5+ Cara Shutdown Windows 10 Pakai CMD, Shortcut dan Keyboard

Sebenarnya, untuk cara Shutdown Windows 10 caranya kurang lebih sama dan Microsoft sendiri menyediakan beragam opsi untuk melakukan perintah tersebut.

Secara default, untuk mematikan Windows 10, pengguna bisa menekan tombol power cukup lama maka secara otomatis komputer atau laptop akan kehilangan daya.

Kasus ini sama seperti komputer yang tiba-tiba mati akibat listrik padam. Jadi, tidak disarankan untuk digunakan, kecuali dalam keadaan tertentu, Windows 10 not responding misalnya.

Dengan demikian, untuk shutdown Windows 10 atau mungkin Windows 11, baiknya menggunakan perintah yang ada di Windows itu sendiri.

Dan perintah tersebut bisa diakses di menu start, menggunakan CMD, menggunakan Shortcut dalam bentuk menu dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari cara shutdown windows 10 dengan keyboard atau cara shutdown laptop dan Komputer ASUS yang benar, simak artikel ini sampai habis.

5+ Cara Shutdown Windows 10 Pakai CMD, Shortcut dan Keyboard

Lantas, bagaimana cara Shutdown Windows 10? Pasti penasaran, kan? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

1. Cara Mematikkan Windows 10 dengan Setting menu Start

Cara pertama untuk mematikan komputer atau laptop adalah dengan menggunakan Fitur setting Start yang ada di Windows 10.

Untuk menggunakan fitur tersebut, bisa ikuti langkah-langkah yang ada dibawah, yakni:

  • Pastikan komputer sudah hidup. Jika sudah, arahkan kursor ke icon Windows lalu tekan klik kanan sekali untuk membuka menu konteks. Atau, bisa pakai Shortcut Win+X
Cara Shutdown Windows 11 & 10 Pakai CMD, Shortcut dan Keyboard
  • Jika menu konteksnya sudah terbuka, klik sekali lagi, arahkan kursor ke opsi menu shut down or sign out> Shut down
Cara Shutdown Windows 11 & 10 Pakai CMD, Shortcut dan Keyboard

Terkahir tinggal tunggu proses shut down Windows 10 sampai berhasil. Setelah itu, jangan lupa untuk mencabut charger atau penghubung daya.

2. Cara Shutdown Windows 10 dengan keyboard Shurtcut

Cara yang kedua ini tergolong gampang karena tinggal menggunakan shortcut atau keyboard yang ada di komputer atau laptop milik anda.

Hanya saja, tetap pastikan komputer atau laptop milik anda itu tidak sedang digunakan atau semua programnya sudah tertutup.

Jika sudah, ikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini:

  • Pastikan semua program yang terbuka sudah tertutup. Jika sudah, tekan tombol Alt + F4 secara bersamaan
  • Nantinya akan muncul jendela Shut Down Windows. Dibawah tulisan What do you want the computer to do? Pilih Shut down, atau opsi lain yang diinginkan, sleep misalnya. Jika sudah, tekan OK
Cara Shutdown Windows 11 & 10 Pakai CMD, Shortcut dan Keyboard

Selain dua cara diatas, anda juga bisa menggunakan shortcut Windows lain untuk shutdown dengan keyboard, diantaranya:

  • Dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl + ALT + Del
  • Dengan menggunakan Window + U + U yang khusus digunakan apabila komputer atau laptop yang terinstal Windows 10 sudah Eror

3. Shutdown Windows 10 dengan Shortcut sendiri

Cara ketiga adalah dengan membuat shortcut Desktop sendiri yang didalamnya bersikan script perintah untuk mematikan komputer atau laptop.

Untuk caranya cukup mudah, tinggal ikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini:

  • Saya pastikan anda di layar desktop. Jika sudah, klik kanan> New> dan pada menu konteks yang muncul, silahkan pilih Shortcut
Cara Shutdown Windows 11 & 10 Pakai CMD, Shortcut dan Keyboard
  • Akan muncul informasi soal shortcut baru. Pada kolom kosong yang tersedia, silahkan masukkan perintah ini: shutdown / s / t 0. Jika sudha, klik Next
Cara Shutdown Windows 11 & 10 Pakai CMD, Shortcut dan Keyboard
  • Langkah terakhir adalah memberi nama Shortcut yang baru saja dibuat. Untuk contoh saja, bisa masukkan saja namanya Shortcut Shotdwon. Jikas udah, klik Finish
Cara Shutdown Windows 11 & 10 Pakai CMD, Shortcut dan Keyboard

Untuk menjalankan perintah tersebut, tinggal klik sekali pada shortcut yang baru saja dibuat lalu tekan enter. Cara ini sama seperti saat anda menekan tombol konfirmasi dua kali secara bersamaan di Windows.

4. Shutdown Windows 10 dengan mengunah icon tombol Power

Cara keren untuk shutdown Windows 10 berikutnya adalah dengan dengan mengganti tombol power yang ada dengan icon lainnya.

Ada banyak alasan mengapa ini penting dilakukan. Misalnya, untuk menghindari privasi dari pekerjaan yang dilakukan dan lain seabgainya.

Dan untuk mengganti tombol Power, caranya sangat mudah. Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka Control Panel yang ada di Start Menu atau mungkin menggunakan kolom pencarian Cortana yang ada
Cara Shutdown Windows 11 & 10 Pakai CMD, Shortcut dan Keyboard
  • Setelah masuk ke menu Control Panel, langkah berikutnya dengan membuka opsi menu Hardware & Sound dan memasukkan keyword Power Options di kolom pencarian yang ada dibagian atas. Jika resultnya sudah muncul, silahkan pilih opsi yang kedua yakni change what the power buttons do
Cara Shutdown Windows 11 & 10 Pakai CMD, Shortcut dan Keyboard
  • Selanjutnya tinggal ubah opsi When I press the power button dari Shut Down jadi sleep atau opsi lain yang diinginkan, hibernate, turn off the display dan sebagainya. Kalau sudah, klik OK
Cara Shutdown Windows 11 & 10 Pakai CMD, Shortcut dan Keyboard

Pada dasarnya, cara ini sama saja dengan cara lainnya. Hanya saja, anda mengganti icon yang ditampilkan dengan gambar lain.

5. Menggunakan fitur Start Menu

Cara terkahir dan paling gampang adalah dengan menggunakan Start Menu Windows 10 milik anda yang sudah terinstal.

Lantas, bagaimana cara Shutdown Windows 10 dengan menggunakan Start Menu? Pasti penasaran, kan? Jika iya, berikut langkah-langkahnya:

  • Arahkan kursor ke opsi menu Windows atau menu Start yang ada dibagian samping lalu klik Sekali disitu atau bisa juga dengan mengklik icon Windows di keyboard baik komputer atau laptop milik anda. Kedua cara diatas pada dasarnya sama saja
Cara Shutdown Windows 11 & 10 Pakai CMD, Shortcut dan Keyboard
  • Apabila opsi menu start Windows sudah terbuka, arahkan mouse ke icon power yang ada dibagian samping lalu klik sekali disitu
Cara Shutdown Windows 11 & 10 Pakai CMD, Shortcut dan Keyboard
  • Nantinya akan muncul tiga menu dasar yakni Sleep, Shotdown dan Restart. Jika memang ingin mematikan komputer, langsung klik Shutdown
Cara Shutdown Windows 11 & 10 Pakai CMD, Shortcut dan Keyboard

Mayoritas pengguna memilih menggunakan cara ini ketimbang cara lain. Tapi tergantung anda sendiri mau pilih yang mana.

Jika ingin terlihat keren, bisa pertimbangkan untuk pakai cara-cara yang sudah dijelaskan diatas, yang hasil akhirnya sama.


FAQ

Untuk pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bisa dilihat dalam bentuk QnA dibawah, seperti:

1. Bagaimana cara mematikan laptop atau komputer yang error di windows 10 & 11?

Tergantung erorrnya seperti apa. Misalnya, jika muncul blue screen di komputer, berarti anda tidak bisa menggunakan shortcut atau perintah yang ada di start menu.

Cara paling gampang adalah dengan menekan tombol power yang ada di komputer atau laptop. Lokasi tombol ini cukup variatif, bergantung merek.

Misalnya, jika anda pakai komputer All-in-one ASUS, letak tombolnya ada dibagian belakang sebelah kiri. Sementara, jika pakai laptop, lokasinya bisa dibagian samping atau bagian belakang.

Disisi lain, apabila tombol power juga tidak bekerja maksimal, bisa cabut penghubung daya dari komputer atau laptop tersebut.

2. Kapan harus menggunakan fitur shutdown diatas, shortcut misalnya?

Sebenarnya semua kembali ke pribadi masing-masing. Banyak pengguna yang memilih menggunakan fitur shortcut karena prosesnya lebih cepat dan ringkas.

Sementara, yang lainnya lebih suka cara mematikan dengan keyboard. Tujuannya tak lain karean cara inilah lebih cepat aksesnya tanpa harus menggunakan mouse.

Intinya, semua cara diatas bisa diakses secara bergantian apabila ada satu metode yang sudha tidak bekerja misalnya karena kunci Registry yang Corrupt, File Windows Corrupt, Virus, malware dan lain sebagainya.

3. Apakah semua cara diatas bisa dipakai pada semua merk laptop atau komputer?

Jawabannya Ya sepanjang anda masih pakai sistem operasi dari Microsoft yakni Windows. Dengan demikian, jika pakai merk ASUS, Lenovo, Acer, HP, Dell dan merk lain, bisa pakai beberapa cara diatas.

Kecuali jika anda pakai Apple Mac dan Macbook. Karean mereka menyediakan opsi shut down yang berbeda sekalipun secara default tersedia fitur power di perangkat.

Penutup

Menggunakan satu dari beberapa cara mematikan komputer atau laptop yang terinstal WIndows baik itu Windows 11 dan Windows 10 bisa membuat kinerja lebih cepat.

Misalnya, anda tiba-tiba dipanggil Bos saat sedang mengetik atau membuat desain di kantor, nah bisa keyboard atau shortcut.

Cara paling keren menurut saya pribadi adalah dengan menggunakan shortcut di CMD yang terlihat ala-ahal hacker meski cara lain tak kalah kerennya juga.

Demikian artikel tentang cara Shutdown Windows 10 yang keren. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

5 pemikiran pada “5+ Cara Shutdown Windows 10 Pakai CMD, Shortcut dan Keyboard”

    • Update terbaru: per 09 oktober 2019 lalu, Microsoft sudah tidak mengizinkan penggunanya untuk mengaktivasi Windows 10 dengan file batch. Jadi memang udah ga bisa, mas

      Balas

Tinggalkan komentar