35+ Contoh Alat Transportasi Darat, Laut dan Udara serta Fungsinya

Moda transportasi atau alat transportasi bisa dikategorikan dalam tiga bagian yakni transportasi darat, laut dan udara.

Sebagai alat, maka ia digunakan oleh manusia untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain beserta barang-barang yang diperlukan.

Kapasitas setiap moda transportasi tersebut berbeda-beda. Ada yang hanya bisa ditumpangi oleh dua orang sementara yang lainnya bisa sampai ratusan orang.

Misalnya, dalam kasus pesawat yang merupakan transportasi massal lewat udara, yang bisa membawa hingga 800-an lebih orang seperti pesawat Airbus A380-800.

Atau mungkin transportasi massal darat seperti kereta api yang bisa membawa ribuan penumpang sekaligus dalam satu waktu.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari contoh alat transportasi darat, contoh alat transportasi laut atau nama-nama alat transportasi udara, simak artikel ini sampai habis.

35+ Contoh Alat Transportasi Darat, Laut dan Udara serta Fungsinya

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan daftar alat transportasi darat, laut dan udara serta contohnya dibawah.

A. Macam-macam Alat Transportasi Darat

Transportasi darat adalah alat atau kendaraan yang digunakan untuk mengangkut barang diatas tanah atau darat dengan cara apapun.

Istilah ini cukup kompleks karena mencakup infrastruktur yang memfasilitasi transportasi tersebut seperti yang ditemukan pada kereta api ata kapal pengangkut transportasi darat di laut, Feri misalnya.

Dengan demikian, dapat dipahami kalau alat transportasi darat adalah alat yang transportasi yang bisa digunakan untuk memfasilitasi perpindahan orang, hewan, dan barang dari satu lokasi ke lokasi lain.

Secara umum, transportasi darat dibedakan dalam dua bentuk yakni transportasi dengan rel yakni kereta api dan transportasi jalan.

Kadang juga, istilah ini disebut dengan angkutan darat karena merujuk pada moda transportasi yang berfungsi untuk memindahkan berbagai hal diatas.

Hanya saja, jika mengacu pada istilah yang lebih umum, transportasi darat juga bisa termasuk alat transportasi bertenaga manusia, bertenaga hewan dan bertenaga mesin, berikut penjelasannya:

  • Transportasi bertenaga manusia adalah angkutan yang mengandalkan tenaga manusia untuk mengangkut orang atau barang seperti jalan kaki, lari dan renang. Hanya saja, berkat teknologi manusia, transportasi jenis ini mulai ditinggalkan. Hanya saja, di beberapa negara lain seperti Jepang masih ditemui Jinrikisha, becak bertenaga manusia, yang tetap laris atas alasan penghematan biaya, rekreasi, latihan fisik dan lingkungan
  • Transportasi bertenaga hewan adalah penggunaan hewan untuk menggerakan alat transportasi manusia untuk memindahkan manusia dan barang. Manusia bisa menunggangi beberapa hewan sekaligus, atau menggunakannya sebagai pengepak untuk membawa barang. Misalnya, Bendi di Tomohon dan Andong di Yogyakarta
  • Transportasi bertenaga mesin, yang kadang juga disebut transportasi jalan adalah mesin yang dirancang khusus untuk memindahkan manusia, barang dan alat paling cepat dan paling mudah ditemui sekarang ini. Contoh dari alat transportasi jenis ini bisa dilihat dari Mobil, Motor, Kereta api dan lain sebagainya

Lantas, apa saja macam-macam alat transportasi darat? Pasti penasaran, kan? Jika iya, berikut penjelasannya:

1. Sepeda

Alat Transportasi Darat
Gambar via jd.id

Sepeda adalah mesin kemudi roda dua yang dikayuh dengan kaki pengendara. Pada sepeda standar, roda dipasang sejajar dalam bingkai logam, dengan roda depan dipegang pada garpu yang bisa diputar.

Sementara, di dalam KBBI, sepeda adalah kendaraan beroda dua atau tiga, mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan kaki untuk menjalankannya.

Kadang juga disebut kereta angin. Hari ini, istilah sepeda cukup kompleks meski pada prinsipnya semuanya menggunakan sistem yang sama.

Tenaga pada sepeda ditransmisikan oleh lingkaran rantai yang dapat menghubungkan roda rantai ke sproket di roda belakang.

Dan sampai hari ini, sepeda adalah sarana paling efisien yang dirancang untuk mengubah energi manusia menjadi mobilitas. Jenis sepeda juga ada banyak, seperti:

  • Sepeda balap jalan raya adalah sepeda yang dibuat untuk balapan, memiliki ban yang tipis, bentuk yang ringan dan setang yang dapat menimbulkan posisi aerodinamis bagi pesepeda
  • Sepeda balap lintasan adalah sepeda dengan perlengkapan terbatas, tanpa rem dan tanpa gigi percepatan
  • Sepeda dames adalah sepeda yang modelnya dirancang untuk wanita
  • Sepeda dortrap adalah sepeda yang sistem pengeremannya ada pada gir, dilakukan dengan mengebelakangkan pedalnya
  • Sepeda gunung adalah sepeda yang dirancang sedemikian rupa sehingga cocok dipakai di pegunungan
  • Sepeda jengki adalah sepeda yang tidak mempunyai palang di antara roda depan dan roda belakang, biasanya sadelnya lebih tinggi dari stangnya
  • Sepeda kumbang adalah sepeda yang dilengkapi dengan motor, jika motornya mati dapat didayung dengan kaki
  • Sepeda listrik adalah sepeda yang menggunakan listrik sebagai sumber daya
  • Sepeda mini adalah sepeda yang ukurannya lebih kecil daripada sepeda biasa
  • Sepeda roda tiga adalah sepeda yang memiliki tiga roda, digerakkan dengan pedal, biasanya digunakan oleh anak kecil
  • Sepeda stasioner adalah sepeda yang bergerak di tempatnya dan khusus digunakan untuk berolahraga
  • Sepeda Tandem adalah sepeda yang dikendarai oleh dua orang atau lebih yang harus bekerja sama agar sepeda dapat berjalan dengan lancar

2. Kereta Kuda

Alat Transportasi Darat
Gambar via wikimedia.org

Kereta kuda adalah kereta beroda dua yang ditarik oleh kuda. Di Indonesia, ada banyak penyebutan soal kereta kuda jenis ini, seperti yang terlihat pada tabel dibawah:

PenyebutanDaerahArti di KBBI
DelmanIndonesia, pada umumnyaKereta beroda dua yang ditarik kuda
AndongYogyakarta dan SurakartaKereta kuda sewaan seperti dokar atau sado beroda empat
BendiMinahasa, Tomohon, dan SekitarnyaKereta beroda dua yang ditarik oleh seekor kuda dengan pengemudi di depan
SadoJakartaKereta beroda dua yang ditarik oleh kuda
NayorSukabumiDelman yang dihias seperti oplet dan rodanya diganti dengan ban mobil
DokarInggris, dari Dog CarBendi

Intinya, kereta kuda adalah alat transportasi tradisional yang ditarik oleh kuda yang sudah digunakan selama berabad-abad di berbagai belahan dunia.

Di Indonesia, alat transportasi jenis ini baru diperkenalkan pada abad ke-19 oleh Insinyur Belanda, Charles Theodore Deeleman.

Istilah delman sendiri diambil dari nama insinyur tersebut, untuk merujuk pada kereta kuda budatannya, yang kemudian diadopsi secara luas di Indonesia.

3. Sepeda Motor

Alat Transportasi Darat
Gambar via elangmotor.com

Di KBBI, sepeda motor adalah sepeda besar yang dijalankan dengan motor. Motor sendiri adalah mesin yang menjadi tenaga penggerak.

Karena bentuknya yang demikian, maka ia disebut sebagai sepeda motor. Penyebutannya sendiri bergantung pada jumlah rodanya.

Jika rodanya dua maka ia bisa disebut motor atau sepeda motor, sementara jika rodanya ada tiga maka disebut trike atau sepeda roda tiga.

Desain sepeda motor sangat variatif yang disesuaikan sama tujuan pembuatannya. Apakah untuk perjalanan jarak jauh, komuter, jelajah, olahraga, atau kendaraan umum.

Secara global, jumlah sepeda motor sebanding dengan mobil yang sama-sama digunakan sebagai alat transportasi darat.

Hanya saja, sekarang ini, sepeda motor bisa dibedakan menjadi tiga kategori utama yakni Street atau jalan, Off-Road dan Purpose.

Dalam tiga tipe diatas, ada banyak sub tipenya, yang juga dibuat untuk tujuan berbeda. Kalau di Indonesia, jenisnya sendiri hanya terbagi dalam beberapa kategori, diantaranya:

  • Sepeda motor bebek adalah sepeda motor berpedal, biasanya mesinnya berkapasitas silinder kecil
  • Sepeda motor listrik adalah sepeda motor yang menggunakan listrik sebagai sumber daya
  • Sepeda motor penjelajah adakah sepeda motor yang memiliki torsi mesin besar, posisi pengemudinya santai, biasanya posisis stangnya tinggi, kursinya rendah dan posisi kakinya agak ke depan
  • Sepeda motor sespan adalah sepeda motor gandeng beroda tiga
  • Sepeda motor sport adalah sepeda motor yang digunakan untuk balap, mesinnya bertenaga tinggi, posisi pengedarannya condong mendekati tangki bensin
  • Sepeda motor trail adalah sepeda motor yang dirancang khusus untuk melintasi medan berat dengan mesin dan knalpot yang ditinggikan, tambahan suspensi dan ban beralur khusus

4. Becak

Alat Transportasi Darat
Gambar via republika.co.id

Becak adalah kendaraan umum seperti sepeda tidak bermotor dan beroda tiga, bertutup yang tutupnya bisa dibuka tutup.

Kendaraan darat jenis ini memiliki satu sadel di belakang, tempat duduk untuk penumpang di depan, dijalankan dengan tenaga manusia, dimana pengemudinya duduk di belakang.

Kadang juga becak disebut dengan angkong, yang merupakan kereta beroda dua yang dihela orang meski ada perbedaan spesifik antara keduanya.

Intinya, becak adalah alat transportasi lokal skala kecil, yang umumnya dibuat untuk mengangkut penumpang berdasarkan biaya atau sewa.

Dalam sejarahnya, becak pertama kali ditemukan pada 1880-an dan digunakan secara luas pada 1929 di Singapura, lalu merambat ke negara-negara lain.

Di Indonesia, becak mulai populer pada 1950-an. Dan pada tahun 1980-an, pada saat itu diperkirakan ada lebih dari 4 juta becak di seluruh dunia.

Dan saat ini, becak tidak saja dalam bentuk sepeda tapi ada juga yang sudah digerakan oleh motor, yang telah dimodifikasi sedemikian rupa.

Dengan demikian, becak bisa dibedakan dalam dua jenis, diantaranya:

  • Becak sepeda adalah becak yang digerakan dengan tenaga manusia yang dibuat dari modifikasi sepeda
  • Becak mesin adalah becak yang digerakan oleh motor yang telah dibuat sedemikian rupa agar bisa berjalan

5. Bajaj

Alat Transportasi Darat
Gambar via motorbeam.com

Bajaj adalah kendaraan umum bermotor, beroda tiga, dengan tempat duduk penumpang di belakang, untuk dua atau tiga penumpang, pengemudinya duduk di depan.

Angkutan darat jenis ini mula-mula populer di India yang kemudian menyebar ke beberapa negara lain termasuk di Asia Tenggara.

Di Indonesia, bajaj hanya populer di kawasan perkotaan rata seperti Jakarta, Banjarmasin, pekanbaru dan beberapa wilayah lainnya.

Istilah bajaj sendiri merujuk pada nama perusahaan yang memproduksinya yakni Baja Auto, yang bergerak di bidang otomotif.

Hanya saja, sejak beberapa tahun terakhir, popularitas Bajaj mulai berkurang yang digantikan dengan moda transportasi lain yang dianggap lebih efisien dan ramah lingkungan.

6. Mobil

Kode Plat Nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) di Indonesia
Gambar via kursusmengemudi.id

Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih, tapi rodanya selalu genap.

Biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Kadang juga, istilah mobil diganti dengan Oto atau otomobil.

Oto sendiri merupakan bentuk tidak baku dari Auto, yang berarti kendaraan atau kereta yang dijalankan dengan motor.

Intinya, mobil adalah kendaraan yang dirancang untuk memindahkan orang atau barang dan biasanya didorong oleh mesin pembakaran internal menggunakan bahan bakar yang mudah menguap.

Di era sekarang, mobil sudah menggunakan sistem teknis yang kompleks dimana beberapa diantaranya sudah terdiri dari ribuan bagian komponen yang terus berevolusi berkat teknologi.

7. Bus

Alat Transportasi Darat
Gambar via wikimedia.org

Bus, yang kadang juga disebut Bis, adalah kendaraan bermotor angkutan umum yang besar, beroda empat atau lebih, dan dapat memuat penumpang dalam jumlah banyak.

Karena merupakan kendaraan umum, maka umumnya bus memiliki rute tetap dan mulai dikembangkan sejak abad ke-20 untuk menggantikan Trem karena kurangnya fleksibilitas rute.

8. Truk

Alat Transportasi Darat
Gambar via detik.com

Truk adalah mobil berukuran besar dengan bak terbuka di bagian belakang yang umumnya digunakan untuk mengangkut barang.

Kadang juga, truk disebut dengan istilah prahoto dan lori yang definisinya sama seperti diatas. Lori, secara eksplisit diartikan sebagai mobil pengangkut barang.

Dengan demikian, truk adalah adalah kendaraan bermotor yang dirancang untuk mengangkut kargo, membawa muatan khusus dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Bentuk truk sangat variatif bergantung sama ukuran, tenaga dan konfigurasi. Hanya saja, mayoritas menggunakan konstruksi body-on-frame.

Dengan desain tersebut maka truk akan memiliki kabin independen di bagian belakang yang khusus dipakai untuk memuat kendaraan.

Jadi, istilah truk merupakan istilah kompleks yang merujuk pada setiap kendaraan bermotor yang dirancang untuk membawa barang.

Ide awal pembuatan truk berasal dari teknologi gerobak yang digerakkan oleh kuda. Karena sistem jalan raya sudah berkembang dengan baik, maka kebutuhan untuk truk pun meningkat drastis.

9. Kereta Api

Alat Transportasi Darat
Gambar via kompas.com

Kereta api adalah kereta yang terdiri atas rangkaian gerbong atau kereta yang ditarik oleh lokomotif, dijalankan dengan tenaga uap atau listrik, berjalan diatas rel atau rentangan baja dan lain sebagainya dan dipakai untuk kendaraan umum.

Bisa juga diartikan sebagai rangkaian kendaraan yang saling terhubung yang berjalan di sepanjang jalur kereta api untuk mengangkut orang atau barang.

Penemuan lokomotif uap di Inggris pada 1804 mendorong lahirnya kereta api lalu menyebar dengan cepat ke seluruh dunia.

Dengan demikian, memungkinkan barang dan penumpang untuk bergerak di darat lebih cepat dan lebih murah dibanding sebelumnya.

Angkutan cepat dan trem pertama kali dibangun pada 1800-an untuk mengangkut banyak orang di dalam dan disekitar kota.

Pertumbuhan kereta api meningkat cepat setelah perang dunia II. Dan saat ini, lokomotif diesel dan listrik telah menggantikan tenaga uap sebagai tenaga penggerak.

Istilah kereta api pun termasuk istilah lama, yang merujuk pada tenaga kereta itu sendiri. Hanya saja, ia sudah merujuk pada jenis kereta apa saja, termasuk:

  • Kereta api bawah tanah yang adalah kereta api yang berjalan di bawah permukaan tanah
  • Kereta api bumel adalah kereta api yang berhenti di setiap stasiun, baik stasiun kecil maupun besar
  • Kereta api diesel adalah kereta api yang dijalankan atau digerakkan oleh diesel
  • Kereta api ekspres adalah kereta api cepat yang berhenti di stasiun tertentu saja
  • Kereta api listrik adalah kereta api yang dijalankan atau digerakkan oleh tenaga listrik
  • Kereta api magnet adalah kereta api yang memanfaatkan gaya angkat magnetik pada relnya sehingga terangkat sedikit, gaya dorong dihasilkan oleh motor induksi dan mampu melaju dengan kecepatan sampai 650 km per jam
  • Kereta api uap adalah kereta api yang digerakkan dengan menggunakan uap air yang dihasilkan oleh ketel uap

10. Derek

Kode Plat Nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) di Indonesia
Gambar via obetmotor.id

Derek adalah keret yang digunakan untuk menarik, mengangkat atau menaikkan muatan, dalam hal ini barang, dari satu tempat ke tempat lain.

Jika mengacu pada alat transportasi, mobil derek adalah kendaraan, baik yang bisa bergerak atau berpindah, yang digunakan untuk menderek kendaraan lain.

Misalnya, kendaraan yang mengalami kecelakaan di jalan raya atau kendaraan yang melakukan parkir liar di titik-titik tertentu sehingga memicu kemacetan.

Hanya saja, istilah derek juga digunakan untuk alat pengangkut statis yang ada di pelabuhan untuk memindahkan kontainer dari kapal ke darat.

11. Truk forklift

Alat Transportasi Darat
Gambar via rojosafety.com

Truk forklift yang kadang juga disebut truk garpu adalah truk yang umum digunakan oleh pabrik atau industri untuk mengangkat dan memindahkan barang.

Bentuk dan ukurannya cukup variatif. Misalnya, yang dimensinya kecil cenderung hanya bisa pindahkan material dalam jumlah terbatas dan dalam jarak pendek.

Mode dari kendaraan ini seperti mobil, yang memiliki mesin, kopling, rem dan transmisi agar bisa bekerja dengan baik.

Bahan bakar yang digunakan umumnya solar meski ada juga beberapa kendaraan yang menggunakan gas dan listrik sebagai tenaga utamanya.

12. Traktor

Alat Transportasi Darat
Gambar via wired.me

Traktor secara umum dipahami sebagai kendaraan yang dijalankan dengan bensin atau motor diesel, dipakai untuk menarik benda yang berat atau membajak (meratakan) tanah.

Istilah traktor sendiri merujuk pada kendaraan khusus yang memiliki traksi atau kekuatan tarikan yang tinggi sekalipun berada dalam kecepatan rendah.

Dengan demikian, alat ini cocok untuk jenis kendaraan pertanian. Di Indonesia, alat transportasi satu ini mungkin erat dengan Sawah dan pertanian.

B. Jenis-jenis Alat Transportasi Laut

Alat transportasi laut, yang kadang juga disebut angkutan laut, angkutan air atau angkutan effluvial hidrolik, adalah moda transportasi laut untuk membawa orang atau penumpang dan kargo atau barang lewat jalur air.

Sepanjang sejarah, transportasi laut telah banyak digunakan untuk perdagangan. Sebelum digantikan dengan moda transportasi yang lebih cepat yakni udara.

Meski demikian, alat transportasi massal ini tetap populer karena harganya yang jauh lebih murah meskipun ada fluktualisasi nilai tukar dan biaya.

Wujud dari transportasi laut pada umumnya adalah perahu, kapal dan perahu layar, termasuk kapal tongkang yang melewati air laut atau sungai.

Penggunaannya pun bukan untuk keperluan sipil saja tapi juga militer. Bentuknya pun variatif seperti untuk rekreasi, perdagangan dan pengiriman barang.

Dalam perkembangannya kemudian, ada banyak sekali contoh alat transportasi laut, diantaranya:

1. Kapal Barang

Alat Transportasi Laut
Gambar via supplychainindonesia.com

Kapal barang atau freighter adalah kapal yang secara khusus digunakan untuk mengangkut kendaraan atau orang termasuk kargo, persediaan.

Hanya saja, istilah kapal barang cukup general. Di KBBI misalnya, kapal barang adalah kapal yang digunakan untuk mengangkut kargo.

Artinya, kapal ini bisa disebut sebagai kapal kargo. Kapal kargo ada dua jenis, diantaranya:

  • Kapal kargo adalah kapal yang secara khusus digunakan untuk mengangkut barang
  • Kapal besar yang digunakan untuk mengangkut barang berukuran besar

2. Kapal Penumpang

Alat Transportasi Laut
Gambar via wikimedia.org

Kapal penumpang adalah kapal yang fungsi utamanya adalah untuk mengangkut penumpang dari satu tempat ke tempat lain.

Dengan demikian, kapal penumpang bisa disebut juga sebagai kapal niaga karena fungsinya yang mengangkut penumpang, beserta barang bawaannya, lewat jalur laut.

Artinya, secara eksplisit, kapal penumpang berbeda dengan kapal kargo yang memiliki akomodasi untuk penumpang juga tapi dalam jumlah terbatas.

Istilah kapal penumpang juga termasuk istilah kompleks karena merujuk pada kelas kapal yang berbeda-beda, yang pada dasarnya mengangkut penumpang.

Memang, sampai hari ini, hampir semua kapal laut dapat mengangkut surat, pengiriman paket, ekspress dan kargo lainnya selain bagasi penumpang.

Kadang juga dilengkapi dengan ruang kargo dan derek, king post, dan peralatan penangan kargo lainnya yang diperlukan.

Hanya saja, pada beberapa tipe kapal penumpang seperti kapal pesiar, fungsi kargo ini benar-benar sudah dihilangkan.

Dan jika dikategorikan lebih jauh lagi, kapal penumpang ini terbagi dalam tiga jenis, yakni kapal feri, kapal pesiar dan kapal laut seperti PELNI, berikut penjelasannya:

  • Kapal feri adalah kapal yang berfungsi sebagai sarana penyeberangan antar pulau secara tetap, yang kadang juga disebut kapal penyeberangan. Dengan demikian, kapal ini digunakan untuk perjalanan laut yang pendek dengan durasi perjalanan sekitar sehari atau semalam
  • Kapal pesiar adalah kapal yang secara khusus dirancang untuk berpesiar atau bertamasya, yang kadang juga disebut kapal berpariwisata atau kapal wisata
  • Dan kapal laut, yang merujuk pada kapal penumpang sebagaimana yang sudah dijelaskan di bagian atas

3. Kapal Penangkap Ikan

Alat Transportasi Laut
Gambar via wikimedia.org

Kapal penangkap ikan adalah perahu atau kapal yang digunakan secara khusus untuk menangkap ikan di laut, danau atau sungai.

Ada banyak jenis kapal penangkap ikan jika dilihat dari dimensi, kapasitas dan ukurannya mulai dari kapal ikan komersial, artisanal dan rekreasi.

Dengan demikian, kapal penangkap ikan ini termasuk kapal nelayan. Hanya saja, atas alasan lingkungan, beberapa negara sudah mengatur soal standarisasi kapal jenis ini.

4. Kapal Tunda

Alat Transportasi Laut
Gambar via kompas.com

Kapal tunda, yang kadang juga disebut tugboat, adalah kapal yang digunakan secara khusus untuk mengantarkan kapal dagang atau kapal besar masuk atau keluar pelabuhan.

Artinya, kapal tunda ini termasuk kapal laut yang menggerakan kapal lain dengan mendorong atau menariknya, dengan kontak langsung atau tali tunda.

Kapal-kapal ini biasanya menarik kapal yang tidak dapat bergerak dengan sendiri, seperti saat di pelabuhan yang padat atau kanal yang sempit.

Termasuk juga kapal-kapal yang tidak bisa bergerak sendiri seperti kapal tongkang, kapal catata, rakit kayu sampai anjungan minyak.

Jenis kapal tunda sendiri cukup variatif, yang bergantung pada penggunaannya. Misalnya, ada kapal tunda yang dipakai untuk pemecah es atau kapal penyelamatan.

Secara teknis, kapal tunda dianggap sebagai kapal kelas khusus yang berfungsi agar kapal-kapal besar bisa sandar ke pelabuhan dengan aman.

5. Kapal Penyelamat

Alat Transportasi Laut
Gambar via sindonews.net

Kapal penyelamat, yang kadang juga disebut sekoci, adalah kapal yang didesain khusus untuk bisa digunakan dalam keadaan darurat.

Di KBBI, kapal penyelamat diartikan sebagai kapal yang digunakan untuk menyelamatkan jiwa manusia dalam musibah di laut, biasanya mempunyai stabilitas yang sangat baik dan berkecepatan tinggi.

Sementara, jika merujuk pada sekoci, maka ia bisa diartikan sebagai perahu berukuran kecil, yang kadang disebut kapal api kecil, dengan jenis yang beragam, diantaranya:

  • Sekoci penolong adalah sekoci yang dibawa oleh kapal, terbuat dari kayu, serat atau logam, mempunyai tangki udara yang kedap air untuk menambah daya apung dan dirancang serta dilengkapi dengan peralatan untuk penyelamatan jiwa di laut dalam keadaan darurat
  • Sekoci penolong dayung adalah sekoci penolong yang menggunakan dayung sebagai penggerak
  • Sekoci penolong mekanis adalah sekoci penolong yang menggunakan peralatan mekanis sebagai penggeraknya
  • Sekoci penolong motor adalah sekoci penolong yang dipasangi motor penggerak yang dapat bekerja dalam keadaan cuaca buruk di laut

Sementara, apabila merujuk pada kapal penolong, maka ia bisa diartikan sebagai kapal dengan perlengkapan khusus untuk menarik atau menolong kapal yang kandas atau kapal yang berada dalam keadaan darurat.

6. Kapal Tanker

Alat Transportasi Laut
Gambar via solarindustri.com

Kapal tanker atau kapal tangki adalah kapal yang dibuat khusus untuk mengangkut barang cair seperti minyak dan lain sebagainya tanpa dikemas.

Umumnya, kapal jenis ini digunakan untuk mengangkat atau menyimpan secara sementara cairan seperti minyak atau gas bumi dalam jumlah besar.

Dengan demikian, istilah kapal tanker termasuk istilah yang kompleks, karena merujuk pada beberapa jenis kapal dengan fungsi serupa, seperti:

  • Kapal tanker minyak bumi adalah kapal khusus yang mengangkut produk minyak bumi dan produk hidrokarbon lain seperti liquefied petroleum gas (LPG) dan liquefied natural gas (LNG)
  • Kapal tanker kimia seperti kimia , seperti amonia , klorin , dan styrene monomer
  • Kapal pengangkut bahan lain seperti air tawar, anggur, gula tetes, jus jeruk dan lain sebagainya

7. Kapal Perang

Alat Transportasi Laut
Gambar via voanews.com

Kapal perang, yang kadang juga disebut kapal kombatan, adalah kapal milik Angkatan Laut suatu negara yang umumnya dibuat untuk tujuan perang.

Dengan demikian, kapal ini memiliki sistem senjata, dirancang agar tahan kerusakan dan biasanya punya kemampuan manuver dan kecepatan yang lebih dibanding kapal jenis lain.

Dan ia termasuk salah satu jenis alat transportasi lain, karena membawa awak, amunisi dan segala perlengkapan yang ada didalamnya.

Istilah kapal perang pun termasuk istilah yang kompleks, karena dalam praktiknya, kapal perang juga termasuk jenis kapal dalam angkatan laut, seperti yang terlihat pada tabel dibawah ini:

Jenis Kapal Perang Berdasarkan GenerasiKapal perang layar, Kapal tempur pra-dreadnought (1885-1905) dan Kapal tempur post-dreadnought
Jenis kapal perang berdasarkan cara kerjanyaKapal induk, Kapal tempur, Kapal perusak, Kapal penjelajah, Kapal kombatan, Kapal patroli, Kapal angkut, Kapal pendukung, Fregat dan juga Korvet
Jenis kapal perang berdasarkan posisinya di permukaan airKapal konvensional, Kapal siluman dan Kapal selam

8. Kapal Selam

Alat Transportasi Laut
Gambar via suara.com

Kapal selam, secara umum dipahami sebagai kapal perang yang dapat menyelam di laut. Dari pengertiannya diatas bisa diketahui kalau kapal Selam masuk dalam kategori kapal perang atau kapal Militer.

Mengapa demikian? Karena sampai hari ini tidak dimiliki oleh kalangan sipil atas berbagai alasan. Dan berkat perkembangan teknologi, kapal selam mulai muncul dalam berbagai model.

Salah satunya adalah kapal selam nuklir adalah kapal perang selam bertenaga nuklir yang dapat tetap beroperasi di dalam air selama berbulan-bulan tanpa harus muncul ke permukaan.

9. Contoh angkutan laut lain

Alat Transportasi Laut
Gambar via wikimedia.org

Selain dari contoh angkutan laut diatas, ada banyak jenis kapal jika merujuk pada definisi kapal yang dimengerti sebagai kendaraan pengangkut penumpang dan barang di laut.

Dimana, kapal bisa terbuat dari kayu atau besi, bertiang satu atau lebih, bergeladak, digerakan oleh mesin atau pakai layar, seperti:

  • Kapal api adalah kapal laut yang digerakkan oleh mesin uap yang kadang juga disebut kapal uap
  • Kapal bantalan udara adalah kapal yang dapat berjalan di atas bantalan udara yang dihembuskan oleh mesin pada kapal itu baik melalui air atau lewat daratan
  • Kapal barang penumpang adalah kapal yang terutama digunakan untuk mengangkut barang, jumlah penumpang kabinnya tak lebih dari 12 orang
  • Kapal bendera adalah kapal yang mengangkut panglima armada atau komandan eskader dan membawa benderanya. Kadang juga merujuk pada istilah yang terbaik, terbesar atau yang terpenting dari suatu seri, jaringan atau rangkaian kapal
  • Kapal cuaca adalah kapal yang dirancang khusus untuk mengamati keadaan cuaca
  • Kapal curah adalah kapal yang dirancang khusus untuk mengangkut muatan curah misalnya biji-bijian, gandum, jagung dan pupuk yang tidak dikemas
  • Kapal dagang adalah kapal yang khusus untuk memuat dan mengangkut barang dagangan biasanya antar pulau
  • Kapal geladak rata adalah kapal yang tidak mempunyai bangunan diatasnya
  • Kapal haji adalah kapal yang digunakan untuk mengangkut jemaah haji
  • Kapal hidrofoil adalah kapal cepat bersayap yang digunakan untuk mengangkat dan menopang lambung kapal di atas air saat kecepatan jelajah tercapai
  • Kapal induk adalah kapal perang berukuran besar, khusus di laut atau samudera, tempat mengoperasikan pesawat terbang
  • Kapal kabel adalah kapal yang dilengkapi dengan peralatan untuk memasang kabel di laut
  • Kapal klotok adalah kapal berukuran kecil untuk kendaraan di sungai yang dijalankan dengan mesin kecil
  • Kapal kerakah adalah kapal dagang yang umum digunakan pada zaman dahulu
  • Kapal keruk adalah kapal yang khusus digunakan untuk mengeruk lumpur di pelabuhan atau sungai
  • Kapal latih adalah kapal yang digunakan untuk melatih calon perwira dan awak kapal
  • Kapal layar adalah kapal yang dijalankan dengan layar, biasanya untuk pelayaran pantai atau perlombaan mengarungi selat dan lain sebagainya
  • Kapal meriam adalah kapal perang berukuran kecil
  • Kapal motor cepat adalah kapal yang dijalankan oleh motor, biasanya kapal kecil bermotor
  • Kapal motor cepat adalah kapal bermotor untuk mengangkut penumpang
  • Kapal mualim, yang kadang disebut kapal pandu atau kapal tunda adalah kapal penunjuk jalan di pelabuhan
  • Kapal niaga adalah kapal yang khusus untuk mengangkut barang dagangan yang kadang juga disebut kapal dagang
  • Kapal pamer adalah kapal yang digunakan sebagai promosi perusahaan, biasanya diberi nama sesuai dengan nama perusahaan
  • Kapal pantai adalah kapal yang dirancang khusus untuk pelayaran pantai secara teratur atau untuk menyeberangi laut dengan jarak yang terbatas
  • Kapal patroli adalah kapal berkecepatan tinggi yang digunakan untuk berpatroli
  • Kapal pemburu adalah kapal perang yang sangat laju jalannya, digunakan untuk memburu dan mengusir kapal perang musuh
  • Kapal pemecah es adalah kapal dengan perlengkapan khusus untuk memecah lapisan es di permukaan air untuk membuka alur pelayaran melalui lapisan es
  • Kapal penangkap ikan adalah kapal yang digunakan untuk menangkap ikan
  • Kapal penarik adalah kapal yang digerakan dengan mesin yang kuat, digunakan untuk menarik kapal dan kendaraan mengembang lain untuk membantu pergerakan atau menyelamatkan kendaraan tersebut
  • Kapal pendarat adalah kapal yang haluannya dapat dikandaskan di tepi pantai untuk menurunkan pasukan, kendaraan dan lain sebagainya
  • Kapal pengangkut adalah kapal untuk mengangkut material kering mentah seperti batubara atau bijih besi
  • Kapal pengebor adalah kapal untuk pengeboran minyak pada laut dalam dengan jarak antara >1000 m
  • Kapal penjelajah adalah kapal perang yang sedang besarnya, tetapi sangat laju jalannya dan dapat menjelajahi segala medan
  • Kapal penolong adalah kapal dengan perlengkapan khusus untuk menarik atau menolong kapal kandas atau kapal yang berada dalam keadaan darurat
  • Kapal penumpang adalah kapal yang fungsi utamanya untuk mengangkut penumpang
  • Kapal penyapu ranjau adalah kapal yang lambungnya dibuat dari kayu atau bahan lain yang anti magnet untuk memasukkan ranjau di suatu perairan
  • Kapal penyelamat adalah kapal yang digunakan untuk menyelamatkan jiwa manusia dalam musibah di laut, biasanya mempunyai stabilitas yang sangat baik dan berkecepatan tinggi
  • Kapal penyusur adalah kapal yang menyusur pantai, yang hanya singgah di pelabuhan kecil saja
  • Kapal perambuan adalah kapal khusus untuk memasang dan merawat rambu-rambu laut
  • Kapal perang adalah kapal yang dilengkapi dengan persenjataan untuk berperang
  • Kapal perintis adalah kapal yang merintis suatu tugas misalnya menghubungi daerah terpencil yang belum terbuka
  • Kapal perusak adalah kapal perang yang dipersenjatai dengan meriam, torpedo dan sebagainya untuk membinasakan kapal musuh atau melindungi kapal lain dari serangan musuh
  • Kapal peti kemas adalah kapal khusus untuk mengangkut peti kemas
  • Kapal pos adalah kapal yang khusus untuk mengangkut surat pos dan benda pos lainnya
  • Kapal primadona adalah kapal yang dipandang istimewa karena paling bagus, paling menguntungkan dan lain sebagainya
  • Kapal pukat adalah kapal penangkap ikan yang menggunakan alat penangkapan berupa pukat
  • Kapal putih adalah kapal penumpang antarpulau yang dapat mengangkut penumpang dan barang dalam jumlah besar
  • Kapal roro adalah kapal feri yang dirancang untuk membawa kendaraan seperti mobil, bus, truk, trailer dan lain sebagainya
  • kapal samudera adalah kapal besar untuk mengarungi samudra, dalam pelayaran antarnegara dan lain sebagainya
  • Kapal suar adalah kapal yang ditempatkan di perairan tertentu yang berfungsi sebagai suar
  • Kapal sungai adalah kapal kecil yang dibuat khusus untuk berlayar di sungai, bentuknya berbeda dengan kapal laut
  • Kapal tangki adalah kapal pengangkut minyak yang kadang juga disebut kapal tanker
  • Kapal terbang, yang kadang juga disebut kapal udara, adalah kapal atau pesawat yang dapat terbang
  • Kapal tiara adalah kapal yang mempunyai tiga bangunan atas yakni agil, anjungan dan kimbul
  • Kapal transpor adalah kapal yang digunakan untuk mengangkut pasukan

C. Tipe-tipe alat Transportasi Udara

Alat transportasi udara atau angkutan udara adalah alat yang digunakan untuk memindahkan, mengangkut atau membawa barang dan orang lewat jalur udara.

Artinya, dengan angkutan ini, seseorang atau suatu barang bisa dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lain dengan cepat.

Ada banyak contoh angkutan udara mulai dari pesawat terbang, jet, helikopter, roket, drone, glider dan lain sebagianya.

Tiap angkutan jenis transportasi udara diatas memiliki cara sendiri-sendiri dalam hal ketepatan, bentuk dan fasilitas perjalannya.

Hanya saja, tidak semua angkutan udara dirancang untuk mengangkut barang sebab ada yang dibuat untuk tujuan rekreasi seperti balon udara, hang gliding, glider dan terjun payung.

Dibanding transportasi darat dan transportasi udara, alat-alat transportasi di atas tergolong baru sebab baru mulai diperkenalkan pada 1903.

Hanya saja, perkembangannya tergolong cepat karena menjadi alat transportasi penuh untuk orang dan barang pada tahun 1930-an.

Perkembangan paling signifikan terjadi setelah perang dunia ke-II, dimana alat transportasi ini digunakan baik untuk penerbangan domestik dan internasional.

1. Pesawat Penumpang Sipil

alat Transportasi Udara
Gambar via voi.id

Pesawat penumpang sipil atau pesawat komersial adalah jenis angkutan udara paling umum yang menyediakan sarana transportasi dan fasilitasnya pendukung lainnya.

Moda transportasi ini sangat populer karena menawarkan kecepatan dibanding moda transportasi lain seperti lewat jalur darat dan air.

Pesawat juga bisa membawa ratusan penumpang dan barangnya sekaligus dari satu lokasi ke lokasi lain dengan jalur tetap.

Untuk tempat duduk, biasanya dibagi menjadi dua atau empat kelas. Sebagai contoh, penerbangan domestik biasanya punya dua kelas.

Yakni first class dan economy class. Sementara, penerbangan internasional punya sampai empat class mulai dari first class, club class, business class, premium economy sampai economy class.

2. Pesawat Latih

alat Transportasi Udara
Gambar via flightzona.com

Pesawat latih, yang kadang juga disebut sebagai pesawat percobaan, punya definisi yang berbeda di berbagai negara, termasuk indonesia.

Misalnya, di AS, yang merujuk pada pesawat buatan sendiri dengan desain konvensional karenanya, pemiliknya hanya memperoleh sertifikat eksperimental saat mengoperasikannya.

Dengan demikian, pesawat latih dalam konteks tersebut, disebut sebagai pesawat eksperimental yang dibuat dengan tujuan untuk menguji teknologi dirgantara yang ada didalamnya.

Di Indonesia, pesawat latih merujuk pada pesawat yang digunakan untuk pelatihan bagi pilot pesawat komersial untuk penerbangan sipil dan militer.

3. Pesawat Militer

alat Transportasi Udara
Gambar via jubi.co.id

Pesawat militer merujuk pada tiap pesawat yang masih aktif dalam satuan operasional tempur. Biasanya dibawah kendali Angkatan Udara suatu negara.

Dengan demikian, pesawat ini dapat berupa pesawat tempur atau non-tempur. Jika merujuk pada definisi ini, maka pesawat militer termasuk pesawat latih yang khusus digunakan oleh pilot militer.

Pada dasarnya, pesawat tempur dirancang untuk menghancurkan peralatan musuh menggunakan persenjataan dari pesawat tersebut.

Dan biasanya, hanya dikembangkan dan dibeli oleh pasukan militer. Sementara, pesawat non-tempur tidak dirancang untuk pertempuran.,

Tetapi biasanya digunakan untuk membawa persenjataan untuk pertahanan diri. Utamanya, digunakan untuk mendukung operasi dan logistik pasukan.

Intinya, pesawat militer adalah semua jenis pesawat yang digunakan dan peruntukannya hanya untuk keperluan militer saja.

4. Pesawat Angkut

alat Transportasi Udara
Gambar via wikimedia.org

Pesawat angkut, yang kadang juga disebut pesawat ulang-alik adalah layanan penerbangan terjadwal pada rute pendek dengan tarif dan struktur kelas yang sudah disederhanakan.

Dengan demikian, pesawat angkut ini bisa juga disebut pesawat penumpang sipil. Jadi, tidak ada definisi asli soal pesawat angkut ini seperti apa.

Hanya saja, yang membedakan dengan pesawat komersial lain ada pada frekuensi penerbnagannya yang biasanya hanya melayani penerbnagan kurang atau lebih dari satu jam.

Maskapai biasanya mengoperasikan service antar jemput sebagai layanan kelas utama dengan biaya yang lebih rendah.

5. Roket

alat Transportasi Udara
Gambar via detik.com

Istilah roket punya makna ganda karena bisa merujuk pada kendaraan yang menggunakan mesin roket atau peluru dengan teknologi tersebut.

Hanya saja, jika merujuk pada angkutan umum maka roket bisa dipahami sebagai setiap kendaraan yang menggunakan mesin roket.

Dengan demikian, roket termasuk missile, pesawat ruang angkasa, dan kendaraan lain dengan teknologi tersebut.

Pada dasarnya, roket sudah mulai digunakan sejak abad ke-13 di bidang militer skala kecil atau untuk tujuan rekreasi.

Hanya saja, khusus untuk angkutan, umumnya dipergunakan untuk membawa astronot ke luar angkasa di luar atmosfer.

Mengapa demikian? Karena roket bekerja dengan aksi dan reaksi dorong ke depan dengan knalpot ke arah yang berlawanan dan berkecepatan tinggi.

Karena itu, roket bisa bekerja di ruang hampa, yang tidak bisa dilakukan oleh pesawat biasa. Inilah yang jadi alasan mengapa ia dipakai untuk penerbangan luar angkasa.

6. Helikopter

alat Transportasi Udara
Gambar via wikimedia.org

Helikopter adalah pesawat udara dengan baling-baling besar di atas yang berputar secara horizontal lalu mempercepat massa udara ke arah bawah.

Dengan demikian, kendaraan tersebut akan memperoleh reaksi berupa gaya angkat. Umumnya, helikopter digunakan untuk bertempur atau mengangkut orang.

Sampai hari ini, helikopter dianggap sebagai sarana transportasi udara yang cepat, mampu menggerakan orang di udara.

Tentu saja, dari berbagai aspek, sebagai angkutan orang dan barang, helikopter tidak bisa disamakan dengan pesawat komersial karena keterbatasannya kapasitas angkutannya.

Artinya, helikopter hanya mengangkut beberapa orang dalam satu waktu, sementara pesawat komersial bisa mengangkut ratusan orang sekaligus.

7. Jet pribadi

alat Transportasi Udara
Gambar via bisnis.com

Jet pribadi, yang kadang juga disebut pesawat pribadi, adalah sarana transportasi udara yang diperuntukan bagi satu orang atau lebih.

Tapi maksimal hanya boleh diisi oleh lima orang sekaligus. Ada banyak merk pesawat komersial seperti Cessna Citation CJ1.

Pada dasarnya, yang membedakan jet pribadi dan angkutan lain ada pada kenyamanan dalam melakukan perjalanan dari satu lokasi ke lokasi lain.

Karena itu, umumnya, pesawat pribadi hanya dipakai untuk perjalanan bisnis yang wajib dilakukan dengan cepat atau sekedar untuk rekreasi.

8. Balon udara

alat Transportasi Udara
Gambar via taiwantourism.id

Balon udara adalah moda transportasi udara yang juga digunakan untuk mengangkut orang tapi tujuannya utamanya untuk rekreasi.

Biasanya, balon udara diterbangkan dalam area yang terbatas sehingga wisatawan bisa melihat lokasi dalam wilayah yang jauh lebih luas.

Dulunya, balon udara merupakan bentuk transportasi komersial yang populer tapi tidak lagi digunakan untuk beberapa alasan salah satunya soal keamanan dan kecepatan.

9. Glider

alat Transportasi Udara
Gambar via schempp-hirth.com

Glider, yang kadang juga disebut sailplane, adalah jenis pesawat terbagn layang yang digunakan untuk tujuan olahraga atau rekreasi.

Pesawat jenis ini dirancang secara aerodinamis dan ramping sehingga mampu mencapai ketinggian saat diterbangkan di udara.

Beberapa glider modern terbuat dari aluminium yang telah ditutupi dengan layar sintetis untuk membentuk sayap.

10. Zeppelin

alat Transportasi Udara
Gambar via france24.com

Zeppelin adalah jenis kapal udara kaku yang dinamai berdasarkan penemunya yakni Ferdinand von Zeppelin dari Jerman pada abad ke-20.

Angkutan udara jenis ini memiliki gas internal, dirantai dan tertutup. Sehingga, jika diperhatikan, tampilannya seperti balon udara.

Hanya saja, ia sedikit berbeda. Karena moda transportasi jenis ini dibuat dari logam dengan penutup yang kaku, menggunakan gas hidrogen yang mendorong pesawat bisa berjalan ke angkasa.

Selain itu, ukurannya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan balon udara. Artinya, ia secara teknis berbeda.

11. Luncur gantung

alat Transportasi Udara
Gambar via wikimedia.org

Luncur gantung atau Zip-Line dianggap sebagai permainan yang dilakukan dengan cara meluncur menggunakan kabel tergantung dan katrol di luar ruangan.

Pengedaranya biasa dilengkapi dengan alat keselamatan seperti helm khusus serta tali yang diikatkan di badan.

Meski cara kerjanya cukup sederhana tapi ia termasuk moda transportasi karena memungkinkan orang atau barang bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Meski resiko dan kapasitasnya lebih sedikit dibanding alat transportasi lain. Selain itu, karena satu dan lain alasan, kadang ia tidak bisa dimasukkan sebagai alat transportasi udara.

12. Terbang Layang

alat Transportasi Udara
Gambar via tiffanews.com

Sama seperti luncur gantung dimana terbang layang lebih banyak digunakan sebagai alat transportasi untuk kebutuhan rekreasi saja ketimbang transportasi massal.

Tapi, dari cara kerja dan fungsinya, ia tetap bisa dikategorikan sebagai alat transportasi. Peruntukannya saja yang berbeda.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan terbang layang? Terbang layang adakan kegiatan terbang dengan pesawat yang terbuat dari rangka kayu dan kain parasut.

Mula-mula, ia akan dinaikkan ke atas atau ditarik ke atas oleh pesawat kemudian dilepaskan hingga melayang.

Atau bisa juga dengan mendaki ke perbukitan yang tinggi lalu meluncurkannya disitu. Dengan demikian, ia bisa disebut sebagai pesawat tak bertenaga hanya mengandalkan prinsip aerodinamika.

13. Trem udara

alat Transportasi Udara
Gambar via seindotravel.com

Trem udara, yang kadang juga disebut sebagai kereta gantung adalah alat transportasi udara yang menggantung di udara lewat kabel dengan titik yang lurus.

Mirip-mirip dengan Zip-line, tapi sudah menggunakan mesin dan tidak perlu tenaga manusia lagi untuk pakai alat ini.

Jalur kereta udara ini biasanya lurus. Bisa berbelok, tapi hanya pada sudut tertentu saja. Biasanya setelah mencapai stasiun.

Umumnya, kereta gantung hanya dipakai sebagai alat transportasi untuk wisatawan di daerah-daerah tertentu seperti tempat bersalju, pengunungan dan lain sebagainya.

14. Angkutan udara jenis lain

alat Transportasi Udara
Gambar via promediateknologi.com

Selain daftar di atas, ada juga jenis angkutan udara yang sebenarnya merupakan bagian dari contoh diatas tapi dengan penyebutan yang berbeda, seperti:

  • Pesawat akrobatik adalah pesawat yang digunakan untuk peragaan
  • Pesawat amfibi adalah pesawat yang dapat mendarat di air dan di darat
  • Pesawat angkut adalah pesawat untuk mengangkut pasukan atau barang
  • Pesawat antariksa adalah pesawat yang dirancang untuk terbang di antariksa
  • Pesawat apung adalah pesawat udara yang dirancang untuk lepas landas dan mendarat di air
  • Pesawat asap adalah pesawat uap dari mesin yang digerakan dengan asap
  • Pesawat bersayap dua adalah pesawat udara dengan dua set sayap yang berlapis dan sejajar
  • Pesawat bisnis adalah pesawat udara dengan jumlah tempat duduk terbatas, biasanya digunakan pemimpin perusahaan untuk perjalanan bisnis
  • Pesawat buru sergap adalah pesawat yang dapat terbang sangat cepat, untuk menyergap dan memburu pesawat musuh
  • Pesawat capung adalah pesawat terbang ringan yang berbentuk menyerupai capung
  • Pesawat intai adalah pesawat yang digunakan untuk mengumpulkan data intelijen dan penyadapan serta pengintaian posisi taktis atau strategis dari lawan atau negara lain yang diinginkan data-datanya
  • Pesawat jet adalah kapal terbagn yagn digerakkan oleh semburan gas yang dibakar, tidak dengan baling-baling
  • Pesawat jet supersonik adalah pesawat penumpang yang kecepatan jelajahnya lebih cepat daripada kecepatan suara
  • Pesawat jumbo jet adalah pesawat terbagn jet yang berukuran sangat besar
  • Pesawat kargo adalah pesawat udara dengan kapasitas besar, digunakan untuk mengangkut barang
  • Pesawat komersial adalah pesawat yang digunakan untuk mengangkut penumpang atau barang sesuai jadwal tertentu
  • Pesawat layang adalah pesawat tak bermesin, diterbangkan oleh sebuah pesawat penarik yang mengikuti arah angin
  • Pesawat mengangkasa adalah pesawat yang membumbung ke udara
  • Pesawat militer adalah pesawat yang digunakan untuk keperluan militer
  • Pesawat nirawak adalah pesawat terbagn tanpa pilot, berfungsi dengan kendali jarak jauh
  • Pesawat pancar adalah gas pesawat jet
  • Pesawat pelempar bom adalah pesawat pengebom yang kadang juga disebut pesawat pembuang bom
  • Pesawat peluncur adalah kapal terbang yang tidak bermotor
  • Pesawat pemburu adalah kapal terbang yang kecil dan cepat untuk mengejar pesawat musuh dan sebagainya
  • Pesawat pendingin adalah mesin untuk mendinginkan ruangan upaya terasa nyaman dan sejuk pada cuaca panas
  • Pesawat pengebom adalah kapal terbang khusus untuk menjatuhkan bom ke sasarannya
  • Pesawat pengintai adalah pesawat udara yang tidak dapat dideteksi radar karena faset penyerap radar menutupi badan pesawat
  • Pesawat radar adalah pesawat pengawas untuk menemukan dan mengenali pesawat udara yang sedang terbang
  • Pesawat radio adalah alat untuk menerima dan memancarkan siaran radio
  • Pesawat ringan adalah pesawat udara, biasanya bermesin satu, terbang dengan kecepatan antara 150 hingga 250 km per jam, digunakan untuk rekreasi atau perjalanan jarak pendek
  • Pesawat selam adalah kendaraan berbaling-baling, seperti kapal selam kecil, yang tidak bergerak dibawah permukaan air untuk melaksanakan berbagai tugas
  • Pesawat siluman adalah pesawat supersonik yang tidak terdeteksi oleh radar
  • Pesawat sipil adalah pesawat yang digunakan untuk kepentingan selain militer seperti pesawat pribadi, pesawat bisnis dan pesawat komersial
  • Pesawat tanker adalah pesawat pembawa bahan bakar yang digunakan untuk mengisi bahan bakar pesawat di udara
  • Pesawat tempur adalah kapal terbang khusus untuk bertempur
  • Pesawat ulang alik adalah pesawat luar angkasa terdiri atas pengorbit, dua roket dan satu tangki bahan bakar
  • Pesawat ultrangin adalah pesawat kecil yang sangat ringan

Penutup

Jika diperhatikan sekilas, moda transportasi darat adalah yang paling variatif mulai dari bentuk, cara kerja sampai asal tenaga.

Di darat, seseorang bisa menggunakan hewan seperti kuda atau sapi untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Tapi tidak dengan laut dan udara. Dua metode transportasi diatas dominasi oleh satu jenis kendaraan yakni kapal untuk laut dan pesawat untuk udara.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini jangan lupa sampaikan lewat kolom komentar.

Demikian artikel tentang 35+ contoh alat transportasi darat, laut dan udara serta fungsinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar