Cara Tutup Akun PayPal Primer & Bisnis Permanen 2022

Untuk tutup akun PayPal caranya sangat mudah. Fitur ini sendiri tersedia di versi aplikasi atau desktop yang bisa diakses pakai browser.

Dan ini jadi pilihan bagi pengguna yang tidak ingin lagi pakai PayPal atau mungkin punya lebih dari satu akun.

Oh iya, satu hal penting yang harus diperhatikan saat menutup akun yakni saldonya. Dimana, agar akun bisa dihapus sepenuhnya atau permanen, pengguna harus mengosongkan isi rekening dulu.

Tapi jika saldo kurang dari $1,3, maka fitur hapus akun bisa diakses. Dan ini berlaku untuk PayPal biasa atau primer dan juga PayPal bisnis.

Karena itu, untuk anda yang sedang cari cara tutup akun PayPal sementara atau permanen, simak artikel ini sampai habis.

Cara Tutup Akun PayPal Primer & Bisnis Permanen 2022

Seperti yang sudah disebutkan diatas yang mana untuk menghapus akun PayPal, pengguna bisa pakai aplikasi atau browser. Berikut langkah-langkahnya:

1. Cara Tutup Akun PayPal 2022 Permanen Di HP

Jika pakai aplikasi Paypal yang di unduh di Google Play Store atau App Store, bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk hapus akun.

NOTE: Cara ini tidak disertai dengan gambar screenshot karena pihak PayPal tidak mengizinkan pengguna untuk ambil screenshot atau tangkapan layar di versi aplikasi atas alasan privasi.

  • Buka aplikasi PayPal yang terinstal di ponsel anda. Jika sudah, klik icon profil yang ada di bagian atas
  • Setelah diarahkan ke laman profil, scroll sedikit ke bawah sampai anda menemukan tulisan Close Your Account. Klik saja disitu
  • Dalam beberapa kasus, anda diminta untuk memasukkan sidik jari guna mengkonfirmasi permintaan. Ikuti saja instruksi verifikasi keamanan sampai berhasil untuk lanjut ke tahap berikutnya
  • Setelah sidik jari di input, atau kode keamanan lain seperti password atau email, berikutnya akan muncul pertanyaan seperti ini: Yakin menutup rekening anda? Setelah ditutup, akun tidak akan dapat menggunakan rekening paypal ini atau melihat transaksi anda sebelumnya. Rekening tidak dapat dibuka kembali. Jika yakin, langsung klik Tutup Rekening
  • Setelah itu akan muncul pemberitahuan bahwa rekening telah berhasil ditutup. Jika ingin menggunakan PayPal kembali, anda bisa buat rekening baru.

Dalam beberapa kasus, jika akun sedang dibatasi atau karena ada resolusi yang belum terselesaikan, maka anda tidak bisa menutup akun.

2. Cara tutup akun PayPal 2022 Permanen di PC

Selain dengan versi aplikasi, pengguna juga bisa pakai paypal WEB yang bisa diakses pakai browser PC, Laptop atau HP.

Caranya kurang lebih sama seperti diatas, tampilannya saja yang berbeda. Lantas, bagaimana cara hapus akun PayPal di PC? Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka PayPal web di browser seperti Google Chrome atau Mozilla. Setelah masuk ke situsnya, klik Log In lalu masukkan email dan password aktif milik anda agar bisa masuk ke akun PayPal milik anda
Cara Tutup Akun PayPal Primer & Bisnis
  • Setelah berhasil masuk ke dalam akun, klik icon roda gigi yang ada di bagian atas untuk masuk ke pengaturan akun
Cara Tutup Akun PayPal Primer & Bisnis
  • Setelah masuk ke laman akun, akan muncul berbagai informasi salah satunya tutup rekening yang ada di bagian bawah. Jika tujuan anda memang mau hapus akun PayPal permanen, langsung klik tulisan tersebut
Cara Tutup Akun PayPal Primer & Bisnis
  • Dalam beberapa kasus, jika masih ada saldo di akun, akan muncul informasi ini: Sebelum menutup rekening Anda. You still have money in your balance to spend before your account can be closed. To transfer it, go to your Wallet. Intinya, jika masih punya saldo, anda diminta untuk transfer dulu sebelum tutup rekening. Jadi sebaiknya transfer saja ke rekening lain agar saldonya tidak mubazir
Cara Tutup Akun PayPal Primer & Bisnis
  • Disisi lain, apabila saldo anda sudah kosong, akan muncul pemberitahuan seperti ini: Yakin ingin menutup rekening anda? Jika memerlukan, silahkan hubungi kami, dalam hal ini pihak PayPal. Dan setelah rekening ditutup, anda tidak akan dapat menggunakan rekening PayPal ini untuk melihat transaksi sebelumnya dan rekening tidak dapat dibuka kembali. Jika yakin, langsung klik Tutup Rekening
Cara Tutup Akun PayPal Primer & Bisnis
  • Setelah klik tutup rekening, akan muncul informasi seperti ini: Kami menyesal melihat anda berhenti. Rekening anda telah ditutup. Jika ingin kembali menggunakan Paypal, anda dapat mendaftarkan rekening baru.
Cara Tutup Akun PayPal Primer & Bisnis

Setelah rekening PayPal berhasil ditutup, otomatis anda akan dialihkan kembali ke laman login. Dengan demikian, penutupan rekening PayPal sudah berhasil dilakukan.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan diajukan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa itu PayPal?

PayPal adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi secara online kepada siapa saja di seluruh dunia.

Sepanjang orang tersebut menggunakan akun PayPal juga. Jadi, platform ini semacam jaringan pembayaran dan transaksi online.

Selain transaksi, anda juga bisa melakukan pembelian pakai barang-barang apa saja sepanjang toko yang digunakan mendukung metode pembayaran ini.

Menariknya lagi, pengguna bisa menghubungkan kartu kredit atau debit milik mereka yang dukung jaringan pembayaran internasional seperti VISA, MasterCard atau JCB.

Dengan menghubungkan pembayaran tersebut, pengguna bisa melakukan transaksi atau pembelian tanpa harus punya saldo PayPal.

Platform ini sendiri didirikan sejak tahun 1998 dan hari ini punya lebih dari 360 juta pengguna aktif yang tersebar di 200 negara dengan 4 miliar transaksi tiap tahun.

2. Apa saja syarat agar akun PayPal bisa ditutup?

Syaratnya general dimana anda masih punya akses ke dalam akun. Artinya, anda bisa login dengan email dan password ke rekening PayPal yang ingin dihapus.

Bagaimana jika sudah lupa password, maka fitur ini tidak bisa diakses. Untuk itu, pastikan anda ingat data yang digunakan saat mendaftar.

3. Apakah akun PayPal bisa diaktifkan lagi setelah ditutup?

Dari rilis resmi di halaman paypal smarthelp, pengguna yang sudah tutup akun tidak bisa lagi mengaktifkan akunnya setelah permintaan dikonfirmasi.

Artinya, setelah akun ditutup, tidak ada opsi untuk mengaktifkannya lagi. Jika ingin punya rekening paypal di kemudian hari, pengguna bisa buat akun baru.

4. Bagaimana cara menghapus akun paypal tanpa login?

Tidak bisa. Pengguna harus login dulu ke akun PayPal agar fitur penghapusan ini bisa diakses. Artinya, anda tidak bisa menghapus akun PayPal tanpa login.

5. Bagaimana cara memulihkan rekening PayPal?

Tergantung jenis pelanggaran yang dilakukan. Durasinya bergantung penuh dari pihak paypal dan pelanggaran tersebut.

Disisi lain, apabila kata pemulihan ini merujuk pada penghapusan akun, maka anda tidak bisa lagi pulihkan akun setelah dihapus.

6. Bagaimana cara menghapus akun PayPal Bisnis?

Baik rekening paypal primer atau rekening paypal Bisnis, fitur penghapusannya sama. Jadi, tinggal ikuti langkah-langkah diatas sampai akun berhasil terhapus permanen.

Penutup

Perhatikan, setelah rekening paypal ditutup, semua permintaan terkait dengan akun entah itu pengiriman dan penerimaan dana tidak lagi diproses.

Sementara, apabila anda sedang melakukan permintaan penarikan saldo dan sudah menutup akun, maka uang yang ditarik otomatis dibatalkan.

Dengan demikian, pastikan saldo anda sudah kosong atau saldo yang ditarik sudah mendarat dengan aman ke rekening bank lokal yang dipilih.

Demikian artikel tentang cara hapus akun PayPal Primer dan Bisnis Permanen 2022. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar