Cara Transfer Saldo DANA ke Rekening Bank, OVO, GoPay, LinkAja, AstraPay, Shopeepay dan Jenius

Di artikel kali ini saya mau ulas cara transfer saldo DANA ke Rekening Bank termasuk juga ke dompet digital seperti OVO, GoPay, LinkAja, AstraPay, Shopeepay dan Jenius.

Sebenarnya, untuk cara transfernya sangat mudah. Yang terpenting, nama bank dan nomor rekening yang dimasukkan sudah benar.

Nomor rekening penerima bisa pakai nomor virtual akun atau nomor rekening biasa.

Saya sendiri sering menggunakan aplikasi ini untuk melakukan pembayaran atau pembelian produk digital.

Selain antarmukanya yang bagus, ada fitur transfer gratis 10x untuk semua pengguna DANA tiap bulan.

Dan anda bisa manfaatkan fitur ini untuk transfer uang ke rekening apa saja dan kapan saja dengan gratis.

Syarat agar bisa transfer Saldo DANA ke Rekening Bank, OVO, GoPay, LinkAja, AstraPay dan ShopeePay

Sebelum transfer saldo DANA, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yakni:

  • Anda sudah punya akun DANA. Jika belum punya akun, bisa download dulu aplikasinya di Google Play Store via tautan ini dan disini untuk App Store. Setelah terdownload, silahkan daftar seperti biasa
  • Harus upgrade akun. Setelah terdownload, pastikan akun DANA anda sudah di upgrade alias anda sudah verifikasi KTP. Jika belum upgrade, anda tidak bisa transfer saldo atau menggunakan layanan lain di aplikasi
  • Saldo di aplikasi minimal lebih dari IDR10.000 sebab itu adalah limit minimal Karena limit saldo yang bisa transfer

Jika syarat diatas sudah terpenuh, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk transfer saldo DANA ke rekening bank atau ke dompet digital.

Cara Transfer Saldo DANA ke Rekening Bank, OVO, GoPay, LinkAja, AstraPay, Shopeepay dan Jenius

Lantas, bagaimana cara transfer saldo DANA ke Rekening Bank atau ke eWallet seperti OVO, GoPay, LinkAja, AstraPay, Shopeepay dan Jenius?

Pasti penasaran caranya gimana? Jika iya, simak artikel ini sampai habis.

1. Buka aplikasi DANA

Cara Transfer Saldo DANA

Pertama, pastikan tiga syarat diatas sudah terpenuhi. Kalau sudah, langsung buka aplikasi DANA yang terinstal di ponsel anda.

Setelah masuk ke aplikasi DANA, klik tombol Kirim yang ada dibar atas beranda aplikasi.

Di tombol inilah anda bisa transfer uang ke sesama pengguna DANA, ke Rekening Bank atau ke dompet digital.

2. Pilih jenis transfer

Cara Transfer Saldo DANA

Setelah itu anda akan diarahkan ke beberapa metode transfer Saldo DANA seperti Kirim ke Nomor Telepon atau ke sesama pengguna DANA, Kirim ke akun Bank, Kirim ke Chat serta Kirim & tarik tunai.

Jika ingin transfer saldo DANA ke Rekening Bank, klik Krim ke Akun Bank.

3. Masukkan nama bank, nomor rekening dan nama penerima

Cara Transfer Saldo DANA

Berikutnya silahkan memasukkan detail rekening penerima. Di laman ini juga ada daftar bank yang tersimpan alias bank yang pernah menerima uang dari anda.

Jika ingin transfer ke bank baru, klik tombol + Kirim ke rekening bank. Nantinya akan muncul kolom untuk memasukkan informasi bank.

Di kolom ini silahkan isi nama bank tujuan, nomor akun atau nomor rekening dan alias atau nama pemilik rekening. Jika sudah, klik TAMBAH BANK BARU

4. Masukkan jumlah

Cara Transfer Saldo DANA

lALU masukkan jumlah saldo DANA yang mau di transfer. Setelah jumlah dimasukkan, klik tombol ATUR JUMLAH

5. Pilih metode pembayaran

Cara Transfer Saldo DANA

Di tahap ini akan muncul laman konfirmasi jumlah uang yang akan dikirim. Jika yakin mau transfer, klik KONFIRMASI.

Oh iya, anda juga bisa ganti metode pembayaran selain pakai saldo DANA. Jika pilih metode pembayaran lain, pastikan anda sudah hubungkan akun DANA dengan kartu Debit atau kartu BCA Baru OneKlik.

Bisa juga tambahkan catatan sesuai maksud dan tujuan transfer, untuk bayar Domain misalnya.

6. Konfirmasi pengiriman

Terakhir akan muncul laman konfirmasi pengiriman yang didalamnya berisi detail pembayaran seperti jumlah, biaya transfer dan nominal yang akan dibayar alias jumlah yang akan diterima.

Jika sudah yakin mau transfer saldo DANA, klik KONFIRMASI. Oh iya, laman ini tidak bisa dijadikan sebagai bukti transaksi.

Karena bisa saja saldo di refund karena proses pengiriman uang tidak berhasil.

Jika mau dapat bukti pengiriman atau struk transfer, bisa screenshot riyawat pengiriman uang di beranda aplikasi.

FAQ

Selain transfer ke Rekening Bank, anda juga bisa transfer ke dompet digital. Untuk caranya akan saya ulas dalam QnA dibawah:

1. Bagaimana cara transfer DANA ke OVO?

Untuk cara transfer DANA ke OVO sangat mudah. Tinggal ganti nama bank dan rekening tujuan.

Untuk nama Bank, pilih BANK NATIONAL NOBU dan untuk kolom rekening penerima masukkan angka 9 diikuti nomor telepon yang terdaftar di OVO.

Baca Juga: Cara Withdraw Skrill Ke Rekening Bank Lokal di Indonesia

Misalnya nih, nomor ponsel yang terdaftar di OVO adalah 0813445556677 maka tambahkan angka 9 didepannya sehingga nomor rekeningnya jadi 90813445556677.

Setelah memasukkan nama bank, nama rekening dan alias, ikuti langkah-langkah selanjutnya sampai berhasil.

2. Bagaimana cara transfer DANA ke GoPay?

Prosesnya sama seperti saat mau transfer DANA ke OVO yang sudah saya bahas diatas.

Dimana anda hanya perlu ganti nama bank dan nomor rekening tujuan. Jika ingin transfer ke GoPay, pada nama bank pilih PERMATA BANK.

Diikuti nomor akun virtual yang didapatkan di akun GoPay yang didalamnya sudah termasuk nomor ponsel anda.

Misalnya nih, nomor ponsel anda 081344556677 dan nomor virtual akunnya adalah 898 untuk PERMATA BANK, tinggal masukkan saja dua kombinasi nomor tersebut.

Dengan demikian, nomor rekeningnya akan jadi 898081344556677. Kalau sudah, ikuti langkah-langkah berikutnya sampai proses pengiriman saldo berhasil.

3. Bagaimana cara transfer DANA ke LinkAja?

Saya kemarin coba-coba transfer saldo DANA ke LinkAja. Hanya saja, tiap kali mau transfer gagal terus.

Sudah coba pakai semua bank yang memungkinkan pengguna TOP UP entah itu Himpunan Bank Milik Negara, transfer dari Bank lain dan Bank Syariah.

Setelah cari solusi kesana kemari, ternyata, untuk saat ini, belum tersedia metode atau cara transfer saldo DANA ke LinkAja.

4. Bagaimana cara transfer saldo DANA ke DANA?

Untuk cara transfer saldo DANA ke DANA, di laman Kirim DANA, pilih Kirim ke Nomor Telepon.

Jika sebelumnya anda sudah beri ijin ke DANA untuk mengakses kontak di Ponsel, akan muncul nomor mana saja yang sudah teregistrasi di DANA.

Tinggal cari saja kontak yang ingin dikirimi uang, lalu ikuti instruksi selanjutnya sampai proses pengiriman saldo berhasil.

5. Bagaimana cara transfer DANA ke AstraPay?

Untuk transfer saldo DANA ke AstraPay, di kolom isian nama Bank pilih BANK PERMATA.

Berikutnya, di kolom nomor rekening, masukkan nomor virtual akun yang didapatkan di akun AstraPay.

Untuk dapat nomor virtual akun di aplikasi AstraPay, klik tombol Transfer & Top Up di beranda aplikasi AstraPay> Top Up> Bank Lainnya> lalu copy code nomor virtual akunnya.

Selanjutnya, tinggal ikuti langkah-langkah seperti saat mau transfer saldo DANA ke Rekening Bank atau ke dompet digital sampai berhasil.

6. Bagaimana Cara Transfer DANA ke ShopeePay?

Sebelum transfer DANA ke Shopeepay, buka aplikasi Shopee lalu klik Profil> Shopeepay.

Di tahap ini, klik tombol Isi Saldo lalu pilih metode isi saldo. Bisa pakai BCA OneKlik, Bank Transfer, Alfamart, Indomart/i.Saku dan Scan QR Code untuk top up.

Contoh nih, anda pilih Bank Transfer, BRI misalnya, tinggal klik disitu nanti akan muncul nomor rekening atau nomor virtual akunnya.

Salin nomor rekening tersebut lalu buka aplikasi DANA dan transfer seperti biasa.

Di kolom nama bank pilih BRI dan di nomor rekening dan di kolom nomor akun masukkan nomor virtual akun yang didapat di aplikasi Shopeepay.

Apabila sudah, masukkan limit yang mau ditransfer lalu ikuti instruksi selanjutnya sampai berhasil.

7. Bagaimana cara transfer DANA ke JENIUS?

Untuk transfer DANA ke JENIUS, di kolom nama Bank, pilih bank BTPN atau Bank Tabungan Pensiunan Nasional.

Selanjutnya, di laman nomor rekening, isi dengan nomor rekening Jenius yang digunakan. Untuk dapat nomor rekening Jenius, buka aplikasi> Top Up lalu salin nomor.

8. Berapa biaya transfer ke Rekening Bank termasuk ke OVO, GoPay, LinkAja, ShopeePay, AstraPay, Jenius dan juga sesama pengguna DANA?

Tiap bulan, pengguna DANA akan dapat 10x transfer gratis. Jika limit gratis transfer sudah habis, akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp4.500 setiap kali mau transfer ke bank apa saja termasuk ke dompet digital.

Sayangnya, gratis transfer ini hanya berlaku jika anda transfer uang diatas Rp50.000. Jika kurang dari itu, sekalipun anda masih ada gratis transfer, tetap dikenai biaya admin.

Untuk transfer saldo DANA ke sesama pengguna DANA sepenuhnya gratis alias tidak ada biaya sekalipun limitnya dibawah IDR50.000

9. Bagaimana cara transfer DANA tanpa KTP?

Mungkin, maksud pertanyaan ini adalah bagaimana cara transfer saldo DANA sementara akun DANA belum di upgrade atau belum verifikasi.

Jawabannya tidak bisa. Agar bisa transfer saldo DANA yang dimiliki ke rekening bank atau ewallet, akun harus di upgrade dulu.

Jika tidak, anda tidak menggunakan fasilitas ini alias hanya bisa melakukan pembelian untuk produk-produk digital yang ada di aplikasi DANA.

Penutup

Saya sendiri termasuk aktif menggunakan DANA. Selain dijadikan dompet digital untuk menerima uang dari aplikasi penghasil uang, juga ada banyak fitur dan promo.

Mulai dari transfer gratis ke rekening bank sampai 10x per bulan, dapat digunakan untuk bayar tagihan, bisa menghubungkan dengan kartu Debit termasuk bisa beli pulsa atau bayar tagihan, BPJS dan PDAM contohnya.

Jika ada pertanyaan atau ada hal lain yang mau disampaikan terkait postingan ini, jangan lupa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara transfer saldo DANA ke Rekening Bank, OVO, GoPay, LinkAja, AstraPay, Shopeepay dan Jenius. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar