Cara Tambah Widget Blogger Yang Baik dan Benar

1 min read

Cara tambah widget di Blogger

Bagi Blogger pemula, mungkin mereka belum tahu cara tambah widget di Blogger. Meskipun caranya cukup mudah dan sederhana.

Dan ada banyak alasan mengapa blogger ingin menambah atau menghapus widget yang ada di blognya. Apabila widget yang ditambah, tujuannya mungkin untuk meningkatkan estetika blog.

Sementara, apabila di hapus, tujuannya bisa beragam. Mungkin, salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kecepatan loading blog yang semakin lemot.

Dalam artikel kali ini akan diberikan cara menambah widget di Blogger yang baik dan benar. Cara ini ditujukan khusus untuk pemula.

5 Cara Tambah Widget Blogger

Lalu bagaimana cara tambah widget di Blogger? Agar lebih mudah memahami, saya sudah membaginya menjadi 5 tahap utama. Begini langkah-langkahnya.

1. Temukan kode widget yang ingin digunakan

Langkah pertama adalah menemukan kode widget yang ingin digunakan atau ingin ditambahkan pada blog. Ingat, contoh ini ditujukan bagi anda pengguna Blogger dan bukan platform lain.

Sebagai contoh, anda bisa menggunakan kode Widget Email Subscribe ini. Silahkan pilih salah satu widget yang sesuai dengan keinginan anda.

Jika sudah, silahkan Copy atau tekan saja CTRL + C di keyword Laptop atau komputer yang anda gunakan agar kode tadi tersalin di papan klip.

2. Masuk ke Akun Blogger

cara pasang widget di Blogger

Biasanya, kode widget di awali dengan kode b:if. Kode ini merupakan serangkaian kode HTML dan juga CSS yang sudah diatur agar valid.

Setelah kode widget berhasil di salin, langkah kedua adalah masuk ke akun Blogger anda. Setelah masuk silahkan klik pada Layout/Tata letak.

Setelah itu, klik tautan Tambahkan HTML yang biasanya terletak dibagian atas sidebar menu. Menu ini akan memunculkan elemen halaman baru Chose New Element.

3. Temukan Entri HTML/Javascript dan klik tombol tambahkan ke Blog

cara pasang widget di Blogger

Untuk menambah widget, lihat entri tambah (+). Entri ini memungkinkan anda untuk menambahkan kode HTML atau JS di sidebar blog.

Sebenarnya, kode HTML atau Javascript (JS) adalah dua elemen kode yang dapat digunakan bergantian atau secara bersamaan pada sebuah widget.

4. Ketik judul widget (Oposional)

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah memasukkan judul Widget. Untuk judul ini anda boleh menambahkan boleh juga tidak atau membiarkannya kosong.

Baca Juga : Idealnya, Satu Orang Punya Berapa Blog?

Biasanya juga, bila kode widget tidak valid, maka ia akan memblokir isi widget tersebut secara default. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor mulai dari template blog atau elemen tertentu yang hilang atau lebih sehingga tidak kompatibel.

5. Tambahkan Widget

cara pasang widget di Blogger

Setelah anda memberi nama, langkah selanjutnya adalah menambahkan Widget. Untuk menambahkan, silahkan klik saja Tambahkan.

Secara default, Blogger akan menempatkan elemen widget baru tersebut dibagian atas Sidebar. Kecuali, penempatan kolom widget semua berada pada posisi khusus.

cara pasang widget di Blogger

Jika ingin memindahkan kolom widget tersebut, silahkan arahkan kursor pada widget yang ada. Secara langsung, kursor akan berubah menjadi segi empat atau mata angin yang mengarah ke atas, bawah, kiri dan juga kanan.

Apabila anda ingin memindahkan ke bawah, silahkan arahkan ke bawah. Langkah yang sama juga anda lakukan apabila anda ingin memindahkan posisi widget ke atas, ke kiri atau kanan.

6. Silahkan lihat widget yang baru saja dipasang

Untuk melihat widget yang baru saja dipasang, anda bisa masuk ke pratinjau atau langsung klik tombol Lihat yang terletak dibagian bahwa tab blog.

Penutup

Langkah-langkah diatas cukup sederhana untuk dilakukan. Oh iya, apabila anda ingin menghapus widget, silahkan ikuti langkah-langkah diatas.

cara pasang widget di Blogger

Setelah masuk ke tab Widget, silahkan klik saja tulisan Hapus yang tersedia dibagian bawah dan terletak disebelah kiri tulisan Terbitkan.

Demikian artikel tentang cara tambah Widget di Blogger. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *