3+ Contoh Surat Undangan Webinar dan Rapat Online

Salah satu aktivitas daring yang banyak diselenggarakan sekarang ini adalah webinar online. Nah di artikel ini akan saya ulas contoh surat undangan webinar online dan Offline.

Seminar online, yang kadang juga disebut webinar, merupakan salah satu kegiatan yang didalamnya membicarakan suatu masalah.

Kalau dulu, seminar biasanya dilakukan secara online, maka sejak internet mulai merambah dunia kerja dan akademik, ada kemudahan untuk melakukan seminar.

Disisi lain, karena merupakan kegiatan yang dilakukan secara formal, maka penyelenggaraan webinar pun tetap harus menggunakan surat undangan.

Dengan demikian, jika ada dari anda yang mau buat webinar online dan belum tahu cara buat surat undangannya, bisa lihat contoh dibawah ini.

Apa itu Surat Undangan Webinar?

Surat undangan webinar adalah surat yang dibuat untuk diberikan kepada seseorang, lembaga atau organisasi untuk menghadiri webinar yang diselenggarakan.

Surat jenis ini diberikan kepada masing-masing peserta yang secara individual di udang atau ditujukan untuk instansi atau organisasi.

Undangan webinar juga bisa diberikan kepada pemateri atau pimpinan ahli seperti pakar atau guru besar untuk jadi fasilitatornya.

Karena itu, webinar termasuk surat formal yang dikeluarkan panitia penyelenggara kegiatan webinar dengan tetap melibatkan unsur-unsur surat kebanyakan.

Dengan demikian, struktur surat webinar ini mengikuti srtruktur surat formal lain, seperti:

  • Ada KOP surat yang berisikan organisasi atua lembaga yang mengeluarkan surat, termasuk alamat, nomor telepon, email serta narahubung
  • Ada nomor, lampiran dan perihal pembuatan surat
  • Ada informasi soal tanggal dikeluarkannya surat, termasuk tempat surat itu dikeluarkan
  • Ada tujuan surat. Disesuaikan sih. Jika pemerintah yang baut surat, maka bisa hanya ditulis kepada Kepala Dinas Se Kabupaten, Kepala Sekolah Se Kabupaten dan lain sebagainya
  • Ada salam pembuka dan salam penutup pada surat
  • Ada informasi soal waktu dan tempat pelaksaaan webinar termasuk hari dan tanggal, waktu, tempat, link pendaftaran, link zoom dan catatan kegiatan
  • Tanda tangan orang yang berwenang mengeluarkan surat undangan tersebut, bisa kepala dinas, kepala sekolah, kepala instansi, kepala organisasi dan lain sebagainya

Itu saja sih. Selebihnya tinggal disesuaikan sama kebutuhan. Misalnya, dalam beberapa kasus, suratnya hanya berisikan undangan webinar.

Sementara, jadwal kegiatan dan link webinar dilampirkan dalam surat disertai dengan jadwal seminar.

Oh iya, surat jenis ini pun bisa dicetak untuk dikirimkan secara offline lewat kantor POS misalnya atau di bagikan secara offline.

Contoh Surat Undangan Webinar Online dan Offline

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan contoh surat undangan webinar online dan offline. Berikut artikelnya untuk anda:

1. Contoh surat undangan webinar

Contoh Surat Undangan Webinar dan Rapat Online

Contoh yang pertama ini tetap menggunakan struktur surat formal kebanyakan. Hanya saja, tidak ada lampiran dalam surat ini karena jadwal webinar ada didalam isi surat. Berikut contohnya:

Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan
Dinas Kesehatan
Jl. Trikora Salakan
https:// email : diskesbangkep@gmail.com
Salakan

Salakan, 22 Oktober 2021
Nomor : Kepada:
Lamp: Yth. Kepala TK, SD dan SMP
Perihal Negeri Dan Swasta
Se-Kabupaten Banggai Kepulauan
di
Salakan

Menindaklanjuti surat dari Direktur pemberdayaan informatika, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementrian Komunikasi dan Informatikan RI No… tanggal 16 Juli 2021 Perihal Dukungan Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021, dengan ini kami mohon saudara mengikutsertakan guru dan siswa untuk megnikuti kegiatan tersebut yang akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal:
Waktu
Tempat:
Link Pendaftaran:
Link Zoom:
Catatan:

Demikian, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimas kasih

Plt. Kepala DInas Kesehatan
Kabupaten Banggai Kepulauan

ttd

Chairul, S.Pd., M.Si
Pembina Tk. I
NIP.

Untuk informasi saja, jika strukturnya demikian, baiknya surat undangan tersebut dibagikan secara offline dan online.

Lebih bagus sih secara online agar peserta dapat dengan mudah copy paste link zoom yang ada di badan surat.

Atau, jika ada tautan pendaftaran seminar, isa sertakan juga agar pendaftarna peserta bisa dilakukan setelah surat diterima.

2. Contoh Surat undangan Zoom Meeting

Contoh Surat Undangan Webinar dan Rapat Online

Anda juga bisa menggunakan contoh surat undangan webinar yang kedua dibawah ini. Struktur suratnya sih sederhana dimana tidak ada KOP surat.

Disisi lain, dalam surat ini juga pembuat surat bisa buat link konfirmasi kehadiran dimana peserta bisa melakukan pendaftaran lewat link tersebut.

Apabila pendaftar sudah di konfirmasi, maka link akan diberikan. Pemberian link ini bisa dilakukan lewat aplikasi chat atau media lainnya.

Manado, 01 April 2021

No. : 003/SEMOL-S2/VI/2021
Perihal : Undangan Webinar
Lampiran : –

Kepada Yth,
Bpk. Mastur, M.Kom.
Ketua Jurusan TIK
di tempat.

Dengan hormat,

Berkenan dengan akan diselenggarakannya webinar dengan tema “Share to Everything with Apple”, lewat surat ini kami mengundang Bapak, untuk ikut ambil bagian dalam seminar tersebut, yang akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal : Senin, 05 April 2021
Waktu : Pukul 13.00 s/d 16.30 WIB
Tempat : Auditorium UNIMA

Besar harapan kami agar Bapak bisa hadir untuk memberikan sambutan dalam kegiatan seminar dimaksud. Demikian surat undangan ini. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Mengetahui,
Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan

Prof. Dr. Hj. Ratna Sarumpit, Dra.

Ketua Panitia Pelaksana


Ratna Galuh, SE

Perhatikan, dalam cotnoh surat kedua ini ada informasi soal siapa yang akan jadi narasumber pada seminar online tersebut dan informasi ini tidak ada di contoh surat pertama.

Dengan demikian, anda bisa sesuaikan sama kebutuhan dan keinginan. Sehingga, isi dalam surat ringkas, jelas dan padat.

3. Contoh surat undangan rapat online

Contoh Surat Undangan Webinar dan Rapat Online

Untuk surat undangan rapat online bergantung dimana tempat pelaksanaannya apakah lewat zoom meeting atau media lainnya, Google meet misalnya.

Jika surat resmi maka harus sertakan dengan KOP surat atau panitia pelaksana rapat online tersebut. Berikut contohnya:

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS NEGERI MANADO
FAKULTAS EKONOMI
DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA
Sekretariat: Jln. Tonsaru UNIMA No. 001
Tondano Selatan, Minahasa 95168

Tondano, 14 Desember 2021

Nomor : 11/DPM-Fak/Ek/III/2021
Lampiran: –
Hal: Undangan Webinar

Kepada yth,
Ir. Juliandra M.Si
Dekan Fakultas Ekonomi

Di
Tempat

Dengan hormat,

Berkenan dengan akan diadakannya webinar online dengan tema, DPM dan Disrupsi Era 4.0 yang akan diselenggarakan pada:

Hari/tanggal: Sabtu, 18 Desember 2021
Waktu: 04:00 – 18.00 WITA
Tempat: Zoom Metting
Link : Terlampir
Jadwal kegiatan: Terlampir

Kami mengundang bapak untuk hadir dalam kegiatan tersebut sekaligus untuk memberikan materi dengan tema “Apakah DPM masih relevan dalam kehidupan kamus?”.

Demikian surat undangan ini dibuat. Besar harapan kami agar bapak bisa hadir. Atas perhatian, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami
Ketua DPM

Sista Runtukahu

Ketua Panitia

Anggi Mokadolang

Penutup

Seperti yang saya sebutkan diatas dimana pembuatan surat ini bisa disesuaikan sama kebutuhan penyelenggara seminar online.

Artinya, struktur surat cukup fleksibel. Yang penting, ada inforamsi soal kapan kegiatan akan diselenggarakan dan tempat penyelenggaraannya.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini boleh sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang contoh surat undangan webinar online dan offline. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar