Pengalaman Transfer Saldo ShopeePay ke DANA atau DANA ke ShopeePay 2021

Untuk coba-coba, kemarin saya bereksperimen mau transfer saldo DANA ke ShopeePay atau sebaliknya, dari ShopeePay ke DANA.

Ternyata, untuk bisa transfer saldo ShopeePay ke rekening bank, harus verifikasi akun dulu. Saya pun lakukan verifikasi agar bisa membuka semua fitur di ShopeePay.

Meski pada akhirnya harus kecewa juga karena ga bisa transfer saldo Shopeepay ke dompet digital lain termasuk ke Gopay, OVO sampai ke AstraPay.

Hanya ke rekening bank yang valid saja entah itu bank Konvensional atau Bank digital. Artinya, kalau mau transfer ke VA di dompet digital tidak bisa.

Alasannya akan saya ulas dibagain bawah. Tapi cara yang pertama bisa dicoba terlebih jika ada dari anda yang pengen belanja di Shopee.

Dari pada ribet harus ke ATM untuk bayar pesanan di shopee, mending pakai shopeepay dan top saldonya dari dompet digital lain, DANA misalnya.

Hanya saja, sebelum transfer saldo, pastikan status akun DANA anda sudah premier dan dan status akun Shopeepay sudah upgrade ke ShopeePay plus.

Artinya, sudah harus melakukan verifikasi KTP dan foto wajah agar fitur transfer ini aktif dan bisa digunakan.

Cara Transfer DANA ke ShopeePay atau ShopeePay ke DANA 2021

Lantas, bagaimaan cara top up saldo DANA dari ShopeePay atau ShopeePay ke DANA? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Cara transfer DANA ke ShopeePay 2021

Pertama yang mau saya bahas di postingan ini adalah cara transfer DANA ke ShopeePay atau cara top up ShopeePay lewat DANA, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi DANA yang sudah terinstal di ponsel anda. Kalau sudah, klik tombol Kirim yang ada dibagian atas
Cara Transfer Saldo AstraPay ke DANA atau DANA ke AstraPay
  • Selanjutnya akan muncul riwayat pengiriman dan metode pengiriman saldo mulai dari nomor telepon, rekening bank, chat dan tarik tunai. Jika tujuan anda top up saldo shopeePay dari DANA, pilih transfer ke rekening Bank
Cara Transfer Saldo AstraPay ke DANA atau DANA ke AstraPay
  • Jika sudah pernah top up shopeepay sebelumnya, akan muncul riwayat pengiriman yang berisikan nama penerima dan juga bank. Kalau daftarnya belum anda atau merupakan transaksi pertama, klik tombol tambahkan rekening bank baru
Cara Transfer Saldo AstraPay ke DANA atau DANA ke AstraPay
  • Akan muncul permintaan untuk menambahkan rekening bank. Pada kolom pilihan bank, pilih bank PERMATA dan nomor rekening bank, salin nomor rekening yang diperoleh didalam aplikasi ShopeePay. Untuk kodenya sendiri adalah 706 diikuti nomor yang terdaftar di ShopeePay. Sebagai contoh, jika nomor anda adalah 081344556677 akan menjadi 706081344556677. Kalau sudah, klik Lanjut dibagian bawah
Transfer DANA ke ShopeePay atau ShopeePay ke DANA
  • Jika pakai aplikasi DANA versi terbaru, akan ada pemberitahuan untuk mengambil jalan pintas alias memakai fitur spesial di DANA. Klik saja coba pakai sekarang untuk lanjut
Transfer DANA ke ShopeePay atau ShopeePay ke DANA
  • Akan muncul laman transfer saldo Digital. Nama penyedianya diatur otomatis ke ShopeePay begitu juga dengan nomor HP. Jadi, masukkan saja nominal top up, Rp100.000 misalnya lalu klik Lanjutkan
Transfer DANA ke ShopeePay atau ShopeePay ke DANA
  • Setelah itu muncul detail pesanan yang berisikan informasi nama penerima, dompet digital, bentuk saldo, nama penerima serta harga, biaya admin dan virtual acccount tujuan. Sekalipun pakai Bank Permata, nomor virtual account tujuannya diatur otomatis ke Bank Mandiri. Klik saja KONFIRMASI untuk melanjutkan
Transfer DANA ke ShopeePay atau ShopeePay ke DANA
  • Anda kemudian dialihkan ke laman pembayaran sesuai dengan jumlah saldo yang mau ditransfer. Jika yakin mau transfer, klik tombol Bayar sesuai nominal transfer dibagian bawah
Transfer DANA ke ShopeePay atau ShopeePay ke DANA

Berikutnya, masukkan PIN DANA untuk memverifikasi transaksi dan proses transfernya sampai berhasil.

Akan ada informasi soal ini apakah status pembayarannya berhasil atau sebaliknya, gagal.

Perhatikan, per tanggal 1 Juli 2021, ada biaya isi saldo yang dibebankan kepada pengguna ShopeePay sebesar Rp500.

Biaya top up ini langsung dipotong saat top up berhasil. Biaya isi saldo ini berbeda dengan biaya transfer ya.

Anda juga dikenakan baya transfer atau biaya admin sebesar Rp999 per transaksi yang langsung dipotong dari akun DANA milik anda.

Dengan demikian, ada dua potonganyang dibebankan kepada anda. Pertama, biaya admin dari DANA dan kedua biaya top up dari ShopeePay.

Agar memudahkan anda melakukan transaksi antar ewallet, lihat tabel kode transfer dibawah ini:

Transfer Dari dan KeNama BankNomor Virtual Account
DANA ke ShopeePayBank Permata706 diikuti nomor yang terdaftar di ShopeePay
Bank Mandiri893 diikuti nomor yang terdaftar di ShopeePay

2. Cara transfer ShopeePay ke DANA 2021

Jika bisa transfer DANA ke ShopeePay, sebaliknya gimana? Apakah bisa transfer saldo ShopeePay ke DANA? Jika bisa, caranya gimana?

Setelah mengikuti berbagai tutorial yang saya dapatkan dari internet atau Youtube, saya anggap pertanyaan diatas tidak relevan.

Mengapa? Karena semua tutorial yang saya dapatkan dari internet atau dari Youtube tidak valid.

Sedari kemarin saya coba cari cara untuk pindahkan saldo shopeepay ke DANA tapi semuanya tidak berhasil.

Mulai dari pakai nomor VA bank HIMBARA yang ada di DANA, termasuk CIMB Niaga, PERMATA dan lain sebagainya.


Baca Juga:


Hasilnya? Tetap tidak bisa. Tiap kali memasukkan nomor virtual Account di aplikasi DANA, ada informasi kalau rekeningnya tidak valid.

Sebenarnya, bank PERMATA bisa digunakan tapi setelah verifikasi rekening, ada informasi kalau nomornya tidak bisa digunakan.

Artinya, tiap nomor rekening yang mau digunakan untuk transfer saldo dari Shopeepay harus diverifikasi dulu.

Sepengalaman saya, proses verifikasi rekening bank di ShopeePay memakan waktu 1 hari atau mungkin lebih dalam beberapa kasus.

Jadi, untuk saat ini, saya simpulkan kalau pengguna TIDAK BISA TRANSFER SALDO SHOPEEPAY ke DANA secara langsung.

Apakah ada alternatifnya? Tentu saja ada. Seperti beli saldo DANA di merchant Shopee dengan metode pembayaran diatur ke ShopeePay.

Atau, bisa tambahkan bank biasa, BRI misalnya, di laman pengaturan> Metode penarikan> tambah rekening bank.

Sebagai contoh, jika pakai bank Jago, pilih bank Artos Indonesia yang merupakan nama sebelum bank Jago.

Lalu masukkan nomor rekening bank jago milik anda, yang juga disebut nomor kantong utama. Dan tunggu proses verifikasinya sampai berhasil.

Kalau berhasil, langsung transfer saldo ShopeePay ke bank yang sebelumnya diinput. Transaksinya otomatis, jadi saldo akan masuk saat itu juga.

Setelah masuk, langsung pindahkan saldo itu lagi ke DANA. Yang kemungkinan, ada biaya admin yang dibebankan kepada anda.


FAQ

Untuk beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Bagaimana cara Transfer Shopeepay ke DANA 2021?

Di Google, pertanyaan ini terbagi dalam beberapa bentuk atau varian seperti bagaimana cara top up dana dari shopeepay, cara transfer shopeepay ke aplikasi dana dan cara transfer saldo shopeepay ke akun dana.

Termasuk juga cara transfer shopeepay ke dana tanpa verifikasi, convert shopeepay ke dana atau cara transfer shopeepay ke dana tanpa rekening.

Jawaban dari semua pertanyaan diatas sudah saya bahas diatas. Artinya, untuk sekarang, anda belum bisa transfer shopeePay ke DANA langsung.

Karena, mungkin saja, shopeepay belum memungkinkan pemindahan saldo menggunakan nomor VA bank.

Alternatifnya adalah dengan menggunakan jasa convert saldo shopeepay jadi saldo DANA atau menggunakan jasa lainnya.

2. Kenapa shopeepay tidak bisa transfer ke bank?

Sepengalaman saya, ada dua alasan. Pertama, nomor rekening yang digunakan tidak valid. Mungkin saja anda menggunakan nomor virtual account dan buka nomor rekening pada umumnya.

Kedua, anda belum KYC akun ShopeePay milik anda. Sebab jika belum upgrade, anda hanya bisa isi saldo atau lakukan pembelian didalam aplikasi.

3. Bagaimana cara transfer mencairkan saldo ShopeePay ke rekening bank?

Caranya sih cukup mudah. Sebelum itu, biaknya hubungkan dulu akun Shopeepay milik anda dengan nomor rekening bank yang mau digunakan.

Setelah menghubungkan, tunggu proses verifikasinya sampai berhasil. Prosesnya tidak memakan waktu lama.

Kalau nomor rekening sudah terverifikasi, tinggal tarik dana seperti biasa dan ikuti instruksinya sampai berhasil.

4. Bagaimana cara top up ShopeePay dari aplikasi DANA?

Untuk caranya sudah saya ulas diatas yang dilengkapi juga dengan gambar referensi serta nomor virutal account yang digunakan.

Metode pengirimannya juga instan. Namun, ada dua potongan yang akan dibebankan, yakni biaya transfer dan biaya top up.

Penutup

Kalau mau, anda bisa gunakan alternatif lain seperti pakai rekening bank dengan fasilitas mobile banking atau digital banking.

Misalnya, and abisa transfer Shopeepay ke BRIMO atau shopeepay ke Line Bank. Dari BRIMO atau Line Bank lalu di transfer lagi ke DANA.

Untuk potongannya tidak terlalu besar. Dan ini tidak masalah terlebih jika jumlah saldonya cukup besar.

Kalau ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini bisa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara transfer DANA ke Shopeepay atau ShopeePay ke DANA 2021. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar