11+ Cara Menghasilkan Uang Dari Podcast 2020

Sebenarnya, artikel tentang cara menghasilkan uang dari podcast ini merupakan kelanjutan dari artikel saya sebelumnya tentang cara buat podcast.

Setelah buat podcast dan populer, selanjutnya apa? Anda bisa memonetisasinya. Dengan kata lain, anda bisa mendapatkan uang dari podcast tersebut.

Emang podcast ada duitnya ya? Jika ada, bagaimana cara mendapatkan uang dari Podcast? Ada banyak cara.

Hanya saja, untuk menghasilkan uang dari podcast itu agak sulit. Berbeda dengan blog atau Youtube dimana anda bisa menjadi partner program AdSense.

Tapi bukan berarti anda tidak bisa dapat duit dari sini. Bisa kok. Yang terpenting anda tahu cara membuatnya dan mampu melihat peluang penghasilannya.

Sekalipun podcast masih kala hits dengan media lain, tapi sudah banyak orang yang berhasil meraup pendapatan hingga jutaan rupiah hanya dengan mentransmisikan rekaman suaranya di internet.

Artinya, podcast bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif penghasilan bagi siapa saja terlebih jika ia dimanfaatkan dengan baik.

Untuk dapat uang dari Podcast pun mirip dengan cara lainnya seperti di Blog atau Youtube. Hanya saja, tidak ada mekanisme atau standar kelayakan monetisasi sebagaimana yang ditawarkan di blog atau Youtube.

Begitu juga dengan platform monetisasi. Kebanyakan, untuk menghasilkan dari podcast anda harus melakukannya secara manual.

Ada sih yang menawarkan metode monetisasi langsung di platformnya namun persyaratannya berat begitu juga dengan tingkat persaingannya.

Oleh karena itu, jika anda masih pemula, baiknya anda maksimalkan dulu akun podcast milik anda sampai bisa dimonetisasi.

11+ Cara Menghasilkan Uang Dari Podcast

Lantas, bagaimana cara dapat uang dari podcast? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Memanfaatkan fitur aplikasi

Sebagai contoh, jika buat podcast di penyuFM, anda bisa manfaatkan beberapa fitur aplikasi yang ada agar bisa dapat duit.

Salah satu fiturnya adalah Podcast LIVE yang memungkinkan anda mendapat 2000 Mutiara per hari yang terpenting anda bisa live podcast setiap hari selama 60 menit atau sejam.

Nah, mutiara inilah yang bisa ditukar dengan uang. Atau, anda bisa upload album podcast yang memungkinkan anda dapat bayaran dari situ, yang terpenting anda sudah jadi member PenyuFM terlebih dahulu.

Cara lain untuk mendapatkan uang di PenyuFM adalah dengan mengundang teman, share aplikasi ke media social atau check in setiap hari.

Ada juga kontes yang diselenggakan oleh PenyuFm, biasanya berlangsung tiap bulan, dengan hadiah berupa uang tunai, Handphone atau rewards lain seperti Instax camera, Smartwatch, sertifikat dan lain sebagainya.

Jika anda tidak akrab dengan PenyuFm anda bisa bergabung sama AnchorFm dengan fitur dasar yang kurang lebih sama.

Salah satu kelebihan dari AnchorFM adalah integrasi dengan anchor sponsorships. Sponsor anchor ini memungkinkan pengguna dibayar dari sponsor langsung.

cara monetisasi podcast di Anchor

Untuk tutorial atau cara daftarnya sudah saya ulas disalah satu artikel saya sebelumnya. Untuk membacanya, silahkan klik disini.

Yang menarik dari fitur ini adalah bayarannya yang mirip dengan blog.

Kalau blog, bayarannya bergantung sama CPC kalau di anchor bayarannya per CPM [cost per mile] atau bayaran per 1000 kali tayang.

Dengan cara ini, anchor memungkinkan anda mendapatkan ratusan hingga ribuan Dollar per impresi terlebih jika podcast buatan anda populer.

2. Sponsor

Cara kedua untuk mendapatkan uang dari Podcast adalah dengan mencari sponsor. Model sponsornya gimana? Ya iklan.

Dan iklannya tentu saja dalam bentuk audio yang disisipkan dalam rekaman. Jadi, si podcaster akan mempromosikan produk suatu perusahaan ke dalam podcast buatannya untuk kemudian disiarkan kepada para pendengarnya.

Dari sinilah ia akan mendapatkan uang. Hanya saja, untuk bisa dapat sponsor semacam ini, akun anda sudah harus populer dan punya banyak pendengar.

Selain iklan audio, anda juga bisa dapat uang dengan melibatkan sponsor dalam podcast, menaruh brand di judul dan lain sebagainya.

Untuk cara ini tentu saja anda harus mencari sponsor secara mandiri. Pastikan juga sponsor tersebut sesuai dengan konten yang anda buat.

Bisa dengan mengajukan proposal penawaran atau mungkin tawaran kerja sama dengan mereka lewat email.

Untuk kemudian menyayangkan iklan suara yang sesuai dengan permintaan klien atau sponsor ke setiap episode anda.

3. Kursus

Kalau anda sudah punya pemirsa yang banyak dan punya pendengar yang loyal, anda bisa memanfaatkan hal itu untuk dapat uang tanpa harus mengganggu telinga pendengar seperti yang terdapat dalam iklan audio.

Caranya? Dengan membuka kursus podcast. Dengan kata lain, anda harus menarik fee dari peserta yang tertarik ikut kursus.

Atau bisa juga buat album kursus dengan fitur premium. Agar bisa didengar maka pengguna harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu.

4. Service podcast premium

Service podcast premium adalah salah satu cara yang cukup umum untuk dapat duit dari podcast dan biasanya dilakukan oleh podcaster profesional yang ahli di satu bidang.

Seperti dokter, apoteker, koki, jurnalis, artis dan lain sebagainya. Topik bebas tapi disesuaikan sama profesi yang ia lakoni.

Misalnya, pengalaman seorang dokter yang terlibat langsung dalam proses penelitian untuk membuat vaksin COVID-19.

Nah agar orang-orang bisa mendengar ini, mereka harus membayar sejumlah uang atau fee registration.

Konsep lain dari premium podcast yang bisa anda coba adalah dengan menawarkan konten yang benar-benar beda dan jarang terjadi.

Seperti misalnya, wawancara dengan Paus Fransiskus Roma, diskusi dengan Kim Jong Un terkait dengan proyek nuklir Pyongyang, kesan dan pesan selama menjadi presiden dengan Joko Widodo dan lain sebagainya.

5. Jual produk sendiri

Misalnya, anda punya produk obat urut Assoy dan ingin menjangkau konsumen seluas mungkin, anda bisa memanfaatkan podcast untuk promosi produk tersebut.

Siapa tahu ada pendengar yang tertarik lalu menghubungi anda untuk membeli produk obat urut Assoy tersebut.

Oleh karena itu, baiknya sematkan identitas anda di deskripsi Podcast. Untuk identitas bisa berupa alamat email, situs web, link produk, toko online milik anda atau mungkin nomor telepon.

Rata-rata podcast memungkinkan anda menempatkan tautan atau backlink ke deskripsi, jadi manfaatkan kolom ini sebaik mungkin.

Jika tak mau repot, bisa buat link pendek WhatsApp Bisnis milik anda agar pendengar bisa tanya-tanya produk yang anda jual secara langsung kepada penjualnya.

Untuk pilihan produknya juga beragam entah itu produk fisik seperti sepatu atau mungkin peralatan pembuat podcast serta produk digital, akun Spotify premium misalnya.

Bisa juga dengan jualan merchandise kepada pendengar terlebih jika mereka sudah jadi pengikut atau pendengar yang loyal.

Salah satu contoh merchandise yang bisa dijual dengan target konsumen pendengar yang loyal adalah custom merchandise seperti t-shirt, hoodie, topi, mug, stiker dan lain sebagainya.

Agar tidak repot buat produk semacam ini bisa gunakan jasa lain seperti jasa Print On Demand yang ada di Indonesia misalnya BlazBluz, Dropship Aja, Ciptaloka, Tees.co.id dan lain sebagainya.

6. Link affiliasi atau link referral

Biasanya, saat anda akan mengunggah podcast entah di Anchor atau di Google Podcast, ada kolom deskripsi tentang podcast tersebut.

Nah anda bisa memanfaatkan kolom ini untuk menempatkan link affiliasi, link referral atau untuk mempromosikan produk sendiri.

cara buat episode baru di anchor

Jika ada orang yang mengklik tautan yang anda sematkan di deskripsi dan melakukan pembelian, anda akan dapat komisi.

Besaran komisi tergantung harga produk yang dibeli. Hanya saja, semakin banyak orang yang membeli produk yang anda promosikan, penghasilan anda semakin banyak.

7. Konsultasi atau pendampingan

Cara yang satu ini mirip dengan service atau tawaran jasa seperti yang sudah saya ulas dibagian atas. Namun anda tidak menawarkan jasa secara langsung melainkan pendampingan.

Jika anda membuka jasa konsultasi atau pendampingan, baiknya sesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.

Sebagai contoh, anda pintar buat tulisan atau berprofesi sebagai UX writer, anda bisa buka jasa pendampingan atau konsultasi untuk kepenulisan.

Atau mungkin anda berprofesi sebagai blogger atau jurnalis bisa buka jasa konsultasi dan pendampingan tentang tips-tips menjadi blogger dan bagaimana menjadi jurnalis pemula.

Untuk mekanismenya bisa dengan melakukan live streaming, membuat konten premium, audiobook atau cara lain yang anda sukai.

Oh iya, agar konsultasi lebih interaktif jangan lupa aktifkan tautan pesan suara di podcast anda atau mungkin alat email konsultasi agar anda dan pendengar bisa berdiskusi lebih lanjut.

8. Promosikan channel Youtube dan Blog anda

Cara ini memang tidak secara langsung memungkinkan anda dapat uang dari podcast tapi tetap bisa dimanfaatkan terlebih jika blog atau Channel anda sudah terintegrasi sama AdSense.

Selain bisa tambah-tambah view, mungkin saja ada salah satu pendengar anda yang subscribe channel anda atau jadi pelanggan email subscribe.

Mengarahkan pendengar ke channel Youtube atau blog milik anda justru bagus untuk meningkatkan branding sekaligus kepercayaan pemirsa dengan podcast anda.

Sebab pendengar lebih tertarik mendengarkan podcast yang mereka percayai. Salah satu cara mendapatkan kepercayaan semacam ini adalah dengan mengintegrasikan akun media sosial milik anda, termasuk channel Youtube atau Blog anda.

9. Meminta donasi atau crowdfunding dari pendengar

Donasi berarti meminta pendengar untuk mensupport anda agar lebih semangat lagi dalam membuat podcast.

Jika podcast buatan anda sifatnya hiburan, motivasi atau mungkin pengetahuan, pasti akan ada pendengar yang rela beri donasi kepada anda.

Metode donasipun bisa disesuaikan sama keinginan anda. Misalnya, donasi pulsa, kuota internet, saldo eWallet atau metode lain, bitcoin misalnya.

Yang terpenting podcast anda punya nilai tawar lebih dibanding konten lain yang ada agar orang-orang rela beri recehan 😀 .

Sebelum meminta donasi, pastikan anda menjelaskan bagaimana dukungan mereka sangat membantu anda membuat podcast yang lebih berkualitas.

Oh iya, donasi ini bisa anda manfaatkan didalam audio podcast yang dibuat atau lewat kolom deskripsi podcast.

Sebagai contoh, anda meminta donasi via PayPal atau Stripe [jika pakai Anchor], sematkan link akun tersebut agar memudahkan pendengar untuk memberikan donasi.

10. Paid Content atau konten berbayar

Soal ini mah mirip dengan sponsor yang sudah saya jelaskan diatas namun lebih spesifik lagi dimana satu episode anda yang dibuat khusus untuk membahas konten dari klien.

Dalam konteks konten bisa berupa Promosi brand, layanan atau jasa mereka, produk mereka yang baru dirilis dan lain sebagainya.

Cara yang paling umum adalah dengan mengundang perwakilan perusahaan untuk membicarakan tentang brand, layanan atau produk tersebut.

Dalam konteks ini berarti anda bisa disebut sebagai influencer podcast karena sifat pemasarannya yang sama dengan influencer lain.

11. Cara lain

Selain cara diatas, anda bisa memanfaatkan metode lain yang agak tidak umum untuk dapat uang dari podcast.

Seperti misalnya mengadakan virtual submit, jual tiket tatap muka semacam meet and greet berbayar dan lain sebagainya.

Namun cara yang ini belum terlalu populer di Indonesia. Selain itu, podcast juga masih megap-megap dan belum sepopuler Youtube, TikTok atau Blog.

Jika nanti ada cara lain untuk menghasilkan uang dari Podcast dan sudah banyak dilakukan di Indonesia, akan saya update daftar diatas.

Penutup

Hampir setiap kegiatan digital yang anda sekarang ini bisa dimaksimalkan untuk dapat duit. Metode, cara dan platformnya yang berbeda.

Jika anda pandai menulis bisa buat blog lalu dapat uang dari situ. Jika anda pandai buat dan edit video bisa buat video lalu posting di Youtube.

Sementara jika suka dengar radio atau pandai membuat rekaman audio yang menarik bisa buat podcast lalu dapat uang dari situ.

Intinya, pandai-pandailah memanfaatkan peluang yang ada. Siapa tahu cara tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu sumber penghasilan pasif anda, yang mungkin saja lebih besar dari gaji yang didapat setiap bulan.

Demikian artikel tentang cara menghasilkan uang dari podcast 2020. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan komentar