7+ Cara Dapat Uang Dari TikTok 2020 Hingga Jutaan Rupiah Per Bulan

6 min read

cara dapat uang dari tiktok

Ada beberapa cara legal yang bisa anda coba untuk dapat uang dari TikTok. Semua cara itu akan saya ulas di artikel ini.

Dalam laporan wallaroomedia[dot]com yang diterbitkan beberapa waktu lalu, disebutkan bahwa jumlah total pengguna TikTok saat ini mencapai 800 juta orang lebih.

Dengan jumlah pengguna aktif, dalam artian rajin upload konten dan berkomentar, mencapai 680 juta orang.

Data diatas dipastikan terus bertambah, mengingat TikTok masuk dalam daftar sebagai 10 media sosial dengan jumlah unduhan terbanyak di dunia.

Menariknya, sebagian besar pengguna TikTok adalah kawula muda. Tahu kan ciri khasnya mereka seperti apa?

Jika anda suka buat konten di TikTok atau mungkin baru menggunakannya, pernah gak sih anda bertanya, apakah bisa dapat uang dari TikTok?

Apakah para kreator di TikTok itu dibayar? Bayaran mereka darimana? Penasaran jawaban dari semua pertanyaan diatas, baca artikel ini sampai habis.

Sebelum lanjut pada pembahasan inti, baiknya saya bahas dulu apa itu TikTok dan mengapa media sosial satu ini cukup populer.

Apa itu TikTok?

TikTok adalah media sosial yang isi kontennya fokus pada video-video pendek yang dipadukan dengan lagu dan efek pilihan.

Sama seperti media sosial lain entah itu Facebook, Instagram atau Twitter, konten yang ada di TikTok berbasis pengguna.

Maksudnya, semua video-video yang ada di TikTok itu dibuat oleh pengguna. Visi kontennya pun sama, ciri khasnya saja yang berbeda.

Kalau Twitter, misalnya, lebih fokus ke teks maka TikTok lebih fokus ke audiovisual. Meski akhir-akhir konten di Twitter mulai seimbang antara teks dan video.

Selain video offline, yang sudah mengalami proses pengeditan singkat dan efek tambahan, ada juga fitur lain yang bisa digunakan oleh pengguna yakni live streaming.

Fitur inilah yang memungkinkan anda bisa melakukan siaran langsung dalam durasi apapun sesuai keinginan.

Dan ternyata, pengguna bisa memanfaatkan live streaming ini untuk menghasilkan uang dari TikTok secara langsung.

Caranya gimana? Akan saya jelaskan panjang lebar dibawah. Karena itu, manfaatkan akun TikTok anda dengan baik.

Apalagi jika engagementnya bagus, pengikut terus meningkat dan konten buatan anda selalu viral.

Lantas, mengapa media sosial satu ini jadi populer? Apa alasannya? Ada beberapa alasan untuk menjawab pertanyaan diatas, yakni:

  • Merupakan salah satu alternatif media sosial meski sebagian besar fiturnya sudah ada di tempat lain seperti Musical.ly, Snapchat dan Instagram. Hanya saja, antar muka aplikasi ini lebih segar dengan konsep dark mode yang menarik
  • Ada banyak fitur pengeditan video pendek yang menarik dan unik seperti filter, backsound dan efek spesial
  • Penggunaannya yang sederhana, dengan fitur-fiturnya yang tidak terlalu ribet alias mudah digunakan
  • Iklan di luar platform yang cukup intens dan terkesan royal sehingga banyak pengguna yang akhirnya tertarik mencobannya dan mungkin jadi salah satu pengguna aktifnya hingga kini
  • Dapat dijadikan tempat untuk mencari hiburan atau melihat tren apa yang sedang berkembang di kalangan anak muda

Itu dia beberapa alasan mengapa TikTok lebih populer ketimbang platform lain, Snapchat atau musical.ly misalnya.

Meski subjektif, menurut saya pribadi, TikTok tak lebih dari sarana mengekspresikan diri ala-ala anak mudah.

Sehingga, para pengguna bisa berekspresi sesuka hati, dengan goyang atau menceritakan pengalaman dengan gaya yang lebih fresh.

7+ Cara dapat uang dari Tiktok 2020

Lantas, bagaimana cara dapat uang dari TikTok? Apakah benar pengguna TikTok dibayar? Penasaran kan jawaban dari pertanyaan diatas?

Jika iya, beberapa disajikan beberapa cara menghasilkan uang dari TikTok hingga jutaan rupiah.

1. Dapatkan berlian saat Live Streaming TikTok

cara dapat uang dari tiktok

Cara pertama adalah dengan memanfaatkan fitur live streaming yang ada di TikTok.

Jika pengikut atau followers anda sudah banyak, pasti ada dari mereka yang akan menonton live streaming buatan anda.

Dan anda bisa mendorong pengikut untuk memberikan gift atau hadiah virtual yang nantinya bisa ditukar dengan uang tunai.

Pengguna yang memberi hadiah semacam ini harus beli dulu di TikTok, lewat Play Store atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Setelah mengisi saldo, mereka bisa memberikannya kepada orang yang lagi live streaming.

Misalnya nih, anda punya akun yang pengikutnya 3k dan pada suatu kesempatan anda ingin melakukan siaran langsung untuk menunjukan apa yang sedang anda lakukan saat itu.

Dan saya sebagai sebagai followers anda suka dengan live streaming tersebut. Sebagai bentuk apresiasi, saya berikan hadiah virtual kepada anda.

Apabila kumulasi hadiah virtual itu sudah mencapai $50, anda bisa menukarnya dengan uang tunai yang bisa ditransfer langsung ke rekening Paypal.

Apakah bisa hadiahnya di transfer ke rekening bank lokal, BRI dan BNI misalnya? Sayangnya belum bisa.

Karena satu-satunya metode atau cara menukar hadiah virtual yang diperoleh dari TikTok jadi uang tunai adalah dengan PayPal.

Hanya saja, fitur live streaming ini tidak tersedia secara default ke setiap pengguna. Artinya, ada beberapa syarat agar anda bisa menggunakan fitur satu ini, seperti:

  • Salah satu video anda masuk dalam FYP yang jadi tempatnya video-video viral di TikTok. Dengan kata lain, video tersebut sudah ditonton oleh ribuan orang
  • Minimal followers anda sudah lebih dari 1k

Sebagai informasi, FYP adalah kepanjangan dari For Your Page. Ini adalah halaman rekomendasi khusus untuk memperlihatkan mana video-video yang sedang viral di TikTok.

Maksudnya begini, coba perhatikan video-video yang muncul di beranda akun TikTok anda, penontonnya berapa?

Di akun saya, rata-rata penontonnya lebih dari 5k. Dari sinilah saya mengambil kesimpulan kalau FYP itu adalah logaritma TikTok yang memunculkan video-video populer di beranda pengguna.

Konsepnya tak jauh beda sama menu Trending Youtube. Dan salah satu cara agar video yang anda posting itu populer adalah dengan mengikuti challenge yang lagi hits di TikTok.

Lantas, bagaimana cara melihat jumlah saldo yang saya miliki di TiKTok dan bagaimana mencairkannya ke Paypal? Caranya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi TikTok yang sudah terinstal di ponsel anda> lalu klik Profil
  • Selanjutnya, silahkan klik tiga titik yang ada dibagian kiri atas profil untuk Pengaturan dan Privasi lalu pilih Saldo atau Balance. Disini akan ada tulisan live gift yang otomatis muncul jika akun anda sudah memenuhi syarat agar bisa live streaming
  • Berikutnya anda akan diarahkan ke laman webcast TikTok. Disini anda bisa melihat jumlah Diamond Gift yang anda peroleh selama ini termasuk balancenya yang dikonversikan langsung ke Dollar. Jika sudah mencapai ambang batas pembayaran, silahkan klik Withdraw untuk mencairkannya
  • Lalu anda diminta untuk menghubungkan akun TikTok dengan akun Paypal milik anda. Jika belum punya Paypal, bisa daftar dulu. Caranya bisa lihat disini. Setelah tersambung silahkan klik Confirm withdraw

Ulasan lebih lengkap tentang cara menarik uang di TikTok, silahkan lihat video @jordandoang yang sudah saya tempatkan diatas.

2. Ikut event atau lomba yang diselenggarakan Tiktok

cara dapat uang dari tiktok

Biasanya, di hari-hari besar tertentu, TikTok mengadakan event atau lomba dengan hadiah menarik termasuk uang tunai.

Syarat utama agar bisa berpartisipasi dalam event ini adalah wajib punya akun TikTok.

Jenis konten yang dilombakan tentu saja video pendek yang diposting di TikTok dan harus dibuat sekreatif mungkin sesuai tema yang diminta.

Oh iya, ada dua cara mengetahui kalau ada event atau lomba yang diselengarakan TikTok, yakni:

  • Dengan mengikuti akun tiktokofficialindonesia
  • Dengan melihat banner di halaman pencarian yang memungkinkan anda melihat daftar event yang sedang viral atau challange apa yang diselenggarakan TikTok sama Sponsor

Sebagai informasi, artikel ini saya buat pada Oktober 2020 dan ada satu event yang sedang berlangsung di TikTok dengan total hadiah 400 juta.

Karena lagi masa pendemi gegara Covid-19, maka eventnya bertemakan pembelajaran untuk materi-materi tertentu.

Dimana anda diminta untuk buat video-video tentang suatu materi Sekolah, Matematika misalnya, lalu posting di TikTok.

Gak perlu daftar di form khusus, cukup dengan memberikan hastag pada video sebagai tanda keikutsertaan pada lomba.

Itu hanya salah satu contoh ya. Ada banyak kok lomba atau event yang diselengarakan TikTok dengan hadiah yang variatif termasuk uang tunai.

3. Berpartisipasi dalam lomba diluar TikTok

cara dapat uang dari tiktok

Selain event yang diselenggarakan TikTok anda juga bisa berpartisipasi dalam lomba lain yang tidak diselenggarakan oleh officialtiktok.

Bisa manfaatkan Google untuk mencari keyword seperti itu, Lomba TikTok Terbaru misalnya.

Biasanya, search results akan menunjukan kepada anda daftar lomba tiktok termasuk detail-detail lain tentang lomba seperti syarat, timeline hingga deadline.

Jika anda ikutan lomba macam ini, baiknya fokus pada satu lomba saja. Selanjutnya, pikirkan jenis konten yang mau dibuat.

Lihat juga peluang untuk menang. Jika finalisnya sampe 50 orang, peluang menang pun terbuka lebar.

Disisi lain, jangan fokus pada uang atau hadiah yang bakalan didapat melainkan pada konten.

Selalu pegang prinsip penting dalam berkompetisi: buat karya yang bagus dulu, hadiahnya kemudian. Sebab, rewards hanyalah bonus.

4. Endorsement atau testimonial

cara dapat uang dari tiktok

Followers TikTok anda sudah banyak? Jika iya, manfaatkan hal tersebut untuk raup penghasilan dengan jadi influencer TikTok.

Tidak jauh beda dengan yang ada di Instagram atau Facebook, dimana anda hanya perlu terima jasa endorse, lakukan review lalu dapat cuan.

Sesederhana itu. Besaran biaya atau pendapatan yang diperoleh tergantung dari jumlah followers yang dimiliki.

Untuk menghitung ratenya bisa pakai Kalkulator TikTok yang banyak tersedia saat ini. Salah satu yang terbaik adalah Influencer Marketing Hub.

Bisa juga buat rate sendiri. Hanya saja, anda pasti kesulitan menentukan rate atau harga endorsment yang tepat.

Karena itu, lihat analitis video yang anda posting, engagementnya gimana dan statistik penambahan pengikut setiap bulan.

Misalnya, tiap kali posting, penonton video anda bisa sampai 100rb orang dan sering masuk FYP, ratenya bisa 500rb – 1 juta per posting.

Ini belum termasuk dengan jumlah pengikut. Jika pengikut anda lebih dari 500rb orang, harganya mungkin lebih tinggi.

5. Promosi produk sendiri

cara dapat uang dari tiktok

Salah satu hal yang menarik dari TikTok adalah iklannya yang dikondens dalam bentuk video yang seolah-olah dibuat oleh creator, padahal itu iklan.

Jika anda punya produk dan ingin menjangkau calon konsumen baru, bisa kok promosikan di TikTok.

Apalagi jika produk anda itu target marketnya anak muda. Sangat tepat jika gunakan TikTok untuk promosi produk sendiri.

Nah manfaatkan hal ini dengan baik. Jika berhasil menggaet 1% pengguna TikTok untuk jadi pelanggan, omset yang diperoleh pasti berlipat ganda.

Selain promosi, anda juga bisa memanfaatkan akun TikTok untuk meningkatkan citra merk dan branding produk.

Dua hal diatas punya korelasi sama konversi. Karena, apabila produk anda semakin dikenal, citranya positif, banyak orang yang bakal membeli atau menggunakan produk tersebut.

6. Manfaatkan deskripsi video untuk menempatkan link affiliasi

cara dapat uang dari tiktok

Selanjutnya adalah dengan memanfaatkan deskripsi video untuk menempatkan link affiliasi atau referral milik anda.

Perhatikan, link yang anda tempatkkan di deskripsi ini tidak do-follow. Artinya, pengguna yang klik tautan itu tidak akan diarahkan ke browser atau ke halaman baru.

Kecuali jika link affiliasi itu ditempatkan di bio akun seperti yang terlihat pada bio Mba Anya diatas.

Jangan lupa juga hubungkan akun anda dengan media sosial lain seperti IG, YT dan Twitter dengan tujuan untuk meningkatkan keterlibatan akun.

7. Beriklan di TikTok

cara dapat uang dari tiktok

Punya bisnis dan ingin menjangkau calon konsumen baru atau ingin meningkatkan branding produk?

Bisa iklankan di TikTok. Caranya cukup mudah dimana anda hanya perlu buat akun di Getstarted.TikTok.com.

Apa saja produk yang bisa diiklankan di TikTok? Bisa apa saja entah itu produk fisik, aplikasi hingga layanan virtual seperti hosting atau domain.

Dengan beriklan, produk anda bakal muncul di beranda pengguna sesuai target yang diinginkan.

Targetnya bisa dipilih berdasarkan personalisasi profil seperti wilayah demografi atau kawasan, usia, ketertarikan dan data-data lain.

Penutup

Selain cara diatas, ada juga cara lain yang bisa anda coba seperti minta donasi atau buat video kompilasi untuk kemudian di posting di platform lain.

Saya sendiri sering melihat video kompilasi TikTok yang diposting di Youtube atau Facebook. Bahkan sering melihat iklan pada video tersebut.

Untuk donasi, agak jarang sih. Mungkin ada, tapi sampai hari saya belum temui di TikTok.

Jika anda pengguna TikTok dan tahu cara menghasilkan uang dari tiktok yang tidak saya sebutkan diatas, jangan lupa tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara dapat uang dari TikTok 2020 hingga jutaan rupiah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *