Cara Menonaktifkan Akun Viber Messenger Permanen 2022

Jika ada dari anda yang pakai aplikasi ini untuk chatting tapi tak digunakan lagi, simak cara menonaktifkan akun viber messenger di bawah.

Tujuannya tidak lain agar data-data anda di aplikasi seperti nomor telepon atau foto tidak lagi tersimpan di server.

Selain untuk antisipasi kebocoran data yang mungkin saja terjadi di kemudian hari, menonaktifkan data mungkin jadi pilihan yang tepat.

Tapi ini kembali ke pribadi masing-masing dan alasan apa ingin menghapus akun Viber. Misalnya, dalam beberapa kasus, ingin mengganti nomor baru.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari cara menonaktifkan akun Viber Messenger permanen 2022 atau cara tutup akun Viber, simak artikel ini sampai habis.

Cara Menonaktifkan akun Viber Messenger Permanen 2022

Lantas, bagaimana cara hapus akun Viber Messenger permanen 2022? Pasti penasaran, kan? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

1. Buka aplikasi Viber

Cara Menonaktifkan akun Viber Messenger Permanen

Pertama, silahkan buka aplikasi Viber yang ada di ponsel anda. Jika aplikasinya sudah terbuka, klik icon Lainnya yang ada di bagian kiri bawah seperti yang ditandai merah lewat gambar diatas.

2. Buka pengaturan

Cara Menonaktifkan akun Viber Messenger Permanen

Setelah klik tombol lainnya, anda akan diarahkan ke laman profil. Di tahap ini, akan muncul beberapa menu yang bisa dipilih.

Dan jika tujuan anda ingin menonaktifkan akun Viber, klik opsi menu pengaturan yang ada di bagian atas.

3. Klik Akun

Cara Menonaktifkan akun Viber Messenger Permanen

Setelah masuk ke halaman pengaturan, akan muncul beberapa menu seperti akun, privasi, pemberitahuan, panggilan dan pesan, media dan penyimpanan dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Di tahap ini, langsung klik opsi menu akun yang ada di bagian atas untuk menonaktifkan akun Viber permanen.

4. Klik nonaktifkan akun

Cara Menonaktifkan akun Viber Messenger Permanen

Setelah terbuka laman pengaturan akun, akan muncul beberapa opsi menu. Dibagian bawah, ada tulisan Nonaktifkan akun, klik saja disitu.

5. Input nomor telepon

Cara Menonaktifkan akun Viber Messenger Permanen

Di tahap ini, akan muncul informasi terkait dengan risiko nonaktifkan akun Viber messenger. Isi informasinya kurang lebih seperti ini:

Menonaktifkan akun akan menghapus semua data anda, termasuk item-item yang dibeli di dalam aplikasi dan kredit, serta memutuskan hubungan viber dengan semua perangkat.

Jika anda punya paket langganan viber out atau nomor lokal viber, anda harus membatalkannya melalui toko tempat anda membelinya. Data dari akun yang di nonaktifkan tidak dapat di pulihkan.

Inti dari informasi tersebut berarti, semua data-data terkait dengan akun Viber akan dihapus dan tidak bisa dikembalikan.

Di bagian bawah, ada informasi seperti ini: untuk menonaktifkan, masukkan nomor telepon anda. Untuk kode negara biasanya terisi secara otomatis.

Dan di kolom kosong yang tersedia, silahkan masukkan nomor telepon aktif milik anda. Kalau sudah, klik Nonaktifkan.

6. Konfirmasi permintaan penghapusan akun

Cara Menonaktifkan akun Viber Messenger Permanen

Setelah klik Nonaktifkan, akan muncul pemberitahuan pop up yang isinya seperti ini: menonaktifkan akun secara permanen menghapus data anda. Jika yakin mau hapus akun, langsung klik Nonaktifkan.

Sampai disini anda sudah berhasil tutup akun. Langkah selanjutnya adalah tinggal uninstal aplikasinya di ponsel baik itu Android atau iOS.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA di bawah, seperti:

1. Apa itu aplikasi Viber Messenger?

Di Google Play Store, aplikasi ini disebut sebagai aplikasi untuk kirim pesan dan telepon gratis dengan siapapun dimanapun.

Jadi, ini semacam layanan perpesanan instan gratis yang memungkinkan orang-orang tetap terhubung lewat koneksi internet.

Dengan demikian, fitur dan fitur utamanya sama seperti Telegram, WhatsApp, Line, KakaoTalk atau aplikasi sejenis.

Fitur utama yang ditawarkan oleh aplikasi ada tiga yakni obrolan untuk chatting, panggilan untuk melakukan video call atau dan jelajah.

Fitur jelajah ini memungkinkan pengguna untuk membaca informasi terbaru dari berbagai sumber dan juga topik.

Entah itu berita yang viral, topik utama seperti celebrate spring, WHO health for life, olahraga, review produk dan lain sebagainya.

Jika akses laman fitur lainnya, pengguna bisa akses laman toko stiker dan viber out yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan telepon ke orang lain yang ada di luar negeri dengan biaya rendah.

2. Apa saja syarat hapus akun Viber Messenger?

Syaratnya cuma satu yakni pastikan anda punya koneksi internet yang stabil. Selanjutnya, tinggal ikuti instruksi yang sudah disebutkan diatas.

Meskipun pengguna diminta untuk memasukkan nomor telepon yang terdaftar di Viber, tapi tidak diperlukan kode OTP saat permintaan menonaktifkan dilakukan.

Dengan demikian, ini bisa jadi solusi bagi pengguna yang terdaftar tapi nomornya sudah tidak aktif lagi atau tidak lagi digunakan.

3. Bagaimana cara hapus akun Viber messenger di iPhone atau iOS?

Jika ada dari pengguna yang pakai HP iPhone atau iOS dan pakai viber, bisa ikuti langkah-langkah yang kurang lebih sama seperti diatas.

Hanya saja, di awal pembukaan akun, pengguna bisa klik icon plus yang ada di bagian bawah layar lalu klik pengaturan.

Setelah masuk ke pengaturan, buka opsi menu tagihan lalu klik Nonaktifkan akun. Selanjutnya tinggal konfirmasi permintaan.

Caranya dengan memasukkan nomor telepon dan memverifikasi lagi data-data tersebut. Ikuti saja instruksi berikutnya sampai berhasil.

4. Apakah bisa mengembalikan akun Viber Messenger yang sudah dihapus?

Tidak ada notifikasi khusus saat mengakses fitur penghapusan akun Viber Messenger soal pertanyaan diatas. Jadi, ada kemungkinan akun bisa diaktifkan kembali.

Dengan demikian, anda bisa mendaftarkan kembali nomor telepon yang sama ke akun Viber yang sebelumnya sudah dihapus.

Hanya saja, semua data didalamnya akan ikut terhapus termasuk itu chat, panggilan dan informasi terkait lainnya, foto profil dan nama misalnya.

Dengan demikian, sebelum menghapus akun, pastikan tidak ada data penting yang tersimpan didalamnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Misalnya, anda chatting dengan teman atau klien yang mengirim dokumen penting lewat chat. Pastikan dokumen tersebut sudah terunduh ke ponsel sebelum akun ditutup.

Atau mungkin, misalnya, ada beberapa catatan yang tersimpan di dalam aplikasi yang menurut anda penting, password akun misalnya, pastikan sudah di backup terlebih dahulu.

5. Bagaimana cara menonaktifkan akun Viber Messenger sementara?

Perhatikan, tidak ada opsi penghapusan akun sementara waktu dengan demikian, satu-satunya cara yang ada hanyalah menghapus akun permanen.

Artinya, jika anda hanya ingin berhenti sejenak pakai Viber, bisa uninstall aplikasinya sementara waktu atau logout agar data-data didalamnya tidak ikut terhapus.

Penutup

Tidak ada salahnya jika pakai aplikasi ini untuk chatting atau melakukan panggilan telepon. Fungsi dasarnya memang demikian.

Tapi, disarankan jika tak lagi pakai aplikasi satu ini, baiknya akun yang terdaftar di nonaktifkan atau di hapus untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah akun dihapus, jangan lupa untuk di uninstall aplikasinya. Tujuannya tidak lain agar ruang penyimpan ponsel lebih lega.

Demikian artikel tentang cara menonaktifkan akun Viber Messenger permanen 2022. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar