Mau Dapat Uang Dari live Streaming? Gunakan 5+ Aplikasi ini

6 min read

live streaming penghasil uang

Salah satu cara yang lagi tren untuk menghasilkan uang dari internet adalah dengan Live Streaming. Dan anda bisa manfaatkan beberapa aplikasi siaran langsung penghasil uang dibawah ini.

Sebelum lanjut, saya perlu ingatkan dua hal penting jika anda mau jadi streamer, diantaranya:

  • Siaran langsung enggak selalu berhubungan dengan game dan anda enggak perlu tag teman atau orang lain, membagikan postingan atau mungkin melakukan optimasi tambahan agar bisa ditonton orang lain
  • Siaran langsung, bagi beberapa orang, tidak saja tentang hobi tetapi sebagai salah satu sumber pendapatan pasif yang bonafid dan menguntungkan

Saya sendiri termasuk orang yang sering nonton live streaming dan memang lebih menyenangkan dibanding nonton video yang sudah mengalami proses pengeditan berulang-ulang.

Selain dialog dalam streaming lebih natural, konten yang disajikan itu asli. Bahkan saya harus beli beats atau stars untuk diberikan kepada streamer sebagai bentuk apresiasi.

Penghasilan para streamer juga gak bisa dianggap remeh. Misalnya nih, Zan, yang sering streaming PUBG di Facebook, bisa dapet sampai 100 juta per bulan hanya dari streaming.

Memang sih pendapatan itu tidak murni dari streaming tapi semua kontennya berasal dari situ. Nah dia kan sering ambil video di streamingnya untuk di unggah lagi di Youtube.

Selain itu, dia juga punya kontrak dengan Facebook, yang nominalnya tidak disebutkan. Namun dipastikan nilainya puluhan juta.

Sebelum lanjut pada pembahasan inti, baiknya saya bahas dulu definisi live streaming atau siaran langsung itu seperti apa.

Apa itu live streaming atau siaran langsung?

Live streaming yang juga dikenal dengan nama streaming langsung atau siaran langsung adalah salah satu metode transmisi data yang dilakukan oleh seseorang saat merekam video lewat jaringan internet.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia [KBBI], siaran langsung adalah siaran berupa radio atau televisi yang menyiarkan suatu acara dalam bentuk video di dalam atau di luar studio.

Siaran ini akan mengirim potongan-potongan video secara langsung dari suatu server yang jaraknya jauh.

Artinya, server ini mentransmisikan beberapa detik file atau potongan video sekaligus ke jaringan internet sehingga perangkat klien enggak perlu lagi mengunduh seluruh video agar di tonton.

Maksudnya gimana sih? Maksudnya adalah ketika video di buat dalam bentuk siaran langsung, potongan video akan dikirim secara real time tanpa perlu disimpan dulu ke server.

Saat ini, live streaming atau siaran langsung tidak saja di lakukan oleh stasiun TV tetapi juga software game seperti Xbox dan media sosial seperti Instagram TV atau Facebook.

Dan setiap orang bisa memanfaatkan kegiatan siaran langsung ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan baik langsung atau tidak langsung.

Dalam konteks pendapatan tentu sifatnya pasif dan caranya masih terbatas pada beberapa metode monetisasi seperti iklan, hadiah virtual dan pendukung berbayar.

Untuk anda yang ingin dapat uang dari siaran langsung, anda boleh memanfaatkan beberapa tempat siaran langsung penghasil uang yang akan saya ulas dibawah ini.

Mau Dapat Uang Dari live Streaming? Gunakan 5+ Aplikasi ini

Nah tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 5 platform live streaming penghasil uang paling legit. Platform apa saja itu? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Youtube

live streaming penghasil uang

Sebagai salah satu aplikasi dan situs berbagi video paling populer di dunia, Youtube memungkinkan setiap pengguna untuk melakukan siaran langsung.

Fitur ini tersedia secara default dan bisa digunakan kapan saja dan dimana saja sepanjang anda sudah punya Channel.

Dan setiap pengguna yang melakukan siaran langsung itu bisa memonetisasi video atau konten mereka dengan iklan atau sticker.

Untuk saat ini, ada dua metode atau cara monetisasi siaran langsung di Youtube, yakni:

a. Super Chat dan Super Stickers

Cara pertama adalah dengan menggunakan super chat atau super sticker yang memungkinkan orang yang melakukan live streaming bisa dapat uang dari partner program konvensional ini.

Dalam konteks ini, pemilik akan membeli pesan chat untuk diletakkan di bagian atas feed. Apabila ada penonton yang ingin berkomentar dan melakukan pembelian super chat dan sticker, pemilik channel bakal dapat komisi.

Baca Juga : 10 Aplikasi Foto Penghasil Uang Terbaik

Komisi ini tentu bergantung pada jumlah dan biaya pembelian. Jadi semakin banyak komen dalam live streaming, tingkat pembelian pada sticker akan semakin tinggi.

Apabila pembelian semakin banyak maka semakin lama kolom komentar ini berada di atas feed chat. Semakin lama kolom komentar ini ada di kolom feed tingkat pembelian sticker semakin besar.

Yang artinya, penghasilan anda juga semakin banyak. Oh iya, pendapatan anda lewat fitur ini terakumulasi ke akun AdSense [jika anda sudah menjadi partner program AdSense].

b. Partner iklan AdSense

Terkadang juga iklan AdSense muncul secara otomatis saat anda melakukan live streaming yang terpenting anda sudah bergabung menjadi mitra atau penayang.

Tampilan iklannya sama seperti video Youtube pada umumnya. Artinya, enggak ada jaminan kalau iklan bakal tampil sesuai pengaturan atau harapan anda.

Dengan demikian, akan ada penonton yang enggak melihat iklan sementara yang lainnya akan melihat iklan AdSense saat live streaming berlangsung.

Secara umum, ada beberapa jenis iklan AdSense yang tampil di live streming Youtube, diantaranya:

  • Pre-roll ads yang biasanya tampil sebelum siaran langsung dimulai dan terlihat di semua perangkat entah itu desktop, laptop dan ponsel
  • Mid-roll ads yang merupakan iklan yang tampil saat live streaming berlangsung. Untuk poin ini anda bisa sisipkan secara manual. Sayangnya hanya tampil khusus untuk pengguna desktop
  • Overlay dan display ads yang merupakan jenis iklan adsense yang tampil di samping konten atau di bagian atas konten yang bisa dilihat di desktop dan ponsel

Dalam beberapa waktu ke depan, anda mungkin juga akan mendapatkan komisi dari dari langganan premium yang Youtube.

Soal ini saya belum bisa memastikan karena fitur ini masih tergolong baru dan saya belum tahu sistemnya gimana apakah terakumulasi di akun AdSense atau dalam laporan yang terpisah.

2. Facebook in stream

live streaming penghasil uang

Pesaing terdekat Youtube, Facebook, belum lama ini meluncurkan fitur monetisasi video live streaming atau siaran langsung di platform mereka.

Metode monetisasi live streaming ini sebelumnya belum tersedia di Indonesia. Pada pembaharuan 11 November 2019 lalu, pengguna di Indonesia sudah bisa menghasilkan uang dari streaming video Facebook.

Soal ini sih masih terbatas pada creator video game. Artinya, untuk anda yang suka live streaming game bisa manfaatkan cara ini untuk dapat uang dari Facebook dengan mudah.

Hanya saja, anda harus memenuhi syarat-syarat tertentu sebelum bergabung dengan program level Up Facebook gaming, diantaranya:

  • Harus punya halaman yang khusus dirancang untuk creator video game
  • Sudah pernah melakukan live streaming khusus game dalam tempo 2 minggu dengan durasi total minimal 4 jam
  • Pernah melakukan siaran langsung di Facebook selama 2 hari berturut-turut dalam durasi 2 minggu
  • Halaman yang digunakan untuk live streaming sudah aktif minimal 2 minggu
  • Dan admin atau pemilik halaman sudah berusia diatas 18 tahun

Dengan mengikuti program level up Facebook Gaming, anda akan mendapatkan berbagai keuntungan, seperti:

  • Dukungan langsung dari Pihak Facebook untuk konten yang disajikan
  • Mendapatkan transkode premium dengan kualtias tinggi dimana anda bisa mengakses kualitas streaming 1080p dan 60 fps
  • Diproritaskan untuk mendapatkan Facebook stars agar setiap penonton atau penggemar bisa mendukung anda secara langsung
  • Mendapatkan akses ke beberapa produk atau fitur beta yang dirilis Facebook
  • Mendapat undangan ke grup atau komunitas streamer di Facebook

Untuk penjelasan lebih lengkap detail termasuk tata cara pendaftarannya sudah saya ulas di salah satu artikel saya berjudul cara monetisasi video di Facebook termasuk konten gaming.

Silahkan baca postingan tersebut jika anda ingin mengetahui syarat, metode atau tata cara pendaftarannya baik untuk video siaran langsung atau monetisasi halaman Facebook.

3. Twitch.tv Live Streaming

live streaming penghasil uang

Twitch.tv adalah platform live streaming yang dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menghasilkan atau mendapatkan uang dari siaran langsung.

Di platform ini anda bisa buat berbagai konten kreatif dalam bentuk in stream serta membangun komunitas dan penggemar sendiri.

Oh iya, Twitch sendiri adalah platform video siaran langsung dibawah kendali Amazon, perusahaan eCommerce terbesar dan terpopuler di dunia.

Platform ini sendiri didirikan pada tahun 2011 yang awalnya fokus untuk konten gaming namun sudah diperluas ke setiap niche entah itu seni, musik, talk show, serial TV dan lain sebagainya.

Sampai hari ini, Twitch diperkirakan sudah digunakan oleh hampir 2 juta orang dan 17 ribu diantaranya sudah bisa menghasilkan uang dari situ.

Program mitra ini mirip dengan AdSense dimana pengguna Twitch bisa bergabung sepanjang sudah memenuhi syarat. Sumber uangnya dari mana? Dari iklan, bits atau langganan penggemar.

Sebagai kreator di Twitch, anda akan mendapatkan berbagai keuntungan, seperti:

  • Pengguna bisa berlangganan channel dan emotes yang memungkinkan streamer atau anda mendapatkan penghasilan tambahan dari pemirsa yang menonton konten-konten buatan anda
  • Bits atau pemirsa virtual yang memungkinkan streamer mendapatkan uang dari pembelian didalam platform
  • Iklan yang akan tampil saat siarang langsung dan streamer bisa memperoleh penghasilan dari iklan tersebut. Untuk poin ini, streamer bisa menentukan panjang dan frekuensi iklan di dashboard
  • Penghasilan lain seperti link affiliasi, referral atau donasi di Patreon

Sebagai contoh nih, anda sedang siaran PUBG di Twitch dan saya suka live streaming anda. Sebagai bentuk apresiasi, saya beli bits atau hadiah virtual untuk diberikan kepada anda.

Saya kemudian beli 500 bits di Twitch yang setara dengan IDR94.000. Nominal itu sudah termasuk pajak ya.

Jenis bitsnya juga beragam, dengan nilai yang berbeda-beda. Misalnya, Cheermotes Hey Guys yang bisa dibeli 1 hingga 10.000.

Setelah dibeli, saya kemudian memberikannya kepada anda lewat kolom komentar. Bits tersebut kemudian dikumulasikan ke pendapatan anda di dashboard.

4. Mixer.com

Live streaming penghasil uang


Per tanggal 22 Juli 2020, Microsoft, secara mengejutkan, membuat pernyataan resmi bahwa mereka akan menutup layanan streaming miliknya, yakni Mixer.

Pernyataan tersebut tentu bikin geger banyak streamer, terlebih para streamer populer seperti Ninja yang sebelumnya hijrah dari Twitch ke Mixer.

Lebih mengejutkan lagi, layanan ini akan digabungkan sama Facebook Gaming. Jadi, ketika anda membuka situs mixer.com secara otomatis anda dialihkan ke Facebook.

Informasi lengkap tentang penutupan layanan streaming ini bisa baca pernyataan Leo Olebe, Global Director, Games Partnerships Facebook disini.


Berikutnya adalah Mixer.com yang merupakan salah satu platform live streaming yang cukup populer di internet.

Platform ini sendiri diluncurkan pertama kali pada 5 januari 2016 dengan nama beam. Salah satu Kelebihan Mixer adalah interaktifitas dan latensi videonya yang rendah.

Hanya saja, untuk mendapatkan uang dari mixer agak sulit sebab anda harus daftar jadi mitra official terlebih dahulu.

Dengan menjadi mitra berarti laman anda sudah di review matrik dan kualitas kontennya.

Artinya, ada dua metode peninjauan agar anda bisa jadi partner iklan Mixer, diantaranya:

a. Metrik konten

Metrik konten adalah aplikasi kemitraan platform untuk melihat kualifikasi akun anda selama bergabung di Mixer.

Pengukuran metrik ini sendiri enggak mudah, sebab hanya akan muncul apabila akun anda sudah memenuhi syarat-syarat dibawah ini:

  • Usia akun sudah harus lebih dari 2 bulan
  • Pengikut anda di Mixer sudah harus lebih dari 2.000 orang
  • Sudah melakukan live streaming di mixer selama 12 hari atau lebih
  • Sudah melakukan live streaming selama 25 jam atau lebih
  • Sepakat dengan ketentuan dan aturan pengguna Mixer alias konten anda tidak pernah di take down 
b. Kualitas

Kualitas berkaitan dengan engagement channel anda selama bergabung di Mixer.

Dengan kata lain, ada beberapa faktor yang menentukan apakah konten anda berkualitas, seperti:

  • Profesionalisme
  • Keunikan
  • Komunitas dan interaksi pemilik channel

Artinya, dalam pengukuran kualitas ini pihak Mixer akan meninjau interaksi rata-rata selama anda melakukan live streaming untuk memahami pertumbuhan channel anda.

5. iNSTAGIB.tv

live streaming penghasil uang

Instagib.tv sebenarnya adalah bagian dari jaringan streaming lain dengan visi platform yang sama, seperti: MyVaughn, Breakers.tv dan Vapers.tv.

Dan anda bisa manfaatkan situs ini untuk tambah-tambah penghasilan dari live streaming yang anda lakukan.

Untuk mendapatkan uang dari instagib.tv cukup mudah, dimana anda hanya perlu mengumpulkan VCoins atau Vaugh Coins.

VCoins adalah mata uang virtual, sama seperti Bitcoin, yang memungkinkan anda menggunakan chat bot.

Hanya saja, situs streaming yang satu ini belum tersedia untuk pengguna Android dan iOS. Dengan demikian, untuk melakukan streaming anda wajib pakai Browser di desktop.

Tapi jika anda mau melakukan siaran langsung di Android dan iOS anda bisa gunakan Puffin Browser agar mengakses Instagib di ponsel.

Penutup

Sebenarnya ada beberapa platform lain yang sudah menyediakan fitur siaran langsung tapi skema bagi hasil atau monetisasi kontennya masih eksklusif.

Seperti smashcast.tv, streampowered.com dan lain sebagainya. Saya yakin anda sudah tahu alasan mengapa beberapa platform diatas tidak saya masukkan dalam list.

Jika ada dari anda yang tahu platform siaran langsung penghasil uang yang belum saya review diatas, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang 5+ aplikasi live streaming yang menghasilkan uang. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *