120+ Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi

Sebenarnya ada banyak contoh jenis pekerjaan dan profesi di Indonesia. Dan jumlah terus bertambah dari waktu ke waktu.

Mengapa demikian? Ada banyak alasan mulai dari perkembangan ilmu pengetahuan yang makin kompleks, kebutuhan industri yang makin bertambah sampai kemampuan seseorang yang semakin spesifik.

Termasuk juga pengaruh dari internet dan teknologi informasi sehingga memunculkan berbagai pekerjaan baru, yang juga membuat beberapa pekerjaan lama ditinggalkan.

Ini karena beberapa pekerjaan sudah tidak relevan dengan perkembangan zaman atau pekerjaan tersebut sudah bisa dilakukan oleh mesin terlebih dengan meningkatnya Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan.

Dan untuk anda yang sedang cari contoh-contoh pekerjaan, contoh-contoh profesi, jenis-jenis pekerjaan atau mungkin jenis-jenis profesi, simak artikel ini sampai habis.

Daftar isi tampilkan

120+ Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 120+ jenis pekerjaan dan profesi termasuk tugas, tanggungjawab dan contohnya, seperti:

A. Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi di bidang Teknik

Pekerjaan dan profesi di bidang teknik pada dasarnya mengacu pada pengetahuan dan kepandaian untuk menghasilkan sesuatu yang berkenaan dengan industri.

Misalnya, bangunan, mesin, pertambangan dan lain sebagainya. Tapi, bukan saja berputar pada hasil tetapi juga prosesnya yang membutuhkan SDM dengan kemampuan tersebut.

Dan ada banyak sekali contoh jenis pekerjaan serta profesi dibidang teknik, berikut beberapa diantaranya:

1. Arsitek

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via adhyaksapersada.co.id

Arsitek adalah orang yang merencanakan, merancang dan mengawasi konstruksi suatu bangunan. Tapi, pada umumnya, pekerjaan jenis ini dianggap sebagai orang yang punya keahlian mendesain bangunan.

Desain bangunan itu, dalam beberapa kasus, termasuk interior dan eksterior, yang akan digunakan sebagai hunian oleh manusia.

Baca Juga:

Secara etimologis, istilah arsitek berasal dari bahasa Latin, Architectus yang diambil dari gabungan dua kata dalam bahasa Yunani yakni Arkhi dan tekton yang berarti kepala pembangun.

Lantas, apa tugas seorang arsitek? Tugas utamanya adalah untuk membuat, merancang dan mengelola tata ruang bangunan termasuk didalam fungsi, konsep dan instalasinya.

Instalasi ini termasuk listrik, pipa air dan juga ventilasi udara pada bangunan. Serta, perkiraan anggaran yang diperlukan dalam proses konstruksi sampai selesai.

2. Insinyur

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via detik.com

Insinyur, dalam konteks keilmuan, merujuk pada seseorang yang telah memperoleh gelar sarjana teknik sesuai dengan program studi yang diambil.

Karena itu, dalam prakteknya, istilah insinyur ini bisa merujuk pada beberapa kemampuan spesifik dibidang tertentu, diantaranya:

  • Insinyur Elektro atau electrical engineers adalah seseorang yang tugas utamanya adalah merancang, membangun dan memelihara sistem kelistrikan
  • Insinyur Mekanik adalah individu yang tugas utamanya berkaitan dengan pemeliharaan komponen mekanik seperti mesin dan pabrik termasuk juga pemasangan dan pemeliharaannya
  • Insinyur Penerbangan adalah individu yang tugas utamanya adalah mendesain dan merancang pesawat terbang termasuk helikopter, glider dan lain sebagainya
  • Insinyur perminyakan atau petroleum engineer adalah individu yang tugas utamanya adalah mencari dan mengeksplorasi minyak dan gas dari hulu sampai ke tahap produksi di permukaan
  • Insinyur sipil adalah individu yang bertanggung jawab membuat, merancang, mendesain dan melaksanakan konstruksi bangunan dan pemeliharaan strukturnya
  • Insinyur metalurgi adalah individu yang tugas utamanya adalah mengolah material termasuk didalamnya ekstraksi dan pembuatan material industri
  • Insinyur mekatronika adalah orang yang tugas utamanya adalah untuk merancang termasuk didalamnya melakukan pemeliharaan komponen mekanik dan elektronik
  • Insinyur nuklir adalah individu yang tugas utamanya adalah untuk merancang dan melakukan pemeliharaan pembangkit listrik bertenaga nuklir atau PLTN. Tapi, gelar ini juga disandang oleh mereka yang mengembangkan persenjataan nuklir taktis dan lain sebagainya
  • Insinyur kimia, yang kadang juga disebut insinyur proses (process engineer) adalah individu yang tugas utamanya adalah merancang dan merawat komponen kimia untuk pabrik dan industri
  • Insinyur pemrograman atau insinyur perangkat lunak, yang kadang juga disebut insinyur komputer, adalah individu yang tugas utamanya adalah merancang dan merekayasa perangkat lunak termasuk didalamnya pengembangan, pemeliharaan dan juga pengujian
  • Insinyur biomedis adalah individu yang tugas utamanya adalah melakukan penelitian terkait dengan kesehatan manusia, termasuk didalamnya membuat perangkat dan peralatan yang terkait dengan tugas dan tanggung jawabnya tersebut
  • Insinyur industri adalah individu yang tugas utamanya adalah untuk merancang sistem industrial untuk mengintegrasikan kinerja manusia dan mesin agar efisien termasuk didalamnya menyediakan informasi, energi dan melakukan pemeliharaan sistem tersebut
  • Insinyur kelautan adalah individu yang tugas utamanya adalah mengoperasikan mesin dan sistem perkapalan termasuk didalamnya merancang sistem dan melakukan pemeliharaan berkala

3. Montir

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via garasi.id

Montir adalah orang yang pekerjaannya memasang dan memperbaiki mesin kendaraan bermotor yang sudah rusak entah itu mobil, motor dan lain moda transportasi berbasis mesin lainnya.

Dalam beberapa kasus, montir ini disebut sebagai mekanik, yang merujuk pada seseorang yang mempunyai keahlian memperbaiki mesin dalam skala kecil.

Lantas, apa sih tugas utama dari montir? Secara umum, ia mempunyai tugas untuk mencari tahu penyebab kerusakan mesin kendaraan atau peralatan industrial.

Setelah mengetahui penyebabnya, ia harus memperbaiki kerusakan tersebut sesuai dengan tingkat kerusakannya sampai bisa beroperasi kembali.

Dalam beberapa kasus, ia juga harus melakukan inspeksi secara berkala pada mesin termasuk komponen lain yang mungkin bisa memicu kerusakan.

4. Welder

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via klikmro.com

Welder adalah istilah lain untuk juru las, yang merujuk pada pekerjaan pengelasan untuk menyambung dua logam atau lebih.

Dan ini termasuk salah satu profesi di bidang teknik yang butuh keterampilan dan pengetahuan yang mendalam soal pekerjaannya.

Selain logam, welder juga bisa menyambung berbagai komponen keras lainnya termasuk alumunium, tembaga, kuningan, titanium, nikel, stainless steel, baja dan seterusnya.

Jika individu tersebut bekerja pada skala industri, maka ia juga memiliki tugas untuk memeriksa kekuatan sambungan termasuk inspeksi berkala untuk mencegah kerusakan pada sambungan tersebut.

5. Konsultan teknik

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via kanugrahanteknik.com

Konsultan adalah orang yang ahli dalam memberikan petunjuk, pertimbangan, atau nasihat dalam suatu kegiatan misalnya dalam penelitian, dagang dan lain sebagainya.

Jika pekerjaan ini dilakukan dalam skala industri atau teknik, maka secara umum ia mempunyai tugas untuk memperbaiki sistem mekanikal berdasarkan kontrak yang diberikan.

Termasuk juga di dalamnya untuk merancang sistem pengganti atau alternatif, melakukan pemeliharaan, inspeksi berkala dan rekayasa nilai.

Dalam beberapa kasus, ia juga harus membuat laporan perkiraan biaya perawatan dan perbaikan, perkiraan binding, membuat gambar dua dimensi soal sistem dan lain sebagainya.


B. Contoh Pekerjaan dan Profesi di bidang Kesehatan

Di bidang kesehatan, ada banyak sekali contoh pekerjaan dan profesi yang umumnya berkaitan dengan perawatan orang yang sakit dan melahirkan.

Termasuk didalamnya diagnosis suatu penyakit, rekomendasi kesehatan, rekomendasi jenis obat-obatan yang dikonsumsi dan lain sebagainya.

Artinya, ada banyak sekali contoh pekerjaan dan profesi di bidang kesehatan, berikut beberapa diantaranya:

1. Dokter

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via halodoc.com

Dokter adalah tenaga kesehatan yang telah memiliki sertifikat praktek kedokteran dari lembaga berwenang yang memungkinkan dirinya melakukan intervensi medis kepada seseorang.

Selain itu, dokter juga memiliki tugas untuk berinteraksi dengan pasien, mendiagnosis masalah medis dan mengobati penyakit atau cedera.

Dalam dunia kedokteran, ada banyak sekali bidang spesialisasi, mulai dari gigi, mulut, odontologi, penyakit dalam dan lain sebagainya.

Tapi, secara umum, istilah dokter lebih merujuk pada seseorang yang telah lulus pendidikan kedokteran yang ahli dalam penyakit dan pengobatan.

2. Perawat

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via klikdokter.com

Perawat adalah profesi dalam sektor kesehatan yang fokus dalam keperawatan individu, keluarga atau kelompok masyarakat sehingga mereka bisa mempertahankan atau memulihkan kesehatannya.

Di KBBI, istilah ini merujuk pada orang yang merawat atau tenaga kesehatan profesional yang bertugas memberikan perawatan kepada klien atau pasien.

Perawatan yang dimaksud mencakup perawatan kesehatan, biologis, psikologis, sosial dan spiritual dengan menggunakan proses keperawatan standar sampai pasien bisa sembuh dari penyakitnya.

Dan agar pekerjaan tersebut bisa dilakukan dengan tepat dan prosedural, perawat harus mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan keahlian dan kemampuannya.

3. Bidan

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via ikbis.ac.id

Bidan adalah profesional kesehatan terlatih dan terpelajar yang bertugas membantu wanita sehat selama persalinan, melahirkan sampai kelahiran bayi.

Pekerjaan ini bisa dilakukan di rumah dari ibu yang melahirkan. Hanya saja, atas alasan peralatan dan prosedur kesehatan, banyak yang merekomendasikan agar ibu hamil melahirkan di rumah sakit.

Di KBBI, profesi bidan dianggap sebagai wanita yang mempunyai kepandaian menolong dan merawat orang yang melahirkan dan bayinya.

Istilah bidan termasuk istilah teknis dan merupakan bagian dari bidang keperawatan. Artinya, profesi ini juga dapat disebut perawat dalam artian yang lebih khusus.

Dan sebagai salah satu profesi di bidang kesehatan, seorang bidan harus memperoleh pendidikan sesuai dengan kualifikasi profesi yang diinginkan.

4. Apoteker

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via quipper.com

Apoteker, dalam KBBI, berarti orang yang ahli dalam ilmu obat-obatan atau orang yang berwenang membuat obat untuk kemudian dijual.

Dalam beberapa kasus, ia disebut sebagai chemist atau ahli kimia. Apoteker sendiri adalah istilah yang lebih umum di Amerika termasuk di Indonesia.

Dengan demikian, dapat dipahami bahwa pekerjaan ini hanya dilakukan oleh profesional kesehatan dengan kemampuan mengontrol, merumuskan dan melestarikan obat-obatan.

Biasanya, apoteker juga memiliki kemampuan konseling tentang bagaimana obat harus digunakan, kapan harsu di konsumsi dan bagaimana cara mendapatkan manfaat maksimal dari obat tersebut.

Termasuk juga pemberitahuan efek minimal dari obat. Karena itu, tugas mereka sangat penting dalam memberikan perawatan primer, dalam konteks penyediaan obat, untuk masyarakat.

5. Fisioterapis

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via ciputrahospital.com

Fisioterapis adalah orang atau individu yang tugas utama memberikan pengobatan terhadap penderita yang mengalami kelumpuhan atau gangguan otot.

Dengan tujuan melatih otot tubuh agar dapat berfungsi dengan normal kembali setelah melalui beberapa prosedur pengobatan yang sesuai cedera yang dialami.

Di beberapa tempat, profesi ini sering disebut secara bergantian dengan terapi fisik atau physical therapy, Kinesiologi dan lain sebagianya.

Meksi penyebutannya profesi ini berbeda-beda, semuanya merujuk pada profesi dibidang kesehatan dengan tugas utama adalah melakukan rehabilitasi dan meminimalisir keterbatasan fisik seseorang setelah cedera.

6. Ahli Gizi

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via halodoc.com

Ahli Gizi adalah orang yang bertugas untuk memberikan informasi terkait dengan gizi kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan komunitas dalam skala tertentu.

Misalnya, ahli gizi industri yang fokus untuk memberikan informasi gizi tentang pengembangan produk pangan baru dari perusahaan.

Atau mungkin ahli gizi kesehatan publik yang merupakan ahli gizi dengan giat utama memperbaiki keadaan gizi dan kesehatan masyarakat.

Hingga ahli gizi olahraga yang merupakan profesional dengan keahlian dalam bidang gizi olahraga untuk orang lain atau para atlet.

7. Penyuluh Kesehatan

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via Shutterstock

Penyuluh kesehatan adalah pekerjaan khusus yang fokus untuk memberi informasi, penerangan, petunjuk atau promosi terkait dengan kesehatan.

Biasanya, orang yang berprofesi di bidang ini disebut penyuluh kesehatan masyarakat yang diberikan tugas dan tanggung jawab melakukan penyuluhan kepada masyarakat umum.

Dalam beberapa kasus, pekerjaan ini dilakukan oleh beberapa profesi seperti bidan, perawat, sarjana kesehatan masyarakat sampai dokter.

Dengan tugas yang spesifik yakni untuk memberikan edukasi pentingnya menjaga kesehatan, melakukan pola hidup sehat dan menanamkan keyakinan tentang pentingnya pengobatan di rumah sakit.

8. Radiolog

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via ciputrahospital.com

Radiolog adalah orang yang memiliki keahlian atau tugas tertentu untuk mengidentifikasi suatu penyakit dalam tubuh manusia dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Ilmu dibidang ini disebut radiologi, yang merujuk pada ilmu pengobatan yang menggunakan sinar X atau sinar radioaktif untuk mengetahui tentang adanya suatu penyakit dalam tubuh.

Dengan demikian, seorang radiolog memiliki tugas utama mengoperasikan alat radiologi untuk mengetahui rama tubuh seseorang yang jadi pasien.

Hanya saja, untuk saat ini, radiolog tidak saja mengandalkan gelombang elektromagnetik tetapi juga gelombang mekanik saat tugas ini dilakukan.

9. Ahli Forensik

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via assist.id

Ahli forensik, yang kadang juga disebut sebagai ahli bedah, adalah profesi yang berkaitan dengan penentuan identitas tubuh seseorang yang ada kaitannya dengan peradilan.

Biasanya, seorang ahli forensik ini berprofesi sebagai dokter juga namun spesialisnya ada di bidang forensik dan medikolegal.

Lantas, apa tugas utama seorang ahli forensik? Sudah dijelaskan diatas yang mana merujuk pada individu yang punya keahlian mengolah barang bukti medis untuk digunakan sesuai kebutuhan.

Misalnya, apabila seseorang mengalami kecelakaan, maka dapat diketahui dimana cedera yang memicu korban meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

10. Laboran

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via andarupm.co.id

Laboran adalah orang yang berprofesi sebagai ahli kimia yang bekerja di laboratorium. Istilah ini kadang juga disebut sebagai ahli kimia.

Dalam beberapa kasus, istilah laboran sering dikaitkan dengan pekerjaan di bidang pendidikan dengan tugas utama untuk melakukan pengajaran di bidang vokasi terkait.

Termasuk juga melakukan penelitian di laboratorium untuk berbagai subjek. Dengan demikian, tugas utama laboran adalah bekerja di laboratorium baik sebagai tenaga pendidik atau bukan.

Karena tugasnya yang cukup spesifik yang berkaitan erat dengan penelitian di bidang kesehatan, dalam beberapa kasus laboran sering disebut juga sebagai analis kesehatan laboratorium.

11. Psikolog

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via sehatq.com

Psikolog adalah orang yang ahli di bidang psikologi yang merupakan ilmu yang berkaitan dengan proses mental baik normal maupun abnormal.

Serta pengaruh sikap tersebut terhadap perilaku seseorang. Karena itu, umumnya, ia dianggap sebagai ilmu pengetahuan tentang kejiwaan manusia.

Tapi, seorang psikolog juga punya kemampuan yang berbeda. Ada yang fokus ke psikologi fisiologik sebagai dasar dari tingkah laku manusia.

Ada juga psikologi komunitas yang merupakan kombinasi dari psikologi klinis terapan untuk kesejahteraan individu, psikologi kriminal tentang jiwa seseorang atau kelompok yang punya kaitan dengan perbuatan jahat.

Serta psikologi perkembangan yang fokus untuk mempelajari hubungan interindividual dan intraindividual serta psikologi sosial yang merupakan studi yang berasal dari perpaduan antara sosiologi dan psikologi.


C. Contoh Pekerjaan dan Profesi di bidang Keuangan sera Perbankan

Keuangan dan perbankan adalah sektor esensial utama yang menggerakan ekonomi. Karena berkat dua bidang tersebut, distribusi barang dan uang dapat berlangsung.

Dan ada beberapa contoh pekerjaan dan profesi bidang keuangan serta perbankan yang umum ditemui, berikut beberapa diantaranya:

1. Akuntan

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via sisternet.co.id

Akuntan adalah orang yang bertugas mencatat transaksi uang masuk dan keluar dalam suatu organisasi, melaporkan kinerjanya kepada pimpinan perusahan dan membuat laporan keuangan.

Umumnya, akuntan punya kewenangan untuk menerbitkan faktur kepada pelanggan, yang didalamnya mencatat penjualan dan piutang.

Termasuk juga menerima nota dari pemasok, untuk mencatat pengeluaran dan aset serta hutang usaha tertanggung.

Mereka juga bertugas untuk mengeluarkan gaji atau melakukan pembayaran upah untuk karyawan, karena itu termasuk dalam catatan pengeluaran dan arus kas keluar organisasi.

Lebih jauh lagi, mereka juga membuat laporan keuangan dan dalam beberapa kasus, melakukan audit soal keuangan dalam organisasi.

2. Teller

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via parapuan.co

Dalam rilis OJK, teller disebut sebagai petugas bank yang bertugas untuk menerima simpanan, mencairkan cek serta memberikan informasi serta pelayanan kepada masyarakat.

Lantas, apakah teller dan kasir bank itu sama? Jawabannya ya dengan tugas utama adalah menangani transaksi seperti memasukkan atau menarik dana nasabah.

Selain itu, teller juga memiliki tugas untuk melakukan perhitungan dana di awal shift, mengambil uang tunai, termasuk didalamnya kartu debit dan cek serta pembayaran lainnya dari dan kepada pelanggan.

Dalam beberapa kasus, teller juga bertugas untuk menjawab berbagai pertanyaan dari nasabah, melakukan penukaran uang rusak dan lain sebagainya.

3. Auditor

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via konsultaniso.web.id

Auditor adalah orang yang bertugas melakukan audit atau pengauditan tentang suatu laporan keuangan, laporan laba rugi dan lain sebagainya.

Intinya, auditor adalah orang atau individu yang tugas utamanya melakukan audit keuangan dari satu perusahaan atau organisasi.

Dalam proses pengauditan, ia akan mengumpulkan berbagai laporan keuangan termasuk memeriksa berbagai bukti dan informasi keuangan dalam periode tertentu.

Setelah itu ia akan menentukan dan membuat laporan audit yang berisikan penjelasan soal kesesuaian antara data dan informasi dari laporan keuangan yang diaudit.

4. Account Officer

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via freshbooks.com

Secara umum, account officer adalah posisi pekerjaan bidang keuangan yang tugas utamanya adalah mengkoordinasikan dan mencatat arus kas dan pengeluaran perusahaan.

Dengan demikian, ia harus mencatat transaksi keuangan baik manual atau melakukan pembukuan digital, membuat laporan keuangan, mengatur gaji karyawan, faktur pajak dan transaksi dengan pelanggan.

Lebih jauh lagi, account officer bertanggung jawab untuk memperkenalkan produk perusahaan pada klien terlebih jika perusahan tersebut bergerak di bidang keuangan.

Didalamnya termasuk memproses invoice atau tagihan, mengelola hutang dan juga piutang dari perusahan tempatnya bekerja.

Artinya, seorang account officer harus memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang akuntansi karena memang tugas praktisnya berkaitan dengan hal tersebut.

Termasuk juga keahlian menggunakan komputer, kemampuan komunikasi sampai pengetahuan terhadap rumus-rumus dasar dalam membuat laporan keuangan.

5. Customer Service

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via jobstreet.co.id

Costumer service atau layanan pelanggan adalah pekerjaan yang tugas utamanya adalah menyampaikan informasi kepada pelanggan tentang suatu produk.

Meski demikian, tugas seorang costumer service jauh lebih kompleks karena harus menjawab berbagai pertanyaan klien tentang produk dari perusahaan.

Termasuk juga menerima berbagai keluhan dan tanggapan dari klien tentang produk, mencatat setiap keluhan dan memberikan resolusi sementara atau permanen atas masalah yang dialami klien.

Dengan tujuan akhir adalah untuk menjaga hubungan atau relasi yang baik antara klien atau pelanggan dengan perusahaan.

Dalam beberapa kasus, customer service juga diberikan tugas untuk membuat catatan administratif penjualan dari perusahaan tempatnya bekerja.

6. Kasir

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via era.id

Kasir, di KBBI, adalah pemegang kas atau uang. Bisa juga diartikan sebagai orang yang bertugas menerima dan membayarkan uang.

Tapi, istilah ini sudah mengalami perluasan makna setelah industri ritel modern lahir diberbagai tempat dimana diartikan sebagai orang yang melayani konsumen dalam hal pembayaran.

Umumnya, mereka bertugas di titik-titik tertentu pada satu toko, untuk menerima pembayaran dan pengembalian uang konsumen.

Tapi, istilah teller dan pramuniaga juga termasuk kasir. Hanya saja, di Indonesia, istilah kasir umumnya dipakai pada toko ritel semetara teller di pakai pada bank.

7. Analis Keuangan

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via Shutterstock

Analis keuangan adalah pekerjaan yang tugas utamanya adalah untuk melakukan analisis pengelolaan keuangan dari suatu perusahaan atau lembaga.

Misalnya, jika bekerja di bawah pemerintahan, maka biasanya analisisnya seputar anggaran penerimaan dan belanja daerah atau negara.

Termasuk juga melakukan pencatatan dan penyelesaian tagihan, melakukan perintah pembayaran serta melakukan audit laporan keuangan instansi secara umum.

Intinya, analis keuangan memiliki tugas untuk mengontrol, mempelajari serta melakukan analisis keuangan secara profesional.

8. Analis Kredit

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via beritagar.id

Analis Kredit atau credit analyst adalah pekerjaan yang tugas utamanya adalah menganalisis kemampuan kredit seseorang atau calon pelanggan.

Didalamnya terkait dengan perhitungan resiko dari klien soal kemampuan menyelesaikan kredit, menghitung berbagai biaya terutang dan lain sebagainya.

Biasanya, seorang analis kredit bekerja dibawah lembaga kredit atau lembaga pembiayaan yang melayani berbagai kredit.

Entah itu kredit pemilikan kendaraan bermotor seperti mobil atau sepeda motor termasuk juga pemilikan rumah, kredit usaha dan lain sebagainya.

9. Konsultan Keuangan

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via Shutterstock

Konsultan keuangan, yang kadang juga disebut penasihat keuangan, adalah pekerjaan yang tugas utamanya adalah untuk memberikan konsultasi terkait dengan keuangan dari satu organisasi atau lembaga.

Jadi, segala sesuatu yang terkait dengan keuangan seperti pajak, asuransi, investasi sampai hutang piutang termasuk bagian dari pekerjaannya.

Karena tugasnya sebagai konsultan, maka selain melakukan analisis keuangan, juga bertanggung jawab untuk melakukan perencanaan keuangan dan memberikan solusi atas masalah keuangan baik jangka pendek atau panjang.

Sebelum memberikan konsultasi, mereka harus tahu dulu masalah keuangan seperti apa yang dialami oleh klien lalu dilanjutkan ke tahap analisis, pembuatan laporan dan rekomendasi.

10. Konsultan Pajak

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via widyatama.ac.id

Konsultan Pajak adalah pekerjaan yang berkaitan dengan pemberian informasi kepada klien tentang pajak sesuai dengan informasi yang diminta.

Pada dasarnya, konsultan pajak termasuk bagian dari pekerjaan konsultan keuangan tapi fokus utamanya hanya pada pajak tertanggung.

Umumnya, konsultan pajak ini bekerja pada perusahaan atau individu dengan penghasilan yang tidak tetap seperti artis, aktor atau atlet.

Dengan demikian, mereka bisa mengetahui berapa pajak yang harus dibayarkan dari honor atau royalti yang diperoleh saat pekerjaan itu dilakukan.

11. Aktuaris

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via betterteam.com

Aktuaris adalah pekerjaan dibidang keuangan yang secara umum dipahami sebagai ahli matematika dengan tugas utama menghitung risiko, premi, cadangan dan dividen dari individu atau organisasi.

Dengan demikian, ia termasuk profesi yang butuh keahlian dari beberapa bidang berbeda seperti matematika, statistika, probabilitas, akuntansi, keuangan dan ekonomi.

Setiap aktuaris punya keahlian yang berbeda tapi rata-rata berkaitan dengan penilaian resiko aktual dari keuangan individu, perusahaan atau organisasi.

Resiko aktual tersebut harus berorientasi pada risiko yang mungkin akan muncul di masa mendatang, dengan perkiraan kapan hal itu terjadi dan bagaimana mengatasinya.


D. Contoh Pekerjaan dan Profesi di bidang Pendidikan

Pendidikan termasuk sektor esensial karena berkaitan dengan proses mengubah sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam lewat pengajaran dan pelatihan.

Karena itu, dibutuhkan tenaga-tenaga ahli dan terampil di bidang ini. Dan ada beberapa contoh pekerjaan dan profesi di bidang ini, berikut beberapa diantaranya:

1. Dosen

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via mycvcreator.com

Dosen adalah tenaga pendidik atau pengajar di perguruan tinggi meski istilah ini punya definisi yang berbeda di beberapa negara.

Tapi, secara umum, merujuk pada seorang ahli di bidang ilmu tertentu yang dipekerjakan untuk mengajar penuh atau paruh waktu. Dosen juga dapat terlihat aktif dalam satu penelitian.

Dengan demikian, selain melaksanakan tugas sebagai tenaga pendidik, dosen juga harus terlibat dalam berbagai penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Sebagai tenaga pendidik, dosen harus merancang dan melaksanakan program pembelajaran tiap semester kepada mahasiswa termasuk memberikan penilaian dan evaluasi dari hasil pembelajaran tersebut.

2. Guru

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via collegechoice.net

Guru adalah tenaga pengajar atau pendidik di pendidikan formal. Di Indonesia, pendidikan formal merujuk pada pendidikan di beberapa level mulai dari TK, SD, SMP dan juga SMA.

Sementara, jika sudah memasuki jenjang pendidikan tinggi, maka tenaga pendidik tersebut akan disebut dosen.

Dengan demikian, ia bisa dipahami orang orang yang membantu siswa memperoleh pengetahuan dan kompetensi.

Secara informal, peran guru dapat disematkan kepada siapa saja. Misalnya, saat menunjukkan kepada teman bagaimana membuat sesuatu, maka bisa disebut guru.

Di beberapa negara, mengajar anak usia sekolah bisa dilakukan dalam suasana informal, seperti dalam keluarga atau homeschooling, dibanding sekolah formal.

3. Profesi terkait lainnya

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via educationnext.org

Selain dua contoh profesi dibidang pendidikan yang sudah disebutkan diatas, ada juga pekerjaan lain yang tugasnya juga menyelenggarakan pendidikan luar sekolah, diantaranya:

  • Penyuluh Pendidikan yang merujuk pada seseorang yang mempunyai kompetensi sebagai guru tapi tidak terlibat dalam pendidikan formal melainkan pendidikan luar sekolah untuk memberikan pengajaran soal pengetahuan tentang ilmu pengetahuan dalam komunitas masyarakat
  • Pengawas Pendidikan yang kadang juga disebut pengawas sekolah atau supervisor pendidikan adalah pekerjaan yang tugas utamanya adalah melakukan pembinaan dan pemantauan kinerja tenaga pendidik pada satu sekolah
  • Guru les yang kadang juga disebut guru privat adalah tenaga pendidik di luar sekolah memberikan pengetahuan kepada seseorang untuk menguasai satu materi teknis atau mata pelajaran tertentu, Matematika misalnya
  • Konselor adalah individu yang tugasnya memberikan konseling terhadap siswa terkait dengan sikap dan tingkah lakunya. Meski demikian, profesi ini juga umum digunakan pada skala yang lebih besar yakni publik dan perusahaan.

E. Contoh Pekerjaan dan Profesi di bidang Seni dan Desain

Seni dan desain adalah dua profesi atau pekerjaan yang berkaitan dengan keahlian untuk menghasilkan atau membuat karya yang bernilai seni.

Dan ada banyak contoh pekerjaan atau profesi dibidang ini, berikut beberapa diantaranya:

1. Desainer

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via Shutterstock

Desainer atau bisa juga disebut perancang adalah orang yang merencanakan bentuk dan struktur sesuatu sebelum dibuat, dengan menyisipkan gambar atau rancangan awal.

Dengan demikian, mereka bisa disebut sebagai pendesain atau perancang untuk kostum, gambar latar, lampu dan aspek teknikal lainnya dalam sebuah produksi pertunjukan.

Hanya saja, dalam praktiknya, siapapun yang menciptakan objek, produk, proses, hukum permainan, grafik, layanan atau pengalaman berwujud dan tidak berwujud, dapat disebut desainer.

Secara historis, desainer erat kaitannya dengan profesi arsitektur yang pengertiannya sudah diulas di bagian atas, sebagai objek utama.

Lalu diikuti dengan desainer pakaian, furnitur dan artefak lainnya yang diperuntukkan untuk pengrajin yang fokus pada pekerjaan tersebut.

Meski tidak selalu demikian. Karena istilah desainer bisa merujuk pada beberapa profesi atau pekerjaan teknis yang terkait dengan seni, diantaranya:

  • Arsitek yang tugas utamanya adalah membuat desain bangunan dalam skala kecil atau besar
  • Desain Komunikasi Visual (DKV) yang lazim disebut desainer grafis dengan tugas utamanya adalah mengkomunikasikan desain yang dibuat. Artinya, desainer grafis adalah individu atau seseorang yang punya keahlian membuat desain grafis yang merujuk pada seni dan praktik untuk menyampaikan informasi secara visual dengan mengkombinasikan unsur gambar dan teks
  • Desain kostum, yang kadang juga disebut desain busana dengan tugas utama membuat rancangan kostum atau pakaian sesuai dengan tren atau permintaan klien
  • Desain teknik dengan tugas utamanya adalah membuat rancangan gambar teknik untuk berbagai kebutuhan entah itu industri, tekstil, produk dan lain sebagainya
  • Desain bunga dengan tugas utama menata tanaman seperti bunga atau melakukan dekorasi interior di luar ruangan lainnya
  • Desain furnitur adalah bagian dari desain interior dan eksterior untuk merancang bangunan agar terlihat lebih menarik
  • Desain permainan yang kadang juga disebut sebagai UX game dengan tugas utama merancang antarmuka game atau permainan baik untuk komputer atau laptop
  • Desain eksterior yang berkaitan dengan rancangan tampilan luar ruangan sebuah bangunan atau gedung
  • Desain perkotaan adalah individu yang tugas utamanya adalah membuat desain tata kota yang ramah lingkungan dan menarik
  • Desain pengalaman pengguna atau UX design yang bertujuan untuk merancang antarmuka aplikasi agar ramah dari sisi pengguna
  • Desain antarmuka pengguna atau UI design dengan tugas utama merancang tampilan awal dari sebuah aplikasi dan alur kerjanya
  • Desain web dengan tugas utama membuat rancangan awal tampilan website sebelum kemudian dikembangkan

2. Musisi

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via careergirls.org

Musisi bisa merujuk pada berbagai profesi di bidang seni yang terkait dengan dunia tarik suara termasuk didalamnya penyanyi, komposer dan lain sebagainya.

Hanya saja, secara umum, istilah musisi ditujukan kepada individu atau orang yang punya keahlian mengubah, memimpin dan menampilkan musik.

Artinya, musisi adalah istilah umum yang merujuk pada orang yang menjadikan musik sebagai profesi utamanya.

Dimana didalamnya termasuk menciptakan lagu, instrumen, membuat aransemennnya, memimpin grup musik dan lain sebagainya.

Jadi, istilah musisi bisa ditujukan kepada penulis lagu atau pembuat lirik, konduktor yang mengarahkan pertunjukan musik atau pemain yang tampil di depan panggung menggunakan alat musik.

Termasuk mereka menyanyikan lirik atau menciptakan vokal serta seseorang instrumentalis yang memainkan alat musik.

Agar jelas, berikut disajikan tiga profesi atau pekerjaan lain yang berkaitan dengan musisi, diantaranya:

  • Komposer, yang sering disebut sebagai penulis lagu atau invidiu dengan kemampuan menciptakan komposisi musik mulai dari lirik, aransemen, produksi dan lain sebagianya
  • Konduktor atau konduktor yang bertugas untuk mengarahkan pertunjukan musik. Tugas utamanya adalah mengatur pemain dan penyanyi saat berada di atas panggung. Biasanya, mereka juga berada di atas podium yang ditinggikan untuk berkomunikasi dengan para musisi lain lewat gerakan tangan atau kontak mata
  • Performer adalah pelaku seni pertunjukkan musik seperti instrumentalis dan penyanyi yang tampil didepan penonton atau di atas panggung

3. Aktor dan Aktris

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via ask.com

Aktor atau aktris adalah orang yang memiliki kemampuan untuk memainkan peran sebagai satu karakter untuk kemudian dipertontonkan dalam sebuah pertunjukan.

Penyebutan untuk dua istilah di atas dibedakan berdasarkan gender, dengan penjelasan sebagai berikut:

  • Aktor adalah pria atau laki-laki yang berperan sebagai pelaku dalam pementasan cerita, drama dan sebagainya di panggung, radio, televisi sampai film
  • Aktris adalah wanita atau perempuan yang berperan sebagai pelaku dalam pementasan cerita drama, dan sebagainya di panggung, radio, televisi atau film

Dengan demikian, dapat dipahami kalau profesi ini memiliki tugas yakni memainkan peran dari satu karakter fiksi atau nyata, untuk tujuan entertainment atau hiburan.

4. Penyanyi

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via resfu.com

Penyanyi adalah individu atau orang yang menyuarakan suara musik dengan nada dan menggunakan suaranya sendiri untuk menghasilkan musik.

Istilah penyanyi dapat merujuk pada individu atau solo dan kelompok entah itu duet, kwartet, grup vokal dan lain sebagainya.

Dan seringkali, kegiatan tersebut diiringi dengan musik instrumental. Tindakan bernyanyi ini terjadi saat udara melewati laring, tenggorokan dan mulut.

Perlu diketahui juga bahwa resonansi vokal dalam bernyanyi melibatkan tujuh area tubuh manusia yakni dada, pohon trakea, laring, faring, rongga mulut, rongga hidung dan sinus.

5. Penari

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via The Guardian

Penari adalah orang yang pekerjaanya adalah menari dimana ia bisa menggerakan tubuhnya secara berirama dan penuh penghayatan.

Orang yang bekerja dibidang ini sering disebut sebagai anak tari. Lantas, apakah tugasnya hanya melakukan tarian saja?

Secara umum tidak. Karena penari juga harus bisa merancang atau membuat koreografi tarian, membuat model tarian, dan mengkomunikasikan gagasan tersebut kepada anggota tim.

Dengan demikian, selain harus punya kemampuan menari, seorang penari juga harus bisa menghafal urutan gerak, kepekaan terhadap musik agar ritme tarian bisa diselaraskan, kemampuan komunikasi dan lain sebagainya.

6. Seniman

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via Adobe Stock

Seniman, adalah orang yang mempunyai bakat seni dan berhasil menciptakan dan menggelarkan karya seni seperti pelukis, penyair, penyanyi dan lain sebagainya.

Karena itu, istilah seniman lebih merujuk kepada siapa saja yang menghasilkan atau bisa menciptakan karya seni baik fisik atau digital.


E. Contoh Pekerjaan dan Profesi di bidang Informasi dan Komunikasi

Di bidang komunikasi, ada banyak contoh pekerjaan dan profesi baik yang terkait langsung atau tidak, berikut beberapa diantaranya:

1. Novelis

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via Shutterstock

Novelis adalah orang yang membuat novel. Dengan demikian, mereka bisa disebut pengarang, penulis novel dan istilah terkait lainnya.

Tulisan yang dibuat novelis bisa fiksi atau non-fiksi. Beberapa diantaranya menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan utama atau profesional.

Artinya, sumber penghasilan primernya berasal dari penjualan novel-novel tersebut. Sementara, ada juga yang menjadikannya sebagai sampingan atau hobi saja.

Tapi agar bisa disebut sebagai novelis, seseorang harus menekuni pekerjaan ini secara tentatif dan berhasil membuat karya secara berkala.

2. Wartawan

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via cakap.com

Wartawan adalah orang yang bertugas mencari, mengolah dan menyampaikan berita. Istilah ini juga kadang disebut secara bergantian dengan jurnalis atau reporter.

Lantas, apakah tiga penyebutan tersebut benar? Pada dasarnya ia, berikut penjelasannya:

  • Wartawan adalah orang yang pekerjaanya mencari dan menyusun berita untuk dimuat dalam surat kabar, majalah, radio dan televisi, yang kadang juga disebut juru warta atau jurnalis
  • Jurnalis adalah orang yang pekerjaannya mengumpulkan dan menulis berita di media massa cetak atau elektronik, yang kadang juga disebut wartawan
  • Reporter adalah orang yang pekerjaannya melaporkan berita, peristiwa dan lain sebagainya yang kadang juga disebut penyusun laporan atau wartawan

3. Jurnalis Video

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via pixabay.com

Jurnalis video adalah orang yang secara eksplisit merupakan wartawan tapi pelaporan atau berita yang disampaikan berbentuk video.

Artinya, metode pelaporan atau penyampaian beritanya berbeda dengan wartawan pada umumnya yang disampaikan menggunakan teks.

Tapi mereka juga termasuk wartawan karena jurnalis video juga harus mencari, mengumpulkan dan mengolah berita untuk kemudian disampaikan kepada publik.

4. Jurnalis Foto

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via demilked.com

Jurnalis foto adalah individu atau orang yang bertugas untuk melaporkan berbagai peristiwa dengan konten utamanya adalah foto.

Sama seperti jurnalis video diatas yang mana jurnalis foto juga termasuk wartawan tapi pelaporan beritanya bukan dalam bentuk teks melainkan foto.

Atau mungkin, dalam beberapa kasus, mereka bertugas bersama dengan jurnalis lain namun spesifikasinya adalah membuat foto untuk melengkapi satu pemberitaan.

5. Penulis

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via Shutterstock

Penulis adalah orang yang menulis, atau bisa juga disebut sebagai pengarang. Dalam beberapa kasus, istilah ini juga merujuk pada jabatan dalam satu pekerjaan terkait.

Misalnya, redaktur yang menulis naskah dari bahan berita untuk kemudian di dimuat dalam terbitan pers atau editor yang mengedit naskah dari wartawan untuk kemudian diserahkan ke redaktur.

Dengan demikian, istilah penulis merupakan istilah kompleks yang bisa merujuk pada beberapa profesi lain, termasuk novelis yang sudah dijelaskan diatas serta beberapa profesi dunia kepenulisan lain, seperti:

  • Copywriter yang merupakan penulis dengan tugas utama membuat tulisan pada satu topik spesifik yang dipergunakan untuk merayu calon konsumen agar membeli atau menggunakan produk tertentu
  • Blogger adalah individu atau sekelompok orang yang tugas utamanya adalah membuat dan mempublikasikan konten di internet dengan menggunakan platform blogging seperti Blogger, WordPress, Medium dan lain sebagainya
  • Ghost writer atau penulis belakang layar dengan tugas utama menulis berbagai tulisan atas nama orang lain sesuai permintaannya, lalu dapat bayaran dari situ

F. Contoh Pekerjaan dan Profesi di Bidang Hukum, Keamanan dan Pertahanan

Sementara, untuk jenis pekerjaan dan profesi dibidang hukum, keamanan dan pertahanan dibuat menjadi satu karena berbagai alasan, salah satunya berkaitan dengan tugasnya yang diemban.

Dan ada banyak contoh jenis profesi atau pekerjaan di tiga bidang tersebut, berikut beberapa diantaranya:

1. Hakim

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via kompas.com

Hakim adalah orang yang memimpin jalannya persidangan, baik individu maupun sebagai bagian dari kelompok hakim yang disebut majelis hakim.

Hakim akan mendengarkan semua saksi dan bukti lain yang diajukan oleh pengacara yang berbeda baik sebagai jaksa penuntut umum atau pembela.

Kemudian hakim akan menilai kredibilitas dan argumen berbagai pihak untuk kemudian mengeluarkan putusan dalam kasus tersebut berdasarkan interpretasi mereka terhadap hukum dan penilaian pribadi.

Karena itu, hakim diharapkan untuk tidak berpihak dalam memutuskan amar putusannya sebab ini berkaitan dengan hukum dan masa depan seseorang.

2. Tentara

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via armytimes.com

Tentara, pada umumnya, dipahami sebagai pasukan dari orang-orang yang memiliki kewajiban untuk berperang.

Jika menggunakan pengertian diatas, maka bisa dipahami bahwa tentara adalah alat negara yang terdiri dari orang-orang yang terlatih untuk berperang.

Di Indonesia, tentara merujuk pada personel aktif yang tergabung dalam angkatan bersenjata yang tersebar di tiga matra berbeda seperti TNI-AD, TNI-AL dan TNI-AU.

Meski secara konvensional istilah tentara juga bisa merujuk pada siapa saja yang sudah mengangkat senjata seperti milisi, paramiliter sampai dengan wajib militer.

3. Polisi

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via tagar.id

Polisi merujuk pada lembaga penegak hukum, yang didalamnya berisikan individu yang bertugas untuk menegakkan hukum dalam satu negara.

Selain penegakan hukum polisi juga bertugas menjamin keselamatan, kesehatan, harta milik masyarakat dan mencegah kejahatan.

Oleh negara, Polisi diberikan kewenangan untuk menangkap dan menggunakan kekuatan yang dilegitimasi oleh negara lewat monopoli kekuasaan.

Di KBBI, polisi punya dua pengertian dasar. Pertama, badan pemerintah yang bertugas untuk memelihara keamanan dan ketertiban umum.

Caranya dengan menangkap orang yang melanggar undang-undang dan lain sebagainya. Dan kedua adalah anggota badan pemerintah seperti PNS atau ASN, yang bertugas menjaga keamanan dan lain sebagainya.

4. Satpam

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via mediaindonesia.com

Satpam adalah kepanjangan dari satuan pengamanan yang bertugas mengamankan area yang lebih kecil seperti kantor atau bangunan tertentu.

Di KBBI, satpam adalah akronim dari satuan pengamanan atau satuan orang yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban umum dalam lingkungan tertentu.

Dengan demikian, tugas utama satpam cukup spesifik yakni menjaga keamanan dari area tempatnya bekerja misalnya kantor atau rumah.

Menjaga, dalam konteks ini termasuk mengamankan aset, instalasi proyek, pemantauan peralatan, pengawasan, pemeriksaan dan memastikan keamanan area yang dijaga.

Lebih jauh lagi, mereka juga bertugas untuk melakukan tindakan preventif yang diperlukan untuk mencegah kerugian atau kerusakan dari tempatnya bekerja.

5. Sipir

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via medcom.id

Sipir, yang kadang juga disebut sebagai petugas lapas atau petugas penjara adalah orang yang diberikan wewenang oleh negara untuk menjaga penjara.

Di Indonesia, sipir bekerja di bawah kementerian hukum dan hak asasi manusia (Kemenkumham). Dan sebagai petugas penjara, mereka menyelenggarakan tiga tugas pokok.

Pertama melakukan pengawasan terhadap narapidana yang telah diputus bersalah oleh hakim, menjaga keamanan narapidana serta keselamatan semua yang ada di dalam lembaga pemasyarakatan.

Di Indonesia, orang yang bertugas sebagai sipir disebut sebagai Polsuspas atau Polisi khusus Pemasyarakatan yang merupakan korps polisi khusus yang berstatus sebagai PNS.

6. Pengacara

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via karirgogo.com

Pengacara, yang kadang juga disebut sebagai penasihat hukum atau konselor, adalah profesional berlisensi yang mewakili orang lain dalam masalah hukum.

Dan istilah ini bisa disematkan kepada siapa saja entah itu muda, tua, pria atau wanita namun semuanya memiliki sertifikat advokat.

Pada dasarnya, pengacara punya dua tugas utama yakni menegakkan hukum sekaligus melindungi hak-hak klien di mata hukum.

Dan untuk melakukan tugas ini, seorang pengacara harus memahami hukum dan menjadi komunikator efektif bagi klien.

7. Jaksa

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via kejati-jatim.go.id

Jaksa adalah perwakilan hukum dari negara demokratis yang bertugas untuk memberikan dakwaan kepada terdakwa yang melanggar peraturan perundang-undangan.

Di KBBI, jaksa dipahami sebagai pejabat di bidang hukum yang bertugas menyampaikan dakwaan atau tuduhan di dalam proses pengadilan terhadap orang yang diduga melanggar hukum.

Dengan demikian, mereka juga bertanggung jawab untuk mengajukan kasus dalam persidangan pidana terhadap seseorang yang dianggap melanggar.

Biasanya, jaksa mewakili negara atau pemerintah dalam kasus yang diajukan kepada orang yang tertuduh melanggar peraturan berbagai peraturan yang sudah ditetapkan pemerintah.

8. Notaris

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via thebalancecareers.com

Notaris adalah orang yang mendapat kuasa dari pemerintah, dalam hal ini departemen kehakiman, untuk mengesahkan dan menyaksikan berbagai surat perjanjian, surat wasiat, akta dan sebagainya.

Karena merupakan sebuah profesi maka untuk menjadi notaris harus menempuh pendidikan tinggi di bidang hukum lalu mengambil jurusan terkait di bidang ini.

Namun tugas notaris jauh lebih kompleks karena mereka juga harus membukukan setiap tanda tangan, melakukan pengesahan, melakukan akta risalah terkait dengan lelang dan lain sebagainya.

Karena pekerjaan mereka yang sentral, ada prosedur yang harus diikuti. Dan prosedur tersebut harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


H. Contoh Pekerjaan dan Profesi di Bidang Olahraga

Umumnya, pekerjaan atau profesi dibidang olahraga sering dikategorikan dalam satu bagian yakni atlet. Mengapa demikian?

Ada banyak alasan salah satunya adalah jika pekerjaan ini sudah dilakoni secara profesional, maka orang tersebut layak atau bisa disebut atlet.

Disisi lain, apabila merujuk pada jenis olahraga yang dimainkan, maka pembahasannya akan semakin luas dan kompleks.

Karena itu, di artikel ini, hanya disajikan beberapa contoh pekerjaan dan profesi di bidang olahraga paling umum, diantaranya:

1. Atlet

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via lifepal.co.id

Atlet, yang kadang juga disebut olahragawan adalah orang yang mengikuti perlombaan atau pertandingan yang berkaitan dengan kekuatan, ketangkasan dan kecepatan.

Dengan demikian, dapat dipahami bahwa atlet adalah orang yang berkompetisi dalam satu atau lebih olahraga yang melibatkan kekuatan fisik.

Penyebutan istilah ini juga bisa merujuk pada profesional atau amatir yang telah melalui berbagai latihan yang ekstensif, secara tentatif atau tidak.

Istilah atlet sendiri berasal dari bahasa Yunani, athlētēs yang berarti orang yang berpartisipasi dalam suatu pertandingan olahraga.

Athlētēs sendiri berasal dari kata áthlos atau bisa juga disebut áthlon yang berarti kontes atau prestasi. Tapi, seiring berkembangnya waktu, profesi ini telah melalui perluasan makna.

Sepanjang mereka aktif dalam olahraga atau terlibat dalam satu olahraga, yang melibatkan kekuatan fisik atau tidak, disebut atlet.

Ada banyak contoh atlet yang melibatkan kekuatan fisik mulai dari angkat beban, lempar lembing, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, sepak bola dan lain sebagainya.

Dan yang tidak melibatkan fisik bisa dilihat pada permainan atlet eSport seperti atlet PUBG Mobile, Mobile Legends dan lain sebagainya.

2. Binaragawan

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via manofmany.com

Binaragawan adalah orang yang melakukan pekerjaan binaraga atau olahraga yang fokus untuk membentuk otot agar terwujud bentuk yang ideal dan kekar.

Dengan demikian, seorang binaragawan bisa juga disebut atlet dengan catatan ia melakukan kegiatan tersebut secara profesional pada satu kompetisi.

Misalnya, dengan ikut bertanding pada berbagai kejuaraan binaraga profesional yang diselenggarakan baik lokal, nasional atau internasional.

3. Pembalap

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via okezone.com

Pembalap adalah orang yang menggunakan berbagai moda transportasi seperti sepeda, motor, dan mobil untuk adu kecepatan di lintasan.

Lantas, apakah pembalap juga termasuk atlet? Secara umum ya meski ada beberapa yang sangsi karena atlet sering dikaitkan dengan olahraga atletik saja.

Meski demikian, balapan termasuk salah satu olahraga paling populer di dunia karena bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal.

Dan Indonesia sendiri sudah punya lintasan balapan untuk mendapatkan benefit dari olahraga satu ini dengan hadirnya Sirkuit Mandalika di NTB.

4. Wasit

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via vox.com

Wasit adalah orang yang bertugas sebagai penengah dalam satu pertandingan. Misalnya, dalam sepakbola, yang menjadi pengadil di atas lapangan.

Karena itu, dalam beberapa kasus, mereka disebut sebagai hakim lapangan mengingat tugas mereka yang berkaitan dengan pencegahan kecurangan dan peneggakan peraturan pertandingan.

Jika ada pelanggaran dilakukan oleh pemain, wasit akan memberikan ganjaran atau sanksi. Jika dilakukan berulang, maka pemain bisa di usir dari lapangan dan tidak lagi mengikuti pertandingan.

Selain mengadili pemain, hakim juga bertugas untuk menjaga agar pertandingan dilakukan secara profesional dan berhak menindak crew atau pelatih apabila dianggap mengganggu jalannya pertandingan.

5. Pelatih olahraga

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via usafootball.com

Pelatih adalah orang yang bertugas melatih atlet untuk meningkatkan kemampuan dan performanya saat bertanding nantinya.

Dalam praktiknya, seorang pelatih juga harus mengatur menu latihan olahraga dari atlet yang di bina, mendorong agar kemampuan pemain bisa ditingkatkan dan memberikan motivasi.

Mereka juga bertugas untuk merancang strategi dan teknik yang akan digunakan dalam pertandingan nantinya termasuk mengidentifikasi kemampuan dan kelemahan lawan.

Dan agar bisa mendapatkan pekerjaan di bidang ini, seorang pelatih harus mendapatkan sertifikasi dari organisasi kepelatihan baik nasional atau internasional.


I. Contoh Pekerjaan dan Profesi di Bidang Hospitality

Hospitality secara umum dikaitkan dengan industri perhotelan dan restoran meski ada beberapa pekerjaan lain dapat dimasukkan dalam kategori ini.

Lantas, apa saja contoh pekerjaan dan profesi di bidang hospitality? Ada beberapa, diantaranya:

1. Koki atau Chef

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via berkarir.id

Koki, yang kadang juga disebut chef adalah juru masak profesional terlatih yang mahir dalam proses pembuatan masakan.

Di KBBI, koki adalah juru masak atau orang yang ahli dalam seni boga yang terkait dengan makanan, masakan, hidangan dan santapan.

Disisi lain, jika juru masak itu disebut chef, biasanya merujuk pada direktur atau kepala dapur yang telah melalui pelatihan formal dari satu institusi atau pernah magang dengan koki berpengalaman.

Lantas, tugas utama dari seorang koki? Tugasnya adalah memasak makanan untuk konsumen. Sementara, chef lebih kepada pengorganisasian dan manajemen dapur.

Meski dalam beberapa kasus, chef juga bertindak sebagai koki yang menyiapkan dan menghidangkan makanan atau masakan.

2. Pramusaji

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via detik.com

Pramusaji, di KBBI, memiliki arti sebagai orang yang melayani pesanan makanan dan minuman sesuai dengan permintaan.

Di Indonesia, istilah pramusaji lebih dikenal sebagai pelayan rumah makan. Tugas mereka cukup variatif mulai dari memberikan menu makanan, mencatat pesanan makan dan mengantarkannya.

Lebih jauh lagi, pramusaji bertugas untuk menyambut pelanggan dan juga menyediakan berbagai peralatan makan dan minum yang diperlukan konsumen.

Yang didalamnya termasuk membersihkan peralatan makan, menjaga makanan agar layak konsumsi hingga mengangkat piring bekas makan.

3. Waiter dan Waitress

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via Pinterest

Waiter dan waitress sebenarnya merujuk pada seorang pramusaji. Artinya, mereka disebut sebagai pelayan yang melayani tamu saat berkunjung ke restoran atau rumah makan.

Hanya saja, istilah ini juga diberikan kepada mereka yang membantu atau menjadi pesuruh dari klien atau pelanggan.

Lantas, apakah waiter dan waitress itu sama? Jika merujuk pada tugas, dua istilah diatas adalah sama. Hanya saja, istilah waiter merujuk pada pelayan laki-laki.

Sebaliknya, waitress merujuk pada pelayan perempuan. Jadi, tugasnya sama, penyebutan saja yang berbeda karena dua istilah tersebut berkaitan dengan gender.

4. Tata Graha

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via nclmadiun.co.id

Tata graha, yang kadang juga disebut housekeeper, adalah pekerjaan yang berkaitan dengan tata kelola atau tata akomodasi suatu tempat seperti hotel atau rumah pribadi seseorang.

Dengan demikian, pekerjaan ini bukan sekedar tempat tinggal sementara bagi orang yang bepergian seperti dalam kasus tempat penginapan atau rumah, melainkan untuk pemenuhan kebutuhan lain.

Seperti makan dan minum, tempat rekreasi dan olahraga. Intinya, tata graha adalah pekerjaan yang berkaitan dengan tata cara menyelenggarakan rumah tangga beserta akomodasinya.

5. Bartender

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via jobskarir.id

Bartender adalah orang yang bertugas untuk meracik minuman, biasanya yang beralkohol di bar atau tempat lainnya.

Dari pengertiannya diatas dapat dipahami kalau bartender mempunya empat tugas dasar. Pertama, melayani tamu atau konsumen yang berkunjung ke bar.

Kedua, membuat dan meracik minuman sesuai keinginan pelanggan. Ketiga, membuat resep baru dan keempat menciptakan daya tarik dan kreasi dari minuman yang disajikan.

6. Barista

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via Pinterest

Barista pada umumnya dipahami sebagai orang yang ahli membuat minuman seperti kopi atau minuman non alkohol lainnya di kafe atau kedai.

Jika bartender bekerja di bar maka barista bekerja di kedai kopi dengan tugas utama meramu kopi sesuai keinginan atau pesanan klien.

Lebih jauh lagi, mereka juga memiliki tanggung jawab untuk merawat alat pembuat kopi atau lebih dikenal sebagai mesin espresso.

Termasuk juga memberikan penjelasan terkait dengan kopi yang dipesan, memberikan menu kepada pelanggan dan lain sebagainya.

7. Resepsionis

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via ppbm.co.id

Resepsionis adalah orang yang bertugas sebagai penerima tamu di suatu perusahan, hotel, kantor atau tempat-tempat lain.

Dari sini bisa diketahui kalau resepsionis adalah pekerjaan yang tugasnya cukup sentral karena bisa menjadi penghubung antara perusahaan dan klien.

Meski demikian, selain jadi penerima tamu, resepsionis juga mempunyai tugas untuk mencatat data tamu, berkonsultasi dengan tamu sampai menerima keluhan dan solusi atas masalah yang dihadapi tamu.

8. Cleaning Service

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via markey.id

Cleaning service adalah pekerjaan dibidang kebersihan yang pada dasarnya masih merupakan bagian dari pekerjaan tata graha diatas.

Fungsi utamanya adalah untuk membersihkan, menjaga kerapihan serta higienitas suatu tempat entah itu rumah atau bangunan fungsional lainnya.

Tugasnya bukan saja kebersihan dalam ruangan tapi juga luar ruangan. Bahkan, dalam beberapa kasus, pekerjaan ini juga bisa membantu karyawan untuk lebih produktif.

9. Office Boy

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via Shutterstock

Office Boy adalah pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh seseorang di suatu instansi atau kantor yang tugas utamanya adalah untuk membantu meningkatkan produktivitas karyawan.

Dalam beberapa kasus, petugas cleaning service juga merangkap sebagai petugas office boy. Meski ada juga yang tugasnya lebih spesifik.

Umumnya, office boy punya beberapa tugas utama mulai dari merapikan ruangan kantor tempat karyawan bekerja, membantu distribusi surat menyurat di internal instansi.

Termasuk juga membuat makanan dan minuman untuk tamu yang berkunjung ke kantor, membantu aktivitas karyawan seperti foto copy, sampai membersihkan piring dan gelas.


J. Contoh Pekerjaan dan Profesi di Bidang Kedirgantaraan

Secara umum, kedirgantaraan dipahami sebagai bidang yang berkaitan erat dengan dunia penerbangan. Dan ada banyak contoh pekerjaan atau profesi dibidang ini, seperti:

1. Pilot

Gambar via Pinterest

Pilot adalah seseorang yang berkecimpung dalam industri penerbangan, dan yang mampu mengoperasikan pesawat terbang untuk mengangkut penumpang atau barang dari satu lokasi ke lokasi lain.

Mereka biasanya dikerjakan oleh maskapai penerbangan komersial, perusahaan penerbangan atau pemerintah termasuk Militer.

Dalam beberapa kasus, pilot adalah wiraswasta atau bekerja untuk diri sendiri dengan menyediakan transportasi pribadi dengan pesawat kecil atau jet pribadi.

Di KBBI, pilot punya tiga pengertian dasar yakni pengemudi pesawat terbang atau penerbang, perintis dan bersifat sebagai pemandu serta sarana penggiat atau sarana percobaan.

2. Pramugari dan pramugara

Gambar via tipkerja.com

Pramugari atau pramugara (Flight Attendant) adalah anggota awak kabin pesawat dalam penerbangan komersial, termasuk juga jet pribadi dan pesawat kepresidenan.

Secara kolektif dianggap sebagai awak kabin. Hanya saja, dua istilah di atas merujuk pada gender, yang mana:

  • Pramugari adalah karyawan perempuan dalam perusahan angkutan umum entah itu udara, darat dan laut yang bertugas melayani penumpang
  • Pramugari adalah karyawan laki-laki dari satu perusahan angkutan umum seperti udara, darat dan laut yang bertugas untuk melayani penumpang

3. Ahli Teknik Bandar Udara

Gambar via volpe.dot.gov

Ahli Teknik Bandar Udara atau Airport Engineer adalah profesi atau pekerjaan yang tugas utamanya menyusun rancangan dan desain bandara atau bandar udara.

Mulai dari runway, taxiway, terminal, airport pavement design, grading drainage, visual aids sampai lokasi untuk air traffic control.

Meski demikian, istilah ini juga sering merujuk pada ahli kebandarudaraan dengan keahlian yang berbeda seperti:

  • Ahli teknik operasi Bandar Udara atau Airport Operation Engineer yang merujuk pada pekerjaan dengan tugas utama melakukan analisis dan evaluasi operasi dan kelayakanan sistem yang ada di bandara
  • Peneliti Bandar Udara atau Airport Researcher yang merupakan pekerjaan dengan tugas utama mengembankan suatu sistem beserta solusi untuk teknologi terkait dengan dunia dirgantara di masa mendatang.

4. Kopilot

Gambar via Pinterest

Kopilot atau co-pilot adalah pekerjaan yang tugas utamanya adalah membantu pilot utama dalam suatu penerbangan dari satu tempat ke tempat lain.

Dengan demikian, karena tugasnya tersebut, ia kadang juga disebut sebagai pembantu pilot alias jadi pendamping pilot utama dalam penerbangan.

Sebagai pendamping, copilot harus melaksanakan perintah dari pilot, memberikan informasi yang diperlukan dan menjalankan tugas-tugas teknis lainnya.

Apa saja tugas teknis tersebut? Ada banyak dan bergantung sama situasi. Tapi umumnya berkaitan dengan komunikasi radio dan navigasi penerbangan.

5. Flight Operation Officer (FOO)

Gambar via Twitter

Flight Operation Officer atau FOO adalah profesi dengan tugas utama mengatur kelancaran operasi dan keamanan penerbangan selama penerbangan berlangsung.

Dengan demikian, mereka bertindak sebagai pengendali jarak jauh dalam satu penerbangan. Juga untuk menganalisis dan mengumpulkan informasi apapun yang mungkin mempengaruhi penerbangan.

Lebih jauh lagi, FOO bisa bertugas sebagai pemberi informasi bagi kru seperti pilot dan anggota lainnya sebelum penerangan di lakukan terkait dengan cuaca dan perubahan-perubahan teknis lainnya.

Terakhir, mereka juga harus melakukan monitoring terkait dengan penerbangan, melakukan analisis grafik navigasi serta posisi pesawat.

6. Marshaller

Isyarat Marshalling
Gambar via Paulipu.com

Marshaller, yang kadang juga disebut sebagai juru parkir pesawat adalah pekerjaan dengan tugas utama membantu pilot untuk masuk ke appron atau tempat parkir pesawat dengan aman.

Dengan demikian, dalam melaksanakan tugasnya, juru pandu pesawat akan memberikan beberapa isyarat tangan kepada pilot sebagai sinyal pengganti komunikasi radio.

Tapi, jenis komunikasi tersebut cenderung dua arah dimana pilot juga akan memberikan komunikasi berupa isyarat tangan juga kepada marshaller.

7. Air Traffic Controller (ATC)

Gambar via samchui.com

Air Traffic Controller (ATC) atau Pemandu lalu lintas udara adalah pekerjaan yang tugas utamanya adalah memandu suatu penerbangan.

Dalam prosesnya, petugas ATC harus memastikan agar pesawat berjalan sesuai arahan dengan tujuan untuk memastikan agar saat take-off, pesawat tidak mengalami masalah dan kendala.

Selain itu, petugas ATC juga harus memastikan agar radio dan navigasi pesawat dengan darat tetap terhubung, menjalin komunikasi dengan pilot dan memandu pilot untuk mengganti rute jika diperlukan.

Selain ATC, ada juga pekerjaan terkait dunia penerbangan lainnya yang akan ditambahkan di update berikutnya seperti Aircraft Maintenance Engineer (AME), Ground Staff hingga Aviation Security (Avsec).


K. Contoh Pekerjaan dan Profesi di Bidang Transportasi

Transportasi berkaitan dengan kendaraan yang digunakan untuk mengangkut atau memindahkan barang serta orang dari satu tempat ke tempat lain.

Dan ada banyak contoh pekerjaan dan profesi di bidang transportasi, berikut beberapa diantaranya:

1. Sopir

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via holman.com

Sopir adalah pekerjaan yang utamanya adalah mengemudikan kendaraan bermotor, dalam hal ini mobil, untuk membawa orang atau barang dari satu tempat ke tempat lain.

Selain mengemudikan kendaraan, sopir juga bertugas untuk merawat dan memperbaiki kendaraan dari kerusakan, memastikan mobil bekerja dengan baik dan bertanggung jawab terhadap keamanan perjalan.

Karena tugas sopir yang sentral di bidang transportasi, maka agar bisa menjadi sopir terlebih untuk transportasi publik, harus memiliki kualifikasi dan sertifikat mengendarai kendaraan bermotor atau SIM.

2. Kondektur

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via wikimedia.org

Kondektur, pada umumnya, dipahami sebagai orang yang dipekerjakan oleh perusahaan transportasi untuk bertanggung jawab dalam hal operasional dan keselamatan penumpang.

Atas alasan itu, kondektur dapat memberikan informasi terkait dengan rute kepada penumpang, memeriksa tiket serta memberitahu kursi atau seat penumpang.

Biasanya, pekerjaan jenis ini banyak ditawarkan oleh perusahaan jasa transportasi massal seperti bus, kereta api dan juga kapal laut.

Secara awam, kondektur dipahami sebagai orang yang memeriksa karcis atau menarik ongkos dan lain sebagainya seperti pada kereta api atau bus.

3. Masinis

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via wikimedia.org

Masinis, yang kadang juga disebut sebagai juru mesin adalah orang yang menjalankan atau menjaga operasional mesin pada kapal, lokomotif dan lain sebagainya.

Dengan demikian, dalam hal pekerjaan, masinis adalah pekerja profesional terlatih yang tidak hanya mengoperasikan peralatan mesin tetapi juga punya pengetahuan soal cara kerjanya.

Pada akhirnya, masinis harus memiliki kemampuan memperbaiki mesin baik sementara atau permanen termasuk memberikan perawatan berkala untuk mencegah kerusakan dari mesin itu sendiri.

4. Nahkoda

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via goldenagri.com.sg

Nahkoda, yang kadang juga disebut nakhoda, nakhoda sampai dengan nangkoda, adalah juragan atau pemimpin pada perahu atau kapal.

Jika merujuk pada pekerjaan profesional, maka nahkoda adalah individu atau perwira di kapal laut yang memegang komando tertinggi di atas kapal niaga.

Istilah lebih awam disebut sebagai kapten kapal. Intinya, nahkoda adalah orang yang memegang kendali atas kapal dan bertindak sebagai komando tertinggi.


L. Contoh Pekerjaan dan Profesi di Bidang Lain

Selain daftar di atas, sebenarnya ada banyak sekali contoh pekerjaan dan profesi dibidang lain baik yang terkait dengan beberapa kategori diatas atau merupakan pekerjaan yang baru lahir.

Misalnya, Ajudan yang merupakan profesi lama dan seharusnya masuk ke dalam bidang keamanan atau mungkin Youtuber, yang merupakan pekerjaan dengan memanfaatkan platform video on-demand YouTube.

Agar jelas, berikut disajikan beberapa contoh pekerjaan dan profesi lain, diantaranya:

1. Ajudan

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via army.mil

Dalam militer, ajudan adalah perwira yang diperbantukan kepada raja, presiden atau perwira tinggi, biasanya diberi tugas mengurus segala keperluan yang berhubungan dengan pekerjaan orang yang dikawal.

Secara etimologis, istilah ini berasal dari bahasa Prancis, Aide de camp yang berarti tukang bantu atau asisten pembantu dalam kamp militer.

Karena itu, di Prancis, ia sering disebut dengan singkatan ADC dengan fungsi dasar yang kurang lebih sama yakni sebagai asisten pribadi atau sekretaris dari orang yang jabatannya lebih tinggi.

Selain di kalangan militer, ajudan juga biasa dipakai oleh pejabat pemerintahan, polisi, politisi serta beberapa pekerjaan level tinggi lainnya.

2. Direktur

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via franklegaltax.com

Direktur adalah individu yang terpilih untuk mengepalai satu direktorat dalam satu departemen. Secara general istilah ini juga merujuk pada orang yang bertugas memberi bimbingan.

Termasuk didalamnya pengarahan, nasihat, bantuan, penerangan dan lain sebagainya. Dan biasanya, perusahaan swasta memiliki lebih dari satu direktur.

Dengan demikian, akan ada satu direktur utama yang merujuk pada pemimpin tertinggi dari satu perusahaan besar atau bank, yang membawahi direktur-direktur teknis lain.

3. Freelancer

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via umn.ac.id

Freelancer bisa diartikan sebagai pekerja lepas, yang merupakan profesi atau pekerjaan yang berkembang berkat teknologi.

Mereka bekerja berdasarkan permintaan atau proyek klien yang harus diselesaikan dalam satu waktu tertentu sesuai pembicaraan.

Selain membutuhkan keahlian yang spesifik seperti menulis atau membuat desain logo, freelancer juga harus pandai berkomunikasi dengan klien.

Ini penting karena komunikasi memungkinkan pekerja lepas untuk mengetahui bagaimana projek akan dikerjakan, durasinya, berapa biayanya sampai revisi jika diperlukan.

Dan ada banyak sekali contoh pekerjaan freelance, berikut beberapa diantaranya:

  • Video editor adalah orang atau individu yang tugas utamanya adalah untuk mengedit video dari orang lain yang jadi kliennya
  • SEO Specialist adalah individu atau sekelompok orang yang tugas utamanya adalah untuk mengoptimasi konten dari suatu website agar bisa memperoleh peringkat yang lebih baik di mesin pencari
  • Manajer media sosial adalah orang atau individu yang bertugas untuk mengelola akun media sosial dari seseorang atau sekelompok orang.

4. Karyawan

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via openaccessgovernment.org

Karyawan merupakan istilah general yang merujuk pada individu yang bekerja atau dipekerjakan oleh seseorang untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu secara terikat atau kontrak.

Artinya, karyawan diberi kerja oleh pemberi kerja setelah melalui proses lamaran dan wawancara yang dan dianggap sebagai memenuhi syarat sebagai kandidat yang dicari.

Di KBBI, karyawan adalah orang yang bekerja pada satu lembaga seperti kantor, perusahaan dan lain sebagainya dengan mendapat gaji atau upah.

Dengan demikian, istilah ini dapat disematkan kepada siapa saja yang merupakan pegawai atau pekerja. Dan dalam praktiknya, istilah ini merujuk pada beberapa status pekerja itu sendiri, seperti:

  • Karyawan lepas yang kadang juga disebut freelance adalah pegawai yang bekerja berdasarkan kontrak kerja, dalam waktu tertentu. Biasa juga disebut karyawan tidak tetap atau pegawai harian
  • Karyawan manajerial adalah orang yang berhak memerintah bawahannya untuk mengerjakan sebagian pekerjaannya dan dikerjakan sesuai dengan perintah
  • Karyawan operasional adalah orang harus mengerjakan sendiri pekerjaannya sendiri sesuai dengan perintah atasan.

5. Model atau Peragawan

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via liveabout.com

Model atau peragawan adalah orang berperan mempromosikan, menampilkan atau mengiklankan produk komersial terutama pakaian, fashion dalam peragaan busana.

Jika merujuk pada benda, maka model bisa dianggap sebagai alat bantu visual bagi orang yang menciptakan karya seni.

Sementara, apabila merujuk pada orang, maka ia biasanya adalah subjek foto atau video dalam fotografi untuk dijadikan model.

Meski saat ini istilah model lebih umum disematkan pada perempuan, tapi ada juga model laki-laki, yang umumnya dipakai dalam promosi pakaian.

6. Nelayan

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via hakaimagazine.com

Nelayan adalah orang yang mata pencahariannya adalah menangkap ikan termasuk hewan lain di air laut atau badan air lainnya.

Diperkirakan saat ini ada lebih dari 38 juta nelayan komersial yang beroperasi di seluruh dunia termasuk di dalamnya nelayan komersial, subsisten dan pembudidayaan ikan.

Jadi, istilah ini bisa disematkan kepada profesional yang tugas utamanya menangkap ikan atau kepada mereka yang melakukan kegiatan ini untuk tujuan rekreasional.

Dan pekerjaan atau profesi ini sudah ada sejak zaman Mesolitikum yang merujuk pada siapa saja yang menggunakan alat pancing untuk mendapatkan ikan atau hewan air lainnya.

Dan hari ini, memancing telah menjadi sarana utama untuk bertahan hidup serta, dalam beberapa kasus, sebagai bagian dari usaha atau bisnis.

7. Aparatur Sipil Negara (ASN)

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via setkab.go.id

Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah individu yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah.

Dan istilah ASN juga bisa mengacu pada mereka pegawai kontrak pemerintah yang lazim disebut sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Tugas utamanya adalah mengerjakan berbagai pekerjaan sesuai bidang pekerjaan atau keahliannya yang semuanya berkaitan dengan kepentingan publik.

8. Programer

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via caraguna.com

Programer adalah individu atau sekelompok orang yang membuat pengembangan perangkat lunak, pembuat kode, dan lain sebagainya.

Dan istilah ini bisa disematkan kepada mereka yang telah melalui pendidikan pemrograman atau melakukannya secara otodidak.

Sepanjang ia mampu membuat program komputer dan menjalankannya, maka ia bisa disebut sebagai programer.

Dalam beberapa kasus, ia juga sering disebut sebagai perekayasa perangkat lunak, software engineer dan istilah terkait lainnya.

9. Translator atau penerjemah

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via megapenerjemah.com

Translator atau penerjemah, yang dalam beberapa kasus disebut juruh terjema, adalah orang yang memiliki tugas utama mengalihbahasakan suatu bahasa ke bahasa lain.

Misalnya dari bahasa Perancis atau Jerman ke bahasa Indonesia. Untuk materi yang diterjemahkan cenderung beragam sesuai permintaan.

Ada yang berbasis teks sementara yang lainnya dari dialog. Karena itu, selain kemampuan bahasa yang baik, pemahaman atas diksi juga penting

Jika aktivitas ini dilakukan secara profesional, maka biasanya translator termasuk penerjemah tersumpah yang telah mendapatkan sertifikat uji kualifikasi penerjemah atau UKP.

Ada juga translator yang tidak terikat alias yang tidak memiliki UKP dan biasanya digunakan oleh individu, wisatawan misalnya, untuk membantunya berkomunikasi selama perjalanan.

10. Pramuria

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via sindonews.net

Di KBBI, pramuria yang kadang juga disebut hostes adalah karyawati kelab malam yang bertugas melayani dan menemani tamu.

Artinya, pekerjaan ini fokus untuk memberikan pelayanan dengan tujuan kesenangan dan kenikmatan semata untuk para tamu.

11. Asisten Rumah Tangga (ART)

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via Pinterest

Asisten rumah tangga, yang kadang juga disebut pembantu, adalah orang atau individu yang dipekerjakan untuk mengurus pekerjaan rumah tangga seperti memasak, mencuci, menyapu dan lain sebagainya.

Dan profesi ini mayoritas dapat ditemui di negara-negara miskin dan berkembang yang karena faktor ekonomi dan lapangan kerja sehingga pekerjaan jenis ini muncul.

Misalnya, karena tingginya perbedaan dari segi pendapatan untuk rumah tangga di perkotaan dan pedesaan, kemiskinan hingga pendidikan.

Dengan demikian, mereka bertugas untuk melakukan semua pekerjaan rumah tangga seperti mencuci pakaian, menyetrika, membersihkan rumah, belanja bahan makanan, masak hingga merawat hewan peliharaan.

Dalam beberapa kasus, pembantu juga bertugas untuk mengasuh anak meski ada juga profesi spesifik untuk pekerjaan tersebut yakni pengasuh anak.

12. Presiden

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via bbc.co.uk

Presiden, dapat merujuk pada kepala dalam satu lembaga seperti perusahaan atau organisasi termasuk negara, yang memperoleh jabatan sebagai pimpinan tertinggi.

Dalam konteks politik dan tata negara republik, presiden berarti kepala negara yang jadi pemimpin eksekutif tertinggi dalam satu negara.

Selain itu, presiden juga bertindak sebagai panglima tertinggi angkatan bersenjata, menetapkan peraturan pengganti Undang-undang, mengangkat dan memberhentikan menteri dan lain sebagainya.

Masa jabatan Presiden adalah 5 tahun dan bisa dipilih dalam pemilihan umum (Pemilu) selama 2 periode secara berturut-turut.

13. Politikus

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via nyt.com

Politisi, yang bisa juga disebut politikus adalah orang yang aktif dalam partai politik atau orang yang memegang jabatan terpilih dalam satu pemerintahan termasuk didalamnya Presiden.

Dan karenanya, mereka bertugas untuk mengusulkan, mendukung, menolak dan membuat undang-undang yang mengatur berbagai hal terkait dengan rakyatnya.

Secara umum, politisi bisa merujuk pada individu atau sekelompok orang yang berusaha untuk mencapai kekuasan atau tujuan politik dalam satu pemerintahan.

Pelaku dari kegiatan ini disebut dengan politisi atau politikus. Artinya, mereka yang aktif secara politik, terlebih yang berkaitan dengan kepartaian disebut politikus.

14. Pemadam Kebakaran

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via careerswales.gov.wales

Pemadam kebakaran adalah sekelompok orang, yang bisa disebut sebagai pasukan, yang bertugas melakukan pemadaman kebakaran.

Hanya saja, petugas damkar terkadang juga bertindak sebagai petugas SAR karena dalam peristiwa tersebut butuh tindakan evakuasi segera terhadap korban kebakaran.

Karena itu, orang-orang yang bertugas di damkar kadang juga dilibatkan dalam berbagai program evakuasi seperti bencana alam, kecelakaan, gawat darurat, urusan satwa dan lain sebagainya.

15. Petani

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via weforum.org

Petani adalah akronim dari Penyangga Tatanan Negara Indonesia yang merujuk pada individu atau orang yang pekerjaan utamanya bercocok tanam.

Dan istilah petani merupakan istilah kompleks yang bisa disandang oleh siapa saja yang bercocok tanam untuk jenis tanaman apa saja.

Entah itu buah-buahan, padi, umbi-umbian, bunga serta komoditas pangan lainnya. Hasil tani tersebut kemudian dijual kepada masyarakat untuk memperoleh penghasilan.

16. Sekretaris

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via esgi.ai

Sekretaris, yang kadang juga disebut sekertaris adalah orang atau individu, bisa juga disebut sebagai pegawai atau anggota pengurus, yang diserahi pekerjaan tulis menulis, surat-menyurat dan sebagainya.

Dalam beberapa kasus, ia bisa juga disebut sebagai penulis dan panitera. Hanya saja, seiring berkembangnya waktu, istilah sekretaris telah mengalami perluasan makna, sehingga lahirlah beberapa jabatan terkait, seperti:

  • Sekretaris daerah adalah kepala atau pemimpin sekretariat daerah sebagai unsur staf yang membantu kepala daerah menyelenggarakan pemerintahan daerah
  • Sekretaris eksekutif yang adalah sekretaris dengan tugas utama menjalankan kegiatan administratif kantor seperti korespondensi, panggilan telepon dan janji pertemuan
  • Sekretaris jenderal adalah sekretaris umum pada partai, perserikatan dan sebagainya atau pejabat tinggi pada departemen yang bertugas mengurus berbagai pekerjaan departemen
  • Sekretaris kabinet adalah pemimpin sekretariat kabinet sebagai unsur staf yang membantu kabinet menyelenggarakan tugas dan kewajibannya
  • Sekretaris kehormatan adalah orang yang melaksanakn tugas sekretariat pada suatu klub, organisasi dan sebagainya tanpa dibayar
  • Sekretaris negara adalah pemimpin sekretariat negara sebagai unsur staf yang membantu presiden dalam menyelenggarakan tugas dan kewajibannya
  • Sekretaris pribadi adalah orang yang menjadi pembantu orang lain untuk mengerjakan pekerjaan tulis-menulis, surat menyurat, mencatat pembicaraan dan sebagainya

Meski terdengar simple, pada dasarnya sekretaris punya tugas yang jauh lebih berat mulai dari merencanakan dan mengatur rapat dari pimpinan.

Melakukan pencatatan administratif berkaitan dengan aktivitas pimpinan atau organisasi dan menjadi penghubung antara karyawan, klien dengan pimpinan dan lain sebagainya.

17. Peneliti

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via Pinterest

Peneliti adalah pekerjaan yang tugas utamanya adalah melakukan penelitian terhadap subjek tertentu dan membuat laporan terkait dengannya.

Hanya saja, pada umumnya, peneliti melakukan penelitian untuk menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi atau untuk mencari solusi dari masalah tersebut.

Dan peneliti bisa dilakukan oleh siapa saja. Sementara, untuk hasil dari penelitian bisa dibuat dalam bentuk jurnal akademis atau sebagai bagian dari tugas akhir di perguruan tinggi.

18. Manajer kampanye Politik Online

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via betterteam.com

Manajer kampanye politik adalah individu atau sekelompok orang yang tugas utamanya adalah melakukan kegiatan kampanye politik secara online.

Misalnya, dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram atau media lainnya yang diperlukan.

Karena tugas mereka yang sering melakukan kampanye politik online, istilah manajer ini sering disebut sebagai buzzer.

Apalagi jika tugas ini dilakukan dengan tujuan untuk menjatuhkan lawan politik yang pada akhirnya mendorong popularitas dari klien secara langsung.

19. Tukang parkir

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via hamiltonhealthsciences.ca

Tukang parkir atau juru parkir adalah orang yang pekerjaannya mengatur parkiran kendaraan bermotor seperti sepeda motor atau mobil.

Selain menjaga parkiran, juru parkir juga bertugas untuk memastikan kendaraan yang diparkir tersebut aman, bebas dari gangguan dan memberikan karcis serta menagih retribusi parkir.

20. Tukang pangkas rambut

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via nyt.com

Tukang pangkas rambut adalah pekerjaan yang tugas utamanya adalah memangkas rambut orang lain yang jadi konsumennya.

Selain untuk memangkas rambut, tukang pangkas rambut juga harus mampu menata rambut, mencukur serta tugas-tugas terkait lainya.

Tugas-tugas terkait lainnya itu apa? Ada banyak. Misalnya, salon perempuan yang selain memangkas rambut juga menyediakan opsi keramas, perawatan rambut dan seterusnya.

21. AI Engineer

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via medium.com

AI Engineer adalah pekerjaan atau profesi dimana tugas utamanya adalah mendesain atau membuat kecerdasan buatan atau artificial intelligence dalam suatu sistem.

Sistem tersebut bergantung penuh sama kebutuhan. Misalnya, jika diterapkan dalam skala industri, biasanya untuk mengotomatisasi kinerja mesin.

Artinya, ia termasuk suatu profesi karena untuk mendapatkan pekerjaan ini, harus memiliki kualifikasi dan kemampuan membuat program dasar AI dan lanjutannya dalam berbagai skala.

22. Data Scientist

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via googleapis.com

Data scientist adalah proses yang tugas utamanya adalah untuk mengumpulkan berbagai data untuk kemudian diolah dan dipergunakan.

Dengan demikian, pekerjaan ini membutuhkan keahlian dan pendidikan yang spesifik meski bergantung pada skala pekerjaan yang dilakukan.

Umumnya profesi ini sangat diperlukan oleh perusahaan internet yang punya banyak sistem dan semuanya harus diintegrasikan ke dalam satu bagian.

Mulai dari layanan cloud, server, front-end dan back-and yang pada akhirnya membuat produk otomatis dijalankan sepenuhnya oleh mesin sehingga sistemnya berjalan optimal.

23. Mobile App Developer

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via constructionexec.com

Mobile App developer adalah individu atau sekelompok orang yang tugas utamanya adalah megembangkan aplikasi perangkat lunak atau application programming interfaces (APIs).

Didalamnya termasuk merancang bagaimana cara kerja aplikasi, fitur, bagaimana aplikasi akan terlihat dan lain sebagainya.

Selain pemahaman atas bahasa pemrograman, pengembang juga harus punya kemampuan komunikasi, pengetahuan yang mendalam tentang teknologi kekinian, penyelesaian bug dan lain sebagainya.

24. Influencer

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via ertriindonesia.com

Pengaruh media sosial, yang kadang juga disebut influencer adalah individu yang memiliki banyak pengikut di media sosial.

Misalnya di Instagram, yang cenderung disebut selebgram atau mungkin streamer di Facebook gaming, seleb tiktok dan lain sebagainya.

Dan jika pemengaruh media sosial mendapatkan penghasilan dari situ, maka sebenarnya ia dapat disebut sebagai pelaku usaha.

Karena itu, ia juga memiliki tanggung jawab produk yang dipromosikan kepada pengikut secara langsung terutama yang berkaitan dengan dampak positif dan legalitasnya.

25. YouTuber

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via orami.co.id

YouTuber adalah profesi yang tugas utamanya adalah membuat, memproduksi dan menciptakan video untuk kemudian diposting di platform berbagi video milik Google yakni Youtube.

Pekerjaan ini sendiri muncul berkat internet dan banyak dilakoni oleh anak muda dari berbagai latar belakang yang berbeda.

Artinya, siapapun bisa menjadi YouTuber. Dan jika dilakukan secara konsisten, kanal tersebut bisa menjadi sumber penghasilan pasif seseorang.

26. Animator

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via idseducation.com

Animator dimengerti sebagai orang yang membuat film animasi untuk kemudian ditayangkan di YouTube, Bioskop, platform streaming dan lain sebagainya.

Jika dilihat dari prosesnya, animator termasuk profesi sekaligus pekerjaan yang butuh keterampilan dan pendidikan terkait dengan bidang yang digeluti.

Mengapa demikian? Karena dalam pembuatan animasi, 3D misalnya, diperlukan pemahaman atas alur kerja, cara gerak biologis subjek animasi dan lain sebagainya.

27. Digital Marketer

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via goodnewsfromindonesia.id

Digital marketer adalah orang yang pekerjaannya berkaitan dengan pemasaran digital dengan mengandalkan koneksi internet.

Dengan demikian, selain pengetahuan yang mendalam soal teknik promosi, juga diperlukan keahlian dalam menggunakan program periklanan dari berbagai platform.

Platform ini bisa mengacu pada jenis media mulai dari mesin pencari seperti Google, media sosial seperti TikTok, Facebook, Instagram, Twitter sampai Quora atau platform video on-demand seperti YouTube.

Pada dasarnya, digital marketing hanya fokus pada brand awareness atau kesadaran merek dari konsumen atas produk atau barang yang diproduksi.

Skala selanjutnya, jika memungkinkan, maka bisa dilanjutkan dengan mendorong agar konsumen yang jadi target iklan melakukan pembelian atas produk tersebut.

28. Affiliator

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via inikalteng.com

Affiliator adalah orang yang berperan mengajak orang lain untuk menggunakan suatu aplikasi atau layanan lalu mendapat komisi dari situ.

Istilah di atas merujuk pada orang yang memanfaatkan program affiliasi dengan memanfaatkan sosialisasi dan relasi dari pengguna akhir.

Dengan demikian, istilah afiliasi ini mencakup program referral atau mengajak teman untuk mendaftar atau mendownload aplikasi yang dipromosikan.

Dan biasanya, orang yang mengundang atau affiliator ini akan mendapatkan komisi begitu juga orang yang berhasil di undang.

29. Videografer

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via adorama.com

Videografer adalah orang yang tugas utamanya adalah membuat, memproduksi dan menciptakan video untuk kemudian digunakan sesuai keinginan.

Selain kemampuan untuk membuat video, biasanya istilah ini disandang juga oleh mereka yang punya kemampuan editing video.

Pada skala yang lebih besar, misalnya rumah produksi atau mungkin perusahaan lain, videografer lebih merujuk pada pekerjaan yang tugasnya membuat video saja.

Termasuk didalamnya membuat konsep video, membuat tema, memilih model, mengkomunikasikan pesan dalam video dan lain sebagainya.

30. Fotografer

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via theschoolofphotography.com

Fotografer adalah profesi yang pekerjaan utamanya adalah membuat foto. Dalam beberapa kasus, ia disebut sebagai juru foto, tukang potret, pemotret hingga juru potret.

Jika pekerjaan ini dilakukan secara profesional, maka biasanya istilah ini merujuk pada seseorang yang pandai menggunakan kamera termasuk konsep foto.

Artinya, pemahaman terhadap prinsip dan cara kerja kamera seperti Shutter Speed, ISO atau Aperture sudah harus dikuasai dengan baik.

31. Streamer

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via axe.com

Streamer adalah individu atau orang yang menggunakan layanan siaran langsung dari berbagai platform untuk menayangkan aktivitas streamingnya.

Misalnya, saat bermain game, saat tanya jawab atau mungkin saat melakukan aktivitas-aktivitas lain, misalnya diskusi atau seminar.

Tapi, jika dilakukan secara profesional, streamer juga termasuk pekerjaan yang cukup menjanjikan karena seseorang bisa dapat penghasilan dari sini.

Sumber penghasilannya dari mana? Tergantung platform yang digunakan. Misalnya, di Facebook gaming, bisa dapat donasi dari viewers, pendapatan dari iklan dan suporter dari pengguna.

32. Gamer

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via Detik.com

Gamer adalah pekerjaan yang tugas utamanya adalah bermain game. Dalam beberapa kasus, mereka juga menayangkan aktivitas tersebut ke layanan berbagai video gratis seperti Youtube.

Selain merekam video, beberapa gamer juga menjadikan aktivitas tersebut sebagai konten siaran langsung. Meski ada juga gamer yang terikat secara profesional dalam satu agensi.

Biasanya, jika sudah terikat kontrak, mereka lebih dikenal dengan sebutan pro-player atau pemain game profesional.

Karena mereka dibayar berkat kemampuannya bermain game dan terlibat secara aktif dalam berbagai kompetisi reguler dari game tersebut.

33. Pustakawan

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via insider.com

Pustakawan adalah orang yang bekerja dalam bidang perpustakaan yang dalam beberapa kasus sering disebut dengan istilah ahli perpustakaan.

Lantas, apa saja tugas pustakawan? Tugasnya cukup banyak dan variatif mulai dari mengelola buku-buku yang ada di perpustakaan, menyusun, menyajikan dan menambah inventarisnya.

Artinya, tugas utama mereka adalah mengorganisasikan berbagai koleksi yang ada di perpustakaan secara langsung dan menjadikannya sebagai sumber informasi yang terpercaya.

34. Arsiparis

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via yourfreecareertest.com

Arsiparis adalah seseorang atau individu yang memiliki kompetensi bidang kearsipan yang diperoleh lewat pendidikan formal.

Termasuk pendidikan atau pelatihan kearsipan di luar dari sekolah formal, serta mempunyai fungsi, tugas dan tanggung jawab melaksanakan kegiatan kearsipan.

Dalam peraturan kepala arsip Nasional (Perka) Nomor 43 Tahun 2015, seorang arsiparis punya beberapa tugas utama.

Mulai dari mengelola arsip dinamis dan arsip statis, melakukan pembinaan kearsipan serta melakukan pengolahan dan penyajian arsip sebagai bahan informasi.

35. Diplomat

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via wikimedia.org

Diplomat adalah orang yang berkecimpung dalam bidang diplomasi mewakili suatu negara dan dapat merujuk pada jabatan seperti menteri luar negeri, duta besar, atase kedutaan dan lain sebagainya.

Dengan demikian, seorang diplomat adalah representasi dari suatu negara, pemerintah dan segala kebijakannya di dalam negeri.

Karena itu, selain punya kemampuan diplomasi yang baik, diplomat juga harus punya kemampuan negosiasi dan promosi terkait dengan negara asal.

Bahkan, dalam beberapa kasus, ia juga harus menjadi sumber informasi intelijen utama untuk negara asal terkait dengan masalah atau pengamatan yang mempengaruhi kepentingan hubungan antar kedua negara.

36. Nautika

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via poltekpelsumbar.ac.id

Nautika adalah individu atau orang yang ahli tentang kelautan. Jika merujuk pada bidang keilmuan, maka ia berarti ilmu tentang kelautan atau pembuatan kapal.

Lantas, apa tugas nautika? Pada umumnya, individu yang bekerja di bidang ini memiliki tugas untuk membawa kapal beserta muatan dan barang dari pelabuhan asal ke pelabuhan tujuan.

Dan pekerjaan ini termasuk profesi yang harus memperoleh pendidikan dan pelatihan yang matang sebelum akhirnya diberikan wewenang untuk mengendalikan kapal.

37. Geolog

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via Pinterest

Geologist, atau bisa juga disebut geolog, adalah orang yang ahli dalam bidang geologi yang kadang juga disebut sebagai geologiwan.

Lantas, apa tugas geolog? Tugas utamanya adalah melakukan penelitian yang berkaitan dengan bumi termasuk pergerakan lempeng, aktivitas gunung berapi dan lain sebagainya.

Pekerjaan ini termasuk profesi karena selain harus punya latar belakang pendidikan yang sesuai, seorang geolog juga harus punya pengalaman praktis dibidang tersebut.

38. Pramuwisata

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via Pinterest

Pramuwisata atau pemandu wisata adalah orang yang pekerjaannya mendampingi serta menjadi sumber informasi utama bagi wisatawan.

Dalam beberapa kasus, pramuwisata juga bertugas untuk mengatur perjalanan wisatawan. Karena itulah, pekerjaan ini sering disebut sebagai tour guide.

Artinya, selain jadi pendamping bagi wisatawan, pramuwisata juga bertugas untuk memberikan penjelasan atau informasi terkait dengan objek wisata tujuan.

Termasuk juga hal-hal yang diperlukan seperti akomodasi, biaya transportasi, lama perjalanan sampai dengan fasilitas yang diperoleh.

Bahkan, dalam beberapa kasus, pramuwisata juga bisa bertindak sebagai porter yang membantu mengurus barang-barang bawaan wisatawan serta memberikan pertolongan pertama bagi wisatawan.

39. HRD

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via thebalancecareers.com

HRD atau human resource development adalah orang atau individu yang bertugas untuk menangani masalah sumber daya manusia pada satu perusahaan.

Berbicara soal SDM, maka HRD juga berwenang untuk mengatur seleksi penerimaan karyawan, melakukan wawancara, melakukan perencanaan dan pembinaan lewat training serta mengumpulkan berbagai data tentang karyawan.

Lebih jauh lagi, HRD juga bisa bertugas mengevaluasi karyawan apabila produktivitasnya menurun atau melakukan rotasi dan PHK jika diperlukan.

40. Trader

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via forex.academy

Trader adalah individu atau sekelompok orang yang memperdagangkan saham dan instrumen investasi lainnya untuk mendapatkan keuntungan.

Dengan demikian, seorang trader harus punya beberapa kemampuan dasar seperti pengetahuan soal informasi dan data perdagangan yang relevan.

Jika bekerja dibawah satu agensi atau perusahaan, trader biasanya jadi sumber informasi primer tentang pergerakan harga saham kepada pimpinan, staf penjualan dan broker lain.

Namun, pada umumnya, tugas utama trader adalah memantau kinerja instrumen investasi seperti saham dan melakukan transaksi jika harganya diperkirakan akan naik.

41. Penjahit

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via Adobe Stock

Penjahit adalah pekerjaan, yang merujuk pada orang dengan mata pencaharian utama berasal dari aktivitas menjahit pakaian, tas dan lain sebagainya.

Jika pekerjaan ini dilakukan secara profesional, maka selain harus punya kemampuan menjahit, penjahit juga harus pandai komunikasi dengan klien.

Mengapa demikian? Karena penjahit harus bisa mencocokan, mengubah dan membuat pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh konsumen.

42. Kurir

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via advisoryexcellence.com

Kurir adalah orang atau individu yang tugas utamanya adalah mengantar paket atau barang dari satu tempat ke tempat lain.

Istilah kurir mungkin diartikan sama dengan tukang pos atau tukang antar barang. Ini benar, mengingat semua pekerjaan di atas bertujuan untuk mengantar atau menyampaikan sesuatu dengan cepat.

Selain untuk mengantar barang, kurir juga harus memastikan agar barang tersebut aman dan tidak rusak serta dalam beberapa kasus harus menerima pembayaran dari paket barang yang dibeli seperti dalam sistem COD.

43. Dubber

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via indonesiavoiceover.com

Dubber secara umum dipahami sebagai pekerjaan atau profesi belakang layar sebagai pengisi atau pengganti suara karakter dalam film atau video.

Dengan demikian, istilah ini bisa merujuk pada orang yang bekerja di bidang penyulihan suara atau pengisi suara (voice actor) yang umum digunakan dalam industri perfilman dan televisi.

Meski demikian, pekerjaan ini juga sudah dimanfaatkan lebih jauh untuk mengisi suara latar untuk video-video di YouTube.

Misalnya, video kartun yang ada di saluran TV, ringkasan film yang diposting di Youtube, pengisi suara iklan dan lain sebagainya.

44. Porter

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via mongabay.co.id

Proter atau portir, yang kadang juga disebut pramuantar, adalah pekerjaan dibidang hospitality yang tugas utamanya adalah membawa barang orang lain.

Misalnya, porter di hotel yang tugas utamanya membawakan barang tamu ke kamar atau ke tempat lain yang diminta.

Disisi lain, apabila di pelabuhan, maka tugasnya adalah membawa barang penumpang naik ke kapal. Dalam beberapa kasus, porter pelabuhan sering disebut sebagai buruh bagasi.

Istilah paling umum digunakan untuk seseorang yang menawarkan jasa membawa barang dari pendaki gunung ke puncak gunung.

Dengan demikian, tugas utama porter ini adalah membawa barang termasuk memberikan pelayanan atau jasa lain yang diminta.

45. Pedagang

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via Shutterstock

Pedagang adalah orang atau individu yang pekerjaan utamanya adalah berdagang atau melakukan aktivitas jual beli dengan memanfaatkan selisih harga sebagai keuntungan.

Seorang pedagang bisa menjual barang sendiri kepada orang lain atau menjual barang yang sudah jadi atau dari pabrik langsung.

Pekerjaan terkait dengan pedagang ini ada banyak, berikut beberapa diantaranya:

  • Pedagang asongan yang merupakan pedagang yang menjajakan buah-buahan dan sebagainya di dalam kendaraan umum, perempatan jalan dan lain sebagainya
  • Pedagang besar yang merupakan pedagang yang berjual secara besar-besaran dengan modal besar tentunya. Dan istilah ini sering disebut sebagai pengusaha atau wirausaha
  • Pedagang dorongan adalah pedagang yang membawa dagangan dengan kereta dorong
  • Pedagang eceran yang merujuk pada pedagang yang menjual dagangannya secara sedikit demi sedikit atau per satuan
  • Pedagang kaki lima yang merujuk pada pedagang yang berjualan di serambi muka atau emper toko termasuk di tepi jalan seperti trotoar

46. Peternak

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via stonepierpress.org

Peternak adalah pekerjaan yang tugas utamanya adalah berternak berbagai jenis hewan seperti sapi, kuda, lembu, ayam dan lain sebagainya.

Dengan demikian, tugas utamanya adalah melakukan kegiatan pembudidayaan atau pengembangbiakan hewan ternak.

Lantas, pendapatannya dari mana? Dari hasil penjualan hewan ternak tersebut. Misalnya, Ayam potong yang bisa dijual di pasar.

Atau mungkin, sapi yang bisa diperah susunya untuk kemudian diolah dan diproduksi menjadi susu kemasan atau susu konsumsi bagi masyarakat.

47. Staf Legal

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via glints.com

Staf legal sebenarnya termasuk pekerjaan bidang hukum karena berkaitan dengan penangan masalah hukum yang dialami oleh klien.

Tapi, istilah ini lebih merujuk pada seseorang yang dipekerjakan oleh sebuah perusahaan dan menjadi bagian dari satu divisi perusahaan untuk menangani masalah hukum perusahaan tempatnya bekerja.

Artinya, ia merupakan karyawan dari perusahaan tersebut dengan tugas utama adalah menangani berbagai permasalahan hukum dari perusahaan secara langsung.

Termasuk di dalamnya untuk menjadi perwakilan dari perusahaan atau organisasi tempatnya bekerja apabila ada masalah hukum yang dialami.

48. Pramuniaga

Contoh Jenis Pekerjaan dan Profesi: Tugas, Tanggung Jawab & Fungsi
Gambar via gobiz.co.id

Pramuniaga secara umum dipahami sebagai karyawan dalam satu perusahaan dagang yang tugas utamanya adalah melayani konsumen.

Biasanya berkaitan dengan transaksi jual beli suatu produk atau barang. Dalam beberapa kasus, pramuniaga juga bertanggung jawab mempromosikan promosi atau produk baru perusahaan.

Misalnya, berkaitan dengan diskon barang-barang tertentu, menawarkan kepada pelanggan soal produk yang mungkin diperlukan sampai menerima komplain dari konsumen.

Lantas, apakah pramuniaga ini sama seperti kasir di toko ritel atau teller di bank? Secara umum ya, karena tugas-tugasnya yang mirip.


FAQ

Beberapa pertanyaan terkait dengan postingan ini bakal diulas dalam bentuk QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa yang dimaksud dengan pekerjaan?

Dalam Kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), pekerjaan punya tiga pengertian dasar, yakni:

  • Barang apa yang dilakukan (diperbuat, dikerjakan dan sebagainya); tugas kewajiban; hasil bekerja atau perbuatan
  • Pencaharian; yang dijadikan pokok penghidupan; sesuatu yang dilakukan untuk mendapat nafkah
  • Hal bekerjanya sesuatu

Dari tiga pengertian diatas, dapat diketahui bahwa pekerjaan adalah sesuatu yang dikerjakan seseorang dan dijadikan sebagai mata pencaharian atau sumber penghasilan, baik utama (aktif) atau sampingan (pasif).

Dengan demikian, bisa diartikan kalau pekerjaan adalah sesuatu yang bisa dilakukan oleh seseorang tanpa harus memiliki keterampilan khusus.

Misalnya, dengan sekolah dibidang tersebut, harus ikut kursus dalam periode tertentu agar pekerjaan tersebut bisa diperoleh.

Atau mungkin, harus memiliki kualifikasi tertentu, misalnya harus punya pengalaman dibidang yang sama selama 3 tahun.

Mengapa demikian? Karena tujuan utama dari pekerjaan adalah untuk mendapatkan penghasilan dan memperoleh nafkah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Hanya saja, istilah pekerjaan jauh lebih kompleks daripada penjelasan diatas. Karena pekerjaan juga mengacu pada profesi, dalam artian yang luas.

Sebab, meskipun profesi tersebut diperoleh dari keahlian dan tidak semua orang bisa melakukannya, tapi tujuan akhirnya adalah untuk mendapatkan penghasilan juga.

Karena itu, perlu dibatasi pengertian pekerjaan. Intinya, pekerjaan adalah kegiatan yang dilakukan seseorang, baik profesional atau tidak, yang mempunyai nilai jual dengan atau tanpa keahlian khusus.

2. Apa yang dimaksud dengan profesi?

Di KBBI, profesi adalah bidang pekerjaan yang dilandasi dengan pendidikan keahlian seperti keterampilan atau kejuruan di bidang tertentu.

Istilah di atas berasal dari bahasa Inggris, profession yang berarti janji atas kewajiban untuk menjalankan tugas secara permanen atau tetap.

Dengan demikian, bisa diartikan kalau profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pendidikan, pelatihan dan keahlian khusus dan spesifik.

Karena itu, profesi terkadang harus memiliki asosiasi, kode etik dan prosedur tersendiri seperti sertifikasi atau lisensi untuk menunjukkan keahlian dibidang tersebut.

Dari sini bisa dipahami kalau pengacara, dokter, hakim, tentara, polisi sampai guru adalah profesi sementara cleaning service atau tour guide adalah pekerjaan yang bukan profesi.

3. Apa perbedaan profesi dan pekerjaan? Apakah keduanya sama?

Setelah mengetahui pengertian profesi dan pekerjaan, langkah berikutnya adalah mengetahui perbedaan antar keduanya. Lantas, apa sih perbedaan profesi dan pekerjaan?

Pertama, dari definisinya. Pekerjaan adalah aktivitas yang bisa dilakukan seseorang tanpa harus memiliki keahlian tertentu, plus semua orang bisa melakukannya.

Misalnya, jadi sopir taksi atau mungkin jadi petani. Sementara, profesi adalah pekerjaan yang butuh keahlian spesifik yang bisa diperoleh dari pendidikan dan pelatihan.

Selain itu, ada kualifikasi tertentu untuk mendapatkan pekerjaan profesi tersebut. Misalnya, dokter yang harus dapat sertifikat praktik atau perawat yang harus dapat sertifikasi perawatan.

Dan sertifikasi tersebut bisa diperoleh berdasarkan keahlian atau spesialisasi pekerjaaan yang dilakukan. Misalnya, dokter mata atau dokter gigi.

Lantas, apa saja contoh pekerjaan dan profesi? Bisa lihat tabel dibawah ini:

Contoh pekerjaanContoh profesi
Kondektur, Aktor, Model, Novelis, Penyanyi, Petani, Nelayan, Tukang Becak, Penjaga Toko, Pedagang, Media Sosial Officer, Content Creator, Youtuber, Tiktoker, Selebgram dan lain sebagainyaDosen, Perawat, Tentara, Arsitek, Apoteker, Pengacara atau Advokat, Hakim, Jaksa, Polisi, Bidan, Akuntan, Guru, Programmer, Artificial Intelligence (AI), Engineer, Dokter, Pilot, Nahkoda dan lain sebagainya

Penutup

Seperti yang sudah disebutkan diatas yang mana ada banyak jenis pekerjaan dan profesi yang ada diluar sana dengan tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda.

Dan daftar yang sudah disebutkan diatas mungkin terbatas pada satu bidang atau mungkin merupakan pengelompokan dari beberapa bidang terkait yang membentuk satu profesi atau pekerjaan.

Misalnya, Dokter yang merujuk pada individu atau siapapun yang memiliki keahlian untuk pengobatan baik fisik atau psikis.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini, jangan lupa sampaikan di kolom komentar dibawah.

Demikian artikel tentang 120+ contoh jenis pekerjaan dan profesi termasuk tugas, tanggungjawab dan fungsi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar