4+ Cara Screenshot Di Komputer dan Laptop Tanpa Aplikasi

4 min read

cara screenshoot di komputer dan laptop

Untuk anda yang masih penasaran terkait dengan cara screenshot di komputer dan laptop baca artikel ini sampai habis.

Bagi saya pribadi, proses pengambilan screenshot di laptop dan komputer itu mirip dengan yang ada di HP.

Caranya saja yang berbeda. Jika menggunakan ponsel, untuk screenshot anda bisa menggunakan bola pintasan, perintah layar atau menggunakan perintah sapu 3 jari.

Perintah ini hanya berjalan pada layar yang sedang aktif. Dan 3 Perintah diatas secara otomatis akan mengambil tangkapan layar ponsel untuk kemudian disimpan di gallery.

Cara kerjanya pun sama. Hasil gambarnya juga demikian, dimana akan disimpan dalam satu folder dengan format gambar PNG termasuk ukurannya yang tak lebih dari 100kb.

Hal yang sama juga terjadi di laptop. Hanya saja, perintahnya berbentuk print screen sehingga tangkapan layar akan diambil secara rectangle sesuai dengan bentuk layar.

Disamping itu, enggak semua perintah screenshot di komputer atau laptop secara otomatis akan tersimpan ke drive.

Dengan demikian, ada beberapa perintah yang mengharuskan anda untuk menyimpan secara manual.

Sebelum lanjut pada pembahasan inti, baiknya saya bahas dulu pengertian screenshot itu seperti apa.

Apa itu screenshot?

Screenshot adalah tangkapan layar yang diambil menggunakan perangkat aktif entah itu laptop, komputer, tablet atau ponsel.

Semua perangkat diatas sudah mendukung fitur ini, kecuali yang menggunakan sistem operasi lama.

Screenshot pertama kali dikembangkan tahun 1960. Awal tahun 1980-an, sebagian besar sistem operasi sudah mendukung fitur meski masih dalam mode yang terbatas.

Teknologi saat itu pun hanya dapat mengambil tangkapan dalam bentuk teks dan bukan dalam tampilan grafis.

Hingga kini, meski termasuk salah satu fitur yang paling sering digunakan pengguna, tangkapan layar masih menjadi pokok pembicaraan yang terus mencuat dikalangan aktivitas hak cipta.

Banyak dari mereka yang menganggap kalau tanggapan layar merupakan karya turunan suatu yang beerhak cipta, karya seni dan widget yang dibuat oleh perangkat lunak eksternal.

Terlepas dari masalah ini, nampaknya tangkapan layar tetap akan menjadi salah satu teknologi standar di sistem operasi modern yang setara dengan aplikasi default lain.

Dan secara hukum dianggap sah karena sesuai prinsip fair use dan fair dealing yang sama-sama menguntungkan.

Selain dikenal dengan istilah tangkapan layar, screenshot juga kadang disebut dengan istilah cuplikan layar, print screen, screengrab dan lain sebagainya.

Dan sepanjang yang saya tahu, satu-satunya laman yang enggak bisa di ambil screenshot adalah tab incognito entah di itu Google Chrome dan Mozila.

4+ Cara Screenshot Di Komputer dan Laptop Tanpa Aplikasi

Nah tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 4+ cara screenshot di Komputer dan Laptop tanpa aplikasi.

1. Cara ccreenshot menggunakan Tombol PrtScn (PrtSc)

Tombol PrtScn (PrtSc) tersedia disemua varian komputer dan laptop saat ini. PrtScn merupakan singkatan dari Print Screen yang berarti yang berarti cuplikan layar.

Dengan tombol tersebut, pengguna atau anda bisa mengambil tangkapan layar dengan mudah, terlebih jika anda menggunakan sistem operasi Windows.

Untuk beberapa varian laptop mungkin harus disertai dengan perintah lain seperti CTRL, Shift, Fn, Windows menu dan lain sebagainya.

Disamping itu, tombol  ini hanya berfungsi untuk mengambil cuplikan layar yang aktif di monitor secara keseluruhan.

Untuk beberapa merk laptop atau komputer, Print Screen ditulis dengan nama yang berbeda seperti:

  • PrtScn
  • PrntScrn
  • Print Scr
  • Dan lain sebagainya.

Di keyboard laptop dan keyboard eksternal, tombol ini terletak diantara tombol F12 dan Scroll lock [terkadang di numlk].

Nah untuk anda yang ingin mengambil tangkapan layar atau screenshot menggunakan tombol Print screen di Windows, bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Tekan tombol PrtScn (PrtSc) yang biasanya terletak dibagian kanan atas keyboard komputer dan laptop andacara screenshoot di komputer
  • Setelah itu buka Microsoft Office Word atau program apa saja lalu tempelkan print screen dengan cara menekan tombol Ctrl+V
  • Secara otomatis, akan muncul layar yang dicapture tadi
  • Untuk menyimpannya, anda bisa klik Save As

Anda juga bisa gunakan cara yang lainnya terlebih jika anda menginginkan agar screenshot yang diambil secara otomatis tersimpan di Drive. Berikut langkah-langkahnya:

  • Tekan tombol Windows + PrtScn (PrtSc) secara bersamaan di keyboardcara screenshot di laptop
  • Saat proses screen berlangsung, layar komputer atau laptop anda akan berkedip
  • Untuk mencari file screenshot silahkan buka My Computer> Pictures> lalu cari folder screenshot. Didalamnya anda akan menemukan gambar yang diprint screen tadi

Untuk langkah pertama, tangkapan layar hanya disalin ke Clipboard jadi anda harus menempel atau menyimpannya secara manual agar bisa digunakan.

Oh iya, gambar hasil print screen akan tersimpan dalam format PNG dengan ukuran tak lebih dari 100kb. Dalam kasus tertentu mungkin ukurannya lebih tapi tak lebih dari 200kb.

Disamping itu, ada juga perintah lain yang berkaitan dengan perintah diatas namun hanya bekerja pada merk laptop tertentu seperti Asus, Axioo, Acer dan lainnya, seperti:

PerintahKeterangan
Alt + PrtSc SysRqHanya mengambil screenshoot layar yang sedang aktif atau sedang anda buka saat itu
Alt + Fn + PrtSc SysRqBeberapa komputer punya shotcut yang berbeda namun dengan perintah yang sama seperti poin sebelumnya
Win + HBerfungsi untuk mengambil tangkapan layar tanpa menyimpannya atau sekedar untuk dibagikan
Win + Volume - [Down]Hanya digunakan oleh pengguna Suface

2. Menggunakan fitur Snip & Sketch

Snip & Skech adalah fitur yang sama dengan snipping tools yang akan saya ulas dibawah. Hanya saja, penggunaannya lebih simpel dan mudah ketimbang snipping tools.

Dengan fitur ini, anda bisa mengambil screenshot pada layar tertentu atau mengambil tangkapan layar secara keseluruhan seperti yang saya jelaskan di atas.

Hanya saja, hasil screenshotnya enggak tersimpan secara otomatis di komputer. Dengan kata lain, anda harus menyimpannya secara manual.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan cara screenshot menggunakan Snip & Sketch.

  • Cari layar yang mau di screenshot setelah itu klik CTRL+Shift+Scara screenshot di laptop
  • Perintah tersebut secara otomatis akan meredupkan layar dan menampilkan pilihan screenshot diatas layar. Ada 4 pilihan screenshot yang bisa dipilih oleh anda seperti rectangular snip, freeform snip, window snip dan fullscreen snipp. Jika anda mau mengambil tangkapan layar khusus silahkan pilih freeform snip [untuk tangkapan layar berbentuk bulat dan bentuk lain] atau rectangular [untuk screenshot persegi empat dan persegi panjang]. Jika ingin mengambil tangkapan layar yang sedang aktif silahkan klik WIndows snip atau fullscreen snippcara screenshot di laptop
  • Setelah menentukan pilihan tangkapan layar, sebagai contoh, saya menggunakan rectangular snip, secara otomatis layar akan berkedip untuk mengambil screenshot. Maka akan ada notifikasi di layar kanan jendela. Silahkan buka notifikasi tersebut lalu klikcara screenshot di laptop
  • Disini anda akan diarahkan ke editor Snip & Sketch. Untuk menyimpannya, silahkan klik tombol Simpan dengan simbol drive atau bisa gunakan Shortuct Ctrl+Scara screenshot di laptop
  • Gambar akan tersimpan secara otomatis di Pictures yang terdapat di My Computer

Menggunakan fitur Snip & Sketch kadang juga dikenal dengan nama screenshot anotasi. Dengan kata lain, tutorial ini juga hendak menjelaskan cara mengambil gambar anotasi di Windows.

3. Menggunakan fitur Snipping tools

Salah satu fitur lama yang terdapat di sistem operasi Windows adalah Snipping tools. Untuk varian barunya, anda bisa gunakan fitur Snip & Sketch.

Snipping tools sudah ada di Windows Vista. Dan anda bisa gunakan tools ini untuk mengambil screenshot dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan buka Snipping tools di Windows menu. Jika fitur ini enggak ada dalam daftar menu Windows, silahkan gunakan Cortana untuk mencarinyacara screenshot di laptop
  • Setelah itu buka snipping tools dan klik Mode lalu pilih bagaimana metode screenshotnya. Metode ini sudah saya jelaskan di poin sebelumnya karena fungsinya samacara screenshot di laptop
  • Disini anda akan diarahkan ke menu pengeditan dasar Snipping tools. Untuk menyimpannya, silahkan klik gambar drive atau bisa gunakan shortcut Save As atau Ctrl+Scara screenshot di laptop

Salah satu kelebihan fitur ini adalah pengguna bisa menyimpan gambar dalam format yang berbeda-beda seperti HTML, PNG, GIF dan JPEG.

4. Menggunakan Xbox Game Bar

Xbox Game bar adalah salah satu tools screen recorder default Windows 10 yang memungkinkan anda mengambil tangkapan layar, merekam game atau melakukan perintah lain seperti merekam suara.

Hanya saja, untuk mengambil screenshot menggunakan Xbox Game Bar, anda harus beri tahu dulu ke Xbox bahwa aplikasi atau media yang anda buka adalah game.

Untuk memberitahu, anda bisa gunakan Shortcut Ctrl+U. Oh iya, perintah ini enggak berjalan saat anda di layar depan komputer atau laptop.

Untuk mengambil screenshot menggunakan Xbox Game Bar WIndows 10, berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan cari Xbox Game Bar di Menu Windows 10 yang digunakan. Jika fitur ini belum ada, silahkan cari menggunakan Cortana
  • Secara otomatis Game Bar akan terbuka. Untuk mengambil Screenshot, silahkan klik Capturecara screenshot di laptop
  • Gambar secara otomatis akan tersimpan di My Computer> Video di folder Captures

Patut diperhatikan juga, Xbox game bar hanya akan mengambil tangkapan layar khusus saja alias pada layar yang tadinya diberitahu sebagai game.

Artinya, jika anda meminimaze atau menrestore down layar yang sedang aktif, hanya layar itu yang di screenshot dan bukan keseluruhan layar.

Penutup

Ada banyak alasan mengapa orang-orang ingin mengambil cuplikan layar. Misalnya untuk panduan kepada karyawan baru, kepada calon konsumen dan lain sebagainya.

Saya juga sering menggunakan fitur ini untuk melengkapi artikel-artikel yang saya tulis. Salah satu contohnya adalah gambar referensi yang ada di artikel ini.

Demikian artikel tentang cara screenshot di komputer dan laptop tanpa aplikasi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *