STEP BY STEP: Cara Withdraw Skrill Ke Rekening Bank Lokal atau ke Dompet Digital

Di artikel kali ini saya mau berbagi pengalaman dan cara withdraw Skrill ke rekening bank lokal yang di Indonesia termasuk ke eWallet seperti DANA, OVO, GoPay dan LinkAja.

Kebetulan, saya punya saldo skrill yang diperoleh dari ySense karena ikut survey berbayar mereka.

Soal itu juga sudah saya bahas di artikel sebelumnya yang berjudul pengalaman withdraw saldo dari ySense untuk kali pertama.

Jika saldo Skrill itu gak mau ditukar jadi uang cash, anda bisa investasikan jadi Bitcoin yang fitur tradingnya ada di dashboard Skrill. 

Ini bisa jadi alternatif terlebih jika saldonya dibawah $100 dan akun anda bukan VIP, sebab biaya withdrawnya lumayan besar.

Dan untuk anda yang sedang cari cara withdraw dari Skrill ke rekening bank atau cara membuat akun Skrill, baca artikel ini sampai habis.

Cara Withdraw Skrill Ke Rekening Bank Lokal di Indonesia

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan cara withdraw Skrill ke rekening bank lokal di Indonesia:

1. Buka Skrill

Cara Mencairkan Saldo Skrill Ke Rekening Bank Lokal

Langkah pertama adalah buka situs atau aplikasi Skrill. Sebagai contoh, di artikel ini saya pakai yang versi situs.

Jika situsnya sudah terbuka, klik Log In. Nantinya, anda diminta memasukkan email dan password Skrill milik anda.

Di tahap ini, klik Log In sekali lagi agar bisa masuk ke beranda akun.

2. Autentikasi dua langkah

Cara Mencairkan Saldo Skrill Ke Rekening Bank Lokal

Jika sebelumnya anda mengaktifkan validasi dua langkah, di tahap ini anda diminta untuk memasukkan kode OTP yang dikirim Skrill ke nomor telepon aktif yang dimasukkan sebelumnya saat daftar.

Tunggu saja sampai kode OTPnya masuk lalu tempelkan di laman ini. Anda juga bisa mengaktifkan pengenalan perangkat agar tidak ada otentikasi lagi di lain kesempatan saat anda buka Skrill di perangkat yang sama

3. Withdrawal

Cara Mencairkan Saldo Skrill Ke Rekening Bank Lokal

Jika kode OTPnya benar, anda langsung dialihkan ke beranda aplikasi. Dan untuk withdraw Skrill ke rekening bank Lokal, klik Withdraw> Bank Account lalu klik Withdraw Now

5. Tambah akun bank

Cara Mencairkan Saldo Skrill Ke Rekening Bank Lokal

Sebelum itu, apabila anda belum pernah mencairkan saldo dari Skrill atau merupakan pencairan pertama, anda diminta untuk menambahkan rekening bank. Untuk tambah akun bank, klik tulisan Add a Bank Account

6. Isi data bank

Cara Mencairkan Saldo Skrill Ke Rekening Bank Lokal

Akan muncul kolom untuk mengisi data-data terkait bank seperti Country [Negara], nomor akun [No rekening bank] dan Swift kode [kode transfer].

Jangan lupa juga untuk mencentang kolom persetujuan penambahan akun bank. Apabila sudah, klik tombol ADD BANK ACCOUNT

7. Dokumen legal

Cara Mencairkan Saldo Skrill Ke Rekening Bank Lokal

Agar bisa mencairkan dana, anda diminta mengiput identitas legal yang berlaku, KTP, SIM dan Passport misalnya. Jika pakai KTP, di kolom Document Type pilih Identity Card dan masukkan nomor KTP anda di kolom Document Number. Apabila sudah, klik NEXT

8. Masukkan jumlah dana yang dicairkan

Cara Mencairkan Saldo Skrill Ke Rekening Bank Lokal

Lalu masukkan jumlah dana yang mau dicairkan. Di laman ini anda bisa melihat balance atau jumlah saldo yang dimiliki.

Anda juga akan dapat pemberitahuan tentang limit minimum payout termasuk exceeds limitnya. Apabila sudah, klik Next

9. Konfirmasi withdrawal

Cara Mencairkan Saldo Skrill Ke Rekening Bank Lokal

Paling terakhir anda diminta untuk mengkonfirmasi permintaan pencairan di dompet digital satu ini.

Jika sudah yakin mau cairkan, klik tombol Confirm. Oh iya, di laman ini juga anda bisa melihat jumlah waktu pencairan dana, fee, kurs atau conversion [3.99% FX fee] dan jumlah total dana yang akan diterima dalam bentuk Rupiah.

10. Notif pencairan Sukses

Cara Mencairkan Saldo Skrill Ke Rekening Bank Lokal

Selanjutnya akan ada pemberitahuan kalau permintaan pencairan berhasil atau, dalam beberapa kasus, gagal.

Kalau permintaan payout gagal, ikuti lakukan langkah-langkah diatas sekali lagi sampai berhasil.

Sampai disini anda sudah berhasil melakukan penarikan saldo Skrill. Selanjutnya tinggal tunggu saldonya masuk ke rekening bank anda.

Sebagai informasi, anda juga bisa meningkatkan limit deposit dan withdraw jika akun anda sudah verifikasi tingkat II.

Verifikasi yang terakhir ini mengharuskan anda untuk menghubungkan akun Facebook milik anda dengan Skrill, mengupload kartu identitas seperti KTP dan SIM dan menginput alamat tempat tinggal anda sekarang.

Dalam beberapa kasus, jika verifikasi tingkat II ini enggak dilakukan, ada kemungkinan anda tidak bisa mencairkan saldo yang dimiliki.

Question and Answer [QnA]

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan orang-orang terkait dengan cara withdwal Skrill ke bank lokal, diantaranya:

1. Apa itu Skrill?

Skrill adalah situs atau aplikasi moneybookes yang bisa digunakan untuk transaksi e-niaga. Dengan demikian, setiap orang bisa melakukan transaksi berupa pembelian atau transfer uang dengan mudah, cepat dan aman.

Jadi, platform ini mirip dengan Paypal atau Payoneer. Skrill sendiri didirikan oleh Lorenzo Pellegriono pada 2001 lalu.

Di tahun 2015, Skrill jadi bagian dari PaySafe Group bersama dengan Neteller dan paysafecard dan berkantor di Inggris.

2. Bagaimana cara daftar di Skrill?

Untuk anda yang ingin buat akun Skrill, bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Ada dua cara registrasi, pertama menggunakan versi aplikasi dan yang kedua, menggunakan versi situs. Disini saya mau pakai yang versi situs karena kebetulan proses registrasinya lebih cepat
  • Jika situs Skrill sudah terbuka, klik Register yang ada dibagian kiri atas layarCara Mencairkan Saldo Skrill Ke Rekening Bank Lokal
  • Anda akan dialihkan ke tab baru yang berisikan laman register. Ditahap ini, anda diminta untuk mengisi nama depan, nama belakang, Negara, currency atau mata uang, email dan password. Apabila sudah, klik RegisterCara Mencairkan Saldo Skrill Ke Rekening Bank Lokal
  • Sebenarnya anda sudah berhasil registrasi di tahap ini. Hanya saja, agar akun Skrill yang baru dibuat tadi bisa digunakan untuk transaksi, anda harus menyelesaikan proses registrasi seperti mengisi data pribadi, verifikasi email, nomor telepon dan lain sebagainya. Untuk mengisi data-data macam itu, di laman Wellcome to Skrill, klik Get StartedCara Mencairkan Saldo Skrill Ke Rekening Bank Lokal
  • Di sini anda diminta untuk mengisi data-data pribadi anda seperti alamat, kota, kode pos, tanggal lahir dan nomor telepon. Apabila sudah, Klik NEXTCara Mencairkan Saldo Skrill Ke Rekening Bank Lokal
  • Nantinya, anda diminta verifikasi nomor telepon yang tadi dimasukkan. Apabila kode OTPnya sudah masuk, klik VerifyCara Mencairkan Saldo Skrill Ke Rekening Bank Lokal

Setelah verifikasi, langkah selanjutnya adalah deposit. Soal ini bisa diisi nantinya. Jadi lompati saja langkah yang terakhir ini.

Nantinya anda akan diarahkan ke beranda akun. Dengan kata lain, anda sudah bisa menggunakan akun tersebut untuk transaksi atau terima pembayaran.

Anda juga akan dapat pemberitahuan untuk melengkapi proses registrasi via email yang tadi didaftarkan. 

3. Apakah bisa withdraw di Skrill tanpa harus verifikasi Identitas?

Jawabannya bisa dan itu berdasarkan pengalaman saya pribadi. Hanya saja, apabila kedepannya permintaan pencairan tidak di proses dengan alasan anda belum verifikasi identitas, ada kemungkinan pihak Skrill sudah menghubah syarat dan ketentuan pencairan saldo.

4. Berapa lama proses pencarian saldo di Skrill?

Sepengalaman saya, proses pencairan saldo butuh waktu 2 hari kerja, tidak termasuk hari libur, Sabtu dan Minggu contohnya.

Dalam beberapa kasus, mungkin butuh waktu yang lebih lama terlebih jika akun anda sementara peninjauan otomatis atau sedang verifikasi identitas.

5. Berapa saldo minimum agar bisa withdrawal di Skrill?

Jumlah minimum penarikan atau withdrwal di Skrill adalah $10,00. Sementara, maksimum penarikan adalah $10.000,00.

6. Tadi disebutkan kalau pemilik akun bisa beli Bitcoin dan Ethereum di Skrill, caranya gimana?

Jika anda punya saldo Skrill, anda bisa menukar saldo tersebut jadi Bitcoin, Ethereum atau koin lain.

Untuk tukar saldo jadi cryptocurrency di Skrill, berikut langkah-langkahnya:

  • Masih di dashboard Skrill anda lalu klik Crypto
  • Setelah masuk ke laman Crypto klik tombol Invest Now yang akan mengarahkan anda ke laman Trade BitcoinCara Mencairkan Saldo Skrill Ke Rekening Bank Lokal
  • Apabila susdah masuk ke laman Trade, pilih Buy untuk beli Bitcoin atau mata uang crypto lain. Oh iya, ada tiga metode trade yang ditawarkan Skrill yakni Instant, Conditional dan Recurring. Rate harganya kurang lebih sama. Anda juga bisa milih berdasarkan persentase portofolionya entah itu yang 25%, 50%, 75% dan 100%. Sebagai contoh, disini saya mau beli Ethereum yang persentase 100% dengan harga $13.81 atau setara dengan 0.02665251ETH. Jika sudah klik Next
  • Selanjutnya anda diarahkan ke laman konfirmasi pembelian. Jika benar-benar mau invest Bitcoin [Btc] atau Ethereum [Eth] di Skrill, klik ConfirmCara Mencairkan Saldo Skrill Ke Rekening Bank Lokal

Selesai. Sampai disini anda sudah berhasil beli atau invest Bitcoin di Skrill. Selain Bitcoin dan Ethereum, anda juga bisa invest koin lain seperti BCH [Bitcoin Cash], XRP dan LTC [Litecoin].

Anda juga bisa lihat chart atau pergerakan harganya dalam empat time range yakni harian, mingguan, bulanan dan tahunan termasuk portofolio investasi anda di Skrill. 

6. Berapa biaya atau fee saat mencairkan saldo Skrill ke bank lokal Indonesia?

Biayanya tergantung jenis akun. Kalau akunnya VIP, biayanya 0%. Kalau akun anda biasa, feenya $6. Hanya saja, di saya, feenya adalah $6.67. 

Cara Mencairkan Saldo Skrill Ke Rekening Bank Lokal

Besar gak? Tentu saja besar. Karena proses pencairan saldo anda harus di konversi dari USD ke EUR lalu ke IDR atau Rupiah.

Jadi wajar jika berkurang banyak. Apakah gak bisa withdrawal langsung dari USD ke IDR? Gak bisa, karena regulasi keuangan Uni Eropa [Europan Union] mengharuskan aliran dana keluar dari EU harus menggunakan mata uang yang berlaku

Ketentuan lebih lengkap soal administration fee ini termasuk hal-hal lain seperti fee deposit, bisa baca disini.

7. Bank apa saja yang memungkinkan saya menerima pembayaran dari Skrill?

Semua jenis bank, yang terpenting bank itu menerima pembayaran Internasional. Maksudnya gimana? Maksudnya, bank itu bisa swasta dan negeri yang punya Swift Code.

Jadi anda boleh gunakan BRI, BNI, BCA, BTN, BTPN, Mandiri, Panin, HSBC Holdings, OSBC NISP dan lain sebagainya.

8. Bagaimana cara withdraw skrill ke DANA?

Untuk withdraw Skrill ke DANA, saat isi nomor rekening, masukkan nomor 8059 diikuti nomor akun DANA anda.

Misalnya, nomor akun DANA anda adalah 081233445566 maka jadi 8059081233445566

Pada kolom kode Swift pakai saja BNIAIDJA yang merupakan swift code untuk PT. BANK CIMB NIAGA, TBK., JAKARTA.

9. Bagaimana cara withdraw Skrill ke OVO?

Untuk withdraw Skrill ke OVO, pada kolom nomor rekening isi angka 9 diikuti nomor ponsel yang terdaftar di OVO.

Misalnya nih, nomornya adalah 081233445566 maka akan menjadi 9081233445566. 

Sementara, pada kolom kode Swift masukkan kode NOBUIDJA  yang merupakan swift code untuk  PT. BANK NATIONAL NOBU.

10. Bagaimana cara withdraw Skrill ke GoPay?

Jika mau withdraw Skrill ke Gopay, pada laman nomor rekening masukkan nomor 898 diikuti nomor telepon yang terdaftar di Gopay.

Misalnya nih, nomor teleponnya adalah 081233445566 maka akan menjadi 898081233445566.

Sementara, untuk kolom selanjutnya silahkan isi BBBAIDJA yang merupakan swift kode untuk PT BANK PERMATA, TBK. 

11. Bagaimana cara withdraw Skrill ke LinkAja?

Di laman nomor rekening masukkan kode 911 diikuti nomor telepon aktif yang terdaftar di aplikasi LinkAja.

Dengan demikian, apabila nomor anda di LinkAja adalah 081233445566 akan menjadi 911081233445566.

Sementara, di kolom Swift Code, isi dengan kode BNIAIDJA yang merupakan swift code untuk PT. BANK CIMB NIAGA, TBK.

12. Bagaimana cara menghindari biaya withdrawal Skrill yang besar?

Ada, salah satunya adalah dengan upgade akun jadi VIP atau pakai money Changer online seperti Saldo[dot]co[dot]id.

13. Bagaimana cara transfer saldo dari Skrill ke Paypal atau Payoneer?

Untuk Paypal, bisa tapi anda harus menggunakan aplikasi atau jasa pihak ketiga seperti PayGlobe. 

Artinya, gak tersedia fitur transfer ke Paypal secara default. Begitu juga dengan Payoneer.

Yang penting, anda sudah punya akun payoneer yang didalamnya terdapat rounting number [nomor perutean] dan nomor akun.

Jika belum punya akun Payoneer, bisa daftar dulu dengan mengikuti tutorialnya disini

Penutup

Sebagai salah satu alternatif dompet digital, Skrill menawarkan banyak fitur pembayaran yang tidak ada di platform lain.

Hanya saja, dalam urusan biaya transfer, Skrill masih kalah sama platform lain seperti Paypal atau Payoneer.

Jika ada dari anda yang punya pengalaman withdraw saldo dari Skrill ke bank lokal entah itu BRI, BNI, BCA atau bank kustodian lain, jangan lupa tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang pengalaman dan cara withdraw Skrill ke rekening bank lokal di Indonesia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar