Contoh Tata Ibadah Pemuda Kristen Yang Baik Dan Benar

4 min read

contoh tata ibadah pemuda

Contoh Tata Ibadah Untuk Pemuda Kristen – Melaksanakan ibadah adalah suatu kewajiban bagi setiap pemeluk agama. Hanya saja, ibadah harus memiliki tema dan tata cara penyelenggaraan.

Untuk itulah dibutuhkan tata ibadah. Tata ibadah ini bisa menjadi acuan selama ibadah berlangsung.

Tata ibadah juga biasa di gunakan di Gereja atau komunitas kristiani. Nah untuk anda yang akan melaksanakan ibadah komunitas dan tidak tahu tata ibadah yang baik dan benar berikut ini disajikan contoh tata ibadah untuk komunitas kristen.

Sebelum lanjut, perlu diketahui bahwa tema tata ibadah yang akan saya ulas dibawah ini adalah tentang Natal.

Oleh karena itu, jika tata ibadahnya pada hari biasa, silahkan disesuaikan saja dengan kebutuhan anda. Termasuk dengan kotbah dan homilinya.

Contoh Tata Ibadah Pemuda Kristen Yang Baik Dan Benar

Nah tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan contoh tata ibadah pemuda kristen yang baik dan benar. Berikut artikelnya:


Sapaan Oleh MC : Syalom………

MC I  : Natal memang merupakan sebuah waktu awal dari sesuatu yang baru bagi umat kristiani, sama dengan kelahiran siapapun.

MC II : Memang awal dari sebuah kehidupan, tetapi natal bukan merupakan sebuah fisik dari pesta-pesta untuk menyambut kelahiran Yesus Kristus saja, melainkan apakah hati kita bisa menjadi awal dari kehidupan yang baru? Dan apakah kita sanggup terus bisa berkarya menjadi berkat bagi orang lain?

MC I : Semua itu bisa kita lakukan, asalkan kita mau membuka hati kita sepenuhnya dan membiarkan Tuhan bertahtah dalam hidup kita setiap hari.

Menyanyikan : KJ No.123 “Slamat-slamat Datang”

MC II :Tuhan Yesus sangat mengasihi kita, kesetiaan, kemurahan dan kebaikan-Nya selalu ada bagi kita. Karena itu kita di bentuk menjadi satu keluarga yang selalu menjalin kasih yang begitu mesra dalam keseharian kita. Untuk itu mari saat ini kita satukan hati kita dan memfokuskan diri kepada Tuhan.

MC I  : Janganlah gentar hatimu supaya dalam hadirat Allah kita memohon : pertolongan kita dalam ibadah natal Pemuda …. saat ini adalah di dalam nama Tuhan yang memberikan cahaya kehidupan sampai pada kesudahan zaman.

MC II : Dialah alfa dan omega, yang menciptakan, memelihara, menyelamatkan, dan memberi kekuatan dari sekarang sampai selama-lamanya.

Menyanyikan : KJ No.99 “Gita Sorga Bergema”

Kejatuhan manusia kedalam dosa

MC I  : Tuhan adalah khalik semesta alam. Tuhan telah menciptakan dunia ini dan segala isinya dengan baik, tetapi manusia sering berbuat diluar kehendak Tuhan dan tidak bertanggung jawab di hadapan Tuhan, sehingga pengertian manusia tentang kebenaran Tuhan menjadi semu dan abstrak, bahkan buah hidup manusia menghasilkan yang asam dan yang pahit

MC II : Itulah sebabnya semua orang telah kehilangan kemuliaan Allah, sehingga Ia tidak dapat mengalami kasih dan rencana Allah dalam hidupnya, dalam Roma 3:23 berkata: karena semua orang telah kehilangan kemuliaan Allah. untuk itu mari kita berdoa:

  • Pemuda 1 : Ya Tuhan,  kami menyadari engkau memanggil kami, tetapi kami tidak mendengar. Ada waktu-waktu kami gagal mengenali kehadiranmu dalam hidup kami.
  • Pemuda 2 : Kami begitu terkurung dengan kesibukan dan urusan-urusan pribadi kami. Terkadang kami tidak mengenal-Mu dan kami tidak menjadi saksi bagimu.
  • Pemuda 3 : Kami membenarkan apa yang sebenarnya jahat dihadapan-Mu, bahkan kami melukai orang-orang dengan perkataan dan perbuatan.
  • Pemuda 4 : Kami merasa diri lebih baik dari orang lain, iri hati dan prasangka buruk selalu ada dalam diri kami.
  • (Semua) : Ya Tuhan, kami telah berdosa terhadap engkau, karena itu kasihanilah kami menurut kasih setiaMu.

(Pemuda menyanyikan pujian Kumau S’lalu Bersyukur)

Janji Allah

MC I : Berterima kasih kepada Tuhan atas pengasihan-Nya kepada kita orang-orang berdosa. Sepatutnya kita sadar atas kebaikan-Nya kepada kita sepanjang zaman. Dua ribu tahun yang lalu firman Allah itu telah menjadi manusia. Ia hidup ditengah-tengah kita. ia berkomunikasi dengan kita. Saat ini ketika peristiwa itu kita kenang apa yang akan kita perbuat?

MC II : Dua ribu tahun yang lalu, Yesus hidup di tengah-tengah kita. Ia lahir melalui Maria Bunda-Nya. Ia memberitahukan bahwa kerajaan Allah sudah dekat. Saat ini kita ingin bersama-sama dengan Yesus kembali. Ketika malaikat menyuarakan bahwa raja dunia telah datang, kita merasa aman dan tentram, tidak ada yang kurang.

MC I & II : Saat ini mari kita membuka  hati kita, biarkan Kristus Bertahta di dalam hati kita. Mari kta berikan hidup kita, sehingga semuanya menjadi sebuah kesempurnaan kembali, sama seperti ketika Allah menjadikan dunia ini, baik dan sempurna.

MC I  : Allah tidak mampu melihat manusia terus hidup dalam dosa. Berasal dari hati-Nya, Ia tergerak oleh belas kasihan kepada manusia. Allah ingin manusia hidup dan beroleh keselamatan.

  • Pemuda 1 : Sesungguhnya Aku mengutus malaikat berjalan di depanmu untuk melindungi di jalan dan membawa engkau ke tempat yang kusediakan.
  • Pemuda 2 : Angkatlah kepalamu, hai pintu-pintu gerbang, dan terangkatlah kamu hai pintu-pintu yang berabad-abad, supaya masuk raja kemuliaan, Ia adalah Tuhan jaya dan perkasa.
  • Pemuda 3 : Maka teranglah bulan purnama seperti matahari terik dan terang matahari terik akan tujuh kali ganda, seperti terangnya tujuh hari, pada waktu Tuhan membalut luka para umat-Nya dan menyembuhkan bekas pukulan.
  • Pemuda 4 : Katakanlah pada orang-orang yang tawar hati: Kuatkanlah hati, jangan takut! Lihatlah Allahmu akan datang dengan pembalasan dan dengan ganjaran Allah. Ia sendiri datang menyelamatkan kamu.

Penyalaan lilin Natal [disesuaikan dengan masa-masa tertentu dalam peringatan gereja seperti paskah, natal dan sebagainya]

MC I : Janji keselamatan yang Allah berikan, kini disempurnakan. Bumi yang masih didiami oleh kegelapan segera melihat terang.

MC II : Siapakah Raja keselamatan yang dijanjikan oleh Allah itu? Mari kita dengarkan berita anugerah Allah.

  • Mikha 5:1
  • Yesaya 7:14
  • Yesaya 9:5

MC I : Marilah kita menghayati makna natal yang ditandai dengan penyalaan lilin sebagai simbol terang dunia. Dan marilah kita menjadikan Yesus sebagai pusat penyambutan perayaan natal kita di malam ini. Hayatilah natal Yesus Kristus; bahwa Tuhan kita telah datang ke dalam dunia ini.

MC II : Ia lahir di kandang Betlehem, dalam sejarah manusia, di saksikan oleh orang-orang percaya. Bila kita memperingati kelahiran-Nya, kita tidak hanya membayangkan dia sebagai bayi kecil yang dibaringkan di atas palungan hewan melainkan juga menghayati makna kedatangan-Nya bagi kehidupan manusia dari zaman ke zaman.

  • Pemuda 1 : Lilin natal adalah tindakan yang berisi pesan bahwa Tuhan Yesus datang menerangi dunia ini.
  • Pemuda 2 : Kedatangan-Nya menerangi hati kita yang sering kali dikuasai kegelapan. Membawa amanat terang kristus yang berkorban untuk manusia.
  • Pemuda 3 : Kami menyalakan lilin sukacita. Kami mau menjadi terang di kegelapan dunia seperti terang-Mu, ya Yesus.
  • Pemuda 4 : Hanya terang-Mu kami menjadi berbeda. Kami adalah lilin natal yang tak boleh padam karena malam.
  • Pemuda 5 : Bangkitlah dan menjadi terang, supaya terang itu bercahaya dalam kegelapan. Terang itu menuntut setiap orang ke jalan yang benar.
  • (semua) : Kami mau menjadi lilin-lilin kecil yang memancarkan cahayanya untuk menyinari kegelapan.

Menyanyikan: KJ. No.92: 1-3 : “Malam Kudus”

MC I  : Saudara-saudara sama seperti bayi yang baru lahir yang selalu ingin akan air susu yang murni dan rohani, begitu pula kita akan firman-Nya supaya olehnya kita bertumbuh keselamatan.

MC II : Oleh sebab itu, kita akan mendengarkan Firman Tuhan yang akan disampaikan oleh ______________________ , menjemput pelayan firman,

Menyanyikan : Firmanmu Ya & Amin

Pemberitaan Firman Tuhan

  • Doa
  • Pembacaan Firman
  • Renungan Natal

Persembahan Syukur

MC I : Saudara-saudara, dengan memberi persembahan syukur kita mengaminkan bahwa perolehan kita selama ini adalah berkat dari Tuhan.

MC II : Karena itu persembahkanlah yang terbaik untuk Tuhan seperti yang dilakukan oleh orang-orang majus.

Menyanyikan: KJ No. 101 “Alam Raya Berkumandang”

MC I : Saudara-saudara Doa adalah satu kesempatan yang besar untuk berbicara dengan Tuhan. Dalam Ibrani 4:16 berkata: sebab itu marilah kita dengan keberanian menghadapi tata kasih karunia supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

MC II : Mempersiapkan hamba-Nya _________________________ untuk memimpin kita dalam doa, Menyanyikan: [lagu]

Doa Syafaat

Pengutusan dan Berkat

MF : Dalam hidup ini, kita harus menjadi terang kasih Tuhan untuk menutupi wajah kehidupan yang penuh kebencian. Kita harus menjadi terang keselamatan dalam kehidupan yang penuh kegelisahan dan penderitaan. Tuhan akan memakai kita dalam menyatakan kasih karunia dan kebenaran-Nya. Pergilah dalam damai untuk melayani Allah dan sesama.

Pergilah dalam damai untuk memulihkan terang kehidupan dan terimalah berkat Tuhan. Tuhan memberkati engkau dan melindungi engkau; Tuhan menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia. Amin.


Penutup

Contoh tata ibadah di atas bisa digunakan oleh anda yang sedang mencari contoh liturgi ibadah pemuda, konsep ibadah kreatif pemuda kristen, contoh tata ibadah pemuda sederhana dan lain sebagainya.

Demikian artikel tentang Contoh Tata Ibadah Pemuda Kristen Yang Baik Dan Benar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *