STEP BY STEP: Cara setting Pembayaran di Anchor

3 min read

Cara setting Pembayaran di Anchor

Untuk anda yang sudah buat Podcast dan ingin setting pembayaran di Anchor, baiknya simak artikel ini dengan baik.

Salah satu kendala apabila anda ingin menghasilkan uang dari podcast dengan Anchor adalah dukungan pembayarannya yang terbatas.

Sebab, Anchor hanya support pembayaran via Stripe, yang merupakan salah satu distributor keuangan digital yang cukup populer.

Soal ini sebenarnya sudah saya singgung di artikel saya sebelumnya dengan judul cara menghasilkan uang dari Podcast dengan Anchor.

Jika anda belum sempat membacanya, sebaiknya baca dulu. Karena disitu sudah saya ulas langkah demi langkah agar tombol monetisasi di Anchor bisa muncul.

Disisi lain, sekalipun sudah punya akun Stripe, tidak secara otomatis pendapatan anda di Anchor bisa bisa dicairkan ke rekening bank lokal milik anda.

Sebab Stripe tidak menyiapkan routing number default yang merupakan salah satu prasyarat agar pembayaran di Anchor bisa aktif.

Sementara, jika anda tinggal di Indonesia, tidak ada istilah routing number. Yang ada hanyalah kode transfer dan Switft Code.

Dan routing number hanya tersedia di Bank-Bank Amerika sebagai metode pengidentifikasian pengiriman ke Bank Sentral Amerika [Federal Reserve System] atau the FED.

Tapi tenang saja, di artikel ini juga akan saya ulas cara dapatkan routing number agar uang yang anda dapatkan di Anchor bisa sampai di rekening bank milik anda.

Entah itu BCA, BRI, Mandiri atau mungkin mendarat dengan sukses di rekening virtual seperti GoPay, Dana, OVO dan LinkAja

2 Jenis pendapatan yang diterima podcaster di Anchor

Untuk diketahui, ada dua jenis pendapatan yang ditawarkan Anchor kepada Podcaster, yakni: 

  • Anchor sponsorships yang memungkinkan anda mendapatkan sponsor yang sudah disiapkan Anchor atau sponsor yang anda dapat secara mandiri. Untuk jenis sponsornya tentu berkaitan dengan audio yang harus direkam dan dimasukkan ke dalam setiap episode atau didapat saat anda bergabung sama platform periklanan Podcast seperti Midrool atau Spotify advertising
  • Listener Support yang memungkinkan anda memperoleh donasi dari pendengar yang suka dengan podcast anda. Tombol ini tersedia di semua platform yang sudah didistribusikan oleh Anchor secara default entah itu Spotify, PocketCasts, RadioPublic, iTunes dan lain sebagainya. Untuk jenis sumbangannya terbagi dalam tiga nominal utama yakni $0,99, $4,99 dan $9,99 yang bisa dikirim pakai Google Pay [GPay] dan kartu kredit.

Jika dua metode diatas di optimalkan dengan baik, podcaster atau anda sendiri tentu bisa memperoleh penghasilan pasif tiap bulan.

Hanya saja, sebelum mengaktifkan dua model monetisasi diatas, anda sudah harus punya satu podcast yang disetujui dan sudah mengatur pembayaran di Anchor.

Untuk minimum withdrawal di Anchor sebesar $0,26 dengan biaya pemrosesan atau biaya admin sebesar $0,25. 

Cara setting pembayaran di Anchor

Lantas, bagaimana cara setting pembayaran di Anchor? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Buka akun Anchor milik anda

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka akun Anchor milik anda entah itu di versi situs atau versi Aplikasi.

Di artikel ini, sebagai contoh, saya menggunakan yang versi situs. Jika anda pakai versi aplikasi silahkan disesuaikan saja.

Cara setting Pembayaran di Anchor

Setelah masuk ke dashboard Anchor, silahkan klik Go To Your Wallet yang akan mengalihkan anda ke dua metode monetisasi di Anchor yakni Sponsor dan Crowfounding atau Listener Support.

2. Aktifkan pembayaran

Setelah dialihkan ke metode monetisasi Anchor silahkan pilih satu dari dua metode monetisasi yang mau diaktifkan yakni Activate Anchor Payments atau Activate Listener Support.

Cara setting Pembayaran di Anchor

Dua tombol ini secara langsung akan mengarahkan anda ke pengaturan pembayaran Anchor. Jadi silahkan klik salah satu dari dua tombol diatas.

3. Mengatur data-data pembayaran

Setelah mengaktifkan pembayaran, anda akan diminta untuk mengisi atau mengatur detail-detail pembayaran pada kolom yang tersedia.

Berikut beberapa kolom yang harus diisi, yakni:

  • Type of entity apakah individu, perusahaan atau organisasi non-profit termasuk mobile number [nomor telepon] dan email. Jika kolom ini sudah diisi silahkan klik NEXT untuk melanjutkanCara setting Pembayaran di Anchor
  • Berikutnya anda diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirim Anchor ke nomor telepon yang anda masukkan di kolom sebelumnyaCara setting Pembayaran di Anchor

Silahkan buka ponsel anda dan cari SMS dari Anchor yang terdiri dari 6 digit angka yang merupakan kode OTP.

Setelah kode OTP dimasukkan pada kolom verifikasi nomor telepon, secara otomatis anda akan mengalihkan ke laman selanjutnya.

4. Menghubungkan Anchor dengan Stripe

Di tahap ini saya pastikan anda sudah punya akun Stripe. Jika belum punya akun Stripe, baiknya daftar dulu.

Untuk tata cara pendaftarannya, silahkan baca artikel saya sebelumnya tentang cara daftar Stripe untuk terima pembayaran dari Anchor.

Cara setting Pembayaran di Anchor

Setelah akun Stripe aktif silahkan kembali ke pengaturan pembayaran Anchor dan isi setiap kolom dengan data yang benar.

Seperti nama lengkap, email dan Bussiness Website. Pastikan anda mengisi dengan data-data yang benar dan sesuai dengan identitas di akun Stripe milik anda.

5. Mengatur routing number

Berikutnya anda diminta untuk mengisi detail pembayaran mulai dari Routing Number [Nomor perutean], Account Number [Nomor rekening] dan Confirmation Account Number [konfirmasi nomor rekening].

Cara setting Pembayaran di Anchor

Jika anda kesulitan mendapatkan Routing Number, terlebih karena nomor perutean ini tidak didukung oleh sistem perbankan di Indonesia, anda bisa dapatkan dengan mendaftar ke PayPal atau Payoneer.

Dalam kasus ini, saya menggunakan Payoneer. Untuk mendapatkan routing Number di Payoner, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka akun Payoneer milik anda. Jika belum punya akun, silahkan daftar dulu. Untuk tutorial pendaftarannya, silahkan baca artikel saya sebelumnya disini
  • Setelah masuk ke akun Payoneer, silahkan arahkan kursor ke Terima> lalu klik Global Payment ServiceCara setting Pembayaran di Anchor
  • Berikutnya, silahkan pilih negara mana pembayaran itu diterima apakah Inggris, Amerika Serikat dan Europa. Tiga-tiganya memungkinkan anda mendapatkan nomor perutean.

Setelah mendapatkan nomor perutean dan nomor rekening silahkan kembali ke laman Payout details Anchor dan pastekan routing number dan nomor rekeningnya pada kolom yang tersedia lalu klik SAVE

6. Verifikasi identitas

Tahap paling terakhir adalah mengatur kolom verification Summary. Kolom ini berisikan data-data pembayaran yang belum diinput.

Cara setting Pembayaran di Anchor

Apabila semua kolom sudah mendapatkan centang biru, silahkan klik Done untuk menyelesaikan proses pengaturan pembayaran di Anchor yang secara otomatis akan mengalihkan anda ke dashboard.

Nah sampai disini anda sudah selesai mengatur pembayaran di Anchor. Jangan lupa juga aktifkan Listener Support agar pendengar bisa memberikan sumbangan kepada anda saat mereka suka dengan podcast buatan anda.

Saat mengaktifkan dukungan pendengar ini anda tidak perlu lagi mengatur pembayaran seperti diatas. Cukup klik tombol Activate Listener Support dan secara otomatis akan aktif.

Penutup

Untuk routing number, sebenarnya sudah saya coba-coba pakai routing number BRI [Bank Rakyat Indonesia] yang ada di New York, USA.

Namun ada pemberitahuan kalau routing tersebut tidak dikenal. Saya kemudian mencari cara mendapatkan routing number dari akun PayPal.

Sialnya lagi, tidak ada tombol Add Funds di akun PayPal Indonesia milik saya. Dengan demikian, saya enggak mungkin pakai PayPal untuk terima pembayaran dari Anchor.

Solusi terakhir adalah pakai Payoneer. Dan kebetulan, saya sudah lama buat akun Payoneer namun tidak pernah digunakan.

Jika penghasilan yang anda dapat dari Anchor sudah mendarat ke akun Payonner, silahkan dicairkan ke ke rekening bank atau ke dompet digital milik anda.

Oh iya, apabila ada dari anda yang punya pertanyaan terkait postingan ini, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara setting pembayaran di Anchor. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

5 Replies to “STEP BY STEP: Cara setting Pembayaran di Anchor”

  1. Hai kak saya mau tanya, saya sudah input routing number dari USA, lalu pas bagian summary account saya disuruh masukin social security number ya? Tapi masih bisa di aktifin sih, cuma akan required soon katanya, gimana ya? Makasih banyak btw hack untuk bisa aktifin anchor paymentnya! Boleh tau emailnya? Biar bisa nanya nanya lebih detail hehe makasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *