Cuan Adalah: Asal Kata, Pengertian dan Penerapannya

2 min read

cuan adalah

Secara awam, cuan adalah untung. Kata ini adalah salah satu kata yang belum ada pedanannya dalam bahasa Indonesia tetapi sudah digunakan secara luas oleh masyarakat.

Beberapa waktu lalu saat sedang berselancar di Google News, secara tidak sengaja saya menemukan sebuah berita yang headlinenya menggunakan kata cuan.

Karena penasaran, saya kemudian mencarinya di Kamus Besar Bahasa Indonesia [KBBI]. Dan tahu gak apa yang saya dapatkan?

Kata cuan enggak ada pedanannya. Lebih aneh lagi, bukan hanya satu atau dua media massa yang menggunakan istilah ini, tapi banyak.

Dalam konteks literasi dan linguistik, penggunaan bahasa baru itu sangat bagus. Karena bisa menambah perbendaharaan kata-kata seseorang.

Tetapi jika kata ini digunakan oleh satu media dengan segmen pembaca nasional dan sudah terverifikasi Dewan Pers, maka agak sedikit kontradiktif.

Karena pembaca pasti kesulitan untuk memahami arti kata yang sebenarnya karena belum rujukan resminya.

Pada akhirnya akan meninggalkan kesan ambiguitas dan bias makna di masyarakat, terlebih masyarakat awam yang latar belakang pendidikannya masih rata-rata air, termasuk saya.

Meski demikian, saya disini bukan dalam posisi mengkritik media-media tersebut karena menggunakan istilah baru yang belum ada pedanannya di KBBI.

Enggak kok! Saya memposisikan diri saya sebagai penengah atau orang yang berusaha memberi penjelasan, sekalipun singkat, tentang definisi cuan dan artinya.

Sebenarnya juga, sudah ada beberapa sumber yang secara jelas menjelaskan arti kata cuan salah satunya dari kamus daring Lektur.id

Di situ sudah disebutkan Adjektiva [kata benda nomina] cuan secara lugas. Hanya saja, pranala luarnya tidak ditemukan alias broken link.

Dengan demikian semakin jelas kalau kata cuan ini belum ada pedanannya. Kedepannya mungkin akan ditambahkan seiring dengan meluasnya penggunaan istilah ini.

Dan untuk anda yang terus bertanya-tanya arti kata cuan? Penerapannya gimana? dan pertanyaan lain serupa baca artikel ini sampai habis.

Asal kata cuan

Kalau anda sering bergaul sama orang-orang Cina, maksud saya etnis Cina, entah yang sudah tinggal di Indonesia atau barusan datang dari negeri Tirai Bambu, pasti pernah sekali saja dengar kata ini.

Dari sini berarti anda sudah bisa tebak asal kata cuan ini, kan? Yap, cuan berasal dari bahasa Mandarin yang banyak digunakan oleh orang-orang Cina.

Mandarin sendiri merupakan istilah yang merujuk pada bahasa utama Cina, yang dipakai di sekitar Beijing dan merupakan bahasa standar yang berlaku disana.

Kadang juga, Cuan sering dipakai secara bersamaan dengan kata Cengli dan Cincai. Karena sering digunakan secara bersamaan, maka 3 kata ini sering disingkat 3C [Cuan, cengli dan cincai].

Oh iya, cengli berarti adil sementara cincai berarti heboh. Dalam kondisi tertentu, cincai bisa berarti jangan merepotkan atau bikin repot.

Pengertian Cuan Adalah

Cuan berasal dari bahasa Hokkien, 船 atau Chuan yang berarti perahu, kapal atau sampan. Bahasa Hokkien sendiri adalah salah satu cabang bahasa Min Selatan yang tergabung dalam bahasa Han.

Baca Juga : 10+ aplikasi foto penghasil uang

Bahasa Hokkien banyak digunakan di beberapa tempat di Cina seperti Fujian, Taiwan dan Guangdong termasuk beberapa wilayah di Asia tenggara yang penduduknya berasal dari etnis Cina dari wilayah-wilayah yang menggunakan bahasa Hokkien.

Oh iya, arti kata ini sudah berubah dari asal kata yang sebenarnya dan sering digunakan secara ekspresif dalam kehidupan sehari-hari terutama saat berbisnis.

Lalu apa arti cuan? Cuan adalah untung atau keuntungan yang didapat oleh seseorang saat berbisnis.

Untuk saat ini, kata ini banyak dipakai oleh kalangan pengusaha yang berasal dari Cina serta para trader saham.

Selain untung, cuan juga bisa di artikan dengan beberapa sinonim lain yang makna katanya serupa, diantaranya:

  • Laba
  • Pendapatan
  • Penghasilan
  • Mujur
  • Dan untung itu sendiri

Penerapan

Jika arti kata cuan adalah demikian maka penerapannya tentu mengacu pada untung atau keuntungan yang didapatkan seseorang saat atau setelah berbisnis.

Dengan kata lain, keuntungan disini berarti profit atau uang. Makanya tak heran kalau banyak orang yang juga mengartikan cuan sebagai uang.

Soal ini sih enggak salah karena tergantung situasi. Uang, dalam situasi tertentu, dapat diartikan sebagai untung atau keuntungan.

Kadang, istilah ini juga di padukan dengan berbagai istilah atau penyebutan lain seperti:

  • cuan for life yang berarti suatu usaha yang dilakukan dalam hidup guna mendapatkan untung atau keuntungan
  • Bo cuan yang berarti tidak ada untung atau laba yang didapatkan
  • Cuanki yang artinya adalah laba atau untung itu sendiri namun sudah digabungkan dengan beberapa dialek lokal

Penutup

Meski belum ada pedanannya secara resmi, penggunaan kata-kata baru semacam ini tentu sangat baik untuk meningkatkan literasi kata ditengah masyarkaat.

Yang terpenting penggunaan kata ini tidak meleset dari arti yang sebenarnya, seperti yang sudah saya jelaskan dibagian atas.

Demikian artikel tentang Cuan adalah: Asal kata, pengertian dan penerapan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *