Contoh Proposal Usaha Makanan dan Minuman Terbaru

Sebenarnya, struktur proposal usaha makanan dan minuman tak jauh beda dengan proposal lain, undangan atau permohonan bantuan dana misalnya.

Meski demikian, ada beberapa item yang wajib ditulis dalam proposal mengingat ini adalah proposal usaha berisikan penawaran tertulis.

Nantinya, proposal ini bisa diberikan kepada calon konsumen baik perorangan, sekelompok orang atau kepada entitas bisnis lain.

Dan ini penting dibaut terlebih untuk anda yang pengen bangun usaha yang bergerak di bidang F&B atau Food & Baverage.

Sebelum lanjut ke pembahasan inti soal contoh proposal makanan dan minuman, baiknya saya bahas dulu apa itu proposal usaha.

Apa itu Proposal Usaha?

Proposal usaha adalah bagian dari proposal bisnis yang didalamnya menginformasikan soal produk yang dibuat dan potensinya.

Dengan kata lain, dalam proposal ini selain menyertakan garis-garis besar dalam proposal, seperti latar belakang dan tujuan perusahaan, juga harus menyertakan informasi soal rumusan masalah.

Termasuk didalamnya solusi atas masalah yang nantinya di hadapai, model bisnis sampai keunikan produk tersebut dibanding yang lainnya.

Agar jelas, berikut struktur paling umum yang wajib dalam ada proposal usaha, termasuk didalamnya proposal makanan, minuman atau yang lainnya, seperti:

  • Nama perusahaan termasuk didalamnya profil perusahaan, tanggal berdiri dan informasi penting lainnya, visi dan misi misalnya
  • Tujuan pendirian perusahaan, yang lebih mengarah ke visi dan misi perusahaan untuk jangka pendek atau jangka panjang
  • Latar belakang usaha atau gambar singkat tentang usaha yang sedang dirintis
  • Survey pasar atau analisa market share untuk usaha makanan yang dibangun termasuk didalamnya jumlah pesaing, radius jangkauan konsumen, segmentasi calon konsumen dan informasi penting lain
  • Peluang bisnis yang didalamnya melibatkan soal rumusan masalah dan solusi saat masalah itu di hadapi nantinya
  • Deskripsi produk yang didalamnya menginformasikan nama-nama produk, bentuk, perkiraan harga sampai faktor yang membuat produk itu unik atau beda dibanding pesaing
  • Terakhir berkaitan dengan kesimpulan terkait dengan proposal yang mayoritas menyinggung kembali soal kelebihan usaha makanan dan minuman yang dibuat.

Itu saja sih, selebihnya tinggal disesuaikan sama jenis produk yang mau dibuat proposalnya, apakah langsung ataupun tidak langsung.

Contoh Proposal Usaha Makanan dan Minuman

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan contoh proposal usaha makanan dan minuman. Lantas, apa saja contohnya? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Contoh proposal usaha makanan

Pertama yang akan saya bahas adalah contoh proposal usaha makanan singkat. Hanya saja, tetap disesuaikan sama kebutuhan dalam proposal tersebut.

Artinya, tetap melibatkan struktur proposal yang sudah saya jelaskan diatas termasuk deskrispi yang jelas terkait usaha dan produk.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan contoh proposal usaha makanan, yakni:

COVER Proposal

I. NAMA PERUSAHAAN
PT. Keladi Sejahtera Mandiri

II. TUJUAN PERUSAHAAN
1. Untuk memproduksi bahan makanan berbahan dasar Talas yang bisa di konsumsi seluruh kalangan usia
2. Untuk membuat produk olahan jadi berbahan dasar keladi dengan bentuk dan menarik
3. Untuk membantu meningkatkan taraf hidup petani keladi yang ada di Indonesia
4. Memperkenalkan keladi ke seluruh masyarakat baik lokal dan nasional

III. LATAR BELAKANG USAHA
1. Keladi adalah makanan yang jarang sekali di konsumsi masyarakat dibanding singkong atau beras
2. Keladi bisa digunakan sebagia bahan dasar cemilan seperti keripik atau produk olahan lain

IV. SURVEY
a. Survey terhadap masyarakat
Masyarakt Indonesia Timur menyukai Talas bahkan di beberapa daerah dijadikan sebagia makanan pokok yang tingkat konsumsinya setara dengan Singkong. Dan setelah di ubah jadi makanan olahan atau keripik, dalam survey yang kami lakukan, ternyata banyak disukai yang jumlahnya mencapai 70% dari total responden dalam survey tersebut.

b. Survey terhadap pasar
Pengusaha juga telah melakukan survey di pasar secara langsung dan menemukan berbagai fakta seperti:
* Masyarakt lebih senang mengkonsumsi makanan fast food untuk mengganjal perut jika tak sempat makan pagi dan siang
* Ada pola tertentu yang mengerucut pada kebiasaan dimana masyarakat lebih senang makan di luar rumah
* Kandungan gizi dari Talas yang cukup bagus dengan kalori, serat dan protein yang tinggi sehingga bisa dikonsumsi sebagia pengganti sementara makanan pokok

V. PELUANG BISNIS
a. Rumusan Masalah
Perlunya mendapatkan lokasi atau wilayah yang menyediakan pasokan talas sebagai bahan baku yang kemudian di olah dalam dua jenis produk yakni Keripik dan Kue.

b. Solusi masalah
Kerjasama perusahaan dengan petani talas untuk menyetor Talas hasil tanaman mereka ke perusahaan secara langsung dan pencarian distributor untuk menjangkau lokasi-lokasi lain yang menjadikan Talas sebagai salah satu sumber makanan pokok

VI. DESKRIPSI PRODUK
Pengusaha menamakan produk berbahan dasar tals untuk jenis kerpikir dengan nama TKriuk dan untuk Kue dengan nama Takue.

a. TKriuk
TKriuk adalah keripik berbahan dasar talas yang ketika di konsumsi akan menghasilkan pengalaman yang unik dengan toping modern layaknya ovomaltine, Nutella dan lain sebagainya.

b. Takue
Takua adalah kue berbahan dasar Talas yang dibuat menyerupai kue kebanyakan. Dengan rasa yang kuat, tidak keras dan cocok untuk di konsumsi di pagi hari

VII. KEUNIKAN PRODUK
1. Produk dikemas dalam desain yang unik dan ramah konsumsi untuk segala usia. Warnanya tidak norak atau nyetrik
2. Kemasan produk berkonsep eat-and-go dimana orang-orang bisa membelinya langsung untuk kemudian di konsumsi atau di simpan terlebih dahulu untuk di konsumsi
3. Dengan kemasan tersebut, produk akan tahan lebih laman, tidak mengandung manisan dan layak konsumsi

VIII. KESIMPULAN

Perlu diingat, diatas hanyalah contoh dan anda bisa sesuaikan sama jenis produk yang mau dibuat proposalnya.

Sebagai tambahan, jika mau buat usaha seperti ayam geprek atau sejenisnya, ada beberapa inforamsi yang perlu dilibatkan juga, seperti:

  • Ringkasan yang berisikan konsep dan manajemen produk tersebut. Untuk konsep, anda perlu jelaskan soal bahan dasar makanan, cmapuiuran, sambel dan lain sebagainya. Sementara, pada konteks manajemen, menjelaskan siapa yang membuat resepnya
  • Kedua berkaitan dengan deskripsi usaha dimana anda menjelaskan soal deskripsi produk, strategi untuk menjgkau konsumen, harga, promosi
  • Analisa SWOT yang didalamnya menyebutkan soal kompetitor produk, jarak usaha dengan kompetitor, kelebihan dan kekurangna produk sampai peluang produk tersebut

2. Contoh Proposal Usaha Minuman

Pembuatan proposal minuman kurang lebih sama seperti proposal usaha makanan diatas. Hanya saja, disesuaikan sama jenis minuman yang mau dibuat.

Sebagai contoh, anda buka usaha makanan dan pengen buka sekalian sama usaha minuman yang lagi hits sekarang yakni Boba.

Lantas, seperti apa usaha minuman tersebut? Bisa ikuti contoh dibawah ini:

Proposal Usaha Minuman Bobalicious

I. Ringkasan Produk
a. Konsep usaha
Konsep minuman boba yang dibuat tetap menggunakan pendekatan tradisional. Dimana, pemilik usaha akan membuat satu jenis minuman baru dengan bahan dasar tradisional yang tak kalah sama minuman modern. Minuman tersebut dicampur dengan bahan-bahan yang sedang hype sekarang seperti Boba, Avokad dan bahan lainnya.

b. Manajemen usaha
Usaha ini dirintis oleh pemilik modal dengan dibantu oleh dua orang karyawan untuk membantu operasional dan penjualan.

II. Deskripsi Usaha
a. Deskripsi Produk
Bobalicious menggunakan cendol sebagai bahan dasarnya. Hanya saja, cendol tersebut di kombinasikan dengan berbagai bahan lainnya seperti boba, jus buah, avokat, susu dan bahan lainnya.

b. Strategi produk
Dengan menggunakan berbagai bahan dasar diatas maka akan menghasilkan kombinasi minuman yang belum pernah dibuat sebelumnya. Bobalicious diharapkan bisa menarik minat banyak orang untuk membelinya karena teksturnya yang mengunggah selera, rasa yang kuat serta sensasi yang unik.

c. Harga
Setiap produk minuman akan di jual seharga Rp10.000 dengan konsep drink-to-go, dimana orang-orang bisa mengkonusmisnya dimana saja.

d. Promosi
Untuk menarik minat pelanggan, maka produk akan di promosikan di beberapa media seperti website, media sosial, story aplikasi chat, brosur dan lain sebagainya.

f. Target pasar
Bobalicious menargetkan anak-anak mudah dari umur 13-21 tahun dimana mayoritas umur tersebut senang mengkonsumsi minuman drink-to-go.

III. Analisis peluang usaha
a. Kompetitior
Karena minuman jenis ini lagi tren dengan berbagai varian produk dan nama, maka konsep minuman drink-to-go yang akan diluncurkan akan diikuti dengan kompetitor yang menawarkan jenis minuman serupa.

b. Kelebihan
Hingga saat ini, di wilayah kami belum terdapat miniman serupa dengan varian dan merk yang menyerupai.

c. Kekurangan
Karena merk minuman menggunakan frasa Boba, maka produk minuman yang dijual masih kalah populer dengan minuman drink-to-go lain dengan konsep yang serupa.

d. Peluang
Ada banyak pilihan rasa dengan kemasan unik yang bisa di tulis tangan sehingga akan disukai oleh banyak orang.

Sementara, untuk anda yang pengen lihat contoh Proposal usaha, termasuk proposal usaha makanan dan minuman, bisa lihat lewat dua tombol dibawah:

Penutup

Seperti yang saya sebutkan diatas dimana contoh proposal bisa disesuaikan sama jenis makanan dan minuman yang dibuat.

Perhatikan juga struktur proposalnya atau bisa menyesuaikan sama struktur proposal kebanyakan dengan tetap memperhatikan tujuan pembuatannya.

Demikian artikel tentang contoh proposal usaha makan dan minuman. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar