2+ Cara Reset Windows 10 Yang Error Tanpa Install Ulang

Ada dua cara yang bisa dicoba untuk reset Windows 10 yang error tanpa istall ulang. Penasaran caranya gimana? Simak artikel ini sampai habis.

Sebelum reset, pastikan komputer, laptop atau notebook milik anda menggunakan sistem operasi Windows 10.

Jika sistem operasi yang dipakai merupakan varian sebelumnya, Windows 8 dan 7, harus booting dulu alias harus instal seperti biasa.

Dengan demikian, selain harus punya file mentah Windows versi apa saja entah itu Pro, Home, Editions juga harus punya driver dan kode aktivasi.

Disisi lain, prinsip dan cara kerja reset Windows 10 sama seperti sistem operasi lain dimana sistem akan dikembalikan ke pengaturan pabrik.

Artinya, file-file sebelumnya termasuk aplikasi pihak ketiga seperti Microsoft Word, Power Point, Mozila dan Google Chrome akan dihapus.

Dan cara ini jadi solusi jika mengalami beberapa masalah terkait dengan Windows 10 yang digunakan, seperti:

  • Loading komputer atau laptop sangat lama. Bahkan, untuk membuka satu file saja bisa memakan waktu beberapa menit
  • Terlalu banyak data di komputer atau laptop. Bisa sih di hapus satu per satu terlebih jika drivenya sudah full mampus. Pilih saja mana data yang masih dibutuhkan dan mana yang tidak. Jika ada data yang sudah tidak penting silahkan dihapus. Sementara, apabila semua data tersebut tidak lagi penting, daripada harus repot hapus satu per satu mending di reset sekalian agar metadata yang tersimpan di drive ikut terhapus
  • Update windows yang tidak selesai yang membuat membuat laptop jadi lemot, blue screen atau masalah startup lain. Itu belum lagi ditambah dengan data-data lama yang tertimpa, yang membuat drive sesak sehingga sektor-sektor didalamnya tidak terisi dengan benar
  • Kunci registry yang berubah. Ada beberapa aplikasi yang tanpa diberikan izin untuk mengubah kunci registry. Jika aplikasi itu tersebut kurang kredibel, bisa saja kunci tersebut akan di ubah sehingga keamanan komputer jadi rentan
  • Ada virus dan malware di laptop atau komputer yang membuat kinerjanya lambat. Setiap kali buka aplikasi, loadingnya lama. Butuh waktu lebih dari 1 menit bahkan terkadang lebih dari itu. Jika di cek pada task manager kinerja laptop biasa saja. Setelah di lihat list aplikasi yang aktif di latar belakang, ternyata ada banyak aplikasi tak dikenal, yang tak lain adalah virus
  • Ada aplikasi terinstal dengan sendirinya yang menunjukkan bahwa komputer atau laptop sudah disusupi malware. Biasanya ditandai dengan instalasi aplikasi tanpa izin yang berubah atau bertambah setiap harinya seperti dalam kasus Seguro Realtime Protection Lite yang merupakan antivirus yang sebenarnya virus

Atau mungkin seperti pengalaman yang saya alami beberapa waktu lalu dimana karena Windows 10 updatenya tidak selesai membuat menu taskbar tidak bisa diakses.

Dampaknya apa? Menu start atau Windows tidak bisa di klik, begitu juga dengan menu pencarian, cortana, Wifi, speaker, notification dan lain sebagainya.

Sementara, apabila di restart, data yang pernah di download atau yang tersimpan di komputer akan terhapus otomatis. Termasuk juga aplikasi pihak ketiga.

Dan karena satu dan lain alasan akhirnya saya putuskan untuk reset ulang Windows 10 ketimbang harus instalasi ulang.

Kelebihannya, sistem operasi seperti baru lagi. Pemilik juga tidak perlu siapkan driver instalasi secara terpisah.

Karena itu, apabila anda sedang mencari cara reset laptop windows 10 lupa password atau cara reset windows 10 tanpa menghapus data drive tertentu.

Termasuk juga cara reset laptop ASUS, cara reset laptop sampai cara recovery windows 10, simak selengkapnya artikel dibawah ini.

2+ Cara Reset Windows 10 Yang Error Tanpa Install Ulang

Lantas, bagaimana cara reset Windows 10 yang error tanpa istall ulang? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Reset Windows 10 pakai fitur Recovery

Recovery berarti memulihkan kembali sistem operasi yang digunakan, dalam hal ini Windows 10. Artinya, anda mengembalikan ke versi pabriknya atau versi instalasi awal.

Lantas, bagaimana cara reset Windows 10 menggunakan fitur Recovery? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka komputer atau laptop yang ingin di reset dan didalamnya terinstal Windows 10. Jika sudah, klik Start atau gambar logo Windows> Setting
Cara Reset Windows 10
  • Disini ada beberapa pilihan pengaturan. Jika tujuan anda untuk reset sistem operasi perangkat, dalam hal ini Windows 10, langsung klik Update & Security
Cara Reset Windows 10
  • Anda kemudian dialihkan ke laman Windows Update. Arahkan kursor ke menu Recovery seperti yang saya tandai merah pada gambar dibawah lalu klik disitu
Cara Reset Windows 10
  • Setelah masuk ke menu Recovery, klik tombol Get Started pada opsi Reset this PC yang lokasinya ada dibagian atas
Cara Reset Windows 10
  • Setelah klik Get Started anda akan disuguhkan dua pilihan reset yakni Keep My Files dan Remove Everything. Jika hanya ingin reset windows 10 dan menginginkan agar file-file didalamnya tidak ikut terhapus, pilih opsi pertama yakni Keep My Files. Sementara, jika ingin hapus semua file atau data yang ada di komputer, klik Remove Everything. Disesuaikan saja sama keinginan recovery. Jika tujuan untuk mereset sistem operasinya tanpa menghapus data, pilihan pertama cocok untuk anda. Jika tujuan anda untuk menghapus semua data, pilih yang kedua
Cara Reset Windows 10

Selanjutnya, Windows akan merestart komputer dan kemudian dilanjutkan dengan proses recovery.

Dalam beberapa kasus, proses reset sistem operasi Windows 10 butuh waktu yang lumayan lama. Bisa satu jam lebih.

Mungkin ada dari anda yang punya pengalaman berbeda. Entah itu cepat atau lambat. Saat proses reset berjalan, usahakan kabel chargernya tidak terlepas agar baterai tidak habis.

Artinya, biarkan komputer atau laptop tetap hidup supaya proses recoverynya tidak berhenti ditengah gegara baterai habis.

2. Reset Windows 10 Menggunakan fitur sign-in screen

Cara kedua ini bisa dicoba jika anda sudah tidak punya akses lagi ke dekstop atau ke menu setting.

Misalnya, dalam beberapa kasus, anda tidak punya akses lagi ke menu taskbar gegara update yng tidak selesai seperti yang saya alami.

Atau mungkin Windows milik anda sudah di susupi Virus, ada file yang korup, malware, lupa password dan lain sebagainya, bisa ikuti cara yang kedua.

Lantas, bagaimana cara reset Windows 10 menggunakan fitur Sign-In Screen? Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Hidupkan komputer atau laptop yang mau direset. Jika sudah, buka Menu Windows 10> Setting. Jika settingnya tidak terbuka, tekan saja Windows+ L untuk kemudian diarahkan ke laman Sign-In. Dan jika laman tersebut masih juga belum terbuka, pakai shortcut Fn+F1 atau shortcut lain untuk membuat Windows ke mode Sleep lalu hidupkan lagi komputer dengan cara klik sembarang tombol di keyword lalu ikuti instruksinya sampai anda berada di laman Sign In Screen
  • Di tahap ini, tekan tombol Shift lalu klik secara tombol Restart pakai kursor. Bukan tombol power ya. Ingat, tombol RESTART. Jika perintahnya benar, anda akan diarahkan ke laman Windows Recovery Environment [WinRE] lalu klik Troubleshoot
  • Kemudian akan muncul dua opsi reset yang pertama Reset this PC dan kedua Advanced Options. Jika tujuan untuk reset komputer atau laptop, pilih poin pertama yakni Reset this PC. Biasanya, setelah opsi itu di pilih, akan muncul dua opsi lagi yakni Cloud Download dan Local reinstall. Pilih opsi yang kedua dan tunggu proses resetnya sampai berhasil. FYI, jika ingin kembali ke menu WinRE, klik Advanced Options
Cara Reset Windows 10

Khusus untuk anda yang tak punya akses ke dekstop lagi, dimana proses loadingnya mentok sampai di logo Windows, bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Hidupkan komputer pakai tombol power yang ada di keyboard. Usahakan tombol power itu ditekan antara 10-15 detik
  • Jika komputer sudah hidup, tekan tombol power sekali lagi untuk mematikkannya
  • Lakukan perintah ini ulang-ulang sampai muncul laman WinRE seperti diatas. Bagaimana jika fitur ini tidak muncul? Lakukan terus karena pasti muncul jika metode yang dilakukan benar

Jika WinRE sudah muncul, lakukan perintah yang sama seperti poin pertama diatas untuk reset atau recovery sistem operasi yang ada.

Perhatikan, jika pilih opsi Remove Everyting, prosesnya bakal sedikit lebih lama dibanding opsi keep my files.

Dan pastikan selama proses reset berlangsung, laptop atau komputer tidak boleh mati. Untuk jaga-jaga, bisa sambil charger.

Penutup

Seperti yang saya sebutkan diatas, yang mana aplikasi yang sudah terinstal di perangkat akan ikut terhapus setelah reset dilakukan.

Tapi, tidak termasuk aplikasi default seperti CMD atau PowerShell melainkan aplikasi pihak ketiga seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Google Chrome, Mozila Firefox dan lain sebagainya.

Jangan lupa juga siapkan kunci aktivasi, karena notifikasi aktivasi biasanya akan muncul setelah reset berhasil dilakukan.

Artinya, anda harus aktivasi lagi agar bisa akses fitur dasar Windows seperti tema, kecerahan layar dan seterusnya.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini bisa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang 2+ cara reset Windows 10 yang error Tanpa install ulang. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

3 pemikiran pada “2+ Cara Reset Windows 10 Yang Error Tanpa Install Ulang”

  1. Thanks infonya sangat membantu. Ada beberapa pertanyaan penting yang ingin saya tanyakan:
    1. Kalau dalam kasus laptop terkena virus ransomware, apakah bisa teratasi dengan reset ulang saja atau perlu install ulang? Kalau install ulang, bagaimana caranya? Apakah semua drive juga harus dihapus?
    2. Apa yang dimaksud kunci aktivasi? Bagaimana mendapatkannya?
    Mohon informasinya
    Thanks

    Balas
    • 1. Cari tahu jenis ransomwarenya apakah Filecoders, Scareware, Doxing ransomware atau Screenlockers. Untuk mengatasinya tidak bisa hanya dengan reset ulang dan instal ulang. Karena tiap jenis virus itu punya metode penyelesaian sendiri-sendiri. Untuk drive, baiknya isolasi dulu. Apabila ada file didalam drive tersebut, bisa restore.
      2. Kunci aktivasi atau kode aktivasi windows merupakan 25 karakter yang digunakan untuk mengaktifkan windows sekaligus untuk memverifikasi apakah perangkat menggunakan sistem operasi yang asli.

      Balas

Tinggalkan komentar