Mau Dapat Uang Dari live Streaming? Gunakan 9+ Aplikasi ini

Salah satu cara yang lagi hits untuk dapat uang dari internet adalah dengan Live Streaming. Dan anda bisa manfaatkan beberapa aplikasi live streaming penghasil uang dibawah ini.

Sebelum lanjut, ada dua hal penting yang harus diketahui oleh anda terkait topik ini, diantaranya:

  • Siaran langsung enggak selalu berhubungan dengan game dan anda enggak perlu buat tag, tandai teman atau orang lain, membagikan postingan atau mungkin melakukan optimasi tambahan agar ditonton orang lain
  • Siaran langsung, bagi beberapa orang, tidak saja tentang hobi tetapi sebagai salah satu sumber pendapatan pasif yang bonafid dan menguntungkan

Saya sendiri termasuk orang yang sering nonton streaming dan memang lebih menyenangkan dibanding nonton video yang sudah mengalami proses pengeditan berulang-ulang.

Selain dialog dalam streaming lebih natural, konten yang disajikan itu asli. Bahkan saya harus beli beats atau stars untuk diberikan kepada streamer sebagai bentuk apresiasi.

Penghasilan para streamer juga gak bisa dianggap remeh. Misalnya nih, Zan atau Ane Firmal, yang sering streaming PUBG di Facebook Gaming, bisa dapet sampai 100 juta per bulan hanya dari streaming.

Memang sih pendapatan itu tidak murni dari streaming tapi semua kontennya berasal dari situ. Nah dia kan sering ambil video di streamingnya untuk di unggah lagi di Youtube.

Selain itu, dia juga punya kontrak dengan Facebook, yang nominalnya tidak disebutkan. Namun dipastikan nilainya puluhan juta.

Dan setiap orang bisa jadi streamer entah itu di Facebook, Youtube, Twitch atau di platform lain. Dengan peluang dan potensi penghasilan yang sama.

Dan untuk anda yang sering bertanya cara dapat uang dari streaming game, aplikasi live streaming yang menghasilkan uang, live streaming dibayar, cara mendapatkan uang dari Facebook Gaming dan pertanyaan lain serupa, simak artikel ini sampai habis.

Apa itu live streaming atau siaran langsung?

Live streaming yang juga dikenal dengan istirlah streaming langsung atau siaran langsung adalah salah satu metode transmisi data yang dilakukan seseorang saat merekam video lewat jaringan internet.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia [KBBI], siaran langsung adalah siaran berupa radio atau televisi yang menyiarkan suatu acara dalam bentuk video di dalam atau di luar studio.

Siaran ini akan mengirim potongan-potongan video secara langsung dari suatu server yang jaraknya jauh.

Artinya, server ini mentransmisikan beberapa detik file atau potongan video sekaligus ke jaringan internet sehingga perangkat klien enggak perlu lagi mengunduh seluruh video agar di tonton.

Maksudnya gimana sih? Maksudnya adalah ketika video di buat dalam bentuk siaran langsung, potongan video akan dikirim secara real time tanpa perlu disimpan dulu ke server.

Saat ini, live streaming atau siaran langsung tidak saja di lakukan oleh stasiun TV tetapi juga software game seperti Xbox dan media sosial seperti Instagram TV atau Facebook.

Dan setiap orang bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk dapat penghasilan tambahan baik pasif atau aktif.

Jika pasif, pendapatan anda tentu saja berasal dari iklan, donasi hingga hadiah virtual yang dikirim penonton.

Untuk aktif, bisa gabung jadi streamer official platform dengan nilai kontrak tetap atau bayaran dari sponsor.

Mau Dapat Uang Dari live Streaming? Gunakan 9+ Aplikasi ini

Nah tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 9 aplikasi live streaming penghasil uang paling legit. Platform apa saja itu? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Facebook gaming: Watch, Play, and Connect

live streaming penghasil uang

Pesaing terdekat Youtube, Facebook, belum lama ini meluncurkan fitur monetisasi video live streaming atau siaran langsung di platform mereka.

Metode monetisasi live streaming ini sebelumnya belum tersedia di Indonesia. Pada pembaharuan 11 November 2019 lalu, pengguna di Indonesia sudah bisa menghasilkan uang dari streaming video Facebook.

Soal ini sih masih terbatas pada creator video game. Artinya, untuk anda yang suka live streaming game bisa manfaatkan cara ini untuk dapat uang dari Facebook dengan mudah.

Hanya saja, ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi agar konten streaming anda bisa di monetisasi atau bisa gabung ke program level Up Facebook gaming, diantaranya:

  • Harus punya halaman yang khusus dirancang untuk creator video game
  • Sudah pernah melakukan live streaming khusus game dalam tempo 2 minggu dengan durasi total minimal 4 jam
  • Pernah melakukan siaran langsung di Facebook selama 2 hari berturut-turut dalam durasi 2 minggu
  • Halaman yang digunakan untuk live streaming sudah aktif minimal 2 minggu
  • Dan admin atau pemilik halaman sudah berusia diatas 18 tahun

Dengan mengikuti program level up Facebook Gaming, anda akan mendapatkan berbagai keuntungan, seperti:

  • Dukungan langsung dari Pihak Facebook untuk konten yang disajikan
  • Mendapatkan transkode premium dengan kualtias tinggi dimana anda bisa mengakses kualitas streaming 1080p dan 60 fps
  • Diproritaskan untuk mendapatkan Facebook stars agar setiap penonton atau penggemar bisa mendukung anda secara langsung
  • Mendapatkan akses ke beberapa produk atau fitur beta yang dirilis Facebook
  • Mendapat undangan ke grup atau komunitas streamer di Facebook

Untuk penjelasan lebih lengkap detail termasuk tata cara pendaftarannya sudah saya ulas di salah satu artikel saya berjudul cara monetisasi video di Facebook termasuk konten gaming.

Silahkan baca postingan tersebut jika anda ingin mengetahui syarat, metode atau tata cara pendaftarannya baik untuk video siaran langsung atau monetisasi halaman Facebook.

2. Youtube

live streaming penghasil uang

Sebagai salah satu aplikasi dan situs berbagi video paling populer di dunia, Youtube memungkinkan setiap pengguna untuk melakukan siaran langsung.

Fitur ini tersedia secara default dan bisa digunakan kapan saja dan dimana saja sepanjang anda sudah punya Channel.

Dan setiap pengguna yang melakukan siaran langsung itu bisa memonetisasi video atau konten mereka dengan iklan atau sticker.

Untuk saat ini, ada dua metode atau cara monetisasi siaran langsung di Youtube, yakni:

a. Super Chat dan Super Stickers

Cara pertama adalah dengan menggunakan super chat atau super sticker yang memungkinkan orang yang melakukan live streaming bisa dapat uang dari partner program konvensional ini.

Dalam konteks ini, pemilik akan membeli pesan chat untuk diletakkan di bagian atas feed. Apabila ada penonton yang ingin berkomentar dan melakukan pembelian super chat dan sticker, pemilik channel bakal dapat komisi.

Baca Juga : 10 Aplikasi Foto Penghasil Uang Terbaik

Komisi ini tentu bergantung pada jumlah dan biaya pembelian. Jadi semakin banyak komen dalam live streaming, tingkat pembelian pada sticker akan semakin tinggi.

Apabila pembelian semakin banyak maka semakin lama kolom komentar ini berada di atas feed chat. Semakin lama kolom komentar ini ada di kolom feed tingkat pembelian sticker semakin besar.

Yang artinya, penghasilan anda juga semakin banyak. Oh iya, pendapatan anda lewat fitur ini terakumulasi ke akun AdSense [jika anda sudah menjadi partner program AdSense].

b. Partner iklan AdSense

Terkadang juga iklan AdSense muncul secara otomatis saat anda melakukan live streaming yang terpenting anda sudah bergabung menjadi mitra atau penayang.

Tampilan iklannya sama seperti video Youtube pada umumnya. Artinya, enggak ada jaminan kalau iklan bakal tampil sesuai pengaturan atau harapan anda.

Dengan demikian, akan ada penonton yang enggak melihat iklan sementara yang lainnya bisa melihat iklan AdSense saat live streaming berlangsung.

Secara umum, ada beberapa jenis iklan AdSense yang tampil di live streming Youtube, diantaranya:

  • Pre-roll ads yang biasanya tampil sebelum siaran langsung dimulai dan terlihat di semua perangkat entah itu desktop, laptop dan ponsel
  • Mid-roll ads yang merupakan iklan yang tampil saat live streaming berlangsung. Untuk poin ini anda bisa sisipkan secara manual. Sayangnya hanya tampil khusus untuk pengguna desktop
  • Overlay dan display ads yang merupakan jenis iklan adsense yang tampil di samping konten atau di bagian atas konten yang bisa dilihat di desktop dan ponsel

Dalam beberapa waktu ke depan, anda mungkin juga akan mendapatkan komisi dari dari langganan premium Youtube.

9. NimoTV: Live game Streaming

Uang Dari live Streaming

Selain Facebook Gaming dan Streaming Youtube, Nimo TV juga termasuk salah satu platform streaming yang cukup populer di Indonesia.

Kategorinya sudah disesuaikan sama jenis streaming game paling populer mulai dari Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, League of Legends: Wild Rift dan lain sebagainya.

Streamernya juga banyak dan anda bisa daftar sebagai streamer di aplikasi ini, langsung ataupun tidak.

Jika anda pernah nonton ESL Indonesia Championship dan ESL Clash of Nation 2019, mungkin platform ini sudah tidak asing lagi ditelinga anda.

Karena NimoTV jadi salah satu platform yang mensponsori acara tersebut bersama Salim Group dan ESL.

Sebagai streamer, apa untungnya buat saya? Ada banyak kok. Diantaranya:

  • Dapat penghasilan dari hadiah berupa karakter [mirip Stars di Facebook] yang dikirim pengguna, Misalnya, jika pengguna kirim Lucky Clover, anda bisa dapat 1000 koin termasuk karakter lain seperti telur, gift box, mobil sport dan lain sebagainya.
  • Donasi yang memungkinkan streamer dapat 1 diamond. FYI, Di nimo TV, 350 diamond setara dengan $1. Kecil sih, tapi kalau sudah di kumpulkan terlebih jika follower anda sudah banyak, pendapatan anda dari koin dan diamon tentu makin banyak

Disisi lain, sebagai pengguna, anda dapat berbagai keuntungan misalnya, bisa gabung sama Grub resmi Nimo TV, bisa rekrut streamer atau mungkin jadis treamer itu sendiri dan lain sebagainya.

4. Twitch: Livestream Multiplayer Games & Esports

live streaming penghasil uang

Twitch.tv adalah platform live streaming yang dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menghasilkan atau mendapatkan uang dari siaran langsung.

Di platform ini anda bisa buat berbagai konten kreatif dalam bentuk in stream serta membangun komunitas dan penggemar sendiri.

Oh iya, Twitch sendiri adalah platform video siaran langsung dibawah kendali Amazon, perusahaan eCommerce terbesar dan terpopuler di dunia.

Platform ini sendiri didirikan pada tahun 2011 yang awalnya fokus untuk konten gaming namun sudah diperluas ke setiap niche entah itu seni, musik, talk show, serial TV dan lain sebagainya.

Sampai hari ini, Twitch diperkirakan sudah digunakan oleh hampir 2 juta orang dan 17 ribu diantaranya sudah bisa menghasilkan uang dari situ.

Program mitra ini mirip dengan AdSense dimana pengguna Twitch bisa bergabung sepanjang sudah memenuhi syarat. Sumber uangnya dari mana? Dari iklan, bits atau langganan penggemar.

Sebagai kreator di Twitch, anda akan mendapatkan berbagai keuntungan, seperti:

  • Pengguna bisa berlangganan channel dan emotes yang memungkinkan streamer atau anda mendapatkan penghasilan tambahan dari pemirsa yang menonton konten-konten buatan anda
  • Bits atau pemirsa virtual yang memungkinkan streamer mendapatkan uang dari pembelian didalam platform
  • Iklan yang akan tampil saat siarang langsung dan streamer bisa memperoleh penghasilan dari iklan tersebut. Untuk poin ini, streamer bisa menentukan panjang dan frekuensi iklan di dashboard
  • Penghasilan lain seperti link affiliasi, referral atau donasi di Patreon

Sebagai contoh nih, anda sedang siaran PUBG di Twitch dan saya suka live streaming anda. Sebagai bentuk apresiasi, saya beli bits atau hadiah virtual untuk diberikan kepada anda.

Saya kemudian beli 500 bits di Twitch yang setara dengan IDR94.000. Nominal itu sudah termasuk pajak ya.

Jenis bitsnya juga beragam, dengan nilai yang berbeda-beda. Misalnya, Cheermotes Hey Guys yang bisa dibeli 1 hingga 10.000.

Setelah dibeli, saya kemudian memberikannya kepada anda lewat kolom komentar. Bits tersebut kemudian dikumulasikan ke pendapatan anda di das

5. TikTok Streaming

Uang Dari live Streaming

TikTok menawarkan fitur live streaming yang memungkinkan anda dapat uang dari aplikasi ini secara langsung.

Jadi, anda bisa manfaatkan fitur ini dengan baik agar bisa dapat penghasilan tambahan hanya dari akun TikTok anda.

Hanya saja, fitur ini tidak tersedia secara default di dalam aplikasi dan ada syarat-syarat tertentu agar anda bisa live streaming.

Apa saja syaratnya? Syaratnya cukup mudah. Dimana salah satu video anda harus masuk ke FYP dan pengikut anda sudah 1k.

Syarat diatas sebenarnya wajar sebab jika pengikut anda sedikit alias masih puluhan atau ratusan orang, siapa sih yang mau ngasih gift kepada anda?

Sebagai contoh, akun saya pengikutnya sudah 50k lebih lalu saya melakukan live streaming di akun TikTok milik saya.

Dan anda, sebagai pengikut saya, bisa mengirimkan hadiah berupa koin yang terkarakteristik ke berbagai bentuk speerti tahu tempe, mie instan, orang utan, pepaya salad dan karakter spesial lain.

Untuk mengirim karakter macam itu, anda harus beli di Google Play Store atau di situs lain yang sudah bekerja sama dengan TikTok.

Setelah isi saldo, barulah anda bisa mengirimkannya kepada saya. Apabila koin sudah banyak maka saya bisa mencairkannya ke Paypal.

Oh iya, untuk teknisnya sudah saya ulas di artikel sebelumnya yang berjudul 7+ cara menghasilkan uang dari tiktok.

6. Streamlabs: Live Streaming App

aplikasi penghasil uang

Streamlabs dapat diakses di dua tempat yang berbeda yakni versi site dan juga versi aplikasinya.

Jika pakai yang versi aplikasi, anda bisa download langsung apknya di Google Play Store atau iOS Store.

Salah satu hal yang menarik dari streamlabs adalah fitur yang memungkinkan anda menghubungkan kegiatan tersebut ke platform berbeda entah itu Youtube dan Twitch.

Hanya saja, satu-satunya metode monetisasi yang didukung platform ini hanyalah Donasi.

Jadi, ketika ada orang yang suka dengan siaran anda, mereka bisa mendonasikan sejumlah uang ke fitur donasi yang sudah tersedia secara default.

Donasi yang anda berikan itu akan dikelola langsung oleh paysafecard. Agar bisa mencairkan uang dari sumbangan, anda harus menghubungkan akun Streamlabs, paysafecard dan Skrill.

Jadi anda harus buat akun di tiga platform berbeda-beda. Apakah bisa menerima donasi via Paypal? Iya bisa.

Ketentuan lebih lengkap tentang fitur donasi termasuk hal-hal teknis lain seperti durasi pembayaran dan biaya admin bisa dilihat disini.

7.  Snackvideo

Uang Dari live Streaming

Konsepnya mirip dengan di TikTok yang sudah saya jelaskan dibagian atas. Dan ini satu-satunya cara yang bisa anda coba untuk menghasilkan uang dari Snackvideo.

Bahkan syarat-syaratnya mirip dimana agar bisa siaran langsung minimal pengikut anda sudah harus 1.000 orang. Lebih banyak lebih bagus.

Setelah itu barulah anda bisa live streaming. Saat live streaming, apabila ada pengikut yang suka dengan video anda, mereka bisa memberikan gift khusus.

Gift khusus ini bisa berupa love, helm, lolipop, teh susu dan karakter lain dengan biaya pembelian yang berbeda-beda.

Agar bisa memberikan gift diamond sama orang yang sedang live streaming anda harus deposit dulu via Google Pay.

Minimum isi ulang adalah 70 Diamond seharga 16.000. Setelah deposit, anda bisa memberikannya ke orang yang anda tonton.

8. Omlet Arcade: Live Stream, Main dan Perekam Layar

aplikasi penghasil uang

Omlet arcade termasuk salah satu platform streaming yang cukup populer di kalangan gamers luar.

Di aplikasi ini anda bisa menonton stream apa saja entah itu PUBG Mobile, Emulator atau Dekstop, Call of Duty dan game-game keren lainnya.

Khusus dari segi penghasilan, Omlet menawarkan fitur token yang bisa dibeli pengguna untuk diberikan kepada streamer pilihan.

Token inilah yang nantinya bisa diuangkan streaming. Konsep tokennya pun tak jauh beda dengan yang ada di platform lain.

Dimana, pengguna harus beli berbagai karakter token seperti TTS, Omlet, Like, atau karakter lainnya.

Jika token sudah banyak, streamer bisa mencairkannya ke eWallet seperti Paypal, Skrill atau ke rekening bank.

9. Cocofun Streaming: Video Lucu, Meme & WA Status

Uang Dari live Streaming

Setelah saya telusuri, cara kerjanya hampir mirip dengan yang ada di TikTok atau di SnackVideo.

Hanya saja, di Cocofun, ada fitur yang memungkinkan anda menggandakan diamond yang dibeli.

Misalnya nih, anda sedang nonton satu akun yang sedang live streaming, karena suka, anda lalu beli diamond di Google play Store.

Setelah membeli, anda bisa ikut roda keberuntungan untuk menggandakan diamond tersebut, langsung atau tidak langsung.

Sebagai informasi, ada dua bentuk roda keberuntungan yang ada di aplikasi ini. Pertama, roda keberuntungan saat live streming dan yang kedua di halaman akun.

Khusus untuk roda keberuntungan di beranda akun anda bisa mendapatkan berbagai hadiah menarik seperti T-Shirt Cocofun, Top Up game gratis, pulsa Rp. 25.000, hadiah live dan lain sebagainya.

Penutup

Sebenarnya ada beberapa platform lain yang sudah menyediakan fitur siaran langsung tapi skema bagi hasil atau monetisasi kontennya masih eksklusif.

Seperti smashcast.tv, streampowered.com dan lain sebagainya. Saya yakin anda sudah tahu alasan mengapa beberapa platform diatas tidak saya masukkan dalam list.

Jika ada dari anda yang tahu platform siaran langsung penghasil uang yang belum saya review diatas, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang 9+ aplikasi live streaming yang menghasilkan uang. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

3 pemikiran pada “Mau Dapat Uang Dari live Streaming? Gunakan 9+ Aplikasi ini”

  1. Memang menghasilkan uang di streaming tapi host kurang tersldidik di live me, kita baru mengatakan hallo apa khabar kangsung di blokir, kedua selamat pagi, selamat siang langsung di blokir kira, monyet tuh live me.

    Balas
  2. Yg di blokir itu harus nya yg konten porno, bugil ria, berjina, bersetubuh ini boleh langsung di blokir, di kick, di keluarkan dari room live pd saat siaran. Udah mending risen.

    Balas
  3. Emang kita dapat ratusan juta perbulan nya dn bahkan lebih, penghasilan kita dengsn cara live ini, say juga host, dan spender, tapi ngak beradap pada, kita bicara ngak kasar, berjina, porno kontenya, ini hanya mengucapkan selamat siang, langsung di blokir /di keluarkan dari manajement agency dia, nyak menghina, kalau kebencian, tidak juga, apa di kik, diberhentikan dari agency manajement, langsung di blokir, tata krama apa namanya.

    Balas

Tinggalkan komentar