7+ Cara Menghilangkan Iklan Pop Ads Dari Telkomsel dan XL

6 min read

cara menghilangkan iklan pop ads dari telkomsel dan XL

Untuk anda yang ingin menghilangkan iklan pop ads dari telkomsel dan XL saat menjelajah internet di browser manapun, baca panduan dibawah ini.

Sebenarnya kejadian ini baru saya ketahui beberapa waktu lalu setelah saya memutuskan untuk membeli paket internet Telkomsel untuk digunakan di kampung.

Karena di kampung saya enggak ada provider lain selain dari Telkomsel. Jadi agar tetap update dengan informasi terbaru mau enggak mau saya harus beli paket internet dari BUMN yang fokus ke layanan telekomunikasi tersebut.

Karena baru pertama kali menggunakan provider ini untuk internetan, ada satu hal yang membuat saya kaget sekaligus jengkel seketika.

Tahu gak apa itu? Yap, Iklan pop-ads atau adpop yang muncul tiba-tiba saat menjelajah internet di browser, sesaat setelah loadingnya selesai.

Awalnya saya pikir iklan itu memang dari situs yang saya kunjungi. Lama kelamaan saya makin curiga, kok iklan ini muncul di beberapa situs yang berbeda.

Saya kemudian menelusuri penyebabnya, menggunakan Google tentu saja. Dan ternyata, iklan ini dari provider dan bukan dari situs yang dikunjungi.

Dongkol, tentu saja. Sudah beli paket mahal-mahal, direcoki iklan pula. Dan ternyata ada dua provider di Indonesia yang melakukan cara yang sama yakni Telkomsel dan XL.

Kesalnya lagi, iklan ini tetap akan tampil disemua perangkat entah itu di Laptop, smartphone, browser Chrome, Mozila dan lain sebagainya.

Dan tidak ada hak bagi saya sebagai konsumen untuk memilih apakah mau menampilkan iklan atau tidak.

Dengan kata lain, saya harus rela melihat iklan setiap kali menjelajah internet dan saya wajib klik tombol x untuk menghilangkannya.

Sedih amat sih jadi pelanggan provider yang satu ini. Saya sendiri enggak tahu bagaimana iklan ini tampil, apakah menggunakan data pengguna lewat layanan aksesibilitas yang dikumpulkan provider atau tampil begitu saja.

Dan sebagai pelanggan, yang sudah bayar mahal untuk beli kuota atau pulsa data, punya banyak pertanyaan tentang tujuan penempatan iklan ini, diantaranya:

  • Budgetnya iklannya mengalir ke mana? Ke Telkomsel? Tujuannya untuk apa?
  • Mengapa pengguna tidak diberi kebebasan untuk memilih apakah ingin menampilkan iklan atau tidak?
  • Apakah Telkomsel peduli dengan kenyamanan pengguna?
  • Bagaimana prosedur pelacakan iklannya? Apakah dengan mengumpulkan data pengguna?
  • Dll

Lebih sialnya lagi, setelah mencari info kesana kemarin, iklan ini enggak bisa dihilangkan dari sisi pengguna dan ini terlihat dari jawaban pihak provider seperti pada gambar dibawah ini.

iklan telkomsel di HP

Yang kesimpulannya kira-kira begini: Kami tidak dapat menghilangkan iklan tersebut, baik langsung ataupun tidak langsung.

Bagaimana iklan pop ads XL dan Telkomsel bisa tampil?

Pada dasarnya, setiap iklan yang tampil di internet dan terbaca oleh browser dibuat dengan script khusus.

Script ini ditempatkan oleh publisher dengan menggunakan kode dari advertiser. Dalam kasus ini, publisher dan advertisernya satu. Sementara, iklan apa yang akan tampil didasarkan pada data pengguna.

Saya enggak tahu bagaimana data ini dikumpulkan, apakah dari log aktivitas saat menggunakan service mereka atau menggunakan jasa aksesibilitas pihak ketiga.

Karena terkadang, ada beberapa iklan yang muncul sesuai dengan log aktivitas saat menjelajah internet.

Dalam kasus iklan popup dari XL dan Telkomsel prinsipnya sama dengan iklan kebanyakan. Bedanya, iklan tersebut berbentuk ad-injection.

Proses ini secara awam dikenal sebagai injeksi iklan yang bertujuan untuk menampilkan iklan sebelum browser selesai mendownload data situs atau loading.

Dan iklan tersebut disisipkan dari sisi ISP sebagai pemilik dan mereka adalah satu-satunya pihak yang punya kewenangan untuk menghapusnya.

Baca Juga : 25+ Foto Masjid Dengan Interior Terbaik Di Dunia

Intinya, mereka menyiapkan platform atau ruangan pengiklan dan inilah yang kemudian tampil sebagaimana yang terlihat.

Enggak semua operator di Indonesia menggunakan ad-injection semacam ini dan sepanjang yang saya tahu, hanya ada dua provider saja yakni XL dan Telkomsel.

Bagi saya pribadi, ini seperti pelanggaran hak konsumen. Secara, konsumen sudah beli paket internet mahal-mahal dengan tujuan untuk mendapatkan hak privalige bukan untuk direcoki iklan.

Ibaratnya seperti nonton TV berbayar dari satu aplikasi namun tetap ada iklannnya. Oh iya, dari pengamatan saya, iklan ini hanya tampil dalam protokol HTTP dan tidak untuk HTPPs.

Dampak iklan pop-ads

Dengan tampilnya iklan pop ads ini, tentu ada dampak yang dirasakan oleh pengguna dan pemilik situs web, diantaranya:

1. Loading jadi berat

Yang pertama adalah loading blog atau situs yang dikunjung makin berat. Dengan kata lain, proses jelajah akan memakan waktu yang lebih lama dari biasanya.

2. Konten tertutup iklan

Meskipun iklannya berukuran kecil, tapi tetap akan menutupi konten. Iklan ini juga berdampak dari sisi pengunjung situs dan juga pemiliknya.

Sebab bagi pengguna yang belum tahu, mereka akan cepat-cepat keluar dari situs atau blog yang dikunjungi.

Karena mereka mengira bahwa iklan tersebut datang dari blog atau situs yang dibuat pemiliknya. Pada akhirnya hal ini akan mempengaruhi bouncing rate blog atau situs yang bersangkutan.

Saya enggak tahu apakah dua provider itu memikirkan hal ini? Kalau gak dipikirkan, sungguh terlalu.

Karena itulah banyak orang yang banyak bertanya-tanya, bagaimana cara menghilangkan iklan pop ads di Android, bagaimana cara menonaktifkan popscreen Telkomsel dan XL, bagaimana cara menghilangkan intrusive ads dan lain sebagainya.

Untuk anda yang penasaran bagaimana caranya, simak penjelasan dibawah ini sampai habis.

7+ Cara Menghilangkan Iklan Pop Ads Dari Telkomsel dan XL

Lantas bagaimana cara menghilangkan iklan pop ads Dari Telkomsel dan XL ini? Ada beberapa cara yang bisa anda coba, diantaranya:

1. Memanfaatkan fitur pemblokiran Pop Ads di Google Chrome Android dan Dekstop

Kalau anda menggunakan iPhone ada satu fitur keren yang bisa memblokir iklan intrusive ads secara otomatis yakni Safari’s WebKit.

Untuk pengguna ponsel pintar Android, fitur ini harus diaktifkan secara terpisah sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Untuk menggunakan fitur pemblokiran iklan pop ads di Google Chrome, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Chrome baik di Android & Desktop setelah itu klik tiga titik dibagian kiri atas beranda> Pengaturan/Settings> lalu pilih Site Settings/Pengaturan Situscara menghilangkan iklan telkomsel dan XL
  • Di menu site settings silahkan klik Iklan/Ads dan aktifkan pemblokiran iklan intrusivecara menghilangkan iklan pop up telkomsel dan XL

Atau, anda dapat menonaktifkan iklan umum dengan mengikuti langkah-langkah diatas namun pada opsi iklan silahkan aktifkan pilihan Bloklir iklan di situs yang menampilkan iklan mengganggu atau menyesatkan.

Patut diketahui, fitur pemblokiran ini mungkin hanya solusi sementara dan enggak secara efektif mencegah iklan pop ads yang muncul, terlebih dari injeksi yang dilakukan oleh pihak ISP.

Namun, sepengalaman saya, dapat mengurangi intensitas munculnya iklan meski hanya efektif memfilter iklan pop ads berukuran besar.

2. Menggunakan AdBlock

Jika anda menjelajah internet namun situs yang dikunjungi belum support SSL, seperti blog saya ini dan tidak ingin iklan pop ads Telkomsel atau XL muncul, coba pakai Ad Block.

Saran saya sih, sebaiknya gunakan adblock yang terpercaya seperti adblock plus. Meski demikian, tetap tidak ada jaminan bahwa iklan pop ads dari ISP akan hilang seperti iklan kebanyakan yang tampil di situs, AdSense misalnya.

Enggak! Iklan pop ads ini tetap tampil karena diinjeksi sebelum loading. Dengan kata lain, anda harus memasukkan url situs agar bisa filter secara manual.

Untuk memasukkan filter situs, berikut langkah-langkahnya:

  • Klik ekstensi adblock plus yang sudah terinstal di browser anda. Jika belum terinstal, silahkan instal dulu dengan cara kunjungi ekstensi Google> cari Adblock plus di daftar ekstensi dan klik Add to Chrome. Agar lebih mudah, silahkan klik tautan ini.
  • Setelah ditambahkan, ekstensi ini akan muncul di bar browser untuk itu arahkan kursor ke logo adblock plus lalu klik Kanan> pilih Settings> add your own filters> dan tambahkan alamat berikut sesuai dengan provider yang digunakan. [Untuk Telkomsel: https://ads.telkomsel.com dan https://ads.telkomsel.com; Untuk pengguna XL: https://ibnads.xl.co.id dan xl.co.id]

Sebelum menggunakan cara yang kedua ini, ada baiknya anda ketahui satu hal bahwasanya cara ini hanya berlaku untuk pengguna Chrome desktop dan bukan untuk pengguna Chrome android.

Karena ponsel Android enggak mendukung fitur ekstensi browser sebagaimana yang ada di desktop.

3. Hubungi Costumer Service

Karena langkah pertama dan kedua punya kekurangan, anda bisa ikuti langkah yang ketiga yakni dengan menghubungi pihak provider.

Cara menghubunginya gimana? Silahkan cari akun resmi mereka di media sosial dan tanyakan masalah tersebut ke mereka termasuk solusinya.

Untuk anda yang menggunakan jaringan Telkomsel, anda bisa menghubungi mereka via media sosial dibawah ini:

  • Akun resmi Telkomsel di Instagram klik disini
  • Akun resmi Telkomsel di Twitter klik disini
  • Akun resmi Telkomsel di Facebook klik disini

Sementara, jika anda menggunakan jaringan XL, berikut akun resmi mereka di media sosial:

  • Akun resmi XL di Instagram disini
  • Akun resmi XL di Facebook disini
  • Akun resmi XL di Twitter disini

Pilihan lainnya adalah dengan menghubungi costumer service provider via telepon yang nomornya tersedia secara default di SIM Card. Dan ini yang saya lakukan beberapa waktu lalu.

Setelah menunggu dengan sabar, tak lama kemudian ada pesan masuk dari Telkomsel yang isinya kira-kira begini: “Telkomsel akan menghentikan beberapa layanan untuk menghapus atau memblacklist beberapa layanan ad pop tersebut”.

Sama seperti cara diatas, poin yang ini juga enggak efektif dan efisien karena enggak menghilangkan iklan pop ads secara permanen.

Sebab dari pengalaman saya, iklan tersebut nongol lagi beberapa hari kemudian 🙁

4. Menghubungi via Email

Nah kalau anda enggak mau repot memakai media sosial, bisa kok menghubungi pihak provider lewat email.

cara menghilangkan iklan telkomsel dan XL
via wadagizig.com

Berikut alamat email untuk dua provider yang menempatkan ad injection, yakni:

  • XL [customerservice@xl.co.id]
  • Telkomsel [cs@telkomsel.co.id]

Setelah punya email silahkan hubungi mereka dan sampaikan keluh kesah anda dengan sopan. Usahakan agar keluhan tersebut fokus pada iklan pop-ads yang muncul saat menjelajah browser dan bukan untuk hal lain, curhat misalnya.

Biasanya, pihak provider juga akan meminta data-data anda seperti nomor telepon, nama lengkap dan tanggal lahir sebelum menindaklanjuti permintaan penghapusan iklan pop-ads.

5. Registrasi ulang kartu prabayar anda

Jika langkah diatas tidak berhasil, coba registrasi ulang kartu prabayar anda. Untuk registrasi, silahkan ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka SMS dan ketikkan Nomor KTP dan KK dengan format NOKTP#NOKK
  • Setelah itu kirim ke 4444

Setelah registrasi, langkah berikutnya adalah menghubungi pihak pihak provider seperti yang saya jelaskan diatas atau dibawah.

6. Menggunakan kolom Chat

Anda juga bisa menghubungi pihak provider secara real time dengan memanfaatkan fitur chat yang tersedia di situs mereka langsung. Berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi ISP telkomsel di telkomsel.com> lalu cari kolom bantuan berupa fitur chat overlay khusus dibagian kiri footercara menghilangkan iklan pop up telkomsel dan XL
  • Setelah itu masukkan nama dan ikuti perintah selanjutnya. Jika sudah, silahkan sampaikan keluhan anda tentang iklan pop ads yang muncul saat menjelajah browser. Jangan lupa minta pihak mereka untuk menonaktifkan iklan tersebut. Biasanya sih, pihak Telkomsel akan meminta data-data anda seperti Nama, Nomor Kartu dan nama ibu kandung.
  • Setelah data-data diberikan, pihak provider akan mengecek apakah sudah teregistrasi atau belum. Jika sudah, akan ada jaminan bahwa iklan akan hilang, untuk sementara. Jika belum, akan ada pemberitahuan berbahasa Inggris yang intinya mengatakan bahwa iklan bisa dihilangkan tapi mereka butuh validasi data.

Jika anda pengguna XL, bisa ikut langkah-langkah serupa dengan menggunakan fitur chat yang juga tersedia di situs resmi XL yakni xl.co.id.cara menghilangkan iklan pop up telkomsel dan XL

7. Ganti kartu

Langkah paling terakhir dan benar-benar work untuk menghilangkan iklan adpop Telkomsel dan XL adalah dengan pindah ke operator lain.

Terlebih jika kesal anda sudah memuncak sampai di ubun-ubun dan enggak tertahan lagi.

Ada banyak kok provider yang enggak menempatkan ad injeksi di jaringan mereka seperti Tri, Smartfreen dan Indosat.

Penutup

Sebenarnya, ada cara lain untuk menghilangkan iklan pop ads dari internet service provider [ISP] sebagaimana yang saya maksud di artikel ini.

Seperti dengan memanfaatkan file host untuk mengarahkan permintaan ke server lain, mengatur firewall dan router.

Namun karena saya belum menguasai tiga cara diatas, alias masih coba-coba apakah benar-benar work atau enggak dan kemungkinan dampaknya, maka saya belum berani membahasnya di artikel ini.

Nantilah, jika saya sudah menguasinya dan ternyata bisa memblokir iklan pop ads dari Telkomsel dan XL secara permanen, akan saya update postingan ini.

Demikian artikel tentang cara menghilangkan iklan Pop Ads dari telkomsel dan XL dengan mudah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *