Cara Menghasilkan Uang Dengan Menulis Cerita 2020

Pernah gak anda bertanya-tanya, bagaimana sih cara menghasilkan uang dengan menulis cerita? Atau mungkin pertanyaan lain, seperti:

  • Apakah ada aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang?
  • Bagaimana cara mendapatkan uang dari menulis cerpen dan novel?
  • Apakah ada Aplikasi penghasil uang dengan menulis?
  • Bagaimana cara mendapatkan uang dari menulis puisi?
  • Bagaimana sih cara menulis di Dreame?
  • Bagaimana cara mendapatkan koin dari Dreame?
  • Dan pertanyaan lain serupa

Sebenarnya, dalam konteks yang lebih luas, ada banyak cara yang memungkinkan anda mendapatkan uang dengan menulis cerita.

Seperti misalnya, buat blog khusus cerpen, cerber atau novelette. Atau mungkin tulis cerita untuk kemudian di kirim sama penerbit.

Kalau ingin cerita anda lebih atraktif bisa buat video di Youtube disertai narasi dan animasi sehingga interaksinya lebih bagus.

Hanya saja, para penulis kebanyakan ingin agar ia bisa menulis di perangkat yang paling sering ia gunakan yakni Ponsel.

Untuk tujuan ini, sebenarnya ada beberapa aplikasi bisa anda gunakan mulai dari Wattpad, noveltoon dan lain sebagainya.

Tapi tidak semua aplikasi itu menyediakan fitur monetisasi cerita. Satu-satunya aplikasi yang memungkinkan anda menulis cerita lalu dapatkan bayaran hanyalah Dreame, setidaknya untuk saat ini.

Jika anda hobi menulis cerita atau pengen menghasilkan uang dari cerita-cerita tersebut, entah itu curhat pribadi, pengalaman, cerita pendek [cerpen], cerita bersambung [cerber], novel dan lain sebagainya, bisa gunakan Dreame.

Apa itu Dreame?

Dreame adalah salah satu aplikasi yang memungkinkan setiap orang membaca cerita, kebanyakan romansa, yang ditulis oleh berbagai penulis di seluruh dunia.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menulis ceritanya sendiri. Hanya saja, belum tersedia laman penulisan untuk versi aplikasi.

Dengan kata lain, jika anda pengen nulis cerita untuk kemudian diterbitkan di Dreame, anda wajib pakai versi situs.

Mudah-mudahan kedepannya Dreame bisa merilis laman penulisan didalam aplikasi sehingga para pengguna versi site bisa menulis cerita lebih mudah di aplikasi.

Untuk diketahui, di Dreame, ada banyak sekali cerita adiktif yang ditulis oleh para penulis asli dengan berbagai genre seperti Romansa, manusia srigala atau vampire [fiksi], milyuner, pernikahan, suspense dan lain sebagainya.

Dan ada beberapa kelebihan jika anda jadi penulis atau sekedar membaca cerita di dreame, diantaranya:

  • Terdapat banyak sekali cerita dan genre. Anda juga mendapatkan rekomendasi cerita terbaik berdasarkan minat serta memungkinkan anda mengeksplore cerita-cerita yang ada
  • Pembaharuan setiap saat yang memungkinkan pengguna menggunakan apk versi terbaru
  • Pembaca atau pengguna aplikasi bisa dapat hadiah keren mulai dari Tiffany, iPhone 11, Nintendo Switch atau animal Crossing, Liptstic Tom Ford, uang tunai dan koin yang bisa digunakan untuk membuka kredit cerita
  • Untuk penulis bisa dapatkan banyak benefit yang akan saya jelaskan secara terpisah di poin berikutnya

Hanya saja, rekomendasi ceritanya masih campur aduk sama cerita-cerita berbahasa Inggris dan Indonesia.

Sehingga, jika anda pengen cari cerpen atau cerita di aplikasi ini, anda harus explore berdasarkan bahasa yang ada.

Cara Menghasilkan Uang Dengan Menulis Cerita di Dreame

Sebelum menghasilkan uang dengan menulis cerita di Dreame, langkah paling pertama yang harus dilakukan oleh anda adalah mendaftar.

Untuk mendaftar anda bisa pakai versi situs atau versi apknya. Sebagai contoh, disini saya pakai versi apk untuk daftar, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Download dulu aplikasi Dreame di Google Play Store atau App Store. Agar lebih mudah, bisa klik tautan ini atau disini
  • Setelah terdownload, silahkan masuk pakai Email dan Facebook atau menghubungkan akun anda dengan Dreame dengan cara klik Sign in with GoogleCara Menghasilkan Uang Dengan Menulis Cerita
  • Apabila sudah, mulailah baca cerita yang ada di aplikasi atau mulai nulis cerita untuk dapat duit.

Oh iya, anda juga bisa daftar di versi situsnya. Jika anda pakai versi situs, silahkan kunjungi saja situs Dreame lalu klik daftar.

Cara daftarnya pun sama, tak jauh beda sama versi aplikasi. Setelah mendaftar, anda akan diperkenalkan dengan tiga menu utama, seperti:

  • Library yang berisikan perpustakaan atau cerita yang anda bagikan di aplikasi ini
  • Discover yang berisikan rekomendasi berbagai cerita dari berbagai genre seperti yang saya sebutkan diatas. Hanya saja, untuk ceritanya dikategorikan dalam berbagai list mulai dari Top Romance, Dreame Best [ranking of the most unmissable stories], Top genre seperti Paranormal, Steamy stories, Ya teenfiction, newadult, fantasy, chicklit dan lain sebagainya termasuk Reader’s choice, Wait for free, Daily up dan lain sebagainya
  • Me atau profil berisikan profil anda termasuk Store atau toko, Wallet atau dompet, hadiah, redemption code, dan lain sebagainya. Oh iya, di kolom redemption code jangan lupa masukkan kode C0RTHX3W agar anda dan saya bisa dapat ratusan koin yang bisa digunakan sebagai kredit saat baca cerita yang adaCara Menghasilkan Uang Dengan Menulis Cerita

Cara menulis cerita di Dreame

Lantas, bagaimana cara menulis cerita di aplikasi Dreame? Untuk menulis, silahkan langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka aplikasi Dreame> klik Me atau profil> dan klik tulisan to be a Dreame Writer. Disini anda akan diarahkan petunjuk teknis tentang cara menulis di Dreame dan cara mulai menghasilkan uang didalamnya mulai dari a raft of payment, pay-to-read, writers events dan lain sebagainya lalu klik tulisan To Be A Dreame Writer. Hanya saja, anda akan diarahkan ke pemberitahuan kalau ingin menulis di Dreame anda harus buka versi situs. Nah anda bisa buka versi situs dari Dreame baik pakai Ponsel atau desktop. Disini saya anggap anda akan buka versi situs
  • Jika situsnya sudah terbuka, silahkan klik Log In untuk masuk ke akun Dreame milik andaCara Menghasilkan Uang Dengan Menulis Cerita
  • Berikutnya silahkan login ke akun Dreame entah pakai email, Facebook atau klik Continue with GoogleCara Menghasilkan Uang Dengan Menulis Cerita
  • Setelah masuk ke akun, silahkan klik Create di bagian bar atas atau header situsCara Menghasilkan Uang Dengan Menulis Cerita
  • Lalu isi data-data tentang cerita anda mulai dari Title [Judul] yang kurang dari 60 kata, genres [aliran cerita], Times [waktu latar belakang cerita], Language [Bahasa], Content Rating [Rating konten], Participate [Partisipasi dalam ajang yang diselenggarakan Dreame], Tags [tag], Blurb [deskripsi cerita anda yang terdiri dari 300 kata], Contact Email [email kontak], Editor’s Code [kode editor] dan Cover [sampul cerita] dengan rasio 3:4. Apabila semuanya sudah diisi, silahkan klik Save untuk menerbitkan. Oh iya, untuk Editor’s Code silahkan dikosongkan saja jika anda belum punya kode editorCara Menghasilkan Uang Dengan Menulis Cerita

Sebagai penulis, anda akan mendapatkan berbagai keuntungan mulai dari hadiah hingga USD $50 per cerita untuk buat postingan baru yang diukur berdasarkan jumlah kata.

Untuk mencairkan pembayaran, anda bisa klik tulisan Withdrawal di akun Dreame milik anda. Untuk saat ini, Receiving Methods atau dukungan pembayaran hanya tersedia dalam tiga bentuk.

Yakni dari Paypal, Bank Account dan Payoneer. Jika belum punya akun Payoneer, bisa baca artikel saya sebelumnya disini dan untuk paypal baca disini.

3 Cara menghasilkan uang dari Dreame

Soal ini sebenarnya sudah saya singgung sebelumnya pada langkah-langkah menulis cerita untuk kemudian di posting di Dreame.

Karena tidak saya jelaskan secara detail, berikut saya ulas beberapa langkah untuk menghasilkan uang dengan menulis cerita dari Dreame, diantaranya:

  • Ikut Dreame writing academy competitions. Cara pertama yang bisa anda coba adalah ikut kontes Dreame writing academy competitions yang memungkinkan anda mendapatkan hadiah hingga $100,000 cash prizes dengan grand prize sebesar $45,000 untuk satu orang. Untuk ikut dalam kontes ini, anda diminta untuk join komunitas dulu di Facebook. selain Dreame writing academy competitions, anda juga bisa ikut kontes lain seperti Young adult fiction writing contest [kontes fiksi dewasa], Fantasy romace [romansa fantasi] dan lain sebagainya
  • Kumpulkan bonus koin sebagai pembaca dengan menyelesaikan berbagai tugas harian seperti ikut absen, bergabung ke Writing academy Dreame, membaca selama 15 menit, fill ini email address, buat cerita baru, jadi partner dan lain sebagainya. Dengan kata lain, jika anda sedang cari cara menghasilkan uang dengan membaca, bisa manfaatkan aplikasi satu ini
  • Dan terakhir adalah menulis satu cerita yang memungkinkan anda mendapatkan benefit hingga USD $250 untuk cerita dengan panjang 200.000 karakter dan berhasil diterbitkan di aplikasi Dreame

Oh iya, jangan lupa gabung sama Dreame Writing Academy yang akan mengarahkan anda ke grup Private di Facebook.

Anda juga bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar dengan bergabung ke program full time writer on Dreama atau penulis tetap di apk satu ini.

Caranya cukup mudah dimana anda hanya diminta untuk menghubungi manajemen Dreame pada laman yang sudah disediakan.

Lantas, dengan bergabung dari penulis tetap, apa benefitnya? Ada banyak mulai dari more audiens [memperoleh pembaca yang lebih banyak], writing guides [mendapatkan panduan menulis cerita], Book promotions [buku akan dipromosikan ke lebih banyak orang] dan stable income [pendapatan yang diperoleh dari menulis cerita lebih stabil].

Penutup

Hanya saja, ada satu kelemahan dari aplikasi ini terlebih khusus untuk para pembaca, dimana untuk membaca cerita sampai tamat mereka harus punya banyak koin.

Koin ini bisa didapatkan dengan mengikuti tugas-tugas yang ada salah satunya sudah saya jelaskan pada tiga cara mendapatkan uang dari Dreame atau melakukan pembelian di Store aplikasinya.

Meski demikian, tetap ada benefit yang didapatkan oleh pembaca. Selain bisa membantu meningkatkan literasi juga bisa menyalurkan minat membaca mereka.

Demikian artikel tentang cara menghasilkan uang dengan menulis cerita 2020. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

15 pemikiran pada “Cara Menghasilkan Uang Dengan Menulis Cerita 2020”

    • Gak harus sih. Tergantung kenyamanan masing-masing. Kalau lebih suka pakai dekstop, silahkan. Pakai HP juga gak apa-apa. Banyak kok aplikasi penulisan di HP. Hanya saja, pakai desktop lebih fleksibel sih menurut saya.

      Balas
  1. Hai kak aku pengen mendapatkan daily bonus yg setiap bulan kalau kita bisa up 30k kata nanti bisa dpt 50$. Apa kakak tau syarat2 lengkapnya?

    Balas
  2. Halo kak, aku sdh terdaftar sebagai penulis, tp bingung hrs mulai dr mana, scr terkendala bahasa
    Bingung juga gmn crnya buat ngasih cover, hehehe tlg bantu yaaa

    Balas
    • Intinya, mulai nulis aja dulu. Kendala bahasa yang gimana ya Mba? Maksudnya masih sulit rangkai kata? Bisa kok belajar sambil menulis. Untuk cover bisa buat sendiri di Canva atau aplikasi lain. Selamat mencoba ya, jangan patah semangat!

      Balas

Tinggalkan komentar