Cara Tutup Akun Skrill Secara Permanen 2023

Ada tiga alasan mengapa saya ingin tutup akun Skrill secara permanen. Pertama karena akun saya dibatasi dengan alasan belum verifikasi identitas.

Yang kedua, metode verifikasi identitasnya yang cukup ribet. Memang sih, ada dua metode validasi akun yang tersedia di platform tersebut.

Yakni dengan mengaktifkan geolokasi untuk menyesuaikan sama data-data yang akan diinput serta verifikasi alternatif. Kedua metode tersebut pada dasarnya sama saja.

Dan sebagai pengguna Internasional, harusnya pihak Skrill punya kebijakan untuk memfasilitasi metode verifikasi berdasarkan aturan dari negara tempat pengguna berasal.

Misalnya, jika pengguna berasal dari Indonesia, verifikasi dilakukan sesuai standar yang dikeluarkan OJK atau Bank Indonesia dimana proses KYC harus pakai KTP serta foto selfie.

Dan opsi ini tidak tersedia di Skrill. Wajar sih menurut saya, karena sampai hari ini, Skrill belum terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Kominfo.

Selain itu, setelah verifikasi identitas, anda juga wajib upload dokumen pendukung seperti bank statement, utility bill, credit card statement, tax return form, councill bill dan school enrollment letter.

Bisa juga pakai court document, pension document hingga lease or tenant contract. Jika dokumen telah di verifikasi, anda wajib verifikasi alamat.

Dengan melihat berbagai syarat verifikasi diatas, bisa disimpulkan kalau Skrill memang hanya di peruntukan untuk pengguna Uni Eropa saja.

Mengapa? Karena selain Skrill berasal dari sana, dokumen-dokumen pendukung untuk verifikasi identitas hanya bisa diperoleh warga disana.

Ketiga, dan cukup menjengkelkan adalah biaya fee for inactivity atau penarikan saldo otomatis jika akun tidak pernah dibuka dalam kurun waktu tertentu.

Ini yang saya alami sebab saldo Skrill milik saya yang jumlahnya sekitar $15 lebih hangus karena sebelumnya tidak bisa ditarik sebab akun dibatasi dengan alasan belum verifikasi identitas.

Dan saya diamkan saldo tersebut dan tak pernah buka lagi selama kurang lebih 5 bulan. Namun, beberapa hari lalu, saya coba masuk kembali ke akun Skrill.

Ternyata, saldonya sudah kosong. Padahal sebelumnya mau dipakai untuk terima duit dari salah satu platform freelance sekaligus untuk coba verifikasi akun.

Namun karena saldo saya sudah kosong dan ditarik otomatis oleh Skrill tanpa pemberitahuan via email, akhirnya saya putuskan untuk tutup akun Skrill secara permanen.

Oleh karena itu, jika ada dari anda yang ingin tahu cara hapus Skrill secara permanen atau cara tutup akun Skrill, simak artikel ini sampai habis.

Cara Tutup Akun Skrill Secara Permanen 2023

Lantas, bagaimana cara menutup akun Skrill permanen? Pasti penasaran, kan? Jika iya, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Buka Skrill web lalu login

Cara Tutup Akun Skrill Secara Permanen

Pertama, silahkan buka web Skrill di browser apa saja entah itu Google Chrome, Mozilla atau yang lainnya, Opera misalnya.

Setelah masuk ke situsnya, langsung klik tombol Login untuk kemudian diarahkan ke laman login seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Berikutnya, silahkan masukkan email aktif yang terdaftar di Skrill dan password valid. Jika sudah, langsung klik tombol Login yang ada di bagian bawah.

Apakah bisa pakai aplikasi Skrill untuk hapus akun? Kemungkinan bisa. Tapi karena disini saya pakai yang versi Web, silahkan disesuaikan saja.

2. Pilih metode Authentication

Cara Tutup Akun Skrill Secara Permanen

Jika email dan passwordnya benar, anda akan diarahkan ke laman authentication untuk memverifikasi permintaan masuk ke akun.

Di tahap ini, ada dua metode autentikasi yang tersedia yakni login lewat notifikasi yang dikirim ke aplikasi Skrill dan yang kedua, kirim pesan ke nomor yang terdaftar di Skrill.

Baca Juga:

Jika anda instal aplikasi Skrill di ponsel, silahkan pilih opsi yang pertama. Sementara, jika tidak, bisa pilih opsi yang kedua.

Untuk contoh, disini saya pilih opsi yang kedua. Jika sudah, silahkan klik tombol Next untuk lanjut ke tahap berikutnya.

3. Masukkan kode yang dikirim

Cara Tutup Akun Skrill Secara Permanen

Kalau pilih SMS, silahkan buka aplikasi SMS di ponsel lalu cari pesan instan yang dikirim oleh Skrill yang didalamnya berisikan kode autentikasi.

Kalau SMSnya sudah masuk, silahkan input di kolom ini lalu klik tombol LOGIN yang ada di bagian kanan bawah.

4. Pilih opsi Settings

Cara Tutup Akun Skrill Secara Permanen

Apabila kode OTP yang diinput benar atau valid, anda langsung diarahkan ke beranda akun Skrill milik anda.

Di tahap ini, langsung arahkan kursor ke menu Settings atau pengaturan yang ada di bagian samping jika tujuan anda ingin hapus akun Skrill secara permanen.

5. Buka menu Account Settings

Cara Tutup Akun Skrill Secara Permanen

Setelah masuk ke menu pengaturan atau Setting, pilih opsi menu yang kedua yakni Account Settings atau pengaturan akun.

Nantinya akan terbuka tiga pilihan pengaturan akun mulai dari language atau bahasa, loyalty program atau program loyalitas dan account status atau status akun.

Apabila tujuan anda adalah untuk menghapus akun Skrill, pilih opsi terakhir yakni Account Status lalu klik tulisan Close Account yang ada di bagian samping.

6. Masukkan alasan mengapa ingin menghapus akun

Cara Tutup Akun Skrill Secara Permanen

Selanjutnya anda diminta untuk memberikan alasan mengapa ingin menghapus akun Skrill. Tapi anda tidak diwajibkan untuk mengisi alasannya karena sifatnya opsional.

Jika memang yakin mau tutup akun Skrill tanpa atau dengan alasan sekalipun, langsung klik tombol Close my account yang ada di bagian samping.

7. Akun skrill berhasil di hapus

Cara Tutup Akun Skrill Secara Permanen

Setelah mengklik close my account, akan muncul pemberitahuan seperti ini: Your account was successfully closed atau akun anda berhasil ditutup.

Dengan demikian, anda sudah berhasil menutup akun skrill secara permanen. Untuk kembali ke beranda aplikasi Skrill, langsung klik tombol back to skrill.com


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan diajukan terkait postingan ini bakal diulas dalam bentuk QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apakah bisa mengaktifkan kembali akun Skrill yang telah dihapus?

Sepengalaman saya tidak, dan disarankan untuk tidak lagi mengaktifkannya. Alasannya apa? Ada banyak. Pertama, biaya-biaya yang dibebankan kepada pengguna cukup tinggi.

Mulai dari biaya tarik atau biaya transfer ke rekening bank, ada biaya in active dan fee tambahan lain yang tidak menguntungkan dari sisi pengguna.

Selain itu, jika anda ingin log in kembali ke akun skrill yang sebelumnya dihapus, akan ada pemberitahuan seperti ini di laman log in: Your account was closed at your request.

2. Apakah saldo akan hangus setelah akun ditutup?

Benar, saldo akan hangus setelah akun ditutup. Ini juga berlaku untuk setiap akun baik yang telah di verifikasi atau yang belum.

3. Apakah poin loyalty program di akun Skrill juga ikut terhapus?

Sama seperti saldo akun Skrill dimana poin loyalty program juga akan ikut terhapus setelah permintaan penutupan akun dilakukan. Anda juga akan dapat pemberitahuan soal ini.

4. Apakah ada platform pembayaran alternatif lain selain Skrill yang bisa digunakan?

Banyak dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Tapi, jika ditanya mana yang terbaik dan paling direkomendasikan, jawabannya cuma satu yakni PayPal.

Di Paypal, tidak ada biaya inactive akun. Jadi, anda bisa simpan uang kapan saja tanpa ditarik. Anda juga tidak perlu verifikasi akun.

Selain itu, biaya transfer ke rekening bank di Indonesia jauh lebih murah yakni hanya Rp16.000 tapi jika tarik uang lebih dari $100, maka tidak ada biaya yang dibebankan kepada anda.

Plus, Paypal sudah terdaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE). Artinya, platform tersebut sudah legal digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Penutup

Memilih untuk menonaktifkan akun adalah salah satu solusi jika anda sudah tidak lagi pakai suatu aplikasi atau ada biaya-biaya lain yang tidak menguntungkan pengguna.

Tapi kembali ke pribadi masing-masing. Jika merasa Skrill cukup bermanfaat dan ini satu-satunya metode pembayaran yang tersedia saat kerjakan proyek klien dari luar negeri, itu tidak masalah.

Namun harus siap-siap jika suatu saat akun anda dibekukan sementara dengan alasan belum verifikasi identitas. Dan metode verifikasinya cukup rumit untuk beberapa pengguna.

Demikian artikel tentang cara hapus akun Skrill secara permanen 2023. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar